Moral adalah

Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Macamnya


Moralitas adalah standar perilaku yang diterima secara umum yang memungkinkan orang untuk hidup bersama dalam kelompok. Moralitas mengacu pada sanksi masyarakat apa yang benar dan dapat diterima. Moralitas sering diidentikkan dengan etika, yang berasal dari kata Yunani untuk kebiasaan.

Moralitas didasarkan pada pandangan tentang kehidupan agama tertentu. Nah, untuk lebih memahami apa itu moralitas, mari simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA: Pengertian seni grafis dan jenisnya, fungsi dan contohnya

Moralitas dalam hal apa?

iStock

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, moralitas adalah akibat baik dan buruk, yang digambarkan secara umum dalam kaitannya dengan perbuatan, hubungan, kewajiban, dll. Beberapa ahli bahasa juga mendefinisikan moralitas sebagai standar perilaku yang memungkinkan orang untuk hidup bersama dalam kehidupan. kelompok.

Dalam penerapannya pada masyarakat, moralitas mengacu pada sanksi lokal atas apa yang benar dan dapat diterima masyarakat. Moralitas juga erat kaitannya dengan budaya dan kebiasaan kelompok, sehingga nilai moral di setiap daerah bisa berbeda satu sama lain.

Dalam penerapan moralitas, masyarakat pada umumnya menempatkan tanggung jawab penuh pada setiap individu. Tanggung jawab moral adalah agar manusia menyadari kebebasannya untuk memperlakukan makhluk lain sesuai dengan kehendak Tuhan. Hal ini dikarenakan adanya kepercayaan bahwa Tuhan telah memberikan kebebasan, sehingga dibutuhkan hati nurani untuk menilai kehendak-Nya pada manusia.

Pengertian akhlak menurut para ahli

moralitas
pixabay

Nah, untuk lebih memahaminya, berikut pengertian moral menurut para ahli.

  1. Maria Assumpta

Maria Assumpta berpendapat bahwa moralitas adalah pernyataan pikiran yang berkaitan dengan semangat kerja seseorang, dimana ia dapat merangsang perilaku.

  1. Maria J. Vanta

Menurut Maria J. Vanta, pengertian moral adalah sesuatu yang berkaitan dengan kemampuan untuk menentukan benar atau salah, serta baik buruknya perilaku seseorang.

  1. Sonny Kerafi
Baca juga  4 Resep Wedang Ronde Enak, Cocok Disantap Saat Hujan

Sonny Keraf berpendapat bahwa moralitas adalah sesuatu yang dapat dijadikan dasar untuk menentukan tindakan seseorang yang dianggap baik atau buruk dalam masyarakat.

  1. Immanuel Kanto

Immanel Kant mendefinisikan moralitas sebagai masalah keyakinan dan sikap internal dan tidak terbatas pada ketaatan terhadap seperangkat aturan eksternal, apakah itu hukum negara, hukum agama, atau hukum adat.

  1. Harlock

Menurut Herlock, moralitas adalah sakramen, kebiasaan dan adat. Perilaku moral dikendalikan oleh konsep moral atau aturan perilaku yang telah menjadi akrab bagi perwakilan budaya.

  1. Al Ghazali

Menurut Al-Ghazali, akhlak adalah tempramen (watak, budi pekerti) yang tetap kuat dalam jiwa seseorang dan merupakan sumber terjadinya perbuatan tertentu dalam dirinya dengan mudah dan mudah, tanpa perlu pemikiran dan perencanaan terlebih dahulu.

BACA JUGA: Perbedaan karakter cerita: protagonis, antagonis, dan tritagonis

Sifat Moral

moralitas
pixabay

Menurut Bertens K., ciri-ciri nilai moral adalah:

  • Tentang tanggung jawab

Nilai moral berkaitan dengan pribadi manusia, tetapi lebih khusus terkait dengan pribadi manusia yang bertanggung jawab. Nilai moral membuat seseorang bersalah atau tidak bersalah karena bertanggung jawab.

  • sikap terhadap hati nurani

Ciri nilai moral hanya nilai-nilai tersebut yang membangkitkan suara hati nurani, entah itu menuduh karena orang meremehkan atau menentang nilai moral, atau memuji ketika orang menyadari nilai moralnya.

