makanan khas Jember

15 Makanan Khas Jember yang Lezat & Wajib Dicoba


Jember adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur. Tak hanya memiliki begitu banyak kekayaan alam, ternyata makanan khas Jember ini juga terkenal dengan kelezatannya.

Jika Sedulur berencana mengunjungi Jember, maka ada beberapa kuliner yang wajib Anda coba. Apakah ada sesuatu? Yuk simak ulasan makanan khas Jember berikut ini.

BACA JUGA: Cara membuat petis buatan sendiri untuk saus goreng

1. Pesel Panas

Twitter/Randy Octorians

Makanan khas Jember yang pertama adalah Pechel Gudeg. Keunikan masakan ini terletak pada perpaduan antara pekal dan gudega yang memberikan cita rasa khas di lidah.

Mengapa? Pechel khas Jawa Timur biasanya memiliki rasa pedas gurih yang dipadukan dengan rasa manis gudega. Jajanan khas Jember ini semakin lengkap dengan potongan daging sapi dan kacang tanah yang rapuh.

2. Nasi Langi Jember

Makanan khas jamber
7Terbaik

Makanan khas Jember selanjutnya adalah Nasi Langi Jember. Produk kuliner ini mirip dengan nasi campur atau nasi rangka. Namun, ada beberapa bahan khas seperti telur asin, petis dan abon sapi.

Menu Nasi Langgi sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak hidangan yang disajikan di berbagai warung makan. Salah satu tempat menyajikan nasi langgi terenak di Jember adalah di Gudang Jawa Timur di Jalan Gatot Subroto.

3. Tahu Hwa

Makanan khas jamber
Makanan Hobi

Bagi Sedulure yang vegetarian atau sedang diet, makanan khas Jember yang satu ini sangat cocok untuk dicoba. Namanya Tahu Hwa.

Tahu hwa adalah sisa masakan tahu yang disajikan dengan saus jahe. Cita rasa kuliner hidangan ini sungguh unik karena Sedulur akan mendeteksi rasa pahit di balik rasa manis dan gurih dari tahu hwa.

4. Longthong Kupang

Makanan khas jamber
fimela

Lontong Kupang dikenal juga dengan sebutan Kupang Longthong merupakan makanan khas Jawa Timur khususnya di daerah pesisir pantai.

Baca juga  16 Rekomendasi Drama China yang Cocok Ditonton Saat Libur

Makanan khas jember ini terbuat dari olahan kerang laut. Kerang ini berbeda dari jenis merpati atau hijau di kerang yang lebih kecil.

Kerang laut akan disajikan dengan sambal petis dan disantap dengan lontong. Jika Anda seorang pecinta makanan laut, Anda harus mencoba hidangan ini.

5. Pechel pinchuk Garahan

Makanan khas jamber
Foodnesia

Kemudian datanglah Garahan pecel pincuk, salah satu makanan khas Jember. Berbeda dengan hidangan nasi lainnya, pinchuk disajikan dengan potongan daun pisang.

Pechel pinchuk memiliki rasa pedas yang menggugah selera. Salah satu keunikan dari pie ini adalah adanya tauge dan sayur gundo. Dijamin sekali mencoba makanan ini, Sedulur tidak akan menyesal.

BACA JUGA: 13 Kuliner Legendaris Gresik yang Bikin Lidah Goyang!

6. Pita prom

Makanan khas jamber
fimela

Salah satu produk yang banyak diolah di Jember adalah scotch tape. Dimana produk daur ulang yang terkenal – tape prol.

Makanan khas Jember ini termasuk dalam kue dan sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan. Pita Prol sendiri memiliki rasa manis yang tajam. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi rasa asam dari pita dari kue ini.

7. Piata

Makanan khas jamber
literatur

Pengolahan tape selanjutnya adalah pia. Makanan khas Jember ini hadir dalam berbagai rasa seperti keju, pisang, coklat, blueberry, dan original. Makanan ini juga cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

8. Edamame

sejenis kacang-kacangan dari Jepang
Kompas

Jember juga dikenal dengan salah satu hasil pertaniannya yaitu kedelai edamame. Padahal, menurut Kompas, produk edamame dari petani Jember paling banyak diekspor negara.

