Minuman khas Surabaya

Legendaris! 6 Minuman Khas Surabaya Segar Yang Wajib Dicoba


Surabaya dikenal sebagai kota dengan cuaca panas terik. Untuk mengalahkan panasnya Kota Pahlawan, tak heran jika banyak minuman khas Surabaya yang bisa dicoba. Tak hanya bisa menyegarkan tenggorokan, minuman asli Surabaya ini juga terkenal dengan rasanya.

Jika Sedulur tertarik dengan minuman khas Surabaya yang cocok untuk berburu kuliner di siang hari? Mari kita lihat daftar lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Bir Pletok Minuman Ringan Betawi

1. Paku keling es

GoFood

Minuman khas Surabaya yang pertama adalah rivet es pacar. Minuman ini merupakan sajian kuliner yang melegenda karena sudah ada sejak tahun 1978.

Bagi masyarakat Surabaya, minuman segar ini juga dikenal dengan sebutan Pacar Es Keling Pak No karena nama penjualnya adalah Haji Mujiono.

Ciri khas dari es pacar keling sendiri adalah campuran bahan seperti apel, nangka, melon, mangga, sawo, baby coconut, nanas dan anggur. Campuran buah ini kemudian disiram dengan sirup rasa durian.

Untuk harga satu porsi es keling ini, Sedulur hanya merogoh kocek Rp 9.000. Sangat murah bukan?

2. Biru Es

Minuman khas Surabaya
IG Warungbukris

Selain itu, ada minuman khas Surabaya yang dikenal tidak hanya karena kesegarannya, tetapi juga khasiatnya untuk kesehatan. Nama minuman ini adalah es sinom.

Menurut Liputan6, es sinom merupakan minuman khas Surabaya yang dibuat dengan berbagai ramuan herbal tradisional. Maka tak heran jika minuman ini juga membantu menjaga stamina.

Es sinom sendiri memiliki ciri khas rasa manis dan asam. Jadi cocok untuk semua orang.

BACA JUGA: 12. Franchise murah hingga 5jt untuk usaha kecil

3. Es Teler Tanjung Anom

Es Teler Tanjung Anom
Perjalanan Yuk

Siapa yang tidak suka Es Teler? Ada kios es teler di Surabaya yang sangat terkenal dengan minumannya yang enak. Warung ini dikenal dengan nama Es Teler Tanjung Anom.

Baca juga  8 Ciri-ciri Demam Berdarah yang Wajib Diwaspadai

Minuman khas Surabaya ini memiliki cita rasa yang unik dan nikmat. Dalam satu porsi es telera, Sedulur bisa mendapatkan bubur mutiara, nangka, alpukat, keripik es sesuai resep rahasia.

Popularitas dan legenda es teler tanjong anom sendiri diakui oleh masyarakat Surabaya. Bahkan, kios minuman ini sudah memiliki beberapa cabang di Taman Apsari, Genteng, Dharmahusada dan Jalan HR. Muhammad.

Untuk satu porsi es teler dari Tanjong Anom, harga yang dibayar Sedulur cukup tinggi – 20 ribu rupiah. Namun harga akan sebanding dengan rasa yang disumbangkan oleh es teler tanjong anom.

4. Jus Rii Purnama

Jus nanas
Bersembunyi

Bagi Sedulur yang menyukai minuman buah sehat, ada satu minuman khas Surabaya yang wajib dicoba oleh Sedulur. Minumannya adalah sari buah Purnama Ria.

Kedai jus ini merupakan salah satu warung minuman paling legendaris di Surabaya karena sudah dijual sejak tahun 1969. Nama Jus Purnama sendiri tak lepas dari lokasi tokonya yang berada persis di sebelah bioskop Purnama di Surabaya.

Aneka minuman jus di sini tentu akan menarik minat Sedulur karena ada beberapa minuman unik seperti jus koper susu, jus susu durian, jus nangka dan beberapa pilihan minuman lainnya.

BACA JUGA: 10 jus yang akan membantu meningkatkan kesuburan rahim

5. Es campur tidar

Minuman khas Surabaya
ID Fragmen

Bagi pecinta es campur, Anda harus mencoba es campur Tidara saat berkunjung ke Surabaya. Minuman khas Kota Pahlawan ini memiliki cita rasa yang unik dan bisa membuat ketagihan.

Karakter es campurnya tidak biasa, porsinya besar dengan topping lengkap seperti es serut, kelapa muda, alpukat, cincau, kolang kaling dan buah strawberry.

Kuah susu yang digunakan dalam es campur juga terkenal dengan rasanya yang enak dan manis. Jadi buat kamu yang tidak suka panasnya Surabaya, minuman khas Surabaya yang satu ini pasti bisa menyejukkan mood kamu.

Baca juga  Daftar Negara yang Dibayangi Resesi 2023, Indonesia Termasuk?

6. Es krim Zangrandi

Es Zangrandi
titik ping

Minuman khas Surabaya yang juga melegenda adalah es krim Zangrandi. Sebenarnya hidangan ini bukan minuman, karena lebih mirip es krim. Namun, masih pantas untuk mencerminkan suasana yang menyesakkan di Surabaya.

Es krim Zangrandi juga merupakan makanan legendaris di Surabaya. Tidak, toko es ini berusia lebih dari 87 tahun. So soal rasa tidak perlu diragukan lagi, Sedulur.

Nah, itulah deretan minuman khas Surabaya yang cocok untuk mendinginkan suasana gerah Kota Pahlawan. Menurut Anda, mana yang akan dipilih Sedulur untuk menyegarkan dahaganya?




https://wvmuseums.org