Stoikisme dalam Mengatur Keuangan dan Berinvestasi

Mantap! Jumlah Investor BEI Tembus 9 Juta, Didominasi Anak Muda!


Berdasarkan data yang terkumpul, jumlah investor BEI (Bursa Efek Indonesia) sudah mencapai 9 juta orang! Hebatnya, kaum muda mendominasi di kalangan investor.

ayosimak artikel Finansialku berikut untuk informasi lebih lanjut.

Investor BEI Capai 9 Juta, Anak Muda Dominasi

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa jumlah investor di pasar modal pada saat ini, adalah mungkin untuk menyentuh angka 9 juta orang. akuLebih aneh lagi, jumlah ini didominasi oleh investor muda.

Berdasarkan informasi Direktur Utama BEI Inarno Jajadi, jumlah investor di pasar modal bertambah 1,57 juta. Identifikasi Investor Tunggal (SID) atau setara 21%.

Jajadi juga mengatakan lebih dari 80% investor adalah anak muda.

“Dari total investor di pasar modal Indonesia, 81,74% didominasi oleh investor muda,” dia meluncurkan cnbcindonesia.com (27/06).

Sementara itu, jumlah investor ekuitas di Indonesia juga meningkat. Per 24 Juni 2022, peningkatan jumlah investor mencapai 3.988.341 SID.

Angka ini meningkat 15,6% atau setara dengan 536.000 SID dibandingkan tahun lalu.

Faktor Percepat Pertumbuhan Investor BEI

Peningkatan jumlah investor BEI tersebut tentunya tidak hanya terjadi dengan sendirinya, tetapi juga merupakan hasil kerjasama antara BEI dengan berbagai pihak.

Antara lain, kerjasama BEI dengan OJK, Self-Regulatory Organization (SRO) dan seluruh pemangku kepentingan di pasar modal Indonesia.

Jajadi melaporkan bahwa hingga tahun 2022, BEI memiliki sekitar 3800 Perkembangan terkait pendidikan dalam kaitannya dengan investasi di pasar modal. Acara ini sukses diikuti oleh sekitar 312.000 peserta.

“Hingga pertengahan tahun 2022 telah diselenggarakan 3.893 acara edukasi pasar modal di seluruh Indonesia dengan jumlah peserta 312.906 orang. Sebagian besar acara ini didukung oleh GI BEI di seluruh Indonesia yang saat ini berjumlah 702.” dia menambahkan.

Jenis investasi yang menguntungkan untuk pemula

Tentu saja kabar terbaru dari bursa saham Indonesia ini sangat positif. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mulai berinvestasi?

Sebagai referensi dan rekomendasi, ada beberapa jenis investasi yang menguntungkan untuk pemula dan harus diperhitungkan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi:

Investasi di reksa dana No. 1

Jenis investasi yang pertama adalah reksa dana. Alat investasi ini sangat ideal untuk pemula. Karena Anda hanya perlu memilih produk reksa dana kemudian membelinya.

Jika tidak, manajer investasi akan membantu Anda mengelola uang yang Anda investasikan.

#2 P2P Lending

Kemudian rekomendasi investasi kedua pinjaman peer-to-peer (P2P pinjaman). Yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan perusahaan yang sudah di bawah kendali OJK.

Prosesnya juga sangat sederhana, Anda hanya perlu membuat akun online dan gratis.

Anda kemudian dapat mengirim jumlah uang untuk diinvestasikan di perusahaan yang dipilih. Besarannya pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 10 juta rupiah.

#3 Promosi

Yang ketiga kemudian berinvestasi dengan memegang saham. Cara ini setara dengan membeli saham secara rutin setiap bulan.

[Baca Juga: Daftar Saham IDX30 Terbaru, Yuk Lihat Sekarang!]

#4 Emas

Anda juga bisa memilih untuk berinvestasi pada logam mulia, salah satunya emas. Investasi emas memiliki karakteristik yang cukup stabil dan risiko yang minimal.

Namun, emas sangat disarankan untuk investasi jangka panjang, bukan jangka pendek.

#5 Obligasi

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan dan pemerintah dalam bentuk pinjaman uang, yang kemudian ditebus dengan harga pokok utang beserta bunganya.

Hutang atau obligasi juga direkomendasikan untuk Anda pilih sebagai investor pemula. Hal ini karena alat ini dapat memberikan keuntungan yang besar dengan resiko yang minimal.

Berbicara tentang investasi yang menguntungkan, tentunya Anda perlu mengetahui strategi dan rencana yang tepat untuk mewujudkannya.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara sukses berinvestasi sebelum menghasilkan keuntungan, temukan jawabannya melalui buku Elektronik keuangan saya”Panduan Praktis untuk Berinvestasi dengan Sukses” selanjutnya. Klik spanduk sebaik unduh sekarang gratis!

Iklan Banner E-Book Panduan Praktis untuk Berinvestasi dengan Sukses - HP

Kiat untuk memulai investasi

Tidak berhenti sampai di situ, sebagai investor pemula, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal berikut ini: tips memulai investasi sehingga efisien dan tidak salah.

Di bawah ini adalah deskripsi lengkapnya.

#1 Pengetahuan yang matang sebelum berinvestasi

Bagi investor pemula, penting untuk memperhatikan dan membangun pengetahuan tentang berinvestasi sebelum memulai. Hal ini untuk memastikan Anda tidak salah memilih wahana investasi.

#2 Kenali berbagai risiko dalam berinvestasi

Anda harus menyadari bahwa investasi tidak bebas risiko. Jadi, Anda perlu memahami terlebih dahulu berbagai risiko yang terkait dengan investasi.

Dengan demikian, Anda akan dapat mengelola risiko dengan baik dan meminimalkan kemungkinan kerugian.

Anda dapat mempelajari lebih banyak tips dengan membaca artikel berikut

Berikut adalah 5 tips investasi untuk pemula. Kamu harus tahu!

Investasi peralatan yang sangat penting bagi Anda untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda. Jadi tunggu apa lagi ayo mulailah berinvestasi sekarang juga!

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang investasi, jangan ragu untuk menghubungi kami di Aplikasi Keuangan saya atau buat janji temu via whatsapp di nomor (+62)851-5866-2940!

Artinya, informasi mengenai jumlah investor BEI yang kini sudah menembus 9 juta orang. Jadi apa pendapat Anda tentang informasi ini? Yuk, tulis di kolom komentar!

Redaktur: Ratna S.Kh.

Sumber referensi:

  • Khafian. 27 Juni 2022 BEI: Jumlah investor di pasar modal sudah mencapai 9 juta orang. Bisnis.com – https://bit.ly/3OO64Z4
  • Romys Bineksari. 27 Juni 2022 Atas! Jumlah investor Indonesia lebih dari 9 juta, kebanyakan dari mereka adalah anak muda. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3Np3MP1
  • Audit Shelda. 20 November 2021 5 jenis investasi yang menguntungkan untuk keluarga bisa untuk pemula juga! Pintec.id – https://bit.ly/3xXnN9O




https://wvmuseums.org

Baca juga  Ini Daftar Negara yang Terancam Bangkrut Karena Utang