outfit kondangan

Inspirasi Outfit Kondangan & Tipsnya Biar Gak Salah Kostum!


Acara pernikahan tak hanya menjadi momen spesial bagi kedua mempelai yang menikah. Namun juga bisa meninggalkan kesan tersendiri bagi keluarga maupun tamu undangan yang hadir. Tak heran, banyak orang yang berusaha tampil paripurna saat menghadiri undangan pernikahan alias kondangan. Bahkan tak sedikit pula yang secara khusus membuat outfit kondangan.

Nah, bagi Sedulur yang masih bingung menentukan outfit terbaik untuk menghadiri acara pernikahan, berikut ini Super memiliki 20 inspirasi outfit kondangan kekinian. Tak hanya itu, akan dipaparkan pula beberapa tips memilih outfit kondangan. Yuk, langsung simak informasi selengkapnya!

BACA JUGA: Pilihan Outfit ke Pantai yang Fashionable dan Tips Memilihnya

Inspirasi outfit kondangan hijab

Inspirasi outfit kondangan yang pertama ini cocok untuk Sedulur yang mengenakan hijab. Seperti yang diketahui, hijab telah menjadi bagian dari tren fesyen dalam beberapa tahun belakangan. Hal itu pun membuat fesyen hijab tak lagi jadi busana yang monoton dan kaku. Nah, berikut ini ada beberapa inspirasi outfit kondangan untuk Sedulur yang berhijab. Mulai dari blus brokat, dress polos, hingga busana casual namun tetap cantik dikenakan untuk menghadiri acara pernikahan.

1. Blus brokat selutut dan jarik

Hai Gadis

Blus berbahan kain brokat merupakan outfit kondangan wanita favorit banyak orang. Blus brokat kerap diidentikkan dengan kebaya dalam versi modern, yang tentunya lebih mudah dikenakan karena tidak memerlukan banyak perintilan.

Nah, Sedulur dapat memadukan blus brokat dengan rok batik maupun jarik untuk menciptakan penampilan yang anggun. Selain itu pilih brokat dengan warna muda atau pastel, seperti pink atau salem untuk memberikan kesan kalem. 

Jangan lupa kenakan hijab dengan warna senada dan sepatu hak tinggi yang sesuai. Tas pesta kecil juga dapat menyempurnakan tampilanmu ke kondangan.

2. Paduan blus cantik dengan celana kulot

outfit kondangan
Pinterest

Siapa bilang kondangan harus mengenakan dress atau rok? Kenyataannya Sedulur tetap bisa tampak anggun saat kondangan dengan memakai celana. Terutama bagi  Sedulur yang bepergian dengan motor, pilihan outfit ini akan terasa lebih nyaman.

Padukan saja tunik berbahan brokat atau tile dengan celana kain yang nyaman seperti kulot. Kemudian tambahkan sepatu hak tinggi atau wedges dan tas kecil untuk mempercantik penampilanmu.

BACA JUGA: 38 Model Baju Gamis 2022 Terbaru & Kekinian

3. Dress polos dengan aksen pita di dada

outfit kondangan
Pinterest

Untuk Sedulur yang ingin tampak elegan tanpa harus ribet, dress polos satu warna bisa jadi jawaban. Untuk menambah kesan manis pada penampilan, Sedulur dapat memilih dress dengan hiasan pita pada dada seperti pada gambar. Selain itu, padukan dress dengan kerudung berwarna kontras, misalnya dress berwarna hijau army dengan kerudung putih agak penampilanmu tidak terlihat membosankan. 

4. Outer warna cokelat dengan celana dan inner putih

outfit kondangan
Pinterest

Perpaduan outfit berwarna cokelat dan putih ternyata bisa menciptakan penampilan yang anggun tanpa membuat Sedulur nampak mencolok. Sedulur dapat mengkombinasikan outer berwarna cokelat kayu dengan inner atau dalaman dan celana kulot berwarna putih. Sementara untuk kerudung, pilih warna gelap seperti hitam agar penampilanmu tidak nampak monoton. Selain itu, tambahkan pula sepatu serta tas berwarna gelap.

