manfaat kerjasama

Memahami Manfaat Kerjasama pada Tim untuk Tiap Anggotanya


Dalam kehidupan sehari-hari, Sedulur tentu tidak asing lagi dengan istilah kolaborasi. Kolaborasi adalah usaha atau kegiatan sekelompok orang yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan atau kepentingan bersama. Manfaat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari antara lain dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan menumbuhkan jiwa sosial.

Adanya kerjasama tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti adanya kepentingan bersama dan adanya toleransi antar sesama. Di bawah ini adalah penjelasan tentang manfaat kerjasama tim yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA: Pengertian informasi beserta ciri-cirinya, jenis dan fungsinya

Pengertian kerjasama

pilih bebas

Menurut sosiolog Amerika Charles H. Cooley, kerjasama dapat terjadi jika orang menyadari bahwa mereka memiliki minat yang sama, dan juga memiliki pengetahuan dan kesadaran diri yang cukup untuk mewujudkan minat tersebut.

Sedangkan menurut KBBI, kerjasama adalah suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan lain-lain) untuk mencapai tujuan bersama. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa kerjasama adalah keinginan untuk bekerja sama dengan individu lain secara keseluruhan dan menjadi bagian dari suatu kelompok dalam mencapai tujuan dan kepentingan bersama.

Pengertian kerjasama menurut para ahli

manfaat kerjasama
pilih bebas

1. Lewis Thomas

Menurut Lweis Thomas, kerjasama adalah pengelompokan yang terjadi antara makhluk hidup yang kita kenal. Kolaborasi atau pembelajaran kolaboratif adalah proses tim (kelompok) di mana anggota saling mendukung dan mengandalkan satu sama lain untuk mencapai konsensus.

2. Robert L

Robert L. mendefinisikan kolaborasi sebagai kegiatan dalam kelompok untuk bekerja sama atau menyelesaikan suatu tugas.

BACA JUGA: Kenali secara de facto dan de jure serta perbedaannya

Bentuk kerjasama

pilih bebas

Menurut Kheri Pooja Varsono dalam bukunya yang berjudul Sosiologi Komunikasi Massa Secara umum ada lima jenis kerjasama, antara lain sebagai berikut.

1. Harmoni

Bentuk kerjasama yang pertama adalah kerukunan. Harmoni dapat berusaha untuk bekerja sama dan saling membantu antar manusia. Keharmonisan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan perusahaan agar lebih menyenangkan.

2. Tawar-menawar

Tawar menawar adalah bentuk kerjasama dalam bentuk penawaran. Jika penawaran ini mengarah pada kesepakatan, itu dapat berupa pertukaran barang atau jasa.

3. Kooptasi

Bentuk kerjasama selanjutnya adalah kooptasi. Kooptasi berarti proses musyawarah oleh para anggota. Dalam kooptasi, terjadi proses penerimaan hal-hal baru dalam kepemimpinan dan strategi politik dari organisasi. Tujuan kooptasi adalah untuk mencapai keseimbangan.

5. Koalisi

Secara bahasa, koalisi berarti kerja sama antara beberapa pihak untuk memperoleh suara tambahan di parlemen. Dalam bentuk kerjasama koalisi ini, dua atau lebih organisasi dengan tujuan dan kepentingan yang sama bekerja sama.

5. Usaha patungan

Bentuk kerjasama yang terakhir adalah joint venture. Biasanya bentuk kerjasama ini terdapat dalam sebuah proyek besar dan membutuhkan kerjasama banyak pihak dengan latar belakang yang berbeda. Tujuan dari joint venture adalah untuk mencapai keberhasilan dalam proyek yang sedang dikerjakan.

Tujuan kerjasama

manfaat kerjasama
pilih bebas

Di bawah ini adalah tujuan kerjasama yang perlu Anda ketahui.

  • Berlatih berpikir kritis sambil memecahkan masalah
  • Mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi
  • Bangun Keyakinan Anda
  • Saling pengertian orang-orang dalam kelompok

BACA JUGA: Apa itu hosting: definisi, jenis, manfaat, dan cara kerjanya

10 Manfaat Kolaborasi

iStock

Berikut adalah beberapa manfaat kolaborasi jika dilihat dari perspektif yang lebih luas:

  1. Pekerjaan lebih cepat selesai.
  2. Pekerjaan yang diselesaikan dapat memberikan hasil yang lebih baik.
  3. Meningkatkan kekompakan tim.
  4. mengolah Rasa memiliki.
  5. Meningkatkan kualitas komunikasi antar anggota tim.
  6. Meningkatkan toleransi.
  7. Pekerjaan menjadi lebih mudah.
  8. Saling menghormati.
  9. Hargai kemampuan setiap orang.
  10. Kemampuan memecahkan masalah dapat diasah secara kolektif.

5 manfaat kerjasama dalam organisasi dan perusahaan

manfaat kerjasama
iStock

Berikut manfaat kolaborasi dalam organisasi dan perusahaan yang perlu Anda ketahui.

