makanan tinggi kalori

12 Makanan Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan


Upaya menambah berat badan tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi vitamin atau obat-obatan tertentu. Ada banyak makanan berkalori tinggi yang dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan ini.

Makanan berkalori tinggi seperti telur dan daging merah adalah dua contoh yang mudah ditemukan. Keduanya dapat bertindak sebagai makanan penambah berat badan berkalori tinggi untuk anak-anak dan remaja.

Berikut beberapa rekomendasi makanan tinggi kalori dan protein yang bisa Anda konsumsi untuk menambah berat badan. Simak baik-baik, ya!

BACA JUGA: Apa saja kriteria makanan sehat dan contohnya?

1. Telur

iStock

Telur merupakan bahan makanan yang sangat mudah ditemukan. Telur adalah salah satu makanan sehat yang dapat membangun otot karena memberikan kombinasi yang tepat antara lemak sehat dengan protein berkualitas tinggi dan nutrisi lainnya.

Satu telur mentah dengan berat sekitar 2 ons mengandung 74 kalori. Sebagian besar nutrisi dalam telur ditemukan di kuning telur, jadi penting untuk makan telur utuh.

Selama Sedulur tidak memiliki intoleransi telur, tidak perlu membatasi asupan telur. Sedulur dapat mengkonsumsi 3 butir telur setiap hari untuk mendapatkan berat badan yang optimal.

2. Susu

makanan berkalori tinggi
iStock

Salah satu contoh minuman berkalori tinggi adalah susu. Dipercaya bahwa tidak hanya telur, tetapi juga susu adalah sumber nutrisi yang tepat untuk penambahan berat badan dan pembentukan otot.

Susu mengandung protein, karbohidrat, lemak baik, dan beberapa nutrisi penting lainnya seperti kalsium, vitamin, dan mineral. Jika Sedulur berencana untuk membangun massa otot, maka susu adalah pilihan yang tepat karena mengandung kasein dan protein whey.

Susu dapat ditambahkan ke daftar makanan sepanjang hari selama program penambahan berat badan. Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, Sedulur dapat mengimbanginya dengan latihan beban seperti angkat besi untuk menjaga otot Anda lebih kuat.

BACA JUGA: Pengertian Fermentasi dan Manfaatnya serta Contoh Makanannya

3. Buah-buahan kering

makanan berkalori tinggi
iStock

Rekomendasi selanjutnya adalah buah-buahan kering yang merupakan makanan berkalori tinggi untuk menambah berat badan pada anak. Buah kering adalah makanan berkalori tinggi yang kaya akan vitamin, serat, mineral, dan antioksidan.

Tidak hanya itu, buah kering juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes. Buah kering juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga dapat dijadikan sebagai makanan berkalori tinggi.

4. Daging merah

makanan berkalori tinggi
iStock

Rekomendasi makanan selanjutnya adalah daging merah. Salah satu contoh daging dengan kandungan kalori yang cukup tinggi adalah daging sapi. Hal ini dibuktikan dengan kandungan kalori 13 gram daging sapi dan lemaknya yang mengandung 117 kalori, serta bagian dada yang mengandung 303 kalori per 5 gramnya.

5. Kacang

makanan berkalori tinggi
iStock

Selain buah-buahan, kacang-kacangan juga kaya akan kalori. Dalam beberapa genggam kacang setiap hari, Anda akan mendapatkan ratusan kalori yang akan membantu Anda menambah berat badan dengan mudah dan tanpa membahayakan kesehatan Anda.

Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga tinggi akan mineral, vitamin, serat, lemak, dan protein. Dua jenis kacang yang bisa dipilih: kacang hitam, yang mengandung 227 kalori per 172 gram, dan kacang macadamia, yang mengandung 201 kalori per 28 gram.

BACA JUGA: 21 Makanan Tradisional Indonesia Dan Asal-usulnya Yang Akan Membuat Anda ngiler

6. Alpukat

makanan berkalori tinggi
iStock

Alpukat tidak hanya jus buah segar, tetapi juga dapat digunakan untuk menambah berat badan. Alpukat dikenal tinggi lemak dan kalori sehat. Itu karena satu buah alpukat berukuran besar mengandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak, vitamin, mineral, dan sekitar 14 gram serat.

