merk susu bayi terbaik

14 Merk Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Jadi Favorit Ibu


ASI (Air Susu Ibu)  menjadi sumber energi utama bagi bayi di beberapa bulan pertama karena sistem pencernaan bayi belum dapat mencerna makanan secara sempurna. Akan tetapi, karena ada bebera faktor kendala yang mengharuskan sebagian ibu memberikan susu formula kepada bayi. Untuk itu penting bagi Sedulur mengetahui merk susu bayi terbaik yang cocok dikonsumsi untuk bayi. 

Sekarang ini sudah banyak susu formula untuk dari berbagai brand yang mengandung berbagai nutrisi sehingga baik untuk kesehatan bayi. Nah, berikut tips memilih beserta rekomendasi merk susu bayi terbaik yang perlu Sedulur ketahui. 

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Merk Keju untuk MPASI yang Aman & Bergizi

Tips memilih susu formula untuk bayi

TheAsiaparent

Sebelum neranjak ke pembasahan merk susu formula terbaik untuk bayi, tentu penting bagi Sedulur mengetahui tps dan trik memilih susu formula yang cocok untuk bayi. Susu formula yang baik tentunya tidak hanya dilihat berdasarkan merek dan harganya, tetapi yang paling penting adalah kandungannya. Melansir dari laman U.S News Health, berikut tips memilih susu formula untuk bayi yang perlu Sedulur perhatikan. 

1. Pilihlah susu sapi

Meski susu kedelai lebih populer bagi orang dewasa, tetapi untuk bayi mulailah dengan susu formula yang terbuat dari susu sapi biasa. Kebanyakan bayi mentoleransi susu formula sapi dengan sangat baik sehingga bisa diberikan dengan rutin. 

2. Pilih susu kedelai jika bayi alergi susu sapi

Jika bayi tampaknya tidak menanggapi dengan baik susu sapi apakah itu membuat bayi kembung, menyebabkan ruam, atau hal lain, maka dapat beralih ke susu kedelai. Protein kedelai sudah menjadi kontroversial, karena paparan yang berlebihan berpotensi memiliki efek seperti hormon. Akan tetapi masih banyak orang yang menggunakan susu kedelai karena memiliki manfaat yang sama dengan susu sapi.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan penggunaan formula berbasis kedelai dalam hal yang sangat spesifik, seperti ketika bayi memiliki alergi susu. Jika Sedulur ragu, konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan susu kedelai untuk bayi ini. 

3. Tidak perlu beli yang organik

Perlu Sedulur perhatikan bahwa ternyata kurang disarankan bagi para orangtua menghabiskan uang ekstra untuk membeli produk yang organik. Faktanya sampai saat ini belum ada data yang menunjukkan bahwa ada perbedaan antara susu formula organik dan reguler. Jadi sebaiknya hindari membeli produk organi ya Sedulur!

4. Pilih jenis protein. 

Perhatikan juga jenis protein yang  terdapat dalam produk susu formula tersebut yang Sedulur pilih. Jenis protein yang paling disarankan adalah whey. Akan tetapi Sedulur jugda dapat memilih produk susu formula yang menggabungkan jenis protein whey dan casein. Komposisi whey harus lebih tinggi dibandingkan kasein, yaitu sekitar 60:40. Rasio itu setara dengan kandungan protein pada ASI. 

5. Pilih yang sesuai usia bayi

Pastikan juga Sedulur membeli susu formula sesuai dengan rentang usia anak. Susu formula untuk bayi baru lahir memiliki komposisi vitamin dan mineral yang berbeda dari formula yang ditujukan untuk anak berusia 6 bulan atau balita. Jadi, Sedulur harus memastikan tidak salah membeli produk susu ya!

Baca juga  12 Contoh Desain Poster 17 Agustusan untuk Rayakan HUT RI

BACA JUGA : 5 Jenis Pola Asuh Orang Tua Beserta Efeknya Terhadap Anak

Merk Susu Formula Bayi Terbaik

Berikut rekomendasi merk susu formula terbaik untuk bayi yang dapat Sedulur jadikan referensi.

