10 Manfaat Push Up Beserta Cara Melakukannya yang Benar

10 Manfaat Push Up Beserta Cara Melakukannya yang Benar


Mungkin sebagian dari kita masih belum paham apa manfaat push up. Sedulur pasti sudah menyadari bahwa push-up sudah menjadi olahraga favorit banyak orang. Selain tidak membutuhkan peralatan yang canggih, tetapi juga karena push up merupakan salah satu olahraga yang melibatkan seluruh otot tubuh.

Yuk, coba pelajari manfaat push-up dan cara melakukannya dengan benar di artikel ini, Sedulur!

BACA JUGA: 17 Ide Gaya Rambut Mulet Bergaya Ala Kpop Idols

Jenis-jenis push-up

cocok

Seperti yang diketahui banyak orang, push up merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat. Namun, sebelum masuk ke pembahasan utama tentang manfaat push-up, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu berbagai jenis push-up.

Secara umum, ada empat jenis push-up yang bisa dilakukan Sedulur. Anda bisa mencoba keempat jenis ini berdasarkan kemampuan Anda. Jika Sedulur tidak digunakan untuk push-up, Sedulur mungkin lebih cocok untuk push-up dinding atau berlutut. Namun, jika Anda merasa siap untuk menantang diri sendiri dengan push-up, cobalah push-up lebar dan push-up ke belakang.

Lantas, apa saja penjelasan dari keempat jenis push up tersebut? Simak ulasan singkat berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 18 jenis bunga hias yang tahan panas dan memberikan keteduhan

1. Push-up dinding

manfaat push up
lima puluh 5 kebugaran

Wall push up merupakan salah satu variasi push up yang sangat mudah dilakukan oleh pemula. Push-up dinding tidak dilakukan di perut, seperti push-up biasa, tetapi sambil berdiri di samping Anda.

Saudara-saudara dapat mencoba untuk berdiri menyamping menghadap tembok, sekitar satu langkah dari tembok. Kemudian letakkan kedua tangan di dinding. Nah, mulailah melakukan push-up, semakin dekat ke dinding, lalu menjauh. Manfaat push-up akan tetap terasa, meski Sedulur memilih gerakan yang agak sederhana ini.

2. Push-up lutut

manfaat push up
YouTube – Klinik Mayo

Jenis push-up lain yang sangat cocok untuk pemula adalah push-up berlutut. Seperti namanya, push-up berlutut dalam bahasa Indonesia, gerakan ini mengandalkan kedua tangan dan lutut.

Sedulur terus mendorong ke atas seperti biasa di perut, tetapi penekanan pada kaki dialihkan ke lutut. Dengan demikian, beban pada tubuh tidak seberat saat bertumpu pada kedua kaki. Otot-otot tubuh tetap bekerja seperti push up biasa dengan kerja yang tidak seberat push up biasa. Manfaat push-up akan tetap terasa, meski Sedulur memilih gerakan yang agak sederhana ini.

3. Push-up lebar

manfaat push up
hidup sehat

Jika Sedulur terbiasa melakukan push-up biasa dengan fleksibel, maka tidak ada salahnya mencoba berbagai variasi push-up yang satu level lebih sulit. Salah satu jenis push-up yang bisa dilakukan Sedulur adalah push-up lebar.

Baca juga  Pengertian Succubus dan Perbedaannya dengan Incubus

Nama “wide push-up” sangat mencerminkan proses push-up yang dilakukan, yaitu dengan bertumpu pada kedua tangan, agak terpisah dari dada atau badan. Posisi lengan yang tidak sejajar dengan bahu memberikan celah yang cukup lebar. Dengan posisi ini, beban yang harus dipikul sedikit lebih berat. Otot-otot tubuh akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan manfaat dari push-up.

4. Push-up kembali

manfaat push up
Wahwa Kebugaran

Jenis push-up lain untuk Sedulur yang sudah terbiasa adalah push-up belakang. Dalam push up ini, sedulur harus meletakkan kedua tangan di belakang bahu dengan jarak sekitar 20 cm, dengan posisi ini beban yang akan dipikul sedikit lebih berat. Otot-otot tubuh akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan manfaat dari push-up.

Manfaat Push-up Yang Harus Anda Ketahui

penata rambut

Apakah Sedulur memilih push-up mudah atau majemuk, manfaat dari push-up setidaknya akan sama. Berikut rangkuman manfaat olahraga ini yang harus Anda ketahui.

BACA JUGA: Rumus luas lingkaran dan cara menghitungnya serta contoh soalnya

1. Mampu melatih banyak otot sekaligus

Manfaat pertama yang Sedulur dapatkan dari push-up adalah dia bisa melatih banyak otot sekaligus. Otot-otot tubuh yang dapat dilatih adalah otot pectoralis mayor (otot dada), deltoid anterior (bahu), trisep, bisep, rhomboid (punggung atas), dan trapezius (otot di belakang kepala dan leher).

2. Menguatkan tulang dan sendi

Fokus push-up adalah pada lengan dan kaki. Efek langsung yang dapat diperoleh dari aktivitas tersebut adalah tulang dan persendian menjadi lebih kuat, terutama pada kedua bagian tubuh.

3. Push-up dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Olahraga push mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Untuk pemula, cobalah push-up dinding atau push-up berlutut.

4. Membakar lemak dan meningkatkan massa otot

Seperti olahraga lainnya, push-up juga bisa membakar lemak sekaligus meningkatkan massa otot.

