makanan tupai

8 Makanan untuk Tupai dan Cara Memberikannya Secara Tepat


Tupai adalah salah satu hewan mungil yang bisa dipelihara sebagai hewan peliharaan. Memiliki cara makan yang unik, hewan ini menjadi favorit anak-anak. Jika Anda memiliki tupai di rumah, ingatlah untuk memberi makan tupai sesuai dengan kebutuhannya.

Ada banyak makanan yang bisa dimakan tupai. Hewan ini omnivora, tetapi memiliki kegemaran pada herbivora. Dengan demikian, tupai lebih cenderung memakan kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran daripada serangga atau makanan lainnya. Lantas, jenis makanan apa saja yang bisa diberikan untuk tupai dan bagaimana caranya?

Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: Metamorfosis tidak sempurna, ciri-ciri dan contoh hewan

Fakta menarik tentang protein

Instagram @plmagdalena

Sebelum melanjutkan pembahasan kita tentang apa yang dimakan tupai, ada baiknya kita mengenal mamalia mungil ini. Fakta menarik apa yang dia simpan? Berikut ini didasarkan pada ringkasan Federasi Margasatwa Nasional.

  • Tupai menemukan makanan dengan baik bahkan di bawah salju tebal yang mereka gali.
  • Dia juga suka mengubur makanannya untuk cadangan, tetapi juga sering kehilangan makanan karena hewan lain. Untuk mengurangi risiko ini, tupai terkadang menggali perangkap lubang yang disalahartikan pencuri sebagai makanan saat kosong.
  • Gigi depan tupai terus tumbuh, jadi mereka harus terus-menerus menggertakkan gigi agar panjang yang mereka butuhkan. Itu sebabnya dia termasuk dalam grup hewan pengerat atau hewan pengerat seperti tikus
  • Mereka berlari secara zig-zag untuk menghindari predator. Cara ini terbukti efektif mempersulit elang dan burung pemangsa lainnya untuk menyergapnya. Ia juga sering bersembunyi di rongga pohon untuk mencegah predator mencapainya.
  • Tupai adalah hewan yang mobile, mudah beradaptasi, dan cerdas. Dia dapat dengan cepat melompat dan mencari makanan di mana saja.
  • Keberadaan tupai di taman kota merupakan salah satu bentuk kesengajaan. Menurut artikel ScienceDaily, Ini adalah Etienne Benson, seorang profesor di University of Pennsylvania yang memelopori konservasi tupai di perkotaan. Tupai dulunya dianggap hama untuk diburu dan dibunuh, namun berkat usaha mereka, tupai kini menjadi bagian dari ekosistem taman kota di Amerika Serikat dan orang bisa memberi makan mereka.

Jenis protein di dunia

makanan tupai
Instagram @squirrel.245

Berbasis Jangkauan Geografi Nasional, setidaknya 200 spesies tupai tersebar di seluruh dunia. Yang paling umum adalah tupai tanah yang hidup di gua dan terowongan bawah tanah, dan tupai kelapa yang dapat melompat dari satu dahan ke dahan lainnya.

Selain itu, ada tupai merah, rubah, tupai abu-abu, tupai Douglas, dan tupai terbang selatan. Secara umum, makanan untuk tupai adalah sama, satu-satunya perbedaan adalah bagaimana mereka menemukan dan menyimpannya. misalnya dDi alam liar, bajing terbang selatan akan memakan berbagai macam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan serangga.

BACA JUGA: Ternyata ini adalah 10 manfaat memiliki hewan peliharaan.

Makanan yang cocok untuk tupai

makanan tupai
Pexels

Biasanya, tupai memakan tumbuhan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Namun, ada kalanya tupai juga memakan telur burung karena ketersediaan makanan yang terbatas. berbasis sayuran. Namun, ini sangat jarang. Jika tidak ada makanan sama sekali, tupai bisa memakan serangga dan ulat.

Berikut makanan tupai yang cocok untuk hewan lucu ini.

1. Kacang

makanan tupai
Pexels

Tupai sangat menyukai kacang-kacangan seperti pecan, macadamia, almond, hazelnut, pinus, biji pohon ek dan sebagainya. Cara pemberian makannya juga sangat unik, dia bisa makan kacang dengan atau tanpa kulitnya. Cangkang kacang justru membantu mereka mengasah gigi depan yang terus tumbuh dan terbiasa makan makanan padat.

Namun, mereka tidak boleh diberi kacang karena merupakan nilai gizi minimum untuk tupai. Selain itu, kacang tanah yang sudah dibumbui seperti kacang kemasan yang biasa kita beli juga tidak boleh dimakan protein kelapa atau jenis lainnya.

2. Sereal dan jenis sereal

makanan tupai
Pexels

Makanan yang bisa diberikan tupai terbang juga termasuk biji-bijian seperti biji bunga matahari, jagung, kedelai, gandum, beras dan kenari. Mereka mengandung kalsium, yang dibutuhkan protein untuk berfungsinya organ mereka. Anda pasti pernah melihat tupai memakan makanan yang diberikan orang kepada burung di taman. Ini karena mereka juga menikmatinya dan tidak malu mendekati area burung.

Namun, jangan hanya memberi makan biji-bijian. Imbangi dengan kacang-kacangan karena jauh lebih kaya fosfor dan kalsium. Meskipun kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber energi, hindari memberi makan tupai dengan biji-bijian yang telah ditambahkan perasa atau pemanis.

3. Buah

    makanan tupai
Pexels

Selain kacang-kacangan dan biji-bijian yang keras, tupai adalah penggemar berat buah-buahan. Dia akan makan buah dengan antusias. Jika Sedulur memiliki pohon buah dan tupai tinggal di dekatnya, mereka biasanya berhenti untuk memetik buahnya. Maka tidak mengherankan jika tupai sering terlihat di taman.

