pantai jogja

17 Wisata Pantai Terkenal Jogja Dengan Panorama Cantik


Jogja tak hanya memiliki wisata sejarah dan budaya yang mengagumkan saja, namun juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Tak heran, Daerah Istimewa ini menjadi tujuan wisata para pelancong dari seluruh Indonesia hingga mancanegara. Salah satu objek wisata yang pasti dikunjungi adalah pantai Jogja.

Ada banyak sekali pantai dengan panorama cantik yang siap memanjakan mata. Beberapa pantai juga masih tergolong sepi, sehingga sangat cocok dijadikan tempat melepas penat dan menyegarkan pikiran. Harga tiket masuk yang murah juga membuat banyak wisatawan tertarik untuk sekadar membasahi kaki dengan air laut pantai di Selatan Pulau Jawa ini.

Apa saja wisata pantai Jogja yang terkenal dengan panorama cantiknya? Simak 17 ulasan berikut ini, ya!

BACA JUGA: 30 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Harus Kamu Kunjungi

Pantai Jogja dengan Panorama Cantik dan Menawan

1. Pantai Parangtritis 

Pantainesia

Lokasi: Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berwisata ke Jogja belum lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Pantai Parangtritis. Pantai yang terkenal dengan mitos Nyi Roro Kidul ini memang memiliki pesona yang luar biasa disamping cerita mistis yang melegenda. Garis pantainya yang sangat panjang juga membuat pantai ini sanggup menampung ribuan wisatawan setiap harinya.

Menjadi pantai yang paling populer di Jogja, Pantai Parangtritis juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan wisatawan. Mulai dari lokasi parkir yang luas, kamar mandi, mushola, warung makan, toko souvenir dan oleh-oleh, gazebo, hingga berbagai wahana seperti sewa ATV, sewa delman, hingga menunggang kuda secara langsung. 

2. Pantai Indrayanti

pantai jogja
Keiharuin

Lokasi: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Indrayanti menjadi salah satu wisata pantai Jogja yang sudah tidak asing lagi ditelinga  wisatawan. Pantai dengan hamparan pasir putih dan karang-karang yang indah ini sangat tepat dijadikan pilihan wisata akhir pekan bersama keluarga. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, yakni hanya Rp10.000 saja. 

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, seperti restoran, mushola, toilet, kafe, hingga penginapan. Selain itu, kebersihan pantai ini juga tidak perlu diragukan lagi. Sebab, pihak pengelola sudah memberlakukan aturan bahwa tidak boleh membuang sampah sembarangan, dimana sanksi akan diberikan bila ada yang melanggarnya.  

3. Pantai Goa Cemara

pantai jogja
iNews.id

Lokasi: Jl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Goa Cemara menjadi salah satu pantai dengan panorama cantik yang banyak dikunjungi wisatawan. Tak hanya melihat deburan ombak di laut, Sedulur juga akan disuguhkan dengan tumpukan pohon cemara yang berbentuk seperti gua dengan mulut goa yang berlubang sebagai pintu masuk ke pantai.

Sedulur bisa menikmati suasana pantai dengan berjalan kaki sepanjang bibir pantai. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera karena pemandangan di pantai ini cukup berbeda dengan pantai-pantai di Jogja yang lainnya. Bahkan, banyak yang menyebut pantai ini lebih mirip hutan daripada pantai pada umumnya.

BACA JUGA: 11 Wisata Kuliner Sidoarjo Paling Enak yang Wajib Dicoba

4. Pantai Nguluran

pantai jogja
Native Indonesia

Lokasi: Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Memiliki konsep yang cukup berbeda dengan pantai yang lainnya, Sedulur tidak bisa berenang atau bermain air ketika mengunjungi Pantai Nguluran. Sebagai gantinya, Sedulur bisa mengabadikan keindahan pantai ini dengan berfoto di beberapa spot yang sudah disediakan pengelola.

Salah satu spot favorit wisatawan adalah spot teras kaca yang langsung menghadap ke lautan. Disini, Sedulur bisa memotret foto estetik dengan pemandangan laut biru sebagai latar belakang, serta melihat pantai dari atas kaca yang sangat bening.