BACA JUGA: 38 Model Baju Gamis 2022 Terbaru & Kekinian

Inspirasi outfit kondangan remaja hijab

Anak remaja identik dengan penampilan yang segar, aktif, namun tetap simple. Bagi Sedulur remaja yang berhijab, tak ada salahnya menilik beberapa inspirasi outfit kondangan yang sudah Super rangkum berikut ini.

Baca juga  10 Macam-macam Beatbox Beserta Cara Melatihnya

5. Dress polos dengan aksen bertingkat

Pinterest

Dress polos sepertinya menjadi item yang wajib dimiliki oleh Sedulur. Sebab, busana satu ini bisa menjadi jalan keluar ketika Sedulur bingung memilih outfit untuk menghadiri acara, termasuk undangan pernikahan. 

Seperti misalnya inspirasi outfit satu ini, Sedulur bisa memadukan dress polos berwarna gelap dengan kerudung berwarna senada. Agar tampilan tidak tampak monoton, pilih alas kaki berwarna terang, seperti putih. Selain itu Sedulur juga bisa menambahkan aksesoris berupa tas kecil yang sekaligus bisa digunakan untuk membawa barang.

6. Blus motif kotak-kotak

Lumajang Times

Outfit kondangan tak melulu harus berbahan kain batik. Melainkan Sedulur juga bisa memilih outfit dengan motif lain, misalnya kotak-kotak. Untuk melengkapi penampilanmu, pilih celana skinny berwarna gelap dan kerudung dengan warna senada dengan celana. Adapun Sedulur juga bisa memilih perpaduan warna lain, misalnya celana dan kerudung berwarna terang.

7. Blus simple dan rok plisket

Pinterest

Rok plisket dengan tampilan lipatan ini tengah digemari banyak orang, termasuk kalangan anak remaja. Sebab garis-garis lipatan pada rok membuat penampilan tampak anggun namun juga sederhana.

Nah, Sedulur bisa memasangkan rok plisket berwarna krem atau salem dengan blus polos berwarna putih ataupun putih gading. Untuk menciptakan kesan manis, ada baiknya blus tersebut dimasukkan dalam rok. Selain itu, aksesoris berupa kalung dan gelang juga bisa membuat penampilanmu semakin cantik.

BACA JUGA: Pilihan Outfit ke Pantai yang Fashionable dan Tips Memilihnya

8. Dress biru dengan motif polkadot

Pinterest

Untuk mendapatkan outfit kondangan remaja dengan kesan ceria, Sedulur bisa memilih dress bermotif polkadot. Agar tampilan tidak nampak mencolok, sebaiknya pilih dress berwarna muda, seperti biru muda. Kemudian padukan dress tersebut dengan hijab berwarna putih polos dan tas kecil berwarna pink.

Inspirasi outfit kondangan casual

Baju casual yang nyaman digunakan sehari-hari juga bisa dipilih sebagai outfit kondangan. Kuncinya adalah Sedulur harus jeli dalam memadupadankan outfit, mulai dari atas, bawahan, sepatu, hingga berbagai aksesoris yang dikenakan. Sebagai referensi, berikut empat inspirasi outfit kondangan casual yang bisa Sedulur tiru.

9. Blus polos dan celana panjang putih

outfit kondangan
Pinterest

Blus polos dengan warna terang seperti biru muda bisa menjadi pilihan outfit untuk menghadiri pesta pernikahan. Sedulur dapat memadukannya dengan celana panjang berwarna terang, seperti putih atau putih gading.

Untuk mempercantik penampilan, pilih sepatu berwarna pastel dengan sedikit aksen. Selain itu, Sedulur juga bisa menambahkan aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, maupun jam tangan.

10. Paduan tunik dan celana skinny

Pinterest

Selain blus, Sedulur juga bisa memilih tunik polos berwarna abu-abu muda sebagai outfit kondangan. Tunik dengan aksen lipatan pada bagian tengah tersebut bisa Sedulur kombinasikan dengan celana model skinny berwarna putih.

Adapun bagi Sedulur yang mengenakan hijab, dapat memilih hijab berwarna gelap seperti abu-abu tua ataupun putih untuk melengkapi tampilan tersebut. Jangan lupa, tambahkan pula sling bag bermotif sederhana untuk menambahkan aksen pada penampilanmu.

