15 Makanan Penambah Sperma, Agar Pasangan Cepat Hamil

15 Makanan Penambah Sperma, Agar Pasangan Cepat Hamil


Dalam proses memiliki buah hati, tanggung jawab tidak hanya dibebankan kepada seorang istri. Namun, para suami juga harus melakukan pengecekan terhadap kualitas sperma yang dimiliki. Jika hasil tes menunjukkan rendahnya jumlah sperma, para suami dapat mengonsumsi makanan penambah sperma yang tentunya tetap sesuai cara menyuburkan sperma menurut islam.

Jumlah sperma termasuk salah satu indikator sperma yang berkualitas selain bentuk dan ukuran, volume, dan kekuatan pergerakan sperma yang dihasilkan pria setiap ejakulasi. Seorang pria dapat dianggap memiliki jumlah sperma yang rendah apabila hanya mengeluarkan 15 juta sperma per mililiter (ml) air mani.

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya Sedulur mengetahui apa saja penyebab rendahnya jumlah sperma sehingga dapat menghindari perilaku berikut ini. Berikut adalah perilaku yang dapat menyebabkan rendahnya jumlah sperma.

  • Perilaku mengonsumsi minuman keras
  • Perilaku menggunakan narkotika
  • Perilaku yang dapat meningkatkan suhu testis, seperti sering sering berendam di air panas dan memakai celana yang terlalu ketat
  • Perilaku merokok
  • Mengalami stres berlebihan
  • Mengalami kelebihan berat badan
  • Mengalami paparan radiasi
  • Gangguan hormon tubuh
  • Berbagai masalah kesehatan pada organ intim pria, seperti infeksi testis dan epididimitis.

Tapi tidak perlu khawatir, Sedulur dapat menyimak informasi pada artikel berikut untuk dapat meningkatkan kembali jumlah sperma jika dirasa masih rendah. Semoga artikel ini juga dapat menjadi referensi makanan penambah sperma untuk para pria sehingga dapat meningkatkan probabilitas kehamilan istrinya.

BACA JUGA: Mengenal Tentang Ereksi Normal & Tipe-Tipenya

1. Vitamin C

iStock

Makanan penambah sperma yang pertama adalah makanan yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C pada makanan bertindak sebagai antioksidan yang sangat penting bagi kesehatan sperma pada pria. 

Vitamin C dapat membantu meningkatkan kualitas sperma melalui penambahan produksi, pembentukan, dan penguatan pergerakan sperma. Sejalan dengan sebuah studi yang dilakukan oleh Dubai Specialized Medical Center & Research Labs, menyatakan bahwa dalam periode waktu 2 bulan, mengonsumsi 1000 mg vitamin C dalam 2 kali sehari dapat meningkatkan kekuatan sperma.

Contoh makanan yang kaya akan vitamin C adalah jeruk, buah naga, jambu merah, brokoli, dan paprika.


2. Koenzim Q10

makanan penambah sperma
iStock

Selanjutnya adalah makanan yang banyak mengandung koenzim Q10 atau suplemen koenzim Q10. Koenzim ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan kualitas sperma pada pria.

Beberapa makanan yang mengandung koenzim Q10 antara lain, yaitu:

  • Daging yang berotot: daging sapi dan ayam
  • Ikan berlemak: ikan sarden, tuna, dan salmon
  • Polong-polongan: kedelai dan kacang tanah
  • Sayuran: kembang kol, bayam dan brokoli
  • Buah-buahan: stroberi dan jeruk
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan: biji wijen dan kacang pistachio
  • Minyak nabati: minyak kedelai dan minyak kanola

BACA JUGA: Jawaban dari Apakah Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak

3. Vitamin D

vitamin d
iStock

Selanjutnya adalah makanan yang mengandung vitamin D. Konsumsi vitamin ini dapat membantu untuk meningkatkan hormon testosteron dan kekuatan sperma sehingga bisa berenang menuju sel telur.

Baca juga  Arti Mutualan dalam Bahasa Gaul yang Digunakan di Sosmed

Seperti pada penelitian yang melibatkan 65 orang pria dengan kadar level testosteron yang rendah dan kurang asupan vitamin D oleh Medical University of Graz,  membuktikan bahwa terjadi peningkatan hormon testosteron sebanyak 25 persen dengan mengonsumsi 3000 IU vitamin D setiap hari selama setahun penuh.

Beberapa contoh makanan yang kaya akan vitamin D adalah susu, yogurt, minyak ikan, hati sapi, keju, kuning telur, dan jamur.

