manfaat pisang klutuk

10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan


Sedulur jelas bukan hal baru di pisang. Ada beberapa jenis pisang, di antaranya pisang klutuk atau yang biasa disebut dengan pisang batu. Pisang jenis ini sangat mudah ditemukan di ladang, kebun dan pekarangan. Manfaat pisang klutuk sangat banyak, salah satunya untuk pengobatan wasir.

Pisang yang tumbuh subur dan liar mudah ditemukan di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Tengah. Lalu apa sebenarnya pisang klutuk dan apa saja manfaatnya? Yuk simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: 15 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Apa itu pisang cleaver?

atau aku

Pisang klutuk atau juga dikenal dengan pisang batu merupakan salah satu jenis pisang yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan jenis pisang lainnya.

Pisang batu ini berasal dari Asia Tenggara dan memiliki nama ilmiah. Musa Balbizian. Pisang jenis ini memiliki bunga atau yang biasa disebut dengan inti pisang merah atau merah marun. Dalam hal ini, buahnya berwarna kuning pucat. Pisang batu yang masih mentah akan terasa pahit sehingga tidak disarankan.

Ciri-ciri pisang klutuk

manfaat pisang klutuk
pilih bebas

Berikut ciri-ciri pisang klutuk yang perlu Anda ketahui:

  • punya banyak biji
  • Biji tidak berkecambah
  • Perbanyakan dengan umbi
  • Pseudostem dapat tumbuh hingga 6 meter.
  • Memiliki daun yang lebar, panjang, lentur dan kuat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat pisang batu untuk kesehatan tubuh, di antaranya sebagai berikut:

1. Meringankan gejala maag

manfaat pisang klutuk
pilih bebas

Manfaat pertama buah pisang batu adalah membantu meredakan gejala maag. Penyakit yang sering menyerang akibat telat makan bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi pisang buah batu ini. Caranya sangat sederhana, yaitu direbus saja sampai matang sebelum digunakan.

Baca juga  Cara Menghitung Average Margin Beserta Rumus & Contohnya

2. Mulai sistem pencernaan Anda

pilih bebas

Selain meredakan gejala maag, pisang jenis ini juga bisa melancarkan sistem pencernaan lho, Sedulur. Rasa pisang yang manis akan menimbulkan rasa kenyang, sedangkan rasa asamnya akan merangsang organ-organ yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Dengan demikian, pisang cranberry bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan mempermudah sistem pencernaan bagi penderita gangguan pencernaan seperti sembelit.

BACA JUGA: Manfaat tanaman untuk lingkungan rumah, yang perlu Anda ketahui

3. Membantu menyembuhkan wasir

manfaat pisang klutuk
pilih bebas

Manfaat pisang klutuk untuk wasir adalah sebagai obat alami untuk pengobatan penyakit ini. Wasir atau ambeien adalah penyakit yang terjadi akibat pembengkakan pada pembuluh darah vena di dalam anus. Cara mengobati wasir dengan pisang klutuk cukup sederhana, cukup dengan memasak pisang dan daun jambu biji muda.

Campur jus pisang dengan daun jambu biji muda yang dihancurkan. Minum ramuan sederhana ini secara rutin agar wasir bisa segera teratasi.

4. Meredakan demam

pilih bebas

Demam sering menyerang tubuh kita, terutama pada masa transisi seperti sekarang ini. Tahukah Anda, pisang batu ini juga bisa menjadi alternatif antipiretik. Caranya juga cukup mudah, cukup rebus irisan pisang hingga mendidih.

Kemudian saring sarinya dan minum 3 kali sehari. Dengan penggunaan teratur, gejala demam mudah diobati.

5. Pencegahan diare

pilih bebas

Manfaat lain dari pisang klutuk matang adalah pencegahan diare. Diare merupakan penyakit yang sering kita derita. Diare disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui makanan dan minuman.Selain mengobati ARS, diare dapat diobati bahkan dicegah dengan penggunaan pisang klutuk.

Caranya adalah dengan menyiapkan tiga buah pisang batu yang sudah matang dan yang belum matang. Kemudian kupas dan potong kecil-kecil. Kemudian haluskan potongan tersebut dan ambil airnya. Minum air ini 2 kali sehari. Namun perlu diperhatikan jika setelah meminum cairan ini feses menjadi berlendir dan berwarna hijau, sedulur harus segera dihentikan!

Baca juga  19 Inspirasi Desain Rak Buku untuk Mempercantik Hunian Anda

BACA JUGA: 10 manfaat ikan nila untuk kesehatan manusia

6. Menstabilkan kadar gula darah

pilih bebas

Manfaat pisang kljutuk untuk diabetes adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Tapi sedulur tetap harus memperhatikan jumlah konsumsinya ya. Hal ini karena pisang juga dapat meningkatkan kadar gula darah pagi pada penderita diabetes.

7. Mengobati sakit maag

pilih bebas

Manfaat pisang klutuk untuk lambung adalah dapat mengobati sakit maag. Sakit maag juga sering disertai dengan maag. Penyebab penyakit ini berhubungan dengan perut kosong dalam waktu yang lama. Inilah yang menyebabkan asam lambung tidak berfungsi maksimal.

8. Menghilangkan jerawat

jerawat
iStock

Khasiat buah liar yang semakin subur ini adalah dapat menghilangkan jerawat. Jerawat biasanya muncul karena produksi kelenjar sebaceous yang berlebihan. Pisang Klutuk adalah bahan alami yang bisa digunakan sedulur untuk menghilangkan jerawat.

Caranya adalah dengan memarut pisang lalu oleskan secara halus dan merata ke seluruh wajah Anda. Tunggu 30 menit, lalu bilas dengan air biasa. Cara ini bisa Anda lakukan setiap pagi agar jerawat Anda cepat hilang.

9. Menghitamkan rambut Anda

pilih bebas

Pisang merupakan buah yang populer sebagai masker rambut. Kandungan nutrisi pisang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Selain itu, pisang juga mengandung unsur silika dan mineral yang dapat membantu tubuh mensintesis dan membuat rambut lebih kuat, tebal dan hitam.

Selain bermanfaat untuk menghitamkan rambut, pisang batu juga dapat berperan sebagai kondisioner yang membuat rambut lebih berkilau. Berikut manfaat masker pisang untuk kesehatan rambut.

  • Mengatasi masalah ketombe
  • Mendukung pertumbuhan rambut
  • Mengatasi kulit kepala kering

Cara menggunakan pisang sebagai produk perawatan rambut alami cukup sederhana. Sedulur dapat mencampur pisang dengan beberapa bahan seperti minyak zaitun, lidah buaya dan madu.

Baca juga  12 Resep Ayam Semur Nikmat & Praktis, untuk Menu Lebaran

10. Mengatasi sakit perut

pilih bebas

Manfaat pisang klutuk yang terakhir adalah dapat meredakan sakit perut. Pisang batu juga biasa digunakan dalam makanan rujaka. Tanin dan saponin yang terkandung dalam tulang pisang, tidak hanya sebagai penambah rasa gurih dan nikmat dalam masakan rujak cingur, tetapi juga dapat mencegah sakit perut akibat rasa pedas rujak atau alergi cabai. Jadi jika sedulur mengkonsumsi rujak, anda tidak perlu khawatir lagi akan sakit perut.

Nah berikut ini adalah rangkuman manfaat pisang klutuk wulung yang perlu anda ketahui. Selain lebih besar dari jenis pisang lainnya, pisang klutuk ini juga memiliki banyak manfaat, di antaranya kemampuan untuk mengobati wasir.

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org