12 Rekomendasi Obat Tetes Mata Anak yang Aman dan Ampuh

12 Rekomendasi Obat Tetes Mata Anak yang Aman dan Ampuh


Tidak sedikit orang tua yang mengalami kebingungan pada saat mencari obat tetes mata anak. Pasalnya, pemberian obat tersebut kepada buah hati tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu ketelitian dan perhatian dalam memilih obat tersebut, terlebih lagi terhadap kandungannya.

Lantas, apa saja merek-merek obat tetes mata anak yang dapat digunakan? Yuk, simak ke-12 rekomendasinya berikut ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Botol Minum Anak Terbaik & Tips Memilihnya

Penyakit mata pada anak

Depositphotos

Mata adalah salah organ tubuh yang memiliki peranan penting. Sedulur dapat melihat hijaunya lembah di sekitar bukit, kendaraan yang berlalu lalang di jalan, serta hamparan lautan yang biru karena mata Sedulur berfungsi dengan semestinya.

Organ mata memiliki beberapa bagian masing-masing yang terhubung satu sama lain dan berfungsi sesuai dengan perannya masing-masing. Bagian-bagian dalam mata meliputi kornea, bilik mata depan (anterior chamber), sklera, iris dan pupil, lensa, koroid dan konjungtiva, badan vitreous, retina dan saraf optik, makula, serta kelopak mata.

Kesemua organ yang telah disebutkan tadi perlu untuk bekerja secara optimal agar kita dapat melihat lingkungan sekitar dengan baik. Walaupun begitu, tak jarang organ mata kita mengalami beberapa masalah kesehatan yang dapat mengganggu penglihatan.

Tanpa memandang usia, sebenarnya terdapat banyak jenis penyakit yang dapat menyerang mata. Namun, terkhusus bagi anak-anak, 9 masalah kesehatan pada mata ini dapat menyerang mereka yang masih belia. Apa saja, ya?

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Keju untuk MPASI Terbaik, Aman & Bergizi

  • Mata merah – Nama lain dari mata merah adalah konjungtivitis. Beberapa penyebab mata merah adalah debu, kotoran, tidak sengaja kemasukan serangga kecil. Bisa juga disebabkan oleh iritasi atau alergi tertentu.
  • Bintitan – Bintitan bukan hanya sekedar mitos atau pamali, namun juga gangguan kesehatan pada mata yang terdapat dalam medis. Biasa disebut dengan hordeolum. Penyebab utamanya adalah infeksi bakteri. Gejala yang dapat muncul yaitu mata bengkak, kemerahan, air mata berlebihan, dan rasa nyeri.
  • Kalazion – Jenis masalah kesehatan mata ini dapat menyebabkan benjolan pada kelopak. Penyebab utamanya adalah karena pembengkakan kelenjar minyak. Mirip dengan bintitan, namun tidak menimbulkan rasa nyeri.
  • Miopia – Miopia lebih umum dikenal dengan rabun dekat atau mata minus. Masalah kesehatan ini marak terjadi pada anak, terlebih lagi bagi mereka yang sering bermain smartphone.
  • Mata silinder – Mata silinder dalam dunia medis disebut dengan astigmatisme. Ia membuat objek yang dilihat mata anak menjadi berbayang, baik itu dalam jarak dekat atau jauh.
  • Penyumbatan saluran air mata – Beberapa anak dapat lahir dengan bawaan gangguan kesehatan mata ini. Karena saluran air mata yang tersumbat, maka ujung mata anak cepat bernanah dan berkerak.
  • Mata juling – Nama lain dari mata juling adalah strabismus. Masalah ini cukup serius, dapat disebabkan oleh amblyopia (mata malas), tumor otak, atau gangguan saraf.
  • Ptosis – Ptosis merupakan kondisi posisi kelopak mata yang lebih rendah daripada normal. Dapat terjadi sejak anak lahir maupun di tahun pertama pertumbuhannya. Biasanya disebabkan oleh cedera pada saat proses melahirkan, masalah pergerakan mata, tumor, atau juga gangguan saraf.
  • Katarak – Katarak memang lazimnya diderita oleh orang dewasa ke atas, namun dalam beberapa kasus terdapat juga bayi-bayi yang lahir dengan bawaan gangguan kesehatan ini. Pun ada juga katarak yang baru ketahuan setelah beberapa tahun anak tumbuh, disebut dengan katarak juvenil.
Baca juga  Cara Menghitung Rumus Luas Segitiga Beserta Kelilingnya