7. Cokelat hitam

makanan berkalori tinggi
iStock

Cokelat hitam atau dark chocolate juga bisa menjadi salah satu makanan penambah berat badan. Disebutkan di bawah ini, 101g batang cokelat hitam dengan 70-85% padatan kakao mengandung sekitar 604 kalori, 11g serat makanan, 43,06g lemak, 46,36g karbohidrat, 7,87g protein, 24,23g gula, 12,02 mg zat besi, 230,00 mg. magnesium dan 3,34 mg seng.

Baca juga  Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel dengan Mudah

Dibandingkan dengan cokelat susu, cokelat hitam tentu saja memiliki kepadatan kalori yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, dark chocolate juga mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak antioksidan, mikronutrien, serat, dan magnesium.

Mengkonsumsi dark chocolate tidak hanya dapat meningkatkan berat badan, tetapi juga dapat membantu mengurangi stres, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Untuk hasil yang optimal, pilihlah dark chocolate di atas 70 persen.

8. Nasi

makanan berkalori tinggi
iStock

Beras merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Beras adalah makanan berkalori tinggi dan rendah lemak yang juga berfungsi sebagai sumber karbohidrat untuk penambahan berat badan.

Satu cangkir nasi putih memiliki sekitar 200 kalori, 44 gram karbohidrat, dan 0,2 gram lemak. Beras tidak hanya dapat membantu Anda menambah berat badan dengan nyaman, tetapi juga ramah kantong dan mudah diakses.

BACA JUGA: 15 Makanan Vitamin D yang Baik untuk Anak

9. Salmon

makanan berkalori tinggi
iStock

Sama seperti daging merah, daging salmon juga merupakan sumber protein dan lemak sehat yang sangat sehat dan penting. Dari semua nutrisi yang tersedia, salah satu nutrisi yang paling terkenal adalah asam lemak omega-3, yang memberikan banyak manfaat kesehatan dan melawan penyakit.

Satu 170 gram atau 6 ons fillet ikan ruang tamu mengandung sekitar 350 kalori dan 4 gram lemak omega-3. Tak hanya itu, masih ada sekitar 34 gram protein berkualitas tinggi yang bisa digunakan untuk menambah berat badan atau membentuk otot.

10. Roti gandum

makanan berkalori tinggi
iStock

Selanjutnya adalah roti gandum, yang merupakan produk karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk menambah berat badan. Selain penambahan berat badan, makanan yang mengandung gandum juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Baca juga  15 Makanan Khas Jember yang Lezat & Wajib Dicoba

Jika diet roti gandum termasuk makanan berkalori tinggi yang harus dihindari, maka selama program penurunan berat badan, roti gandum adalah pilihan makanan berkalori tinggi yang tepat untuk dikonsumsi.

11. Keju

makanan berkalori tinggi
iStock

Keju merupakan produk makanan olahan yang berasal dari susu. Selama berabad-abad, keju telah menjadi makanan pokok yang lezat. Keju tinggi kalori dan lemak, sehingga jika dimakan dalam jumlah banyak, keju bisa menjadi sumber protein yang baik untuk menambah berat badan.

BACA JUGA: 15 makanan penambah sperma untuk membantu pasangan cepat hamil

12. Kentang

makanan berkalori tinggi
iStock

Rekomendasi terakhir untuk makanan berkalori tinggi adalah kentang. Kentang adalah makanan yang mudah dibeli dan cukup murah untuk digunakan dalam program penambahan berat badan.

Sedulur dapat menambahkan kentang ke hidangan apa pun untuk menambah lebih banyak kalori. Karena kentang kaya akan karbohidrat, Anda dapat mengonsumsinya bersama dengan suplemen protein untuk membantu membangun otot.

Nah, ini dia rekomendasi makanan penambah berat badan berkalori tinggi, bukan makanan diet berkalori tinggi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang mengikuti program peningkatan berat badan ideal. Semoga beruntung!

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org