niat mandi junub wanita

Niat Mandi Junub Wanita yang Benar Sesuai Sunnah


Mandi besar, juga disebut mandi junub, adalah cara untuk membersihkan hadas besar seperti yang ditentukan dalam ajaran Islam. Istilah ini merujuk pada alasan mengapa seorang muslim wajib berwudhu besar, yaitu keadaan junub. Kewajiban mandi junub berlaku bagi seluruh umat Islam, baik perempuan maupun laki-laki. Dalam artikel sebelumnya, Super membahas tentang rutinitas mandi wajib bagi pria. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Super akan membahas tata cara dan niat mandi Janub bagi wanita yang sesuai dengan sunnah.

Mau tahu cara membaca niat mandi junub untuk wanita? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak info lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Niat mandi wajib bagi pria dan rutinitas yang harus diwaspadai!

Apa itu junub?

pilih bebas

Sebelum menyimak tata cara dan bacaan niat mandi junub, ada baiknya Sedulur terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan junub.

Mengutip dari blog Gramedia, junub berasal dari kata janabah yang artinya “jauh”. Sedangkan dari segi junub berarti keadaan seseorang setelah keluarnya mani akibat mimpi basah atau berhubungan badan.

Keadaan junub disamakan dengan hadas besar. Jadi, bagi seorang muslim, baik laki-laki maupun perempuan yang dalam keadaan junub diwajibkan untuk melakukan wudhu yang besar atau disebut juga dengan wudhu wajib.

Sekadar informasi, istilah “wudhu agung”, “wudhu wajib” dan wudhu junub itu sendiri sebenarnya merujuk pada hal yang sama. Hanya saja, mandi junub sering disandingkan dengan ritual mandi besar, yang dilakukan setelah berhubungan badan suami istri.

BACA JUGA: Hukum Berhubungan Seksual di Bulan Ramadhan Menurut Islam dan Dalilnya

Alasan mandi junub atau mandi itu hukumnya wajib.

pilih bebas

Telah diriwayatkan bahwa orang yang dalam keadaan junub harus mandi besar atau wudhu junub sebelum melakukan ibadah. Karena dalam keadaan junub, ia tidak diperbolehkan melakukan ritual ibadah. Oleh karena itu, salah satu alasan mengapa seseorang harus mandi junub adalah karena ia dalam keadaan junub.

Baca juga  Sinopsis Fifty Shades Freed, Kisah Istri Seorang Miliuner

Hal ini sejalan dengan sabda Nabi Muhammad SAW. siapa yang membaca,

ا الْخِتَانُ الْخِتَانَ الْغُسْلُ

“Bila dua alat kelamin bertemu, atau bila alat kelamin bersentuhan dengan alat kelamin yang lain, maka wajib mandi.”

Adapun beberapa alasan mengapa seorang muslim harus mandi janub atau mandi besar adalah sebagai berikut.

  • keluar mani
  • Suami dan istri
  • Wanita yang telah selesai haid
  • Wanita yang menyelesaikan periode postpartum
  • Mati. Namun, kewajiban memandikan dikenakan kepada orang yang masih hidup melalui perintah memandikan jenazah.

Hal-hal yang dilarang selama junub

pilih bebas

Diketahui bahwa seorang muslim yang dalam keadaan junub, sebelum melakukan ritual ibadah wajib melakukan wudhu besar atau mandi di junub. Jadi apa yang dilarang selama junub?

Mengutip dari Sholat Fiqh Abu Usman Harisman Menurut Pedoman Nabi melalui Gramedia Blog, berikut adalah beberapa hal yang dilarang dilakukan selama keadaan junub.

  • salat, baik salat wajib maupun salat sunnah
  • Tawaf di Baitullah
  • memegang Alquran
  • Membaca Al Quran
  • tinggal atau tinggal di masjid

BACA JUGA: Rutinitas mandi wajib dilengkapi dengan bacaan doa dan niat

Bacaan Niat Mandi Junub Wanita Dan Maknanya

niat mandi junub wanita
pilih bebas

Saudara-saudara mungkin bertanya-tanya apakah ada perbedaan antara niat mandi wajib dan junub? Dikumpulkan dari berbagai sumber, pada umumnya niat mandi itu wajib karena junub dan alasan lainnya adalah sama. Yakni, bacaan tajwid yang artinya “Saya berniat mengambil wudhu wajib dalam rangka mensucikan hadah yang besar”. Namun, kemudian pembacaan niat dapat dibuat lebih spesifik dengan menyebutkan alasan wajibnya mandi besar.

Berikut bacaan niat wajib mandi bagi wanita yang terbagi menjadi tiga, yaitu niat wajib mandi setelah berhubungan badan, setelah haid, dan setelah melahirkan.