Nah, dari beberapa masalah kesehatan pada organ penglihatan anak tersebut, beberapa di antaranya perlu penanganan segera dan serius yang dilakukan oleh dokter. Namun, beberapa di antaranya seperti mata kemerahan, mengeluarkan belek, dan lain sebagainya, dapat dengan mudah ditangani oleh orang tua sendiri.

Tentunya, penanganan mandiri tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Obat yang digunakan pun harus dipilih secara teliti dan hati-hati. Tidak sembarang obat untuk gangguan kesehatan mata dapat dipakai untuk anak-anak.

Kalau begitu, apa saja obat tetes mata anak yang dapat Sedulur temukan dengan mudah di apotek dan marketplace online resmi? Berikut ini adalah rekomendasinya khusus bagi Sedulur.

Rekomendasi obat tetes mata anak

Sebagai orang tua, pastinya Sedulur ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Termasuk juga pada saat memberikan obat tetes mata anak. 

Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi obat yang dapat Sedulur pilih, mulai dari Lion Smile Kids Eye Drop, Visine Tears, Erlamycetin Plus, Rohto Cool, Insto Regular, Kalbe Matafres, Tarivid Ophthalmic Solution, Cendo Cenfresh, Lion Smile, Cendo Xitrol, Similasan Kids Allergy Eye Relief, dan Rohto Alguard Kids.

BACA JUGA: Dongeng Malin Kundang untuk Anak, Agar Anak Tidak Durhaka

1. Lion Smile Kids Eye Drop

obat tetes mata anak
Pinterest

Rekomendasi obat tetes mata anak 4 tahun yang pertama berasal dari Negeri Sakura Jepang, Lion Smile Kids Eye Drop. Lion Smile Kids Eye Drop secara khusus diformulasikan bagi anak-anak dengan mata gatal, mata merah, iritasi ringan, dan mata lelah setelah menatap gadget. Produk ini tidak mengandung bahan pengawet sehingga sangat aman digunakan untuk si kecil.

Karena Lion Smile Kids Eye Drop merupakan barang impor dari Jepang, maka Sedulur kudu siap untuk merogoh kocek yang agak dalam. Harganya berkisar pada Rp163.350.

2. Visine Tears

obat tetes mata anak
Pinterest

Kebingungan mencari obat mata anak merah? Coba gunakan Visine Tears terlebih dahulu. Visine Tears dapat menjadi solusi untuk meredakan mata panas serta iritasi ringan akibat kondisi mata kering. Biasanya, iritasi tersebut dapat muncul ketika anak menatap gadget dalam waktu yang lama, berada dalam ruangan kering atau berangin, serta terlalu lama berada di ruangan dingin yang ber-AC.

Obat tetes mata ini dapat digunakan untuk anak. Tetapi, apabila Sedulur ingin menggunakannya pada anak dengan usia di bawah 6 tahun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, ya! Satu botol ukuran 6 ml berkisar pada harga Rp29.100.

3. Erlamycetin Plus

obat tetes mata anak
Halodoc

Erlamycetin Plus dapat membantu mengatasi peradangan mata anak yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Erlamycetin Plus mengandung zat aktif antibiotik chloramphenicol dan dexamethasone, dimana keduanya mampu melawan bakteri penyebab peradangan pada organ penglihatan.

Perlu menjadi catatan, obat tetes mata anak ini termasuk ke dalam golongan obat keras, sehingga memerlukan konsultasi dan resep dokter terlebih dahulu. Erlamycetin Plus juga tidak disarankan untuk anak berusia di bawah 2 tahun. Pastikan penggunaannya di bawah pengawasan dokter. Dengan harga yang cukup murah, hanya Rp12.510, Erlamycetin Plus dapat dengan mudah ditemukan di apotek sekitar Sedulur.

