makanan diet sehat

10 Rekomendasi Makanan Untuk Diet Sehat Yang Harus Dicoba


Duduk berdiet, Sedulur tentu harus memikirkan makanan yang dikonsumsi. Perlu juga untuk memilih dan mempertimbangkan beberapa jenis makanan diet sehat agar diet berjalan dengan baik. Namun, proses penentuan menu diet terkadang rumit dan membutuhkan perhatian khusus.

Untuk membantu Anda mencapai kesuksesan diet dengan lebih mudah, kami akan membahas rekomendasi makanan diet sehat yang bisa Anda coba pada kesempatan kali ini. Yuk, langsung simak apa saja rekomendasi nutrisi untuk diet sehat di bawah ini!

BACA JUGA: 10 resep protein tinggi dan manfaat kesehatannya

1. Dada ayam

HealthReplies.com

Tidak semua bagian ayam tinggi lemak, seperti dada ayam. Berbeda dengan kaldu ayam, dada memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah. Dada ayam juga tinggi zat besi dan protein.

Sedulur bisa mengolah dada ayam dengan berbagai cara, sebaiknya dengan cara direbus atau dipanggang agar tidak merusak isi di dalamnya. Jika dada ayam digoreng bisa merusak kandungan sehat yang terkandung di dalam dada ayam.

2 telur

HealthReplies.com

Selain dada ayam, telur juga bisa menjadi produk makanan. Dibandingkan dengan ayam, telur lebih murah. Ditambah kandungan nutrisi seperti protein, vitamin D dan choline. Jika ingin hasil yang lebih baik lagi, Anda hanya bisa menggunakan putih telur.

Satu putih telur mengandung 406 gram protein sebagai sumber energi. Sedulur bisa mengkonsumsi telur dengan cara direbus untuk mendapatkan kandungan yang terbaik.

3. Daging Sapi Tanpa Lemak

makanan diet sehat
pilar

Daging sapi tanpa lemak juga bisa menjadi bahan makanan yang dikonsumsi saat diet. Porsi daging tanpa lemak mengandung protein, zat besi, vitamin, mineral, seng, dan vitamin B12. Apalagi, Sedulur bisa memasak daging sapi dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang.

Cobalah untuk menghindari daging berlemak tinggi. Karena bisa membuat diet Anda tidak efektif. Kandungan lemak daging sapi dapat meningkatkan kadar kolesterol dan meningkatkan berat badan.

4. Kentang

Klik Dokter

Diet bukan berarti menghilangkan sumber karbohidrat. Sedulur hanya perlu mengganti sumber karbohidrat dengan yang lebih sehat, seperti kentang. Produk untuk diet ini mengandung potasium yang menjaga kestabilan tekanan darah, namun kandungan kalorinya relatif rendah.

Selain itu, kentang juga mengandung vitamin B1, vitamin B9, vitamin C, dan vitamin B6. Kentang diolah dengan cara direbus atau dikukus agar tidak kehilangan nutrisinya. Sedulur juga bisa makan kentang dengan makanan lain seperti daging sapi, ayam, dan telur.

Sedulur juga bisa memasangkan kentang dengan sayuran kaya serat untuk manfaat kesehatan yang lebih banyak lagi. Program diet dijamin sukses.

5. Kacang

makanan diet sehat
IDN Times

Kacang-kacangan adalah makanan diet sehat berikutnya. Kelompok kacang-kacangan termasuk produk makanan yang sangat baik. Kacang-kacangan memiliki berbagai vitamin dan mineral, zat besi dan asam folat yang baik untuk mencegah anemia.

Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan protein dan serat sehingga memperpanjang rasa kenyang. Anda bisa memilih kacang kedelai, kacang tanah, atau kacang merah untuk variasi makanan.

6. Brokoli

Fimela

Rekomendasi diet sehat berikutnya adalah brokoli. Sayuran berwarna hijau ini biasanya kurang disukai, padahal brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Brokoli mengandung vitamin C, karbohidrat dan serat yang sangat banyak. Manfaat makan brokoli saat diet dapat membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil dan memperlancar pencernaan.

7. Buah alpukat

makanan diet sehat
Kompas

Buah yang bermanfaat untuk dimakan saat diet adalah alpukat. Sementara alpukat tinggi lemak, yang bisa menambah berat badan, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh, yang bisa menurunkan kolesterol.

Baca juga  Pengertian, Kualifikasi, dan Skill yang Dibutuhkan

Selain itu, alpukat juga cocok dimakan saat sedang diet, terutama bagi Anda yang sedang diet untuk mengecilkan perut dan menahan lapar lebih lama. Namun, Anda juga perlu memperhatikan asupan alpukat jika Anda terlalu sering mengalami kenaikan berat badan.

8. Gandum

Viva

Gandum tidak kalah baik untuk diet karena kandungan seratnya yang tinggi. Dengan mengganti sumber karbohidrat menjadi gandum, Sedulur akan merasa kenyang lebih lama untuk mencegah makan berlebihan.

Pilih gandum utuh sebagai gantinya karena gandum jenis ini tidak dicampur dengan bahan lain. Mulailah mengonsumsi oat sebagai sarapan untuk memulai pola makan sehat. Sedulur juga tahu bahwa gandum adalah bahan utama tepung terigu.

Makanan seperti roti atau produk berbahan dasar tepung terigu bisa menjadi pilihan Anda, dan juga bisa Anda kombinasikan dengan berbagai makanan sehat lainnya yang sudah dijelaskan di atas.

9. Tomat

makanan diet sehat
Kompas

Rekomendasi makan sehat selanjutnya yang bisa Anda konsumsi adalah tomat. Tomat dapat digunakan sebagai bahan untuk sayuran atau sebagai buah untuk jus. Tomat kaya akan antioksidan dan meningkatkan pencernaan.

Sedulur bisa mengkonsumsi tomat mentah untuk menurunkan kadar kolesterol dan membantu proses pencernaan mengolah berbagai makanan yang dikonsumsi.

BACA JUGA: 12 Resep Makanan Sehat untuk Diet dan Meningkatkan Imunitas di Rumah

10. Tuna

Kompas

Rekomendasi terakhir untuk diet sehat adalah ikan tuna. Daging ikan tuna mengandung lemak sehat dan protein yang baik untuk jantung. Selain itu, daging ikan ini dapat menyehatkan mata dan otak. Kandungan ikan tuna bermanfaat tidak hanya untuk diet, tapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nah, itulah rekomendasi makanan diet sehat yang bisa Anda konsumsi agar diet Anda berhasil dan memberikan hasil yang Anda inginkan. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda untuk lebih semangat lagi memulai program diet!

Baca juga  4 Tips Memilih Oli Mobil yang Benar, Jangan Asal Pilih!

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, sebaiknya berikan pilihan makanan diet sehat di atas. Sedulur boleh membeli stok makanan kesehatan di aplikasi super. Di dalam aplikasi Super Sedulur, Anda bisa mendapatkan berbagai kandungan gizi yang higienis dan sehat.

Karena setiap barang yang dijual masuk aplikasi super memiliki kualitas yang terjamin. Selain itu, Sedulur dapat melakukan pembelian dengan sangat mudah, hanya melalui aplikasi dan tinggal menunggu pesanan sampai di depan rumah. Ini sangat sederhana dan memungkinkan Sedulur meluap.

Ayo, periksa aplikasi super beli sekarang dan segera untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Jangan lupa untuk segera mendownload aplikasinya bagi kalian yang belum memilikinya.




https://wvmuseums.org