niat mandi wajib

Niat Mandi Wajib Atau Mandi Junub Pria dengan Tata Caranya


Bagi Anda yang beragama Islam, tentunya niat untuk mengambil wudhu wajib sudah tidak asing lagi. Ya, niat itu diucapkan atau diucapkan dalam hati ketika kita hendak menunaikan wudhu wajib. Dalam ajaran Islam, wudhu wajib itu sendiri merupakan proses penyucian diri, dimana tujuan utamanya adalah untuk menghilangkan kotoran, naji, dan juga mengembalikan kesucian.

Ada beberapa perbedaan dalam mandi wajib bagi pria dan wanita. Namun, pembahasan ini akan fokus pada mandi wajib khusus laki-laki. Tertarik dengan niat mandi wajib laki-laki dan tata caranya? Baca review selanjutnya sampai selesai, ya!

BACA JUGA: Lengkapi bacaan Doa Istigos dengan Dalil dan Artinya

Alasan mandi itu wajib

Setiap piksel

Sebelum membahas niat laki-laki yang benar dalam mandi wajib, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa alasan seseorang dipaksa untuk mandi wajib. Dikatakan di atas bahwa wudhu wajib adalah salah satu proses penyucian diri, yang tujuannya untuk menghilangkan kotoran, naji, dan mengembalikan kesucian.

Secara umum, tanpa memandang jenis kelamin, ada enam alasan mengapa seseorang harus mandi tanpa henti. Penyebab tersebut terdiri dari pertemuan dua khitan, ejakulasi, kematian, haid (haid), nifas dan nifas. Berikut penjelasan dari masing-masing penjelasan alasan wajib mandi sebelum kita melihat niat mandi wajib bagi laki-laki.

Berdasarkan tulisan Muhammad Abdo Tuasikala, Magister Sains, ada enam hal yang membuat seorang muslim wajib berwudhu, tiga di antaranya dapat dialami oleh pria dan wanita, dan tiga lainnya hanya dapat dialami oleh wanita. Alasan wajibnya wudhu laki-laki dan perempuan adalah bertemunya dua khitan, habisnya mani dan mati. Alasan wajib mandi khusus bagi wanita adalah haid (haid), nifas dan nifas.

BACA JUGA: Lengkapi Niat Doa Roh dengan Doa Setelah Doa Roh

1. Pertemuan dua orang yang disunat

Pertemuan dua sunat adalah istilah lain untuk aktivitas seksual. Jika seseorang melakukan aktivitas ini dalam arti menembus alat kelamin laki-laki ke dalam alat kelamin wanita, maka setelah itu ia wajib mandi, terlepas dari keluarnya mani atau tidak.

Baca juga  6 Cara Konfigurasi Bluetooth di Laptop & PC dengan Mudah

Hal ini senada dengan hadits berikut:

Jika seorang laki-laki telah benar-benar melakukan hubungan seksual dengan istrinya dan kemudian menemukan dua organ seks, dia wajib mandi.(HR Bukhari No. 291 dan Muslim No. 348)

2. Isolasi air mani

Masih melanjutkan pembahasan poin sebelumnya, ketika seseorang melakukan berbagai tindakan yang menyebabkan keluarnya cairan mani (sperma), maka ia perlu mandi wajib. Sebagaimana disebutkan dalam hadits ini:

Sesungguhnya (wudhu) dengan air adalah karena keluarnya air (mani).(HR.Muslim No.343)

Ajaran Islam sendiri juga menjelaskan secara rinci jenis ejakulasi, seperti apa penyebab wajibnya wudhu. Adalah sebagai berikut:

  • Sperma yang keluar dengan nafsu (hasrat dan nafsu seksual) dan melemahkan tubuh.
  • Sperma yang berbau seperti adonan tepung menjadi ciri khasnya.
  • Sperma yang keluar tadaffuktetes demi tetes.

3. Kematian

Dalam salah satu hadits dari Nabi (sallallahu alayhi wa sallam) dikatakan bahwa orang yang sekarat harus melakukan wudhu wajib.

Mandi air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih jika dirasa perlu, dan terakhir mandi dengan Kafur Barus.(HR Bukhari No. 1253 dan Muslim No. 939)

Muhammad Abduh Tuasikal, M.Si., lebih lanjut menjelaskan bahwa seorang muslim yang telah menjadi syahid tidak boleh dimandikan dan didoakan, tetapi harus dibungkus dengan kain kafan dan dimakamkan sesuai dengan syariat Islam.