Baca juga  Cara Membuat Buket Snack yang Menarik, Mudah & Sederhana

4. Rohto Cool

obat tetes mata anak
Halodoc

Rohto Cool dapat menjadi obat tetes mata anak belekan yang bersifat sebagai pereda. Rohto Cool mengandung beberapa zat aktif, seperti naphazoline HCl, benzalkonium chloride, dan I-menthol. Zat-zat aktif tersebut dapat dengan efektif meredakan mata merah dan mata gatal akibat iritasi ringan.

Rohto Cool bisa digunakan oleh anak berusia 12 tahun ke atas di bawah pengawasan orang tua. Apabila buah hati Sedulur masih berusia di bawah 12 tahun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, ya.

Rohto Cool tidak hanya meredakan iritasi mata, tetapi ia juga dapat memberi sensasi dingin yang unik pada saat diteteskan ke mata. Jangan lupa untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan pada kemasan atau anjuran dokter. Satu botol Rohto Cool 7 ml yang beredar di pasaran dibanderol dengan harga Rp15.512.

BACA JUGA: Penyebab Mimisan Pada Anak Beserta Cara Menanganinya

5. Insto Regular

obat tetes mata anak
Halodoc

Merek obat tetes mata anak yang ini tentunya sudah sering Sedulur dengar, yaitu Insto Regular. Insto Regular dapat mengatasi  iritasi ringan akibat debu, asap, atau air kolam renang pada anak. Selain itu, Insto Regular dapat membantu mengatasi mata perih dan kemerahan yang mengganggu.

Di dalamnya terdapat  aktif tetrahidrozolin HCl dan benzalkonium klorida yang dapat meredakan mata iritasi, menghentikan pertumbuhan bakteri, maupun mencegah mata kering. Jangan lupa, untuk selalu memperhatikan petunjuk yang tertera dalam kemasan atau anjuran dokter. Disarankan untuk jangan menggunakan Insto Regular apabila usia anak di bawah 6 tahun. Harga Insto Regular adalah Rp14.000.

6. Kalbe Matafres

obat tetes mata anak
Pinterest

Obat tetes mata anak 5 tahun yang dapat Sedulur coba adalah Kalbe Matafres. Ia merupakan obat yang tergolong aman digunakan semua kalangan usia, termasuk untuk si kecil. Kelebihan dari Kalbe Matafres salah satunya adalah tidak menggunakan pengawet. Dengan begitu, obat ini minim menimbulkan risiko pada saat diteteskan ke mata anak.

Kalbe Matafres ampuh untuk meredakan iritasi dan mata kering. Di salah satu marketplace online kenamaan, ia dihargai sekitar Rp25.250.

7. Tarivid Ophthalmic Solution

Halodoc

Tarivid Ophthalmic Solution adalah obat jenis antibiotik untuk infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri. Tarivid Ophthalmic Solution lazim digunakan dalam proses terapi blefaritis, dakriosistitis, konjungtivitis, tarsadenitis, keratitis, dan ulkus kornea. Walaupun diklaim aman, penggunaan obat ini tetap butuh konsultasi dan resep dari dokter terlebih dahulu. Selain itu, Tarivid Ophthalmic Solution pun tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka panjang. Informasi tambahan bagi orang tua, obat ini memiliki efek samping yang membuat mata menjadi perih dan keluar air mata.

8. Cendo Cenfresh

Halodoc

Rekomendasi obat tetes mata anak yang selanjutnya adalah Cendo Cenfresh. Cendo Cenfresh dapat digunakan untuk meredakan iritasi mata serta gangguan mata kering. Kandungan di dalam Cendo Cenfresh pun termasuk aman untuk digunakan pada mata anak yang sangat sensitif.

