Rincian Lengkap Biaya Tol Jakarta-Surabaya Terbaru 2022

8 Golongan Ini Termasuk Orang yang Berhak Menerima Zakat


Ada 8 asnaf atau kelompok orang yang berhak menerima zakat. Siapa mereka? Baca selengkapnya di artikel My Financial berikutnya.

Ringkasan:

  • Zakat adalahwajib bagi umat Islam yang mampu dan memiliki aset agar mendapat berkah dan kebaikan.
  • Ada 8 kelompok orang yang berhak menerima zakat (mustahiq) sesuai surat At-Taub ayat 60.

Golongan yang berhak menerima zakat

Zakat merupakan salah satu jenis ibadah yang tercantum dalam rukun Islam.

Oleh karena itu, setiap muslim yang mampu atau memiliki harta (muzaki) wajib membayar zakat kepada yang membutuhkan (mustahiq).

Istilah zakat berasal dari kata “zaka” yang berarti suci, berkah, baik, tumbuh dan berkembang.

Zakat memiliki makna dan harapan mendapatkan berkah, kesucian jiwa dari dosa, dan memupuk kebaikan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama no. 52 Tahun 2014zakat merupakan harta yang wajib kita keluarkan sebagai umat Islam atau badan usaha yang dimiliki oleh umat Islam.

Kami memberikan zakat kepada orang-orang yang berhak menerimanya berdasarkan hukum Islam.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang zakat dari video berikut.

Lalu siapakah orang yang berhak menerima zakat (mustahiq)?

Dalam surat Al Quran At Taubah ayat 60 menjelaskan bahwa ada 8 kelompok orang yang lebih berhak menerima zakat.

اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعٰمِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغٰرِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ

Artinya: “Sesungguhnya zakat itu hanya untuk orang-orang fakir, fakir, amil zakat, yang hatinya dilunakkan (tobat), untuk (pembebasan) budak, (pembebasan) orang yang terlilit hutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Berikut 8 golongan orang yang berhak menerima zakat:

#1 Fakir

Orang miskin adalah sekelompok orang yang memiliki kekayaan yang sangat sedikit. Kelompok ini tidak atau sedang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, sehingga berhak mendapatkan bantuan.

Ibnu Katsir menafsirkan:

“Padahal fakir miskin disebutkan dalam ayat ini sebelum golongan lain karena mereka lebih membutuhkannya dari golongan lain, menurut kepercayaan populer, juga mengingat keperluan dan keperluannya yang sangat mendesak.”

#2 Miskin

Orang miskin juga termasuk orang yang berhak menerima zakat.

Kelompok ini termasuk orang-orang yang memiliki harta tetapi tidak memenuhi kebutuhan pokokatau cukup untuk dimakan setiap hari.

#3 Amil Zakat

Selanjutnya orang yang berhak menerima zakat adalah amil, yaitu orang yang bertanggung jawab atas pengumpulan, pengadministrasian, penyimpanan dan pendistribusian zakat.

Amil zakat juga meliputi bendahara, pengurus dan akuntan, penerima dan penyalur zakat dalam mustahiq.

#4 Konversi

Mualaf baru adalah orang kafir yang malang. untuk masuk Islam untuk meneguhkan iman Anda.

Kelompok mualaf termasuk orang-orang yang berhak menerima zakat untuk memperkuat tauhid dan syariah.

#5 Rikab

Budak (becak) adalah orang-orang Muslim yang menjadi korban perdagangan manusia, mereka yang ditangkap oleh musuh-musuh Islam, atau orang-orang yang dijajah dan dianiaya.

kelas becak adalah budak yang ingin bebas atau membebaskan diri, sehingga mereka membutuhkan bantuan untuk meringankan penderitaan mereka.

Pada zaman dahulu, zakat bisa digunakan untuk membayar atau menebus budak agar bisa bebas.

#6 Garimin

kelas Garimin atau pengutang juga termasuk mustahiq atau orang yang berhak menerima zakat.

Golongan ini terbagi menjadi dua golongan, yaitu orang yang memiliki hutang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari (dengan cara yang tidak maksiat). Kedua, sekelompok orang yang memiliki hutang untuk kepentingan umum.

Sedangkan orang yang terlilit hutang karena kepentingan maksiat seperti judi, atau terlilit hutang untuk membuka usaha kemudian bangkrut, maka haknya untuk zakat akan hangus.

[Baca Juga: Doa Pelunas Utang yang Diajarkan Rasulullah Agar Cepat Lunas]

#7 Sabilillah

Selain itu, orang yang berhak menerima zakat adalah fi sabilillah.

Golongan sabilillah adalah mereka yang berjuang di jalan Allahseperti pendidik, mubaligh, jihadis, tenaga medis dan sebagainya.

#8 Ibnu Sabil

Kelompok terakhir adalah Ibnu Sabil. Kelompok ini termasuk mereka yang meledak saat bepergian dalam ketaatan kepada Allah.

Ibnu Sabil juga seorang musafir atau orang yang melakukan perjalanan jauh, termasuk para pekerja dan pelajar di daerah atau negara lain.

Meskipun para musafir tersebut memiliki harta di daerah asalnya, namun mereka tetap berhak mendapatkan bantuan zakat, selama perjalanannya bukan untuk hal-hal yang maksiat.

Apakah ada niat untuk membayar zakat fitrah di tahun 2023?

Saat ini,ini adalah ringkasan dari delapan kelompok orang yang berhak untuk zakat.

Jadi, jika Sobat Finansial memiliki kelebihan harta, Anda bisa memberikan sebagian harta dengan cara memberikan zakat kepada salah satu golongan di atas.

Apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan 2023 akan datang, dan kita umat Islam juga harus bersiap-siap. zakat fitrah untuk selanjutnya.

Anda dapat memulai dengan merencanakan keuangan Anda dan kemudian memasukkannya ke dalam anggaran keuangan Anda agar lebih teratur.gunakan aplikasi Keuangan Saya Bisakah kamu download di Toko mainan sebaik Toko aplikasi.

Jika Anda belum pernah melakukan anggaran keuangan dengan benar, jangan khawatir karena Anda bisa menemukan cara yang mendalam. buku elektronik selanjutnya gratis.

eBuku gratis! Bagaimana membuat anggaran

Unduh sekarang

Demikian informasi tentang golongan orang yang berhak menerima zakat. semoga kita semua bisa menunaikan zakat dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT ya sobat keuangan.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda agar mereka juga dapat memahami informasinya.

Editor: Ratna Sri H.

Sumber referensi:

  • Muhammad Rafi. 19 April 2021 Surat at-Taubah Ayat 60: Delapan golongan yang berhak menerima zakat. Tafsiralquran.id – https://bit.ly/3FdxZ1r
  • Kata Nur Jamal. 01 Mei 2022 Siapa yang berhak menerima zakat fitrah? Baca Ketentuan. Kompas.com – https://bit.ly/3HkCDNP
  • Rahma Indina Harbani. 14 Oktober 2021 Surah at-Taubah Ayat 60 menjelaskan tentang apa itu? Detik.com – https://bit.ly/3UIP4pI




https://wvmuseums.org

Baca juga  IHSG Hari Ini 28 September 2022 Dibuka Melemah di 7.107,596