1. Nutramigen LGG

merk susu bayi terbaik
Orami

Rekomendasi susu terbaik pertama untuk bayi adalah Nutramigen LGG. Brand ini memang sudah menjadi favorit para ibu karena memiliki formula yang khusus bagi bayi yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi. Merk susu ini juga diperkaya dengan protein yang sudah terhidrolisa ekstentif yang menjai molekul sangat kecil sehingga sangat baik untuk menurunkan kemungkinan pemicu reaksi alergi.

  • Komposisi: DHA, ARA, ALA, LA, fatcarbohydrate, protein, energy dan mineral.
  • Cocok untuk: 0–12 bulan.
  • Rentang Harga: Rp380.000 – Rp 495.000 (400 gr)

2. Enfamil

Orami

Merk susu Formula Enfamil  tentu sudah tidak asing bagi Sedulur. Susu yang diperkaya Prebiotik GOS untuk kesehatan pencernaan ini juga dilengkapi dengan kandungan nutrisi penting lainnnya yang sangat baik untuk kesehatan si kecil. Susu Enfamil A+ juga telah teruji klinis yang dapat mendukung perkembangan orak bayi. Jika Sedulur ingin memilih susu ini, jangan lupa juga untuk memperhatikan label umurnya ya!

  • Komposisi: AA&DHA, protein, natrium, kalsium, vitamin, dan mineral.
  • Cocok untuk: 0–6 bulan, 6–12 bulan, dan 0–12 bulan.
  • Rentang Harga: Rp174.000 – Rp859.000 (400 gr/800 gr/1.8 kg)

3. Nutren Junior

ProSehat

Merk susu untuk bayi selanjutnya adalah Nutren Junior. Susu ini mengandung 50% Protein Whey berkualitas tingggi sebagai sumber protein yang baik. Susu formula bayi ini juga bebas laktosa, gluten rendah residu dan juga bebas serat.

  • Komposisi: Maltodextrin, sucrose, milk protein, vegetable oil, medium chain triglycerides, minerals, prebiotic fibres, emulsifier, nature identical flavour, choline bitartrate, acidity probiotics, taurine, dan l-carnitine.
  • Cocok untuk: 1–10 tahun.
  • Rentang Harga: Rp138.000 – Rp291.000 (400 gr/800 gr)

4. S-26 Procal Gold

Orami

S-26 Gold Procal ini dapat membantu si kecil untuk memenuhi nutrisi tumbuh kembangnya seperti DHA & AA, Protein, Natrium, Kalsium, Vitamin, dan Mineral. Selain itu, susu ini juga mengandung Zat Besi dan Zink untuk pertumbuhan si Kecil yang optimal.

  • Komposisi: AA&DHA, protein, natrium, Kalsium, vitamin, dan mineral.
  • Cocok untuk: 1–3 tahun.
  • Rentang Harga: Rp128.000 – Rp492.000 (400 gr/900 gr/1.6 kg)

5. Vidoran Xmart 1+

Vidoran

Merk susu yang baik untuk pertumbuhan bayi selanjutnya adalah Vidoran. SUsu ini diperkaya sumber serat pangan Inulin yang baik untuk pencernaan si kecil. Salah satu susu formula terbaik ini mengandung COD Liver Oil yang mengandung banyak Omega 3 dan Vitamin A dan D yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil.

  • Komposisi: AA&DHA, protein, natrium, kalsium, vitamin, dan mineral.
  • Cocok untuk: 1–3 Tahun.
  • Rentang Harga: Rp48.000 – Rp85.000 (725 gr/900 gr)
Baca juga  Arti & Makna Al Amin yang Merupakan Gelar Rasulullah SAW

BACA JUGA : Mengenal 9 Bahasa Bayi dari Tangisan Hingga Sentuhan

6. S-26 Promise Gold

D’bebes

Sedulur tentu sudah tidak asing merk susu untuk bayi ini. S-26 Promise Gold diperkaya dengan Kalsium, Protein, Zat Besi, dan Zinc yang baik untuk pertumbuhan. Tak hanya itu, Promise Gold juga telah teruji klinis untuk mendukung perkembangan otak bayi.