Penggunaan Cendo Cenfresh pada orang dewasa bisa hingga 6 kali tetes. Sedangkan bagi anak-anak, Cendo Cenfresh hanya disarankan untuk digunakan setengah dosisnya saja. Obat ini mudah ditemukan di apotek sekitar Sedulur dengan harga yang terjangkau, yaitu berkisar pada Rp43,000 saja.

9. Lion Smile

Pinterest

Mencari obat tetes mata anak yang premium dan khusus digunakan untuk usia 15 tahun ke atas? Lion Smile solusinya! Sebelumnya telah dibahas salah satu jenis produk obat mata dari Lion Smile juga, yaitu Lion Smile Kids Eye Drop. Nah, varian yang satu ini cocok untuk dipakai anak-anak remaja ke atas. 

Baca juga  Cek Kurs Dollar Hari Ini di BCA dan Bank Mandiri

Lion Smile menggunakan teknologi dari Jepang yang dipercaya ampuh meringankan berbagai keluhan pada mata, mulai dari iritasi, mata kering, hingga mata merah. Ia sendiri diklaim kaya akan vitamin B6, vitamin A, dan juga vitamin E yang menyehatkan organ penglihatan. Untuk harganya sendiri, berdasarkan beberapa iklan pada marketplace online terbesar di  Indonesia, sekitar Rp105.000.

10. Cendo Xitrol

K24Klik

Cendo Xitrol adalah salah satu obat tetes mata anak yang mengandung dexamethasone. Dexamethasone sendiri dinilai bagus untuk meredakan bengkak pada mata. Selain dexamethasone, Cendo Xitrol juga mengandung neomycin sulphate, dan polymyxin sulphate. Kedua zat tersebut diklaim sangat efektif untuk mengobati mata gatal akibat infeksi bakteri atau pasca operasi. 

Harga dari Cendo Xitrol berkisar pada Rp40.500. Jangan lupa, wajib untuk mengikuti aturan pakai dan anjuran dari dokter, ya Sedulur.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Sepeda Anak Perempuan Terbaik & Berkualitas

11. Similasan Kids Allergy Eye Relief

NineLife

Rekomendasi obat tetes mata anak 2 tahun ke atas yang selanjutnya datang dari Similasan Kids Allergy Eye Relief. Similasan adalah salah satu produsen farmasi ternama asal Swiss. Salah satu produk buatannya adalah Similasan Kids Allergy Eye Relief. Ia diformulasikan dengan bahan-bahan alami bagi mata buah hati Sedulur yang terkena alergi. Beberapa bahan alami tersebut adalah euphrasia, sabadilla, dan juga pulsatilla.

Beberapa kelebihan dari Similasan Kids Allergy Eye Relief adalah tidak mengandung zat kimia yang berisiko bagi mata anak, tidak terdapat efek samping berat, bebas gluten dan dairy, serta aman jika digunakan dengan lensa kontak. Harga yang dibanderol untuk satu botol kecil adalah Rp160.741.

12. Rohto Alguard Kids

Goods of Japan

Rekomendasi obat tetes mata anak 3 tahun yang terakhir merupakan sebuah produk dari pabrikan Rohto Pharmaceutical Co., Ltd., yaitu Rohto Alguard Kids. Rohto Alguard Kids sendiri juga termasuk produk andalan dari Jepang, dimana ia sangat efektif untuk membantu meredakan mata gatal, sakit pada kelopak mata, penglihatan kabur, iritasi karena debu, keringat, setelah berenang, dan juga mata lelah.

Rohto Alguard Kids memiliki beberapa kelebihan, seperti bebas pewarna kimia, bebas pewangi buatan, dan desain produk yang memudahkan pada saat penggunaan. Harganya sekitar Rp175.000 untuk satu botol kecil ukuran 10 ml.

Nah, itulah informasi mengenai 12 rekomendasi obat tetes mata anak yang aman serta ampuh. Sekali lagi, Sedulur perlu memperhatikan aturan penggunaan dan juga anjuran dari dokter apabila perlu sebelum menggunakan obat-obat di atas, ya. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org