Baca juga  Cara Login WhatsApp Web dengan Cepat dan Short Cut Lainnya

5. Pantai Sundak

pantai jogja
Java Travel

Lokasi: Desa Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bila Sedulur tidak ingin bermain air ketika mengunjungi pantai, maka Pantai Sundak bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai dengan karakteristik ombak besar yang cukup berbahaya ini memang sangat cocok dijadikan tempat refreshing sambil duduk manis di atas pasir putihnya yang menawan. Berjalan kaki menyusuri garis pantai juga bisa menjadi alternatif yang tepat.

Sedulur bisa mengabadikan foto dengan latar belakang beberapa bukit batu karang dan batu kapur dengan ketinggian sekitar 12 meter yang berdiri kokoh di bagian Utara pantai. Di dalam salah satu bukit tersebut juga terdapat sebuah gua yang bisa dimasuki para wisatawan. Bila tertarik bermalam disini, Sedulur juga bisa membawa peralatan camping sendiri.

6. Pantai Jogan

WisataHits

Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ingin menikmati dua pemandangan alam dalam satu lokasi? Cobalah untuk datang ke Pantai Jogan. Disini, Sedulur tidak hanya bisa menikmati suasana pantai yang menawan saja, namun juga menyaksikan kemegahan air terjun yang langsung jatuh bebas dari tebing ke bibir pantai.

Meski memiliki keindahan yang tidak ada duanya, namun Pantai Jogan masih belum terlalu ramai dikunjungi. Hal ini bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang membutuhkan tempat sepi yang indah untuk menyegarkan pikiran setelah sibuk bekerja. Jangan lupa untuk membawa kamera karena pemandangan pantai ini sangat sayang bila dilewatkan begitu saja.

BACA JUGA: 22 Tempat Wisata di Jogja Terbaru yang Paling Instagramable!

7. Pantai Sadranan

pantai jogja
Yanacircle

Lokasi: Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata pantai Jogja yang tak kalah indah adalah Pantai Sadranan. Menawarkan hamparan pasir putih dengan air laut yang sangat jernih, Sedulur pasti tidak akan kecewa ketika mengunjunginya. Apalagi harga tiketnya juga sangat terjangkau, yakni hanya Rp10.000 saja per orang.  

Di pantai ini, Sedulur bisa melihat keindahan alam bawah laut sambil melakukan snorkeling. Sedulur juga bisa bermain perahu kano sambil mengabadikan momen dengan latar belakang pemandangan yang sangat indah. Tak hanya itu, pantai Sadranan juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Sedulur dapat menyewa penginapan maupun bungalo bila ingin menginap selama beberapa hari disini. 

8. Pantai Nglambor

pantai jogja
IDN Times

Lokasi: Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang dikelilingi oleh dua bukit kapur dan memiliki dua bukit batu karang sebagai pemecah ombak pantai selatan. Di pantai ini, Sedulur bisa melakukan aktivitas menarik seperti snorkeling dan berenang di air yang dangkal.

Memiliki air yang jernih, Sedulur akan sangat puas ketika menikmati keindahan bawah laut di pantai ini. Hamparan batu karang dengan rumput laut dan ikan-ikan kecil yang berenang di sekitarnya akan membuat pikiran semakin segar. Apalagi tarif snorkeling yang ditawarkan juga sangat terjangkau, sehingga hati senang dan dompet tetap aman.

9. Pantai Baron

CoWorking

Lokasi: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bosan dengan pantai berpasir putih? Sedulur bisa mengunjungi Pantai Baron yang menyuguhkan hamparan pasir pantai berwarna cokelat. Pantai yang diapit oleh dua bukit dengan pepohonan yang rimbun ini memiliki suasana yang sangat asri, sehingga sangat cocok untuk menyegarkan pikiran.