Bagi yang non muslim bisa dimandikan, bahkan dibungkus dengan kain kafan dan dikubur. Namun, mereka tidak perlu didoakan. Bagi janin yang meninggal dalam kandungan atau kehamilannya, yang belum berwujud dan belum bernyawa, maka tidak perlu dimandikan dan tidak perlu shalat. Janin kemudian hanya perlu ditutup dengan kain dan sunnah untuk penguburannya.

BACA JUGA: Membaca doa duduk di antara dua sujud, bahasa arab, latin dan artinya

Baca juga  Bid'ah adalah? Pahami Pengertian dan Macam-Macamnya

4. Haid (haid)

Haid adalah nama lain dari haid. Al-Qur’an menjelaskan hukum wajib wudhu sehubungan dengan menstruasi.

Anda ditanya tentang menstruasi. Katakanlah, “Menstruasi adalah najis.” Oleh karena itu seseorang harus berpantang dari wanita selama menstruasi; dan jangan mendekati mereka sampai mereka suci. Ketika mereka menjadi murni, maka campurkan mereka seperti yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.(Sura al-Baqarah: 222)

5. Pascapersalinan

Nifas adalah darah yang dikeluarkan setelah melahirkan. Seorang wanita yang keluar dari rumah sakit bersalin tetap dihukum karena wudhu wajibnya.

6. Melahirkan

Hukum bersalin sama dengan bersalin. Oleh karena itu, seorang wanita yang melahirkan nanti pasti harus mandi.

Mandi wajib

mandi wajib
foto deposit

Sebelum Sedulur belajar tentang niat mandi wajib, Sedulur harus terlebih dahulu memahami dasar-dasar kegiatan pembersihan ini. Beberapa ulama Islam telah membahas apa yang merupakan dasar dari wudhu wajib menurut Nabi (damai dan berkah Allah besertanya).

Hadits tersebut menyebutkan bagaimana melakukan wudhu wajib dengan benar.

لْءَ لاَثاً لَى لَى ائِرِ

Dia mengambilnya dengan dua telapak tangan, tiga kali dan kemudian memercikkannya ke kepalanya, lalu menuangkan setelah itu ke seluruh tubuhnya.(HR. Ahmad No. 4/81)

Nah, dari hadits di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa rukun dari kegiatan bersuci ini adalah menyemprotkan air ke seluruh tubuh. Jika disengaja, maka mandinya halal. Lalu bagaimana cara berwudhu dan shalat wajib laki-laki?

BACA JUGA: Doa saat hujan deras dan setelah hujan beserta artinya

Mandi wajib

foto deposit

Niat mandi untuk ejakulasi pria bisa diucapkan melalui mulut atau hanya diucapkan di hati. Menurut hadits berikut:

الالُ النِّيَّاتِ

Sungguh, setiap perbuatan tergantung niat.(HR Bukhari No. 1 dan Muslim No. 1907)

Namun, boleh saja jika Sedulur ingin mengatakan tentang niat berwudhu wajib melalui mulut. Membaca terlihat seperti ini:

Baca juga  Cara Mengatasi Reboot and Select Proper Boot Device di PC

لِرَفْعِ

Bismillahirahmanirahim navaytul gusla lirafil hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi taala.

Cara: “Saya niat mandi untuk menghilangkan hadat besar dari janab, fardha karena Allah Ta’ala.

BACA JUGA: 10 Kumpulan Doa Yang Bermakna Untuk Anak Yang Bertaqwa

Prosedur mandi wajib untuk pria

foto deposit

Berikut penjelasan tata cara kegiatan pembersihan yang sebelumnya didahului dengan niat mandi laki-laki setelah mimpi basah.

  • cuci tangan – Cuci tangan tiga kali sebelum mandi.
  • Bersihkan alat kelamin Anda – Bersihkan alat kelamin dan sisa kotoran dengan tangan kiri.
  • Cuci tangan lagi – Setelah membersihkan alat kelamin, cuci tangan kembali dengan tanah atau sabun.
  • pembersihan – Lakukan wudhu dengan cara yang persis sama seperti sebelum sholat.
  • Menuangkan air ke tubuh – Bilas seluruh tubuh dengan air dari ujung kepala sampai ujung kaki. Bilas tiga kali.
  • Untuk mencuci rambut – Cuci rambut Anda di sebelah kanan, lalu di sebelah kiri.
  • gangguan rambut – Pecahkan rambut agar air meresap ke kulit kepala.
  • Bilas tubuh Anda dengan air lagi – Bilas wadah seperti penutup, mulai dari sisi kanan ke kiri.

Hal tersebut di atas merupakan gambaran singkat tentang niat berwudhu wajib atau wudhu junub bagi laki-laki, dilanjutkan dengan penjelasan sarana dan alasannya. Semoga artikel ini membantu Sedulur menjadi Muslim yang selalu mengikuti ajaran Islam sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org