  • Komposisi: AA&DHA, Protein, Natrium, Kalsium, Vitamin, dan Mineral
  • Cocok untuk: 3–12 Tahun
  • Rentang Harga: Rp243.000 – Rp452.000 (900 gr/1.6 kg)

7. Isomil Plus Advance Soya

merk susu bayi terbaik
Orami

Isomil Plus Advanced Soya 400gr sangat cocok untuk bayi dan anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi. kandungan AA&DHA, protein, natrium, kalsium, vitamin, dan mineral di dalamnya sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Susu formula bayi ini telah terbukti kualitasnya dalam memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayi.

  • Komposisi: AA&DHA, protein, natrium, kalsium, vitamin, dan mineral.
  • Cocok untuk: 1–10 tahun
  • Rentang Harga: Rp119.000 – Rp299.000 (400 gr, 850 gr)

8. SGM Eksplor

Generasimaju.co.id

Susu formula bayi favorit para ibu selanjutnya dilengkapi dengan zat besi yang berfungsi memproduksi hemoglobin untuk mengedarkan oksigen keseluruh tubuh, serta mioglobin untuk menyimpan oksigen dalam otot. SGM Eksplor 1+ Madu 900 g diformulasikan dengan protein yang sangat berperan penting sebagai komponen esensial bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

  • Komposisi: Isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, threonin, triptofan, dan valin.
  • Cocok untuk: 1–3 tahun, 3–5 tahun.
  • Rentang Harga: Rp33.000 – Rp88.000 (400 gr, 600 gr, 900 gr)

9. Bebelove 1

merk susu bayi terbaik
Orami

Susu formula Bebalove 1 ini sangat baik untuk pencernaan bayi. Susu ini juga mengandung FOS ( Fructo-oligosaccharide) dan GOS ( galacto-oligosaccharide). Tak hanya itu susu formula ini juga bebas dari gula, sehingga aman untuk bayi.

  • Komposisi: Prebiotik FOS, lactoferrin, zat besi, kalsium, vitamin, dan mineral.
  • Cocok untuk 0–6 bulan dan 6–12 bulan.
  • Harga Rp36.500/200 gr

10. Frisian Flag Awal

Orami

Merk susu bayi terbaik untuk bayi usia 1 tahun ke bawah ini bisa jadi pendamping ASI bahkan menggantikannya. Kandungan unggulan dalam susu ini adalah LA dan ALA. Susu ini juga dipercaya mampu membantu menaikkan berat badan anak secara signifikan dengan usia dari 0-6 bulan.

  • Komposisi: Omega 3, Omega 6, minyak ikan, zat besi, dan vitamin.
  • Cocok untuk 0-6 bulan.
  • Harga Rp20.475/200 gr

11. BMT Soya

merk susu bayi terbaik
Halodoc

Jika bayi tidak cocok dengan susu sapi (alergi atau mengalami lactose intolerant), umunya dokter akan menganjurkan agar bayi diberi susu formula berbahan dasar kedelai (soya). Nah, susu formula BMT Soya ini merupakan salah satu produk susu formula Morinaga yang berbahan dasar kedelai yang sangat cocok untuk bayi dengan laergi susu sapi. 

  • Komposisi : FOS-GOS, serta AA-DHA. Vitamin dan mineral pun juga menjadi kandungan dalam produk ini.
  • Harga: Rp102.603,-/kaleng (300 gram), Rp208.090,-/kaleng (600 gram).

BACA JUGA : Cara Meningkatkan Literasi Digital Anak Sejak Dini!