Nilai moral bersifat mutlak mengikat dan tidak dapat ditawar, misalnya jika seseorang memiliki nilai estetis maka ia akan menghargai sebuah lukisan yang berkualitas, sebaliknya orang lain mungkin tidak akan menghargai lukisan tersebut. Namun nilai-nilai moral harus diakui dan harus disadari oleh manusia. Komitmen mutlak melekat pada nilai-nilai moral, karena nilai-nilai tersebut berlaku bagi seseorang sebagai pribadi.

Max Scheler berpendapat bahwa nilai-nilai moral kompatibel dengan nilai-nilai lain. Artinya dalam mewujudkan nilai-nilai moralnya, seseorang memasukkan nilai-nilai lain dalam perilaku moralnya.

Baca juga  Fiksi adalah Cerita Buatan, Ketahui Karakteristik, Ciri & Jenisnya

Tujuan dan fungsi moral

moralitas
pixabay

Secara umum, tujuan dan fungsi moralitas adalah mewujudkan harkat dan martabat pribadi manusia melalui pengamalan nilai dan norma. Di bawah ini adalah tujuan dan fungsi moral yang perlu Anda ketahui.

  1. Menjamin terwujudnya harkat dan martabat manusia dan kemanusiaan.
  2. Motivasi orang untuk berperilaku dan bertindak dengan kebaikan dan kebajikan, berdasarkan kesadaran akan kewajiban berdasarkan moralitas.
  3. Menjaga hubungan yang harmonis antar manusia.
  4. Memberikan landasan kesabaran dengan bertekun dalam setiap dorongan naluri, keinginan, atau hawa nafsu yang dapat mengancam harkat dan martabat pribadi seseorang.
  5. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang masa depan, baik tentang sanksi sosial maupun akibat dalam kehidupan, sehingga masyarakat penuh pertimbangan sebelum bertindak.
  6. Menjadikan manusia lebih sehat lahir dan batin, karena menjalankan fungsi moral, sehingga tidak ada perasaan penyesalan, konflik internal dan perasaan kecewa dan dosa.

BACA JUGA: Ansambel musik: definisi, karakteristik, jenis, dan contoh

Jenis-jenis moralitas

moralitas
pixabay

Moralitas, yang juga sering disebut moralitas, memiliki nilai-nilai esensial yang sangat penting. Nilai ini biasanya mencakup beberapa jenis seperti berikut ini.

  • Moralitas Objektif
  • moralitas subjektif
  • Moralitas batin
  • Moralitas eksternal

Jenis dan bentuk moralitas

moralitas
pixabay

Bentuk akhlak pada diri seseorang dapat dilihat dari penampilan dan perilakunya secara umum.Berikut penjelasan beberapa jenis akhlak.

Moralitas ketuhanan adalah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan agama atau religiositas berdasarkan agama dan kepercayaan tertentu yang mempengaruhi individu. Bentuk moral ketuhanan, misalnya, terdiri dari mengikuti ajaran agama yang dianutnya dengan sebaik-baiknya. Contoh moral adalah menghormati sesama, menghormati pemeluk agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

  • Ideologi moral dan filsafat

Ideologi dan falsafah moral adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan semangat berbangsa, kesetiaan terhadap cita-cita berbangsa dan bernegara. Bentuk moral ideologi dan falsafah, misalnya, mendukung nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Misalnya dengan menolak ideologi asing yang ingin mengubah dasar negara Indonesia.

  • Etika moral dan kesusilaan
Baca juga  Sejarah, Makna, Jenis dan Propertinya

Etika kesusilaan dan kesusilaan adalah segala hal yang berkaitan dengan etika dan kesusilaan yang didukung oleh masyarakat, bangsa, dan negara secara kultural dan tradisional. Suatu bentuk etika moral dan kesusilaan, seperti menghormati orang lain yang berbeda pendapat, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Contohnya adalah menyapa orang lain saat bertemu atau berpapasan.

Disiplin moral dan hukum adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kode etik profesi dan hukum yang berlaku dalam masyarakat dan negara. Bentuk disiplin moral dan hukum, seperti melakukan kegiatan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Contoh moralnya adalah selalu menggunakan perlengkapan yang dibutuhkan dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat berkendara di jalan raya.

Jadi, menjelaskan makna moralitas dan nilai moral sama-sama contohnya. Moralitas adalah standar yang diterapkan dalam masyarakat, baik sikap maupun perilaku. Contoh kecil moralitas adalah membuang sampah pada tempatnya.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org