Manfaat terasi

Manfaat Terasi, Punya Bau Menyengat Tapi Bikin Makanan Jadi Lezat!


Terasi adalah salah satu bumbu kuliner yang paling banyak digunakan di Indonesia. Salah satu manfaat terasi yang paling umum adalah membuat sambal.

Namun, ternyata bumbu udang lebih dari sekadar pelengkap rasa sambal. Ada cukup banyak jenis masakan yang menjadi nikmat jika dicampur dengan terasi. Penasaran apa saja manfaat terasi selain sambal? Yuk simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA: Temui Udang Petis, Bumbu Rahasia Makanan Khas Surabaya

1. Cocok untuk diet

Jovi

Terasi memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Untuk itulah bahan ini sangat cocok untuk diolah di salah satu menu diet dengan membuat sambal.

Sedulur cukup untuk mengurangi asupan karbohidrat seperti nasi dan menggantinya dengan bahan berprotein tinggi lainnya seperti tahu, tempe atau kacang panjang. Bahan-bahan ini sangat cocok disantap bersama sambal terasi untuk membantu Sedulur menjaga pola makan.

2. Mencegah osteoporosis

Pasta udang
Jawa Barat Ekspres

Manfaat terasi untuk kesehatan selanjutnya adalah kandungan vitamin D dan fosfornya. Mineral ini dapat mendukung kesehatan tulang untuk menghindari risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Selain itu, makan terasi juga bermanfaat bagi orang yang sedang dalam proses penyembuhan tulang. Karena fosfor dan vitamin D dapat membantu mempercepat pemulihan dari patah tulang.

3. Jaga kesehatan gigi Anda

udang udang
fimela

Udang merupakan hewan dengan kandungan kalsium yang tinggi. Hal ini mempengaruhi komposisi mineral terasi yang mengandung sekitar 10% kalsium.

Kandungan kalsium ini sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Namun, hanya sedikit orang yang tahu tentang manfaat terasi ini.

4. Tingkatkan suasana hati Anda

Silakan dinikmati makanannya
Universitas California

Terasi udang mengandung triptofan, yang meningkatkan produksi serotonin, hormon peningkat suasana hati. Hormon ini juga menjadi salah satu pemicu yang membuat seseorang merasa senang ketika makan apa yang disukainya.

Baca juga  Pengertian, Sejarah, Unsur, Manfaat dan Jenisnya

Maka tidak heran ketika kandungan triptofan muncul di dalam tubuh, seseorang akan merasa senang dan puas setelah makan sambal terasi.

BACA JUGA: Menelusuri sejarah legendaris Gudeg, makanan raja di abad ke-15!

5. Mengurangi risiko kerutan dini

kerutan dini
ID jala

Ini dilaporkan Makan cemaraSelain itu, terasi juga mengandung antioksidan yang disebut astaxanthin. Jenis antioksidan ini tidak hanya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker tertentu, tetapi juga mencegah kerutan akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

6. Latih otak Anda

pasta udang
Animalopedia

Fakta bahwa terasi yang terbuat dari udang ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Salah satunya adalah kandungan vitamin B12 dan omega-3 yang berasal dari udang. Mineral alami ini dapat meningkatkan fungsi otak.

7. Meningkatkan rasa umami dalam makanan

Manfaat terasi
Fua Bagus

Selain manfaat kesehatan, manfaat utama terasi adalah membuat masakan menjadi enak. Namun jika Sedulur belum mengetahui rasa dan aroma apa yang bisa diberikan pada makanan pedas ini, bisa merujuk pada penjelasan Dr. S. Layli Rahmavati, STP., MMA.

Dalam postingan Kompas, Lily menjelaskan bahwa terasi merupakan bumbu dapur yang mirip dengan makarel atau makarel. makanan fermentasi Lain.

Alhasil, terasi yang diolah dalam sebuah masakan akan memiliki berbagai rasa asin dan gurih khas seafood. Itu juga tergantung pada jenis terasi dan bahan pembuatannya.

“Ada banyak jenis terasi di pasaran. Semuanya bisa dilihat dari sumber materinya. Ada terasi yang terbuat dari ikan, dan ada juga kaldu ikan. Ada yang dari udang, ada yang dari kaldu udang,” jelasnya.

Dalam penjelasannya, Lily juga mengatakan bahwa terasi mengandung banyak mineral bermanfaat seperti seng, fosfor, dan kalsium.

BACA JUGA: 14 ide membuat rak bumbu dapur kayu terbaik

Baca juga  10 Daftar Negara Terkaya yang Jadi Peserta Piala Dunia FIFA 2022

Bahaya Makan Terasi Terlalu Banyak

sambal terasi udang
Endus TV

Namun, sedulur perlu diwaspadai karena terasi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena makan terasi yang sudah dijadikan sambal atau lauk lainnya bisa mengganggu pencernaan.

Menurut Alodokter, konsumsi sambal terasi yang berlebihan dapat menyebabkan masalah seperti iritasi pada selaput lendir bibir, mulut, mata, dan saluran pencernaan. Padahal, terasi bisa menyebabkan mulas dan kembung.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang manfaat terasi bagi kesehatan. Semoga informasi di atas dapat membantu Sedulur untuk lebih memahami bumbu khas nusantara, ya!

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org