Cata menyimpan susu formula setelah dibuka

merk susu bayi terbaik
Kompas

Setelah mengetahui tips dan rekomendasi merk susu terbaik bayi, berikut adalah tips untuk menyimpan susu formula agar tahan lama dan kualitasnya tetap terjaga yang perlu Sedulur ketahui. 

  1. Simpan di wadah kedap udara 
Baca juga  IHSG Hari Ini 30 Juni 2022 Melemah BYAN, DCII, LPGI Jadi Top Gainer

Jika Sedulur membeli susu formula bubuk kemasan kardus atau plastik, maka harus segera memindahkan susu tersebut ke dalam wadah susu atau toples yang bersih dan rapat sehingga bisa menjaga susu agar tidak terpapar udara dari luar. Intinya, simpan pada wadah yang kedap udara dan rapat.  Hal ini bermanfaat agar susu formula terlindungi dari bakteri yang dapat merusak kualitas dari susu bubuk tersebut. 

  1. Jangan menggunakan wadah tembus pandang 

Perlu Sedulur perhatikan bahwa sangat tidak disarankan menyimpan susu formula di wadah yang transparan atau tembus pandang. Wadah seperti itu mungkin tampak menarik dan rapat. Akan tetapi justru membuat susu formula yang disimpan pada wadah tembus pandang ternyata bisa lebih mudah rusak. Jika memang tidak memiliki wadah penyimpanan lain, sebaiknya lapisi wadah tersebut dengan menggunakan kertas maupun bahan lainnya supaya cahaya tidak bisa masuk ke dalam wadah. 

  1. Jangan masukan ke lemari pendingin 

Sebagian makanan mungkin dapat tahan lama ketika disimpan dalam lemari pendingin. Tapi justru berbeda dengan susu formula bubuk ataupun yang lainnya. Sebab, menyimpan susu pada tempat yang lembab seperti lemari pendingin ini bisa menjadikan susu mudah rusak dan menggumpal. 

  1. Jangan simpan susu lebih dari 2 minggu 

Setelah membuka susu formula bubuk maka lebih baik segera dihabiskan dan tidak boleh disimpan lebih dari 2 minggu. Ada pula sebagian susu bubuk yang dapat bertahan sampai satu bulan sesudah dibuka. Tetapi, untuk lebih amannya, konsumsi susu formula sebelum batas pemakaiannya berakhir. Menyimpan susu formula bubuk dengan benar akan membuat susu tahan lama dan susu tidak mudah basi amun menggumpal. Begitu juga dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Untuk itu, Sedulur  harus menyimpannya dengan benar. 

  1. Simpan di tempat yang sejuk 

Hal yang perlu Sedulur perhatikan selanjutnya yaitu simpan susu formula di tempat yang sejuk dan kering, namun bukan di lemari pendingin. Kemudian, kemasan harus dalam keadaan tertutup rapat agar tidak ada kuman yang masuk. Jangan lupa juga untuk selalu melihat tanggal kadaluarsa susu saat ingin memberikannya kepada si Kecil. 

Demikianlah tips, rekomendasi merk susu bayi terbaik beserta cara menyimpannya agar tidak menggumpal dan basi yang harus Sedulur perhatikan. Selain harus memperhatikan susu formula bayi, Sedulur juga harus memperhatikan berbagai kebuhan di antaranya adalah popok. Seperti yang sudah kita ketahui, bayi memiliki kulit yang sensitif sehingga harus memilih produk yang cocok dengan kulit bayi. 

Nah bagi Sedulur yang sedang mencari kebutuhan bayi, bisa lho belanja di Aplikasi Super. Berbagai kebutuhan bayi bisa Sedulur dapatkan dengan mudah hanya satu klik saja. Cukup downlod dan belanja, barang akan di antar sampai depan rumah. Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super sekarang. Banyak promo menarik yang bisa Sedulur dapatkan. 




https://wvmuseums.org