Metamorfosis Nyamuk: Pengertian, Tahapan, Jenis, Siklusnya

Metamorfosis Nyamuk: Pengertian, Tahapan, Jenis, Siklusnya


Setiap makhluk hidup pasti memiliki siklus metamorfosisnya masing-masing, termasuk nyamuk. Nyamuk merupakan serangga terbang yang dapat ditemukan hampir di setiap sudut dunia. Saat ini, setidaknya ada 3.500 spesies nyamuk.

Nyamuk biasanya mencari sumber makanan dengan cara menggigit manusia atau hewan. Ketika nyamuk menggigit seseorang, biasanya kita langsung merasa gatal, dan muncul bengkak merah pada bekas gigitannya.

Beberapa nyamuk juga bisa menjadi pembawa. Vektor adalah istilah untuk hewan, serangga, atau kutu yang menularkan kuman ke manusia dan hewan. Mikroba ini bisa berupa virus dan parasit yang membuat kita sakit. Ada juga nyamuk yang hanya mengganggu dan tidak menggigit orang atau hewan.

Beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh nyamuk antara lain malaria, demam berdarah, chikungunya, dan kaki gajah. Berikut ini adalah metamorfosis nyamuk dan penjelasan beserta fase-fasenya. Tetap bersama kami sampai akhir, oke!

BACA JUGA: 15 Hewan Paling Setia Di Dunia, Hidup Seperti Mati

Pengertian metamorfosis nyamuk dan jenis-jenisnya

anak kecil

Metamorfosis nyamuk merupakan salah satu contoh proses metamorfosis yang terjadi pada hewan dari kelas serangga. Ada dua jenis metamorfosis nyamuk, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

1. Metamorfosis sempurna nyamuk

Di bawah metamorfosis sempurna nyamuk yang dimaksud ketika proses tersebut telah berhasil melewati 4 fase tanpa melalui satu fase pun. Secara umum, metamorfosis sempurna terjadi dari telur, larva, pupa, dan kemudian menjadi nyamuk dewasa.

2. Metamorfosis tidak sempurna nyamuk.

Metamorfosis tidak sempurna mengacu pada perkembangan nyamuk yang berkembang menjadi tahap telur, nimfa (bentuk serangga muda) dan nyamuk dewasa. Nyamuk tidak mengalami perubahan bentuk apapun dari menetas hingga tumbuh. Selain nyamuk, ada beberapa serangga yang dapat mengalami metamorfosis tidak sempurna ini, seperti kecoa dan belalang.

Baca juga  Pengertian, Unsur, Bentuk & Manfaatnya


BACA JUGA: Metamorfosis tidak sempurna, ciri-ciri dan contoh hewan

Tahapan siklus metamorfosis nyamuk

Kabupaten Teluk

Berikut langkah-langkah siklusnya.

1. Fase telur

Fase pertama dari perjalanan metamorfosis nyamuk adalah saat masih berada di dalam telur. Telur dihasilkan oleh nyamuk betina yang dibuahi oleh nyamuk jantan. Rata-rata, seekor betina dapat bertelur 100 hingga 200 telur sekaligus. Kemudian dia akan bertelur di permukaan air yang tenang dan lembab.

Jika air tempat bertelur mengering, kemungkinan telur akan mati sebelum menetas. Biasanya telur nyamuk akan menetas dalam waktu 1-3 hari, tergantung kondisi lingkungan dimana telur tersebut ditemukan.

2. Tahap larva

Setelah telur nyamuk menetas, fase larva dimulai. Larva nyamuk dikenal sebagai belatung. Biasanya di genangan air yang tenang, sedulur bisa melihat jentik nyamuk. Tubuh nyamuk perlahan mulai berubah seiring waktu. Fase larva ini berlangsung setidaknya 7-10 hari.

3. Tahap kepompong

Setelah 7-10 hari, jentik nyamuk berubah menjadi pupa atau kepompong. Fase ini hampir dianalogikan dengan apa yang terjadi pada kupu-kupu. Pada fase ini, satu-satunya organ aktif nyamuk adalah organ pernapasan. Kemudian, untuk menjadi nyamuk dewasa, pupa harus menunggu hingga tubuh nyamuk berkembang di dalamnya, setidaknya 12 hari. Perkembangan tubuh nyamuk meliputi munculnya bulu-bulu halus dan sayap yang merupakan ciri-ciri nyamuk.

4. Fase nyamuk dewasa

Proses metamorfosis nyamuk sempurna kemudian berakhir ketika nyamuk berubah dari kepompong atau kepompong menjadi nyamuk dewasa. Kulit kepompong akan terbelah dan setelah nyamuk keluar nyamuk akan terbang mencari makanan untuk sumber energinya. Biasanya nyamuk jantan keluar dari pupa lebih dulu daripada betina.

BACA JUGA: 12 Ciri Makhluk Hidup, Penjelasan Lengkap dan Gambarnya

Baca juga  Contoh Mosi Debat Beserta Pengertian & Fungsinya

Penyebab Demam Berdarah

popok

Seperti disebutkan di atas, nyamuk dapat menyebarkan penyakit yang berbahaya bagi manusia. Di Indonesia, demam berdarah (DBD) adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang paling umum. Jenis gigitan nyamuk nyamuk aedes aegypti termasuk yang sangat berbahaya, resiko fatalnya adalah kematian jika kita terlambat menanganinya.

nyamuk nyamuk aedes aegypti umumnya hidup dan sangat menyukai tempat-tempat genangan air yang bersih. Oleh karena itu, kita perlu memusnahkan sarang nyamuk dengan menguras tangki air, menutup rapat tangki air, dan mendaur ulang barang bekas, yang biasa disebut dengan kegiatan 3M.

Di atas adalah penjelasan tentang metamorfosis citra nyamuk, beserta spesiesnya dan tahapan prosesnya. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit yang disebarkan oleh nyamuk!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super keputusan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini Sekarang!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini baru saja!




https://wvmuseums.org