manfaat matahari bagi alam

10 Manfaat Matahari Bagi Alam dan Makhluk Hidup


Matahari merupakan sumber energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Manfaat matahari bagi alam dapat dirasakan oleh semua makhluk hidup, baik hewan, tumbuhan maupun manusia. Bintang masif ini terdiri dari gas bertekanan tinggi dan merupakan pusat tata surya.

Matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi karena dapat memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Ada dua jenis energi yang dipancarkan matahari, yaitu energi cahaya dan energi panas. Kedua energi ini tentunya sangat bermanfaat bagi Bumi. Lantas, apa gunanya energi matahari bagi alam dan makhluk hidup di bumi? Yuk, simak pembahasannya di artikel ini.

BACA JUGA: Proses terjadinya gerhana matahari, jenis dan akibatnya

Matahari adalah

iStock

Matahari adalah bintang yang terdiri dari gas panas besar yang berputar. Bintang ini terdiri dari 75% hidrogen, 24% helium dan sejumlah kecil oksigen, karbon, neon, dan besi, yang terbagi menjadi 4 lapisan, yaitu inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona.

Fungsi Matahari bagi Bumi tentu sangat besar. Selain sebagai pusat tata surya saat bumi melakukan revolusi, matahari juga memiliki fungsi dan manfaat bagi makhluk hidup di bumi. Bintang besar ini memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik yaitu gelombang cahaya tampak, sinar-X, sinar infra merah, sinar gamma, sinar ultraviolet dan gelombang mikro yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana matahari bermanfaat bagi alam? Di bawah ini adalah manfaat matahari bagi tumbuhan dan manfaat matahari bagi hewan beserta penjelasannya.

1. Sumber energi yang tak ada habisnya

manfaat matahari
iStock

Manfaat matahari bagi alam adalah sumber energi yang tidak terbatas. Hal ini dikarenakan matahari mampu memancarkan sinarnya ke seluruh permukaan bumi tanpa terkecuali. Energi yang dikeluarkan oleh matahari dalam bentuk cahaya dan panas dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Mengapa Matahari disebut sebagai sumber energi tak terbatas bagi Bumi? Karena jari-jari Matahari adalah 695 x 106 m, maka luas permukaannya adalah 6,07 x 1018 m². Dengan demikian, matahari akan mampu memancarkan sinar 64 x 10 x 6,09 x 1018 m², atau setara dengan 3,9 x 1026 watt. Jumlah energinya tentu sangat besar, karena konsumsi energi di seluruh dunia hanya sekitar 16 TW.

Baca juga  Tukar Valas? Cek Kurs Dollar Hari Ini di Bank Mandiri dan BCA

BACA JUGA: Urutan planet terdekat dengan matahari dalam tata surya

2. Sumber cahaya di Bumi

manfaat matahari
iStock

Manfaat selanjutnya adalah sebagai sumber penerangan bagi bumi dan segala isinya. Matahari memancarkan sinar yang dapat mengenai seluruh bagian bumi. Rotasi bumi juga menciptakan waktu siang dan malam. Daerah yang diamati siang hari adalah daerah yang terkena sinar matahari, dan daerah yang mengalami malam hari adalah daerah yang menghadap sinar matahari.

Penggunaan matahari sebagai sumber cahaya sangat penting bagi bumi. Karena karena kurangnya sinar matahari, bumi akan terlihat sangat gelap. Bahkan bulan pun tidak dapat menerangi bumi. Hal ini karena bulan dapat bersinar dengan memantulkan sinar matahari.

3. Sumber energi bagi kehidupan makhluk hidup

manfaat matahari
iStock

Berikutnya adalah manfaat matahari sebagai sumber energi bagi kehidupan makhluk hidup. Matahari merupakan sumber energi terpenting untuk menopang kehidupan, hal ini disebabkan karena semua kehidupan di bumi tidak dapat hidup tanpa bantuan energi matahari.

Bagi manusia, sinar matahari bermanfaat untuk mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh. Proses ini terjadi ketika kulit terkena sinar matahari langsung. Setelah itu, tubuh akan memproduksi vitamin D dengan cara membakar kolesterol di sel-sel kulit. Vitamin D merupakan vitamin yang berguna untuk fungsi metabolisme kalsium, kekebalan tubuh, dan transmisi kerja otot ke saraf.

Sedangkan manfaat matahari bagi alam dan hewan adalah untuk menguatkan tulang hewan, menjaga kestabilan suhu tubuh agar hewan tetap hangat, membantu dalam proses pertumbuhan dan adaptasi hewan, serta dalam proses pengeringan bulu dan hewan yang basah. rambut.

Sedangkan manfaat matahari bagi alam dan tanaman yaitu membantu proses pertumbuhan tanaman, menjadi sumber nutrisi terbaik, menjaga suhu tanaman dan membantu proses pertumbuhan tunas.

4. Pusat tata surya

manfaat matahari
iStock

Keuntungan Matahari selanjutnya adalah merupakan pusat galaksi Bima Sakti bagi semua benda angkasa. Planet, bintang, komet, dan satelit akan bergerak mengelilingi Matahari karena gaya gravitasi yang sangat besar.