Karena kualitas edamame yang baik, kacang ini menjadi makanan khas Jember yang paling terkenal, jadi jika Sedulur pernah datang ke Jember, jangan lupa untuk membeli edamame.

9. Vedang Kor

Vedang Kor
panel dapur

Sajian kuliner Jember yang sangat menarik untuk dicoba adalah Sedulur adalah Vedanga. Minuman ini terbuat dari olahan pita singkong, jahe dan susu kental manis.

Baca juga  Doujin adalah? Istilah yang Wajib Kamu Tahu Dalam Anime

Komposisi vedanga sendiri biasanya disajikan pada pagi atau sore hari. Minuman ini juga sangat cocok sebagai pendamping snack seperti flatbread atau pisang goreng.

10. Suvar hancur

Suvar Suvir Jember
tepung

Makanan khas Jember, suvar suvir, sangat cocok untuk oleh-oleh. Makanan ini hampir mirip dengan lankhead, namun perbedaannya terletak pada bahan utama yang digunakan.

Suvar suvir terbuat dari campuran pita, gula dan tepung. Karakteristik suvar suvir lebih padat dan kenyal dibandingkan dodol.

BACA JUGA: Resep bakso mercon untuk penjualan yang eksplosif dan mesum banget!

11. Martabak Malabar

Martabak Malabar
dikte

Sementara martabak biasanya diisi dengan ayam, martabak Malabar memiliki isian yang berbeda. Sajian khas Jember ini memiliki isian daging domba cincang yang dicampur dengan bumbu spesial.

Martabak Malabar merupakan salah satu masakan khas djember yang enak. Kalau Sedulur tidak percaya, banyak toko martbak Malabar yang setiap hari selalu penuh pelanggan.

12. Sate CR

Seit CR Jember
fimela

Jember mengkhususkan diri dalam sate CR. Sate ini cukup unik karena satu porsi sate ada kambing dan ayam. Sate ini menggunakan kuah kacang yang cukup encer seperti kuah.

Sate CR merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Jember. Rasa sate CR biasanya gurih dan sedikit manis.

13. Es domino

es jamber domino
madang wae

Salah satu tempat kuliner yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Jember adalah Toko Es Krim Domino di Trunojoyo. Bagi Sedulur yang menyukai dessert, es krim domino ini akan sangat cocok untuk Sedulur.

Es domino hadir dalam berbagai rasa seperti coklat, vanilla, strawberry, pelangi dan masih banyak lagi. Rasa es krim domino di Depot Trunojoyo tidak perlu diragukan lagi, karena penjualnya sudah 50 tahun berbisnis.

14. Jenang Walukho

Jenang Walukhu
YT Sean Seelin

Makanan khas Jember selanjutnya adalah jenang walukh. Jenang waluh terbuat dari olahan bubur labu kuning atau biasa disebut Awaluh.

Baca juga  Doa Novena Tiga Salam Maria, Doa yang Pasti Dikabulkan!

Menu kuliner ini biasanya disajikan bersama dengan olahan nasi ketan yang dicampur dengan kelapa tua yang disebut uli. Perpaduan jenang waluh dan uli akan menciptakan cita rasa yang sangat unik dan khas.

15. Pita Panggang

pita terbakar
fimela

Akhirnya, ada pita yang terbakar. Ada banyak sekali olahan tape di Jember. Makanan khas Jember ini dibuat dengan pita singkong goreng kemudian diisi dengan gula merah, selai buah atau coklat.

Jika anda belum pernah mencoba sajian kuliner sedulur ini, maka wajib sekali untuk merasakan nikmatnya gorengan pita jember.

Itu adalah berbagai hidangan khas djember yang pasti harus dicoba oleh Sedulur. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Jember juga memiliki banyak kuliner lezat yang wajib dicoba.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org