1. Selesaikan pekerjaan lebih cepat

Manfaat pertama dari kolaborasi dalam suatu organisasi adalah pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat. Terkadang tenggat waktu yang ditetapkan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk menyelesaikan suatu proyek cukup ketat. Untuk itu diperlukan kerja sama tim untuk menyelesaikan tugas dalam waktu yang telah ditentukan.

Baca juga  Posisi & Manfaat Cuddle dengan Pasangan, Biar Makin Mesra

2. Tingkatkan produktivitas Anda

Manfaat selanjutnya adalah dapat merangsang produktivitas. Ada beberapa tipe karyawan yang perlu diprovokasi terlebih dahulu untuk meningkatkan produktivitasnya. Salah satu caranya adalah dengan meminta pekerja untuk bekerja sama dengan pekerja lain.

3. Lebih mudah menemukan solusi

Kolaborasi juga bermanfaat bagi karyawan, karena lebih mudah bagi mereka untuk menemukan solusi dari setiap masalah pekerjaan yang mereka hadapi. Bekerja sama, akan ada bantuan, serta perspektif lain dalam memecahkan masalah. Kerjasama ini digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

4. Pertajam keterampilan komunikasi Anda

Kolaborasi berguna untuk meningkatkan keterampilan komunikasi karyawan. Pasalnya, karyawan tentu akan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk melancarkan proyek yang sedang dikembangkan. Kolaborasi berguna tidak hanya untuk keterampilan komunikasi, tetapi juga untuk meningkatkan hubungan pribadi antar karyawan.

5. Ciptakan suasana positif

Ketika hubungan antar karyawan baik dan mereka dapat bekerja sama dengan baik, suasana kerja juga akan lebih positif dan santai. Hal ini dapat tercipta karena rekan kerja merasa bahwa kemampuan kerja mereka dihargai.

BACA JUGA: Perubahan sosial: definisi, faktor, proses dan contoh

Manfaat Berkolaborasi dalam Keberagaman

iStock

Berikut 3 manfaat kolaborasi keragaman yang perlu Anda ketahui.

  1. Dapat membangun persatuan
  2. Memajukan kerukunan antar umat beragama
  3. Saling menghormati

Manfaat bekerja dari rumah

pilih bebas

Kolaborasi juga sangat bermanfaat untuk lingkungan rumah. Berikut manfaat bekerja dari rumah yang perlu Anda ketahui.

  1. Jaga agar anggota keluarga tetap bersama
  2. Menjaga keharmonisan dalam keluarga
  3. Saling menghormati antar anggota keluarga

Contoh kerjasama di rumah

manfaat kerjasama
pilih bebas

1. Mencuci pakaian

Mencuci pakaian merupakan salah satu contoh gotong royong dalam lingkungan terkecil yaitu di rumah. Pekerjaan mencuci pakaian biasanya dilakukan oleh ibu atau bahkan seorang pembantu rumah tangga. Namun, dalam beberapa kasus mungkin saja ibu sedang sibuk di dapur atau mengurus adik yang sedang belajar di rumah. . Untuk itu peran seorang kakak atau ayah mencuci baju bersama merupakan contoh kerjasama di rumah, dimana kerjasama ini tentunya sangat bermanfaat dalam memperlancar pekerjaan ibu.

Baca juga  Sinopsis Deepwater Horizon, Kisah Tentang Pengeboran Minyak

2. Memasak

Contoh lain bekerja sama di rumah adalah memasak bersama anggota keluarga. Kegiatan ini bisa menjadi sarana gotong royong di rumah yang cukup seru. Ibu dapat menyapa anak-anak dengan cara yang sama seperti ayah untuk dapat bekerja sama saat memasak. Contoh kerja sama di rumah, manfaat dari kerja sama tersebut juga dapat melatih emosi, karena setiap orang di rumah cenderung memiliki selera makanan yang berbeda.

BACA JUGA: Jumlah pemain dan tugasnya di lapangan

Contoh kerjasama di lingkungan sekolah

pixabay
  1. Pembersihan kelas
  2. Bekerja sama dalam kerja kelompok
  3. Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah
  4. Patuhi peraturan di sekolah
  5. Bantu jika ada teman yang kesulitan mengerjakan soal

Contoh kerjasama Indonesia dengan negara lain

pilih bebas
  1. Kerja sama Indonesia-AS untuk mengatasi Covid-19 dan meningkatkan neraca perdagangan
  2. Kerjasama Indonesia-Brasil dalam peningkatan kualitas genetik protein hewani dan pengembangan peternakan nasional.
  3. Ekspor kopi, teh, tembakau dan minyak sawit Indonesia ke Jerman. Jerman mengekspor barang elektronik yang tidak bisa diproduksi di Indonesia.
  4. Kerjasama dengan Arab Saudi dalam menyelesaikan masalah haji
  5. Kerjasama antara Indonesia dan Jepang untuk melakukan pertukaran pelajar dan mahasiswa di bidang teknologi.

Demikian rangkuman informasi tentang manfaat kerjasama dari lingkungan yang paling sederhana hingga skala internasional. Sedulur akan mendapatkan banyak manfaat dari kolaborasi, seperti menyelesaikan pekerjaan dengan cepat untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya dengan orang lain.

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org