Gravitasi Matahari sangat kuat, terbukti dengan kemampuannya untuk menjaga setiap planet pada orbitnya, meskipun planet-planet tersebut berada ribuan mil dari Matahari. Bagi Bumi, revolusi akan mengakibatkan perubahan musim, perubahan panjang siang dan malam, pergerakan tahunan matahari yang tampak, dan munculnya berbagai bintang dari bulan ke bulan.

Baca juga  Cek Kurs Dollar Hari Ini di Bank Mandiri dan BCA Sebelum Tukar Valas

BACA JUGA: 8 Manfaat Menanam Bunga Lili Damai Selain Menghias Rumah Anda

5. Membantu proses fotosintesis

manfaat matahari
iStock

Manfaat lainnya adalah untuk membantu proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan. Kita semua tahu bahwa proses fotosintesis dapat berlangsung dengan bantuan sinar matahari. Sinar matahari ini akan memungkinkan beberapa tanaman untuk menghasilkan makanan mereka sendiri, dan mereka dikenal sebagai autotrof.

Tanaman hijau akan tumbuh menghadap matahari. Ini karena, secara alami, tanaman ini membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup. Meskipun beberapa tanaman dapat tumbuh dalam gelap, mereka akan menderita kondisi buruk, batang lemah, daun kecil, dan penampilan pucat.

6. Berpartisipasi dalam siklus air

manfaat matahari
iStock

Berikutnya adalah manfaat matahari dalam kaitannya dengan partisipasinya dalam siklus air. Matahari berperan dalam proses penguapan, di mana air di laut, rawa, sungai, atau perairan lainnya menguap karena dipanaskan oleh matahari. Proses ini akan menyebabkan air berpindah dari hidrosfer ke atmosfer.

Proses ini, di bawah pengaruh Matahari, kemudian akan mengumpulkan air di atmosfer dan membentuk awan. Awan ini kemudian jatuh dalam bentuk presipitasi, hujan dan salju. Setelah sampai di permukaan bumi, air dapat menguap kembali, menyebar ke permukaan atau meresap ke dalam tanah, menjadi air tanah.

7. Energi matahari dapat membantu mengeringkan tanah

manfaat matahari
iStock

Manfaat lainnya adalah membantu mengeringkan tanah. Kita semua tahu itu

Tanah merupakan sumber daya yang penting bagi kehidupan alam. Sinar matahari yang dapat mengeringkan tanah dapat membantu proses pertumbuhan beberapa tanaman di tanah. Misalnya, biji bunga matahari akan tumbuh subur jika ditempatkan di tanah yang kering.

Manfaat lahan kering juga dimanfaatkan oleh petani dalam bidang pertanian. Lahan pertanian tidak boleh selalu basah atau terendam air, hal ini akan menyebabkan akar tanaman membusuk dan akhirnya tanaman akan mati. Jika tanaman mati, petani tidak akan bisa panen dan merugikan banyak orang, bahkan konsumen produk pertanian.

BACA JUGA: Manfaat tanaman untuk lingkungan rumah, yang perlu Anda ketahui

8. Menyediakan tubuh dengan oksigen

manfaat matahari
iStock

Keuntungan lain dari keberadaan matahari adalah menyediakan oksigen bagi organisme. Oksigen yang digunakan oleh makhluk hidup di Bumi dapat diperoleh melalui proses fotosintesis yang dibantu oleh sinar matahari, serta melalui proses penguapan matahari. Keberadaan oksigen sangat penting terutama bagi hewan dan manusia. Kita dapat yakin bahwa tanpa oksigen, hewan dan manusia akan langsung mati.

Baca juga  Perbedaan Junk Food dan Fast Food, Jangan Salah Lagi!

9. Mainkan peran di musim

manfaat matahari
iStock

Manfaat matahari selanjutnya berkaitan dengan pergantian musim yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Telah disebutkan sebelumnya bahwa Matahari berperan dalam proses revolusi planet-planet, termasuk planet Bumi. Nah, rotasi atau pergerakan Bumi dalam orbitnya mengelilingi Matahari akan menciptakan musim yang berbeda.

Di daerah tropis terdapat 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Sedangkan di daerah subtropis terdapat 4 musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Perubahan setiap musim di bumi tidak lepas dari peran matahari.

BACA JUGA: 16 manfaat dan fungsi air bagi manusia, hewan dan tumbuhan

10. Efek rumah kaca

manfaat matahari
iStock

Manfaat matahari yang terakhir adalah membantu efek rumah kaca. Padahal, efek rumah kaca diperlukan untuk menjaga suhu bumi, yakni agar perbedaan suhu antara siang dan malam tidak terlalu besar.

Efek rumah kaca berguna untuk menjaga bumi cukup hangat untuk kehidupan. Tanpa gas rumah kaca, panas bumi tidak akan bertahan lama di permukaan bumi. Energi panas yang tersimpan di dalam rumah kaca juga membantu mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan kualitas produktivitasnya.

Demikian informasi mengenai manfaat matahari bagi alam dan makhluk hidup di bumi. Kami berharap informasi ini dapat menambah pemahaman Sedulur dalam kajian ilmu-ilmu alam dan menambah rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan sepanjang hayat. Selamat belajar!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org