Baca juga  Cara Membuat Surat Keterangan Belum Menikah dan Contohnya

Buah-buahan makanan berprotein termasuk buah beri, jeruk, anggur, apel, kiwi, persik, alpukat, dan sebagainya. Mereka juga makan buah-buahan besar seperti pisang, semangka, dan melon dengan baik. Mereka membutuhkan buah-buahan sebagai sumber gula, yang akan diubah menjadi energi agar bisa beraktivitas dan berburu makanan lain.

BACA JUGA: Jangan potong! Ternyata inilah fungsi kumis pada kucing.

4. Sayuran

makanan tupai
Pexels

Selain buah-buahan, sayuran hijau juga termasuk dalam menu makanan berprotein kelapa. Anda bisa memberi mereka selada, kangkung dan bayam, tomat, lobak, jagung, labu, dan kacang-kacangan. Protein juga bisa diberikan kubis, terong, kecambah wortel, kembang kol, dan brokoli. Sayuran akan menambah nutrisi agar protein dapat tumbuh dengan baik.

5. Keju

makanan tupai
Pexels

Keju bukanlah sesuatu yang dimakan tupai liar, tetapi jika Sedulur memiliki tupai di rumah dan ingin memberinya makan, tupai akan tetap memakannya. Hewan ini tidak pilih-pilih soal keju, mulai dari keju cheddar, mozzarella dan lain-lain, ia akan memakannya tanpa ragu. Keju bagi mereka merupakan sumber lemak dan akan disimpan sebagai cadangan saat puasa tiba.

6. Serangga

makanan tupai
Pexels

Ketika mereka tidak memiliki makanan lagi, makanan mereka selanjutnya adalah serangga. Hewan ini tidak segan memakan berbagai jenis serangga seperti ulat, larva, capung, belalang, kupu-kupu dan jangkrik sebagai sumber protein. Jadi, Sedulur juga bisa memberi mereka makanan berupa serangga.

7. Jamur

makanan tupai
Pexels

Jamur yang tumbuh di pohon juga disukai sebagai makanan protein kelapa. Dia mengumpulkan jamur dan mengeringkannya, lalu memakannya saat dibutuhkan. Tentunya dengan insting yang kuat, hewan ini dapat membedakan mana jamur yang aman dimakan dan mana yang beracun. Di rumah, Sedulur bisa memberinya jamur tiram yang ternyata aman.

8. Telur

makanan tupai
Pexels

Makanan terakhir tupai adalah telur hewan lain, terutama telur ayam dan burung, yang ukurannya bisa dikecilkan. Mereka bahkan bisa memakan daging anak ayam yang jatuh dari sarangnya, dan orang tua mereka tidak membantu mereka. Namun, hal ini jarang terjadi kecuali persediaan makanan mereka benar-benar habis.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Susu Kucing Terbaik untuk Anak Kucing Tahun 2022

Apa yang memberi makan tupai

makanan tupai
Pexels

Jika Anda menemukan tupai di alam liar, sebenarnya Anda tidak perlu memberi mereka makan karena mereka dapat berburu makanan sesuai kebutuhan. Mereka juga bisa memakan kulit kayu dalam kondisi tertentu. Namun, jika tupai berada di dekat penduduk desa atau Anda memutuskan untuk meninggalkannya, ada produsen yang memproduksi makanan tupai instan kemasan. Mereka biasanya memiliki campuran biji-bijian, kacang-kacangan dan buah-buahan dalam bentuk kering yang siap dimakan.

Baca juga  Rumus Peluang Beserta Cara Menghitung & Contoh Soalnya

Memberi makan juga mudah: Sedulur dapat memotong buah dan sayuran menjadi potongan-potongan kecil lalu mencampurnya dengan kacang dalam wadah yang dikurung. Namun, dalam keadaan darurat, mereka juga bisa diberi makanan anjing dan kucing, karena tupai sebenarnya adalah omnivora.

Tupai juga bisa memakan sisa makanan manusia yang tertinggal di taman. Mereka mungkin makan sisa roti atau bahkan kue. Namun, mereka harus diberi buah dan sayuran daripada makanan yang mengandung gula dan zat kimia tambahan.

Tupai tidak suka makanan

makanan tupai
Pexels

Tupai juga memiliki makanan yang tidak mereka sukai, termasuk keluarga bawang. Dan bawang putih, merah, dan bawang hijau, biasanya mereka hindari. Mereka juga tidak pernah terlihat makan paprika dan cabai karena rasanya yang pedas. Bawang merah dan sayuran pedas sebenarnya banyak digunakan para petani untuk membunuh tupai di pekarangan mereka.

Mereka juga tidak boleh diberikan produk susu dan makanan olahan tinggi. Namun, saat terdesak, hewan pengerat ini justru bisa memakan apa saja dan sepertinya tidak pernah berhenti mengunyah dan berburu makanan.

Jika Sedulur tertarik pada tupai, lihatlah komitmen untuk menyediakan makanan terbaik bagi mereka. Ini adalah hewan yang membutuhkan makanan utuh mentah, tidak seperti beberapa hewan yang dapat diberi makan sisa makanan. Kalau belum ada anggaran Secara khusus, jangan memaksakan diri untuk mendukung. Biarkan mereka hidup di habitat aslinya. Dengan demikian, tupai akan berburu sesuai dengan naluri binatangnya dan kebutuhannya sendiri.

Ingin menghabiskan bulanan tanpa menggunakan keras? aplikasi super larutan! Semuanya tersedia: mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga. Selain harganya yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan berbelanja dengan handphone. Tidak perlu keluar rumah, barang langsung diantar.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga bisa berbelanja secara grosir atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org