january-effect

January Effect dan Pengaruhnya di Pasar Modal Indonesia


Teman keuangan saya, apakah Anda mengerti apa ini? efek Januari? Lantas, apa dampaknya terhadap pasar modal di Indonesia?

Saat ini,Pembahasan lengkapnya bisa kamu lihat di artikel keuangan saya di bawah ini!

Ringkasan:

  • Dalam dunia investasi saham, ada beberapa hal yang menjadi perhatian investor, salah satunya adalah efek Januari.
  • Ada beberapa faktor yang menyebabkan fenomena tersebut dan beberapa strategi yang perlu diperhatikan investor saat membeli saham.

Apa itu efek Januari?

Setiap tahun, investor di pasar modal dihadapkan pada fenomena yang disebut efek Januari. Apakah Anda tahu tentang fenomena ini??

efek Januari merupakan salah satu event tahunan di pasar modal. Biasanya ditandai saham tengah dan topi kecil yang meningkat di awal tahun.

Fenomena ini mirip dengan Reli Sinterklas apa yang terjadi di bulan Desember.

[Baca Juga: Window Dressing: Inilah Alasan Harga Saham Naik di Bulan Desember]

Penelitian Fenomena efek Januari

Pada tahun 1942 a bankir bernama Sidney B. Watchel melakukan studi kinerja saham pada bulan Januari.

Akibatnya, ia menemukan bahwa saham tengah dan topi kecil terus mengungguli saham topi besar yang kinerja positifnya berlangsung hingga pertengahan Januari.

Kemudian setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata ia menemukan bahwa pola serupa sudah ada sejak tahun 1925 silam.

Menyebabkan efek Januari

Lalu pertanyaannya apa penyebab januari effect? Ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan fenomena tersebut, diantaranya:

  • Investor ritel membeli saham di awal tahun karena semangat tahun baru dan menikmati bonus di akhir tahun.
  • Sikap positif, karena manajemen menerbitkan berita yang positif.

adalah efek Januari Juga terjadi di Indonesia?

Setelah mempelajari penjelasan tentang efek Januari serta faktor penyebab tentunya hal ini harus lebih kita perhatikan. Kira-kira apakah January Effect selalu terjadi di Indonesia??

Untuk mengetahui jawabannya, berikut datanya musiman IHSG dan BEI 30 Januari selama 10 tahun terakhir.

musiman sendiri adalah tren perilaku indeks atau saham selama periode tertentu (misalnya, dari bulan ke bulan atau tahun ke tahun).

Data musiman IHSG dan IDX30

Informasi:

  • IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan merupakan indeks yang menggambarkan return rata-rata seluruh saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).
  • IDX30 adalah 30 saham dengan kapitalisasi terbesar diperdagangkan secara aktiflikuiditas tinggi), memiliki kinerja atau dasar yang baik.

baik musimanJCI gagal efek Januari pada tahun 2020 dan 2021. Faktor penyebab di tahun 2020 ini adalah kasus asuransi Jiwasraya yang menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor.

Sedangkan di tahun 2021, IHSG belum juga ditutup menguat di akhir Januari karena IHSG sudah mencapai puncaknya di minggu ke-2 dan ke-3, seperti terlihat pada grafik berikut ini:

january-effect_ihsg

Jika kita perhatikan dengan seksama detailselama sepuluh tahun terakhir, IHSG dan IDX30 berpotensi naik hingga 70% di bulan Januari.

Teman-teman pemodal saya, sebagai investor individu, bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membeli saham. tengah, topi kecil atau membeli reksa dana.

[Baca Juga: 7 Manajer Investasi Beserta Produk Reksadana Terbaik]

adalah efek Januari Kapan waktu terbaik untuk membeli saham?

Ada sebuah fenomena efek Januari, dapat menimbulkan pertanyaan di benak kita Inilah saat yang tepat bagi investor untuk membeli saham?

Saat ini,Sahabat keuangan, saat mengambil keputusan untuk membeli saham, disarankan untuk memperhatikan terlebih dahulu strateginya.

Mengikuti tiga strategi pemilihan saham sebagian besar dikelola oleh investor individu.

#satu Investasi dalam nilai

Strategi pertama Investasi dalam nilai. Tujuan strategi ini adalah membeli saham yang harganya didiskontokan dari nilai intrinsiknya (nilai asal).

Saham Investasi dalam nilai terkandung dalam indeks BEI Harga 30. Untuk informasi selengkapnya, Ayolah, tonton video keuangan saya di bawah ini:

#2 Berinvestasi dalam pertumbuhan

Strategi kedua Berinvestasi dalam pertumbuhan. Strategi ini adalah dengan membeli saham-saham yang sedang naik daun dengan harga yang wajar.

Saham Berinvestasi dalam pertumbuhan terkandung dalam indeks BEI pertumbuhan tigapuluh.

#3 Investasi dividen

Terakhir, strategi Investasi dividen. Dalam strategi ini, kita sebagai investor membeli saham yang rutin membagikan dividen dan memiliki hasil yang baik.

Saham ini termasuk dalam indeks BEI. Dividen tinggi dua puluh.

Bagi teman-teman keuangan saya untuk lebih memahami strategi ini, Ayolah, baca artikel berikut Pengenalan apa itu investasi dividen, jenis dan perhitungannya.

Pentingnya Memahami Berbagai Fenomena di Dunia Saham

Teman keuangan saya, ini adalah gambaran dari fenomena tersebut efek Januari dan beberapa strategi jual beli saham yang perlu kita pahami.

Sebagai investor, kita harus melanjutkan update akan diinformasikan mengenai setiap fenomena yang terjadi khususnya di dunia saham.

Dengan demikian, kita dapat mempelajari dan menggunakannya sebagai panduan untuk mengambil langkah-langkah investasi.

Saat ini,bagi sobat keuangan yang tertarik untuk mendapatkan keuntungan dari investasi saham, anda bisa mengetahui informasi lebih lanjut melalui e-book keuangan sayaPetunjuk praktis untuk mendapatkan keuntungan dari saham“.

Juga, jika Anda ingin terus membahas tentang investasi, termasuk ulasan untuk portofolio investasi Anda, perencana keuangan Keuangan saya ada di sini untuk membantu.

Hubungi melalui aplikasi keuangan saya atau klik spanduk di bawah ini untuk membuat janji, Ya. Terima kasih.

Banner Konsultasi WA - DM BARU

Demikian informasi mengenai January effect dan dampaknya terhadap pasar modal Indonesia. Jadi apa pendapat Anda tentang informasi ini? Jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar, ya?

Editor: Ismyuli Tri Retno




https://wvmuseums.org

Baca juga  15 Cara Mengusir Tikus yang Paling Ampuh dan Mudah