4. Folat

makanan penambah sperma
iStock

Makanan penambah sperma selanjutnya adalah makanan yang mengandung folat. Konsumsi folat dapat menjaga kesehatan sperma karena terjadinya defisiensi folat berakibat pada turunnya produksi maupun kualita sperma, juga rusaknya DNA pada sperma.

Beberapa makanan yang mengandung folat, antara lain jeruk, kacang-kacangan, makanan yang terbuat dari gandum, bayam, selada, asparagus, dan tentunya buah alpukat.

BACA JUGA: 10 Manfaat Vitamin A Tak Hanya untuk Mata tetapi Juga Tubuh

5. Zinc

zinc
iStock

Selanjutnya adalah makanan yang mengandung zinc. Zinc merupakan mineral esensial yang memiliki peran penting dalam fungsi reproduksi pria. Hal ini karena zinc mampu mencegah kerusakan sperma, meningkatkan kadar hormon testosteron, dan melindungi sperma dari serangan bakteri.

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Mazandaran, rendahnya level hormon testosteron dapat diasosiasikan dengan kurangnya kandungan zinc dalam tubuh pria. Dengan demikian, kualitas sperma akan menjadi rendah dan berpengaruh terhadap tingkat kesuburan pria.

Contoh makanan penambah sperma yang memiliki kandungan zinc yaitu sereal, telur, oysters, daging merah, kepiting, lobster, serta beberapa jenis kacang-kacangan.

6. Vitamin B12

vitamin
iStock

Makanan penambah sperma selanjutnya adalah makanan yang mengandung vitamin B12. Selain untuk menambah sperma, vitamin ini juga berguna untuk menjaga kesehatan sperma pada pria. Vitamin ini juga dapat meningkatkan motilitas sperma sehingga kuat berenang menuju sel telur.

Beberapa referensi makanan yang mengandung vitamin B12 ini antara lain daging sapi, daging ayam, ikan, susu dan telur. Selain itu, seafood juga dapat menjadi pilihan, salah satunya adalah kerang.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kondom dan Efek Samping Saat Berhubungan Intim

7. Telur

telur
iStock

Telur merupakan salah satu makanan penambah sperma biar kental yang paling mudah ditemukan. Telur kaya akan kandungan vitamin E dan protein yang mampu meningkatkan pergerakan sperma. Tidak hanya itu, telur juga mampu melindungi sperma dari radikal bebas sehingga meningkatakan probabilitas terjadinya pembuahan.

Banyak cara mengonsumsi telur untuk meningkatkan jumlah sperma, salah satunya adalah ditelan langsung tanpa melalui proses apapun. Telur yang digunakan lebih baik berasal dari telur ayam jawa bukan ayam broiler.

8. Cokelat hitam

cokelat
iStock

Makanan lezat yang dapat menjadi makanan penambah sperma pria dengan cepat selanjutnya adalah cokelat hitam. Selain dijadikan simbol kasih sayang, cokelat ternyata juga memiliki manfaat bagi para pria. Hal ini karena biji kakao sebagai penyusun utama cokelat, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Cokelat hitam juga mengandung enzim yang dikenal dengan L-Arginine untuk membantu meningkatkan jumlah sperma pada pria.

Baca juga  Posisi & Manfaat Cuddle dengan Pasangan, Biar Makin Mesra

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Zuriat untuk Program Kehamilan & Kesuburan

9. Pisang

pisang
iStock

Tidak hanya buah kakao yang mengandung tinggi antioksidan, buah pisang juga memilikinya. Buah pisang dapat dijadikan cara memperbanyak sperma dalam 1 hari karena buah pisang juga mengandung Magnesium dan vitamin B1 yang mampu membantu mobilitas sperma dan meningkatkan produksi sperma.

Pisang mengandung hormon yang dapat mencegah peradangan sekaligus memperbaiki kualitas sperma, yang dikenal sebagai enzim bromelain. Tidak hanya itu, pisang juga dapat mengatur hormon seks dan menghibur suasana hati.

10. Jeruk

jeruk
iStock

Salah satu buah yang juga dapat dijadikan makanan penambah sperma adalah jeruk. Hal ini karena jeruk mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan jumlah sperma. Buah jeruk juga kaya akan antioksidan dan nutrisi untuk urusan vitalitas pria.

MenurutThe Role of Antioxidant Therapy In The Treatment of Male Infertility, menyebutkan bahwa vitamin C bertindak sebagai antioksidan untuk meningkatkan kualitas sperma. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C juga dapat mengurangi jumlah sel sperma yang cacat secara signifikan.