5. Perbaiki postur tubuh

Memperbaiki postur Anda adalah salah satu manfaat paling penting dari push-up. Push-up bekerja banyak otot, sendi, dan tulang. Dengan demikian, postur sedulur dapat kembali normal jika dilakukan dengan benar dan teratur.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti olahraga lainnya, push up juga bisa meningkatkan kesehatan jantung lho, Sedulur!

Baca juga  Hakikat adalah Fakta atau Kenyataan yang Sebenarnya

7. Memudahkan aktivitas sehari-hari

Olahraga terbukti membuat tubuh lebih kencang dan tidak lesu. Jadi, ketika Sedulur rutin melakukan push-up, aktivitas sehari-hari akan lebih mudah!

8. Bagian belakang menjadi lurus

Seperti disebutkan sebelumnya, push-up secara teratur memengaruhi postur. Perbedaannya sangat terlihat di bagian belakang. Punggung dipaksa berada dalam posisi normal saat push-up. Alhasil, postur tubuhnya akan kembali normal jika Sedulur berolahraga secara teratur.

9. Menjaga keseimbangan tubuh

Push-up adalah salah satu latihan paling efektif untuk mengaktifkan semua otot di tubuh. Ketika semua otot terbiasa bekerja maksimal, keseimbangan tubuh juga akan terjaga.

10. Mengencangkan dada

Ternyata manfaat push-up tidak hanya meluas ke otot dada pada pria, tetapi juga pada wanita! Dada akan menjadi lebih kencang jika Sedulur bisa membiasakan diri dengan push-up.

Cara melakukan push-up

Seni maskulinitas

Tidak tahu bagaimana melakukan push-up dengan gerakan yang benar? Simak langkah-langkah mudah ini!

BACA JUGA: 250 kata kata bijak kehidupan, penuh makna dan inspirasi

1. Usahakan agar punggung tetap lurus

Pertama-tama, pastikan punggung dalam posisi tengkurap harus lurus. Beristirahatlah dengan kedua tangan sebagai penopang di lantai, begitu juga dengan kaki Anda, usahakan untuk tidak melengkungkan punggung ke bawah.

2. Cobalah untuk menjaga pinggul Anda tetap

Selain bagian punggung, sedulur juga perlu memperhatikan bagian pinggul. Usahakan pinggulnya harus statis, ya!

3. Pastikan tubuh Anda tegak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, posisi tubuh harus dalam posisi tegak. Pastikan bahu dan kaki Anda berada pada posisi yang tepat agar tidak tertekuk atau terangkat secara tidak sengaja akibat beban tubuh Anda.

4. Perhatikan gerakan kedua tangan

Saat tubuh naik dan turun, kedua tangan harus dalam posisi siap. Kedua tangan berperan penting sebagai penyangga, jadi usahakan tetap dalam posisi aman untuk menghindari keseleo.

5. Tidak perlu memulai dengan kedua tangan, Anda bisa mulai dengan lutut.

Anda tidak perlu memulai dengan kedua tangan, Anda bisa memulai push-up dari lutut. Gerakan ini dikenal sebagai push-up berlutut, seperti yang dijelaskan di awal artikel.

6. Jika posisinya salah, mungkin ada risiko cedera.

Sangat penting bagi Sedulur untuk memperhatikan setiap push up. Dengan kecerobohan, risiko paling fatal yang bisa terjadi pada tubuh adalah cedera yang merusak otot.

Push up dinding untuk pemula

YouTube – Brian Sookie

Nah, jika sebelum pembahasan sebenarnya Sedulur masih ragu untuk melakukan push-up karena terkesan terlalu berat, jangan khawatir! Seperti yang telah disebutkan pada pembahasan di atas, ada dua variasi push-up yang sangat direkomendasikan untuk pemula. Salah satu opsi ini adalah push-up dari dinding.

Baca juga  15 Wanita Terseksi di Dunia Sepanjang Masa Beserta Asalnya

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan Sedulur untuk melakukan push up dinding agar tetap mendapatkan manfaat push up bagi tubuh.

  • Berdiri sejauh lengan atau satu langkah menjauh dari dinding. Letakkan kaki Anda selebar bahu.
  • Letakkan kedua tangan di dinding, tangan harus setinggi bahu.
  • Tarik napas, tekuk siku, berjalan ke dinding, pertahankan kaki Anda di lantai.
  • Tahan posisi ini selama satu atau dua detik.
  • Buang napas saat Anda mengembalikan tubuh ke posisi awal.

Push-up lutut untuk pemula

YouTube – Berolahraga Lebih Percaya Diri

Sudah familiar dengan wall push-up? Saatnya Sedulur melakukan push-up ke level yang lebih sulit! Dari push-up dinding, Sedulur dapat beralih ke push-up berlutut sebagai permulaan sebelum mencoba push-up biasa.

Seperti yang telah disebutkan pada pembahasan di atas, ada dua variasi push-up yang sangat direkomendasikan untuk pemula. Salah satu opsi tersebut adalah push-up berlutut. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan Sedulur untuk melakukan push up berlutut agar tetap mendapatkan manfaat push up bagi tubuh.

  • Letakkan kedua tangan di lantai, setinggi bahu. Tekuk lutut Anda dan jaga jarak yang nyaman.
  • Tarik napas saat Anda menurunkan siku, dada dekat dengan lantai.
  • Berhentilah selama satu atau dua detik dengan dagu Anda menyentuh lantai dengan ringan.
  • Buang napas saat Anda mengembalikan tubuh ke posisi awal.

Nah, Sedulur di atas adalah rangkuman manfaat push up serta langkah-langkah yang tepat untuk mencobanya. Informasi yang dijelaskan di atas juga ditambahkan ke jenis push-up yang cocok untuk pemula atau lanjutan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org