Pengertian Monitor Beserta Jenis-Jenis dan Fungsinya

Pengertian Monitor Beserta Jenis-Jenis dan Fungsinya


Monitor adalah perangkat yang melengkapi pengoperasian komputer (PC). Monitor digunakan untuk menampilkan informasi berupa teks atau gambar kepada pengguna komputer. Monitor biasanya memiliki layar, komponen elektronik, kabel daya, penyangga layar, dan beberapa port untuk menghubungkan layar ke komputer.

Dalam artikel ini, Sedulur akan diminta untuk mempelajari semua seluk-beluk definisi monitor, jenis monitor, serta beberapa fungsinya. Simak poin ulasannya di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: Memahami alamat IP dan jenisnya, fungsi dan cara kerjanya

Definisi monitor

foto deposit

Ketika berbicara tentang monitor, tentu saja, tidak dapat mengabaikan fakta bahwa mereka adalah bagian dari komputer (PC). Ya, monitor adalah perangkat keras yang dapat menampilkan informasi dalam bentuk teks atau gambar. Hasil output tersebut melalui proses pengolahan data yang panjang oleh kartu VGA (Video Graphics Array).

Monitor diproduksi dalam berbagai resolusi untuk memberikan pengalaman menonton yang sempurna kepada pengguna. Biasanya monitor yang Anda temukan memiliki resolusi mulai dari 1280×800, 1366×768 hingga 1920×1080 atau bahkan lebih. Resolusi di sini berarti jumlah piksel dalam dimensi lebar dikalikan dengan tinggi layar monitor.

BACA JUGA: Kumpulan contoh teks naratif sejarah pendek dan strukturnya

Fungsi monitor adalah

memantau
foto deposit

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, monitor adalah perangkat yang berperan penting dalam keseluruhan pengoperasian komputer.

Kenapa ini? Monitor menjadi perangkat keras (hardware) yang menampilkan teks atau gambar bagi pengguna komputer. Oleh karena itu pentingnya peran monitor sebagai perantara dalam interaksi antara manusia dan komputer.

Dari fungsi dasar ini, Sedulur dapat meregangkan benang lebih jauh untuk mengetahui kegunaan lain dari monitor dalam kehidupan seseorang. Investor tidak akan dapat memantau sahamnya jika monitor tersebut tidak terhubung ke komputer. Anak sekolah tidak bisa menguasai luasnya pengetahuan di bidang informasi dan teknologi ketika monitor rusak di kelas komputer mereka. Kasir Minimart tidak dapat melakukan transaksi penjualan kepada pelanggan jika monitornya tidak berfungsi. Dan masih banyak lagi contoh kegunaan monitor bagi kehidupan manusia.

Baca juga  Pengertian, Dampak & Hukumnya di Indonesia  

BACA JUGA: 14 cerita lucu yang pasti akan membuatmu tertawa!

Jenis monitor

Nah, setelah Sedulur mendapat informasi tentang pengertian monitor dan fungsinya, saat ini Sedulur sedang menyelidiki berbagai jenis monitor untuk komputer (PC). Beberapa jenis monitor yang tercantum di bawah ini mungkin tidak lagi diproduksi karena sudah usang dan bukan pilihan rata-rata konsumen.

Jenis monitor: monitor CRT, monitor LCD, monitor LED, monitor plasma, dan monitor OLED. Lihat penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

BACA JUGA: Doa Lengkap Bepergian dengan Kendaraan: Darat, Laut dan Udara

1. monitor CRT

memantau
foto deposit

Jenis monitor yang pertama adalah CRT atau tabung sinar katoda. Monitor adalah tampilan analog yang dapat membuat gambar di layar menggunakan tiga bola lampu yang menyebabkan jutaan titik fosfor di layar menyala.

Monitor CRT ini biasanya berukuran besar dan cukup berat. Hal ini dikarenakan bagian belakang layar monitor harus mampu menampung tabung vakum CRT.

2. monitor LCD

memantau
foto deposit

Jenis monitor yang kedua adalah LCD atau layar kristal cair. Penggunaan monitor ini sangat populer dibandingkan dengan monitor CRT. Monitor LCD menggunakan jenis kristal cair sebagai bahan utama untuk menampilkan grafik di layar, dan lampu kecil sebagai sumber cahaya.

Cahaya dari lampu ultra-kecil akan menampilkan sejumlah besar piksel ketika mengenai kristal cair. Kemudian dari sana akan menampilkan gambar yang lebih jernih dari monitor CRT.

Monitor LCD dengan panel IPS

Teknologi panel terbaik dari monitor LCD terbaik adalah panel IPS (In Plane Switching). Jenis panel ini mengkonsumsi lebih sedikit daya tetapi tetap menghasilkan grafik yang layak.

Monitor LCD dengan panel VA.

Panel LCD tipe VA (Vertical Alignment) memberikan reproduksi warna dan sudut pandang yang baik, tetapi sebagai hasilnya, waktu responsnya cukup lambat.

Baca juga  Gaji Pemuda Pancasila yang Jarang Diketahui Orang-Orang

Monitor LCD dengan panel TN

Panel LCD ketiga adalah TN (Twisted Nematic). Keuntungan utama dari panel ini adalah waktu respon yang cepat dan baik. Panel TN biasanya digunakan untuk permainan komputer.

3. monitor LED

foto deposit

Jenis monitor yang ketiga adalah LED atau Light Emitting Diode. Kualitas warna yang dihasilkan cukup baik dengan jumlah piksel yang banyak. Grafik yang keluar pada monitor LED juga bisa lebih nyata dan jernih.

4. Pemantau plasma

foto deposit

Jenis monitor yang keempat adalah plasma atau panel plasma. Monitor plasma biasanya memiliki sudut pandang yang lebar dan reproduksi warna yang sangat detail.

5. monitor OLED

foto deposit

Jenis monitor yang kelima adalah OLED atau Organic Light-Emitting Diode. Monitor OLED adalah generasi berikutnya dari monitor LED. Ukuran panel monitor sangat tipis, bahkan kurang dari 1mm.

Nah Sedulur, ada informasi singkat dari monitor di atas. Seperti yang sudah dijelaskan, monitor merupakan salah satu perangkat yang melengkapi kerja sebuah komputer (PC). Fungsi utamanya adalah untuk menampilkan informasi berupa teks atau gambar kepada pengguna komputer.

Ada beberapa jenis monitor yang ada di pasaran seperti monitor CRT, monitor LCD, monitor LED, monitor plasma serta monitor OLED. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan dan pemahaman tentang perangkat keras komputer, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.

Baca juga  130 Nama Grup WhatsApp Unik, Aesthetic, Keren, dan Lucu 2022




https://wvmuseums.org