Makanan Khas Pasuruan

Mengulik 8 Makanan Khas Pasuruan Yang Uenak!


Pasuruan adalah salah satu kota paling Islami di Jawa. Terletak di pesisir pulau Jawa, Pasuruan dijuluki kota Santry. Tidak hanya mendukung budaya religi yang kuat, tapi ternyata banyak sekali masakan Pasuruan yang sangat enak lho.

Jika Sedulur sedang merencanakan liburan di Pasuruan untuk menikmati berbagai wisata, maka jangan lewatkan Wisata Kuliner Pasuruan. Mau tahu seperti apa makanan khas Santry? Mari kita lihat segera!

BACA JUGA: 20 Destinasi Wisata Pasuruan Yang Wajib Dikunjungi!

Nasi Punel

Perjalanan Yuk

Sajian pertama orang Pasuruan yang tidak boleh dilewatkan adalah nasi punel. Hidangan ini merupakan nasi campur khas Pasuruan yang terkenal dengan rasanya yang lezat.

Sedulur biasanya diberikan nasi dalam porsi besar dengan lauk pauk seperti ayam, daging, ringan, jeroan, sate kerang dan sebagainya. Daging dan paru-paru adalah lauk pauk yang paling istimewa karena dimasak menggunakan teknik serundeng.

Ravon Seit Komoh

sate ravon pasuruan
pinterest

Di banyak kota di Jawa Timur, seorang raw foodist adalah spesialisasinya. Begitu pula dengan Pasuruan. Namun, ada satu hal yang membuat keju Pasuruan unik dan lebih nikmat, yaitu adanya sate komo.

Sedulur akan merasakan nikmatnya saus keju, hitam pekat namun gurih dengan sate daging sebagai lauk yang disiapkan dengan bumbu khusus.

Satu porsi sate ravon komoh cukup terjangkau, Sedulur hanya membayar 25.000 rupee untuk makanan khas Pasuruan ini.

Kraton Kupang

Makanan Khas Pasuruan
masakan malang

Berada di pesisir pantai, pembuatan masakan Pasuruan juga tak lepas dari seafood. Salah satu yang terbaik dan wajib dikunjungi adalah Kupang Kraton.

Makanan ini terbuat dari kerang kecil yang banyak dijumpai di pantai. Namun, bukan berarti keraton kupang berasal dari kerajaan seperti yang ada di Jogja. Nama ini diambil karena ada daerah bernama Kraton yang memang merupakan penghasil kerang terbesar di Pasuruan.

Baca juga  Sifat-Sifat Bayangan yang Dihasilkan Berbagai Macam Cermin

Kelezatan Kupang Kraton juga sudah ramai diperbincangkan oleh banyak orang. Sedulur akan mencium gurihnya kulit kerang yang berpadu sangat serasi dengan bumbu terasi khas Pasuruan.

BACA JUGA: Legendaris! 8 wisata kuliner di Malang yang akan mengenyangkan perut

Botok Tempe

tempe botok
Makanan Brilio

Makanan khas Pasuruan selanjutnya adalah tempe botok. Meski terlihat sederhana dan cukup umum di berbagai daerah, tempe botok Pasuruan merupakan masakan yang sangat populer lho.

Apalagi makanan yang bahan utamanya kelapa parut kukus dengan bumbu seperti cabai, hamar, merica dan daun salam ini juga banyak variasinya. Misalnya ada tempe botok yang juga diisi udang, lamtoro, petai, dan kerang.

ikan lunak

ikan lunak
pinterest

Olahan ikan lempuk wajib dicoba ketika datang ke pasuruan. Ikan ini merupakan hewan endemik di perairan Pasuruan yaitu di Ranu Grati.

Beberapa olahan lempuk ikan yang paling populer adalah kerupuk dan kerupuk. Rasa gurih dari ikan ini akan terasa dengan aroma khasnya.

Ikan lempuk juga terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Padahal, beberapa nutrisi dalam ikan ini sangat bagus untuk ibu hamil dan anak-anak.

Jangkar Bipang

masakan pasuruan
pinterest

Selain itu, ada makanan khas Pasuru yang juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk rumah. Namanya jangkar bipang.

Makanan ini memang sudah sangat melegenda dan begitu terkenal di Nusantara. Anchor Bipang terbuat dari olahan nasi yang dimasak dengan gula.

Jangkar bipang, atau orang juga sering menyebutnya jeepang, merupakan hasil akulturasi masakan Indonesia dan Cina. Hal ini terlihat dari nama bipang yang berasal dari bahasa Mandarin “Bi” yang berarti nasi dan “Pang” yang berarti harum.

BACA JUGA: Resep sate kere, sate unik legendaris

permen jahe

permen jahe
pinterest

Permen jahe atau yang biasa disebut dengan tin ting jahe merupakan makanan khas paso yang sayang untuk dilewatkan di tas belanjaan. Makanan ini cocok sebagai camilan dan oleh-oleh di rumah.

Baca juga  Di Mana Tempat Nabung yang Paling Cocok Untuk Saya?

Makanan ini juga cocok ketika Sedulur sedang tidak enak badan. Hal ini tak lepas dari permen pelega tenggorokan yang bisa membuat tenggorokan hangat dan perut tidak kembung.

Kue Bidaran

Makanan Khas Pasuruan
fimela

Pai bidar atau pai gabus adalah makanan khas Pasuruan selanjutnya. Kue ini terbuat dari campuran tepung ketan, margarin, keju, telur dan minyak sayur.

Makanan ini sangat unik karena teksturnya yang renyah namun legal. Rasa makanan ini juga gurih-manis, sehingga cocok untuk semua kalangan.

Nah, itulah 8 makanan khas Pasuru yang wajib kamu coba. Ada makanan berat yang bisa kamu makan untuk menambah energi, dan ada makanan ringan yang bagus untuk oleh-oleh. Saudara-saudara dapat memilih makanan mana yang paling mereka sukai.

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org