Sedulur harus berhati-hati dan tidak melewati batas yang telah ditentukan saat ingin berenang di pantai ini. Hal ini karena karakteristik ombak yang cukup besar sehingga dinilai cukup berbahaya. Namun tak perlu khawatir, karena Sedulur masih bisa menikmati keindahan Pantai Baron melalui mercusuar yang bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Baca juga  Hak adalah: Pengertian, Jenis-Jenis dan Contohnya

BACA JUGA: 40 Tempat Wisata di Kediri, Paling Hits & Terbaru 2022

10. Pantai Drini

pantai jogja
Yanacircle

Lokasi: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Drini menjadi salah satu pantai dengan pesona dua wajah yang memesona. Di bagian Barat, Sedulur akan menemukan tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan dengan karakter ombak yang cukup besar. Sementara di bagian Timur, Sedulur akan menemukan sebuah teluk serupa laguna yang dihiasi batu karang, rumput laut, dan beragam biota laut.

Sementara itu, di tengah-tengah akan Sedulur jumpai sebuah pulau karang yang disebut Pulau Drini. Pulau yang membagi Pantai Drini menjadi dua bagian ini banyak ditumbuhi pohon santigi atau yang disebut sebagai drini. Memiliki air yang sangat jernih, Sedulur pasti akan sangat puas menikmati keindahan bawah laut dengan mata telanjang.  

Tak hanya menikmati pemandangan, Sedulur yang memiliki hobi memancing juga bisa menyalurkannya di sini. Karakteristik ombak di bagian Timur yang cukup tenang dengan kedalaman yang dangkal juga cocok untuk berenang dan mengabadikan momen dengan pemandangan indah.  

11. Pantai Timang

Pantainesia

Lokasi: Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bila ingin menguji adrenalin, cobalah untuk mengunjungi Pantai Timang. Disini, Sedulur bisa menyebrang menuju Pulau Timang dengan menggunakan semacam gondola tradisional yang terbuat dari kayu dan dirangkai dengan tali yang sangat kuat. Selanjutnya, beberapa orang akan menarik tali dan membuat gondola tersebut bergerak ke atau dari Pulau Timang.

Memang dibutuhkan mental yang sangat kuat bila ingin menaiki gondola tersebut. Hal ini karena ombak yang sangat besar akan selalu mengintai siapapun yang berusaha menyebrang ke Pulau Timang. Namun tak perlu khawatir, karena sesampainya disana, Sedulur akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat luar biasa. 

12. Pantai Wediombo

Visiting Jogja

Lokasi: Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Satu lagi pantai pasir putih Jogja yang tak kalah cantik yaitu Pantai Wediombo. Bukan cuma pasir putihnya saja yang menjadi daya tarik, di sini pengunjung akan disuguhkan batu-batu karang yang berjejer hingga ke tengah pantai dan akan terlihat jelas saat air laut surut.

Di pantai ini para wisatawan dapat bermalam dengan membangun tenda. Karena pantainya yang cukup luas dengan pasir yang halus, bermalam di pantai ini sangat menyenangkan. Pemandangan saat sore sangat indah. Saat malam hari, pengunjung dapat melihat langit malam tanpa halangan. Untuk bisa mengakses tempat ini wisatawan cukup membayar dengan harga Rp 5.000.

BACA JUGA:Legendaris! 8 Wisata Kuliner khas Malang Yang Bikin Perut Kenyang

13. Pantai Krokoh

Travel Kompas

Lokasi: Desa Songbayu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ingin melihat deburan ombak dengan pemandangan bukit karang yang besar dan kokoh? Sedulur bisa mengunjungi Pantai Krokoh. Disini, Sedulur akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat cantik, air laut yang biru, dan pasir pantai yang putih bersih. Pantai ini juga buka selama 24 jam, sehingga Sedulur bisa berkunjung kesana kapan saja.

Pantai ini masih cukup sepi wisatawan karena medan yang dilalui cukup menguras tenaga. Namun tak perlu khawatir, karena di pantai ini sudah ada fasilitas berupa toilet dan mushola sederhana yang bisa menunjang kebutuhan wisatawan. Selain itu, ada juga beberapa warung makanan yang bisa menjadi solusi ketika Sedulur merasa haus dan lapar.

14. Pantai Slili

De Jogja Adventure

Lokasi: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga  Sinopsis Fifty Shades Freed, Kisah Istri Seorang Miliuner

Wisata pantai Jogja berikutnya adalah Pantai Slili dengan pesona pasir putih yang cantik. Sedulur akan disuguhkan pemandangan pantai dengan semak-semak dan pepohonan yang rimbun di sekelilingnya. Selain itu, Sedulur juga akan melihat batuan karang yang besar dan sangat cocok untuk menjadi latar belakang foto estetik. 