1. Niat mandi junub wanita setelah bersenggama.

الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ ا للهِ الَى

Navaytul gusla liraf il hadatsil akbari fardkhal lillahi taaala.

Itu berarti:

Baca juga  Doa Novena Tiga Salam Maria, Doa yang Pasti Dikabulkan!

“Saya niat mengambil wudhu wajib untuk menghilangkan hadas fardha besar karena Allah Ta’ala.”

2. Niat seorang wanita untuk mandi junub setelah haid.

الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَيْضِ للهِ الَى

Navaytul gusla lirafi hadatsilkhadiil lillahi Taala.

Itu berarti:

“Saya niat berwudhu wajib untuk membersihkan hadas utama haid karena Allah Ta’ala.”

3. Niat mandi junub setelah melahirkan.

الْغُسْلَ لِرَفْعِ النِّفَاسِ للهِ الَى

Navaytul ghusla lirafi hadatsin nifaasi lillahi taala

Itu berarti:

“Saya niat berwudhu wajib untuk membersihkan hadas utama sejak melahirkan karena Allah Ta’ala.”

BACA JUGA: Niat Sholat Rawitib beserta waktu, tata cara dan keutamaannya

Cara mandi junub

niat mandi junub wanita
pilih bebas

Selain membaca niat mandi junub wanita, Sedulur juga perlu mengetahui tata cara mandi wajib sesuai tuntunan Nabi. Perbedaan tata cara mandi wajib setelah berhubungan badan, sesudah haid dan sesudah melahirkan hanya terletak pada niat yang dibaca.

Berikut tata cara lengkap mandi janub atau wudhu.

  1. Bacalah niat untuk menebus junub seperti yang dijelaskan di atas. Perlu diperhatikan bahwa cukup membaca niat mandi junub dalam hati sehingga tidak perlu diucapkan dengan lantang.
  2. Cuci atau cuci tangan Anda tiga kali seolah-olah Anda sedang berwudhu.
  3. Membersihkan alat kelamin yang dianggap kotor sampai bersih, dilanjutkan dengan mencuci tangan berulang-ulang.
  4. Kemudian berwudhu sesuai tata cara berwudhu, seperti ketika hendak shalat.
  5. Bilas kepala Anda tiga kali sampai seluruh kepala dan kulit basah. Sedangkan untuk pria, pastikan untuk mencuci rambut dan kulit kepala dengan jari. Padahal bagi wanita itu sunnah.
  6. Kemudian bilas seluruh tubuh dengan air, mulai dari ujung rambut atau ujung rambut hingga ujung kaki. Pada tahap ini, disarankan untuk membilas casing di sisi kanan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan menyiram sisi kiri casing.

BACA JUGA: Lengkapi Niat Doa Roh dengan Doa Setelah Doa Roh

Perbedaan tata cara mandi junub untuk wanita dan pria

pilih bebas

Telah disebutkan sebelumnya bahwa ada perbedaan tata cara mandi junub perempuan dan laki-laki. Perbedaan ini terletak pada tahap membilas kepala dengan air, di mana wajib bagi laki-laki untuk membasuh pangkal rambut dengan jari-jari mereka. Sedangkan wanita tidak wajib melakukannya. Hal ini dinyatakan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi sebagai berikut.

Baca juga  Potret Arsy Jadi Juara Umum WCOPA, Borong 14 Penghargaan  

Saya bertanya, Wahai Rasulullah, sebenarnya saya adalah seorang wanita yang memiliki kepangan yang sangat kuat di kepalanya, apakah saya dapat membatalkannya ketika saya mandi di junub? Kemudian Rasulullah menjawab: “Tidak, sebenarnya cukup kamu menyiramkan air ke kepalamu sebanyak 3 kali.”‘” (HR At Tirmidzi).

Manfaat wajib mandi

niat mandi junub wanita
pilih bebas

Mengutip dari blog Gramedia, ada beberapa manfaat mandi wajib atau wajib. Hal ini tertuang dalam Diskusi Syariah, tulis Syekh Muhyiddin dalam bukunya “Ibadatul Islam: fikhua, asrorukha, wa taallumu kayfiyatiha head of fida-faida bat.” Berikut beberapa manfaat mandi wajib yang perlu Anda ketahui.

  • Sebagai bentuk pelaksanaan perintah Allah SWT. jadi ada pahala di dalamnya.
  • Memberikan kesegaran dan mengembalikan keadaan tubuh setelah berhubungan intim dengan suami istri.
  • Ini adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap bersih dan sehat.

Itu adalah diskusi tentang niat mandi wanita junub dan tata caranya. Selain itu juga dijelaskan pengertian dan penyebab junub serta manfaat wudhu wajib. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org