BACA JUGA: 6 Cara Memasak Nasi yang Benar Agar Enak dan Pulen

11. Delima

delima
iStock

Selain jeruk dan pisang, buah yang dapat digunakan sebagai makanan penambah sperma adalah buah delima. Buah ini banyak dijadikan perasa dalam minuman karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Antioksidan pada buah delima dapat membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma pada pria. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah delima juga dipercaya mampu meningkatkan libido atau gairah untuk melakukan aktivitas seksual pada pria.

12. Goji berry

goji berry
iStock

Selanjutnya adalah buah goji berry. Buah ini merupakan makanan super dari India yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sperma. Manfaat lain dari buah goji berry ini adalah membantu meningkatkan mood seksual dan meningkatkan suhu di sekitar kantung skrotum. 

Dengan demikian, buah ini baik dikonsumsi untuk memproduksi sperma pada pria. Meskipun belum ada penelitian lanjutan yang menyatakan manfaat buah goji berry dalam meningkatkan motilitas dan menjaga kesuburan sperma, namun buah ini tetap mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

13. Air kelapa

air kelapa
iStock

Air kelapa merupakan salah satu makanan yang bikin air mani subur. Cara memperbanyak sperma dengan air kelapa memang menunjukkan adanya peningkatan jumlah dan motilitas sperma. Akan tetapi, hal itu masih belum dapat ditentukan karena penelitian yang mempelajari tentang hal ini masih sangat terbatas dan masih sebatas penelitian-penelitian kecil saja dengan sampel yang sedikit. 

Meskipun demikian, air kelapa tetap memiliki fungsi yang sangat penting bagi urusan seksualitas para pria. Air kelapa mengandung banyak sodium yang sangat bermanfaat bagi masalah kontraksi otot. Hal ini akan menjadi sangat penting karena syarat terjadinya ereksi yang baik adalah memiliki otot yang sehat.

Baca juga  12 Desain Rumah Industrial, Agar Hunian Anda Semakin Keren

Air kelapa juga mengandung potasium. Potasium merupakan zat elektrolit yang esensial untuk membantu proses ereksi yang baik. Kekurangan zat ini akan membuat turunnya performa seksual para pria di ranjang.

Terakhir, air kelapa juga menjadi sumber magnesium yang baik bagi tubuh. Kekurangan magnesium ini dapat mengakibatkan sistem sirkulasi darah pada penis menjadi terganggu dan bisa berakibat buruk pada penis karena akan mengalami disfungsi ereksi. Nah, disinilah peran penting air kelapa yang kaya akan magnesium dapat membantu para pria dalam mengatasi masalah disfungsi ereksi.

BACA JUGA: 20 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Aman & Ampuh

14. Sayuran hijau 

asparagus
iStock

Makanan lain yang harus dikonsumsi untuk menambah jumlah sperma adalah sayuran berarna hijau. Hal ini karena sayuran hijau mengandung asam folat dan vitamin B9 yang merupakan nutrisi baik untuk sperma. Nutrisi ini diyakini dapat menambah dan meningkatkan kesuburan pada sperma para pria.

Asam folat baik untuk pria maupun wanita. Jika pada wanita asam folat berfungsi untuk mencegah penyakit jantung bawaan, mengurangi risiko keguguran, mengurangi risiko preeklampsia, dan membantu perkembangan otak. Maka pada pria, asam folat berfungsi untuk membantu meregenerasi serta meningkatkan kualitas sperma sehingga dapat membuahi sel telur dengan mudah.

Beberapa sayuran hijau yang dapat dipilih, antara lain adalah brokoli, bayam, lobak hijau, dan asparagus. Dengan begitu, Sedulur tidak perlu lagi membeli obat penambah sperma di apotik.

15. Tomat

tomat
iStock

Makanan penambah sperma yang terakhir adalah tomat. Hal ini karena tomat mempunyai kandungan antioksidan berupa likopen yang mampu menangkal radikal bebas akibat dari konsumsi makanan tidak sehat.

Likopen dalam tomat dapat meningkatkan jumlah sperma hingga 70% karena tubuh akan menyerap 20-30 persen dari total likopen yang masuk. Likopen tersebut akan segera disebarkan ke beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah testis, tempat di mana produksi sperma terjadi.

Itulah informasi mengenai makanan penambah sperma pada laki-laki untuk membantu pasangan cepat hamil. Selain memeperhatikan pola makan, Sedulur juga harus berkonsultasi dengan dokter dan tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Memberi supaya segera dikarunia anak.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!




https://wvmuseums.org