BACA JUGA: 10 Insiprasi OOTD Hijab Remaja SMA yang Kekinian & Stylish

11. Dress selutut dan sepatu hak tinggi

Hipwee

Bagi Sedulur yang tidak mengenakan hijab, dress pendek selutut bisa menjadi alternatif untuk tampil anggun secara effortless. Agar tidak terlihat mencolok, hindari pemilihan warna bold ataupun neon. Sebaiknya pilih warna-warna terang dan muda, misalnya putih, beige, ataupun krem.

Baca juga  20 Inspirasi Desain Dapur Minimalis, Kece Abis!

12. Dress vintage yang dipadukan dengan sepatu dan tas senada

Beautynesia

Outfit bertema serba putih bisa menjadi pertimbangan untuk Sedulur pilih ketika akan menghadiri undangan pernikahan. Sedulur dapat mengenakan dress vintage polos berwarna putih yang dipadukan dengan tas dan sepatu berwarna senada. Meski terlihat sederhana, penampilan ini bisa membuat Sedulur tampak bersih sekaligus anggun.

BACA JUGA: 15 Inspirasi OOTD Kemeja untuk Hangout Keren Ala Selebgram

Inspirasi outfit kondangan simple

Inspirasi selanjutnya adalah outfit kondangan simple. Meski mengenakan outfit sederhana, Sedulur tetap bisa tampil anggun di acara penting seperti pernikahan. Kuncinya adalah Sedulur harus cermat memilih perpaduan antara busana yang dikenakan dengan tas, sepatu, hingga beragam aksesoris lain. Berikut ini ada empat ide outfit kondangan simple yang bisa Sedulur tiru.

13. Busana satu warna dengan aksesoris minimalis

Beautynesia

Busana satu warna bisa menjadi solusi untuk Sedulur yang ingin tampil sederhana kala menghadiri pesta pernikahan. Misalnya Sedulur bisa mengenai setelan berupa celana dan blus berwarna merah polos. Untuk menambahkan sedikit aksen pada outfitmu, kenakan pula aksesoris berupa anting-anting berukuran besar. Selain itu Sedulur juga bisa menggunakan tas dengan aksen sederhana dengan warna yang kontras dari pakaian yang dikenakan agar penampilanmu tidak monoton.

14. Outfit dengan dominasi warna earth tone

Pinterest

Warna-warna nuansa bumi atau earth tone tengah banyak digandrungi masyarakat, terutama kaum muda. Sedulur juga bisa memilih warna-warna earth tone untuk warna busana yang dikenakan ke kondangan.

Agar penampilanmu tidak terlalu sederhana, pilih rok plisket dengan bahan silk agar tercipta kesan elegan. Berikutnya padukan dengan blus polos berwarna krem atau beige dan kerudung berwarna krem tua. 

15. Blus bermotif dan celana kulot polos

Instagram.com/@megaiskanti

Perpaduan blus bermotif dan celana polos memang tidak pernah salah. Sedulur bisa memilih perpaduan outfit berikut ini untuk menghadiri acara pernikahan. Inspirasi outfit kondangan ini juga bisa menjadi solusi apabila Sedulur harus menghadiri acara pernikahan di antara agenda lainnya pada hari yang sama. Sebab, outfit ini juga bisa Sedulur kenakan sebagai busana casual sehari-hari. Oiya, jangan lupa kenakan sepatu heels dan tas pesta berwarna senada untuk mempermanis tampilan Sedulur. 

16. Dress dengan bordir bunga

outfit kondangan
Beautynesia

Tampil simple tak berarti harus mengenakan busana polos tanpa motif. Sedulur dapat memilih dress pendek dengan bordir sederhana untuk mendapatkan penampilan yang simpel namun tetap anggun. Hiasan bordir bunga pada dress juga bisa membantu Sedulur tampil anggun tanpa perlu banyak usaha alias effortlessly.

Untuk melengkapi dress cantik ini, Sedulur bisa mengenakan heels dengan warna senada dan aksesoris rambut seperti bando atau hairpin.

BACA JUGA: 12 Inspirasi OOTD Lebaran Simple dan Elegan di Hari yang Fitri

Inspirasi outfit kondangan pria

Pada artikel kali ini, Super juga punya beberapa inspirasi outfit kondangan pria untuk Sedulur. Ide-ide berikut bisa menjadi referensi bagi Sedulur yang bingung harus mengenakan outfit apa saat menghadiri undangan pernikahan.

