minuman khas jawa timur

12 Minuman Khas Jawa Timur yang Segar dan Bikin Nagih


Bagi wisatawan, mencicipi kuliner khas daerah tentu menjadi pengalaman menarik saat berlibur. Yang terkenal dengan kelembutan dan kesegarannya adalah minuman khas Jawa Timur.

Misalnya di Jakarta ada lash beer, di Surabaya juga ada minuman yang bisa menghangatkan tubuh seperti vedang sinom dari Pasuruan. Minuman ini memiliki cita rasa yang khas dengan khasiat yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun, tak hanya vedang sinom menu minuman khas Jawa Timur yang bisa Sedulur coba. Ada beberapa minuman lain yang tidak bisa tidak Anda coba. Berikut ulasan lengkapnya!

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Tempat Makan Nasi Goreng Surabaya Terkenal

1. Vedang Sinom, Pasuruan

ID jaringan

Minuman khas Jawa Timur yang pertama adalah vedang sinom. Minuman ini cukup populer di kawasan pesisir utara pulau Jawa, khususnya di Pasuruan. Sam vedang sinom merupakan hasil olahan daun asam muda yang direbus dengan kunyit dan asam jawa.

Rasa vedang sinom juga cukup unik karena memadukan rasa pedas namun hangat. Jika Anda menginginkan minuman panas yang pas saat musim hujan, maka vedang sinom adalah pilihan yang tepat.

2. Jamu Kebonagung, Pasuruan

minuman jawa timur
Kedua

Seperti di daerah nusantara, minuman khas Jawa Timur ini juga mengandung beberapa jenis jamu yang nikmat.

Jamu yang dihasilkan dipercaya tidak hanya enak, tetapi juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya pengobatan batuk berdahak, sakit tenggorokan, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi perut kembung dan masuk angin.

Salah satu jamu yang juga termasuk dalam minuman khas Jawa Timur adalah jamu kebonagung. Minuman ini terbuat dari campuran rempah-rempah seperti kapulaga, merica, kayu manis, pala, cengkeh, serai, dan gula merah.

3. Vedang Chemue, Ngawi

minuman jawa timur
pinterest

Minuman khas Jawa Timur selanjutnya berasal dari kota Bambu, Ngavi. Minuman ini disebut vedang chemue. Namanya memang cukup unik, tapi minuman ini rasanya lho enak.

Wedang Cemue biasanya disajikan dalam keadaan hangat. Kuahnya terbuat dari campuran jahe, serai, daun pandan, dan gula aren, diisi dengan irisan roti tawar dan kacang goreng. Diteliti, minuman ini sangat mirip dengan wisata di Jawa Tengah.

Baca juga  Akuntan Wajib Tahu! Ini Etika Profesi Akuntansi dan Jenisnya

BACA JUGA: 12 Makanan Terpedas Di Dunia, Beberapa Di antaranya Berasal Dari Indonesia!

4. Pojok Vedang, Malang

Fimela

Wedang Angsle adalah salah satu minuman paling terkenal di Malang. Namun minuman ini hanya bisa ditemui pada malam hari karena selalu disajikan hangat.

Angsle sendiri terbuat dari rebusan air jahe dengan sagu mutiara dan kacang hijau. Ditambah lagi ada beberapa potong roti tawar dan pita singkong yang membuat minuman ini begitu mengenyangkan.

Tak lupa nasi ketan putih dan kacang tanah sangrai melengkapi Wedang Angsle.

5. Vedang Sekang, Banyuwangi

Pelapisan6

Memiliki kandungan utama pohon secang, nampaknya khasiat vedanga ini sudah tidak diragukan lagi. Apalagi masyarakat di Banyuwangi memang menjadikan vedang sekang sebagai salah satu makanan mereka agar tetap bugar.

Beberapa manfaat minuman tamur jawa ini antara lain mengatasi peradangan, membantu menurunkan kadar gula darah, menghentikan diare, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta meredakan gejala masuk angin seperti kembung.

Cara pembuatan vedang sekang sederhana yaitu melarutkan beberapa bahan dasar seperti kayu sekang, serai, daun pandan, kapulaga, kayu manis, gula dan jahe dalam air panas.

6. Vedang Pokak, Gresik

minuman jawa timur
Map Desa

Sirup Pokak atau biasa disebut vedang pokak adalah minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Gresik. Bagi masyarakat Gresik sendiri, minuman ini biasa disajikan pada hari-hari besar, termasuk Idul Fitri. Dari segi bahan, Sirup Pokak terbuat dari gula merah, pandan, kayu manis, cengkih, dan jeruk purut.

Pokak sendiri memiliki cara penyajian yang cukup fleksibel. Jika Anda ingin membuat minuman ini hangat, Anda bisa melakukannya. Namun jika ingin merasakan kesegaran Pokak, sajian dingin adalah pilihan yang tepat.