Selain menikmati suasana alam, Sedulur juga bisa menyewa villa dan menikmati sajian seafood lezat di tempat makan yang ada di sana. Bila beruntung, Sedulur juga dapat menyaksikan ritual Sedekah Laut yang dilakukan oleh penduduk setempat. Ritual tersebut merupakan agenda memberikan persembahan kepada laut, seraya berdoa untuk kesuburan dan kemakmuran.  

15. Pantai Depok

Bantulpedia

Lokasi: Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tak hanya menikmati keindahan pantai, Sedulur juga bisa menikmati aneka hidangan laut yang sangat lezat di Pantai Depok. Sedulur juga bisa mendapatkan ikan laut dengan harga terjangkau melalui tempat pelelangan ikan (TPI) bernama Mina Bahari yang menjual semua hasil tangkapan laut nelayan.

Pantai ini berjarak sekitar 1,5 km dari Pantai Parangtritis, sehingga pemandangan yang akan Sedulur dapatkan juga hampir sama. Sayangnya, di pantai ini Sedulur hanya bisa berjalan-jalan di pasirnya yang berwarna coklat kehitaman, karena ombaknya sangat besar dan pengunjung dilarang berenang.

BACA JUGA: 20 Tempat Wisata Puncak Bogor Paling Kekinian Terbaik dan Terbaru!

16. Pantai Siung

Piknik Wisata

Lokasi: Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mengapa dinamakan Pantai Siung? Rupaya di pantai ini terdapat batu karang raksasa yang menyerupai gigi kera atau siung wanara. Hal ini semakin didukung dengan kemunculan beberapa ekor kera ekor panjang di sekitar pantai, baik saat malam hari atau suasana sedang sepi. Bila beruntung, Sedulur bisa melihat kera ekor panjang tersebut secara langsung.

Tak hanya menikmati panorama pantai yang cantik, Sedulur juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya. Mulai dari panjat tebing, berkemah, hammocking, dan berjalan-jalan santai di Bukit Pengilon. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera karena pemandangan di pantai ini sangat indah dan memanjakan mata.

17. Pantai Sadeng

Alodia Tour

Lokasi: Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Jogja dengan panorama cantik yang terakhir adalah Pantai Sadeng. Pantai dengan pasir putih dan air yang jernih ini juga dijadikan sebagai pelabuhan ikan yang diklaim paling maju di Yogyakarta. Oleh karena itu, Sedulur bisa sekalian berbelanja ikan segar ketika berada disini untuk disantap langsung atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh keluarga di rumah. 

Pantai ini juga sangat cocok bagi Sedulur yang senang dengan dunia fotografi. Pasalnya, ada bangunan pemecah ombak yang sangat estetik, jajaran perahu nelayan yang rapi, dan tebing-tebing tinggi yang gagah. Sedulur juga bisa ikut serta memancing bersama warga setempat, karena mereka dikenal sangat ramah.

Itu tadi 17 pantai Jogja yang terkenal dengan panoramanya yang cantik. Sedulur bisa mengunjunginya kapan saja karena pantai-pantai tersebut buka setiap hari. Jangan lupa untuk mengajak keluarga, kerabat, dan sahabat tercinta untuk menciptakan momen bahagia bersama. 

Agar suasana lebih seru, Sedulur bisa membawa tikar dan aneka camilan untuk dimakan di pinggir pantai. Sebelum berangkat, Sedulur bisa membeli aneka camilan dan minuman ringan di Aplikasi Super agar mendapatkan harga murah dan budget liburan bisa lebih terjangkau.

Bila berbelanja banyak, Sedulur akan mendapatkan harga grosir, sehingga uang sisanya bisa digunakan untuk kegiatan wisata lainnya. Dengan begitu, wisata dan refreshing bersama keluarga akan semakin nyaman dan menyenangkan. Download Aplikasi Super di PlayStore sekarang, yuk!




https://wvmuseums.org