17. Kemeja polos dan celana denim

Hipwee

Kemeja dan celana denim tak hanya cocok untuk hangout maupun bekerja. Paduan outfit ini juga bisa Sedulur pilih untuk menghadiri acara penting seperti pernikahan. Terlebih jika acara tersebut digelar dengan konsep santai seperti garden party. Adapun Sedulur juga bisa memilih sepatu sneakers untuk melengkapi penampilanmu tersebut.

Baca juga  6 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Biar Awet & Segar

18. Kemeja batik dan celana chinos

Indozone

Kemeja batik merupakan outfit andalan banyak orang ketika harus menghadiri undangan pernikahan. Namun harus ketahui, perlu kecermatan dalam memilih motif batik pada pakaian agar saat dikenakan bisa membuat Sedulur terlihat menarik dan segar.

Adapun kemeja batik ini bisa Sedulur kombinasikan dengan celana chinos berwarna terang. Jangan lupa juga untuk mengenakan sepatu tertutup agar penampilanmu makin paripurna. Sedulur bisa memilih sepatu dengan model oxford atau derby shoesuntuk mendapatkan kesan yang lebih formal.

19. Jas dan celana denim

Indozone

Ide outfit satu ini cocok untuk Sedulur yang ingin tampil sopan namun tidak terkesan kaku. Tentunya Sedulur harus pandai-pandai memilih warna jas yang akan dipadukan dengan celana denim. Selain itu, ada baiknya untuk memilih jas berwarna krem atau putih gading dan dipadukan dengan kaus warna putih. Sedulur juga dapat melengkapi outfit kondangan sederhana ini dengan sepatu model derby shoes ataupun moccasin.

20. Jas warna gelap dan celana krem

Hipwee

Sebenarnya, tidak salah untuk mengenakan jas berwarna gelap saat menghadiri undangan pernikahan. Hanya saja, Sedulur harus hati-hati ketika memilih warna kemeja maupun celana yang akan dipadukan dengan jas tersebut. Ada baiknya jas warna gelap seperti biru dongker dipadukan dengan kemeja dan celana berwarna muda.

Jangan lupa lengkapi penampilan Sedulur dengan sepatu sneakers ataupun model lainnya, seperti moccasin atau boat shoes yang bisa memberikan kesan formal sekaligus santai.

BACA JUGA: 15 Style OOTD Hijab Simple Untuk Hangout yang Elegan

Tips memilih outfit untuk kondangan

Selain menyimak ragam inspirasi outfit kondangan di atas, tak ada salahnya Sedulur memperhatikan tips memilih outfit untuk kondangan berikut ini. Tips berikut bisa Sedulur ikuti agar tidak salah kostum saat menghadiri undangan.

  1. Pertama, ikut dress code atau tema busana. Belakangan banyak pengantin yang menentukan tema busana untuk tamu yang diundang. Oleh karenanya, perhatikan apakah ada tema busana tertentu yang diminta.
  2. Hindari penampilan yang terlalu mencolok. Tampil maksimal saat menghadiri undangan bisa menjadi cara untuk menghargai orang yang sudah mengundang. Hal itu sekaligus dapat menunjukkan bagaimana totalitas Sedulur dalam mempersiapkan diri untuk menghadiri acara tersebut. Namun jangan sampai Sedulur malah tampil mencolok bahkan mengalahkan penampilan pengantin. Oleh karenanya, hindari warna busana maupun aksesoris yang berlebihan.
  3. Perhatikan lokasi undangan. Hal ini penting dilakukan agar Sedulur tidak salah kostum. Misalnya saat menghadiri undangan pernikahan yang berlokasi di luar ruangan (outdoor), pilih pakaian yang nyaman dengan bahan yang tidak membuat gerah.
  4. Pilih sepatu yang nyaman. Selain memperhatikan pakaian, sepatu yang dikenakan saat menghadiri undangan juga tidak boleh luput dari perhatian. Pilih sepatu yang nyaman sekaligus bisa menunjang penampilanmu.

Demikian tadi ragam inspirasi outfit kondangan yang bisa Sedulur jadikan referensi. Selain itu, juga telah dipaparkan beberapa tips memilih outfit untuk menghadiri undangan pernikahan. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org