BACA JUGA: Legendaris! 6 Minuman Segar Khas Surabaya yang Wajib Kamu Coba

Baca juga  Arti Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Primbon Jawa dan Medis

7. Vedang Jaselang, Malang

Jaringan Jawa Timur

Malang merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang paling banyak menghasilkan minuman khas. Selain vedang asle, Malang juga memiliki minuman khas bernama Jaselang.

Nama “Jaselang” berasal dari bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini yaitu jahe, sekang dan tebu. Tak ayal, ternyata Wedang Jaselang sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu.

Selain jahe, sekang dan tebu, proses pembuatan Vedang Jaselang juga menggunakan sedikit merica, kayu manis dan kapulaga. Hasilnya, minuman ini memiliki aroma dan rasa yang kuat.

Wedang Jaselang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit tenggorokan atau batuk. Saat dikonsumsi hangat, minuman ini juga mampu menghangatkan tubuh dan meredakan kembung.

8. Teh Kocok, Surabaya

Solusi Makanan Unilever

Masyarakat Jawa Timur memiliki teh khasnya sendiri yaitu teh kocok. Teh kocok adalah minuman dari kota Surabaya.

Di Indonesia sendiri ada minuman yang mirip dengan shake tea yaitu teh Tariq, minuman yang berasal dari Aceh. Shake tea mirip dengan teh Tarik, yaitu terbuat dari teh hitam yang dicampur dengan susu kental manis.

Minuman khas Jawa Timur ini bisa disajikan panas atau dingin. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan kondisi atau cuaca saat ingin mencoba minuman ini.

9. Es Goodir, Kediri

Pasundan Express

Gudir adalah bahasa Jawa di daerah Kediri yang artinya jeli. Jadi, Es Gudir adalah minuman yang terbuat dari agar-agar. Diketahui, jauh sebelum boba milk tea populer, Es Gudir, makanan khas Jawa Timur, sudah ada sejak lama. Bahkan, kandungannya lebih sehat.

Agar-agar biasanya dirajang atau dipotong kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam sirup atau gula merah. Selain itu, Es Gudir juga bisa disajikan dengan kuah santan seperti dawet atau cendol. Minuman ini paling enak diminum saat cuaca panas.

BACA JUGA: Cara Membuat Bir Pletok Minuman Ringan Betawi

Baca juga  10 Rekomendasi Merk Kutek Gel Yang Bagus dan Tahan Lama

10. Es Sivalan, Lamongan

GoTravelly

Minuman khas Jawa Timur ini berasal dari kota Lamongan. Minuman ini sangat cocok diminum saat Anda haus di siang hari.

Perpaduan buah sivalan muda dan potongan nangka enak disajikan dengan es batu. Tak lupa kuah santan untuk rasa yang gurih dan campuran sirup gula merah. Anda juga bisa menambahkan dawet atau cendol agar teksturnya lebih kompleks.

11. Anakonda Es, Lumajang

minuman jawa timur
Lumajang Satu

Es anakonda adalah minuman dari Lumajang, Jawa Timur. Melihat namanya, Anda mungkin mengira minuman ini memiliki tampilan yang mengerikan. Namun sebaliknya, anaconda ice memiliki bentuk yang sangat menarik.

Minuman khas Jawa Timur ini memiliki kemiripan dengan Es Teler. Namun, bahan utama yang digunakan dalam es anaconda adalah alpukat dan rumput laut. Minuman ini kemudian diberi santan yang dicampur dengan susu.

12. Es Pleret, Blitar

Kuliner Blitar

Minuman khas Jawa Timur yang terakhir adalah es bajak. Minuman ini berasal dari Kota Patria, Blitar. Biasanya, es dijadikan menu pelepas dahaga di cuaca panas.

Es pleret terbuat dari adonan tepung beras yang dikukus dengan santan dan gula merah cair. Rasa minuman ini manis dan natural sehingga cocok sebagai dessert.

Banyak minuman khas Jawa Timur yang terkenal dengan kelezatannya. Tak heran jika wisatawan begitu gencar berburu minuman ini saat berkunjung.

Namun, Sedulur juga bisa menyiapkan sederet minuman khas Jawa Timur ini di rumah. Apalagi bahan-bahannya cukup sederhana dan bisa dibeli di toko grosir atau online di: aplikasi super.

Ada berbagai macam kebutuhan kuliner seperti sirup, susu kental manis dan bumbu lainnya untuk melengkapi resep minuman khas Jawa Timur. Sedulur tinggal download aplikasi super di playstore dan semua produk akan diantar langsung ke rumah anda secara gratis. Sangat menarik bukan? Jadi buruan gunakan aplikasinya dan rasakan kemudahan berbelanja hanya dengan satu sentuhan jari!




https://wvmuseums.org