mainan edukasi anak

16 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Terbaik yang Bermanfaat


Banyak orang tua pasti ingin memberikan mainan yang sesuai dengan permintaan anaknya. Namun, sebagai orang tua yang baik, Sedulur harus bisa memberikan mainan yang memiliki manfaat selain untuk bermain saja. Salah satunya adalah dengan memberikan mainan edukasi anak.

Mainan edukasi anak merupakan mainan yang memiliki manfaat sebagai permainan dan manfaat untuk edukasi. Mainan-mainan jenis ini biasa digunakan untuk melatih anak mengeksplorasi dirinya dan juga melatih kesabaran dan kreativitas.

Ingin tahu apa saja mainan edukasi anak yang cocok untuk anak Sedulur? Simak artikel berikut ini, ya!

BACA JUGA: Arti Anak Bungsu Beserta Fakta yang Perlu Diketahui Orang Tua

1. Magic Box ICANDO

ICANDO

Mainan edukasi anak yang pertama adalah Magic Box ICANDO. Mainan Magic Box ICANDO ini merupakan mainan edukasi anak TK dan KB yang dapat membantu mereka belajar sembari melakukan permainan yang menyenangkan.

Magic box ICANDO memiliki berbagai macam permainan di dalamnya, seperti board game, buku jurnal, jam geometri, portofolio, serta panduan untuk orang tua. Melalui magic box ini, Sedulur juga dapat menjadi guru privat anak ketika di rumah.

Magic box ini juga menyediakan voucher aplikasi belajar secara online untuk anak usia dini menggunakan aplikasi. Di dalam aplikasi ICANDO, terdapat lebih dari 1700 game edukatif yang dirancang khusus untuk mengembangkan keterampilan anak di abad ke-21. Harga magic box ini mulai dari Rp 850.000.

2. Classic Large Creative Brick Box

mainan
A2Z Science & Learning

Selanjutnya adalah mainan edukasi anak 5 tahun ke atas dari brand ternama asal Denmark, yakni Lego. Dibandrol dengan harga mulai dari Rp 770.000, mainan ini memiliki 790 bricks untuk membuat banyak sekali bentuk dan kreasi benda sesuai dengan kreativitas anak.

Mainan edukasi ini dapat membantu untuk merangsang kemampuan motorik si kecil maupun kecerdasan dan kreativitas si kecil dalam memecahkan masalah, yang dalam hal ini adalah membentuk suatu benda dengan benda. Hal lain yang dilatih adalah kemampuan untuk mengenal ruang dan bentuk, berkomunikasi dengan orang lain, berpikir logis, serta berimajinasi.

Mainan ini memiliki 33 warna berbeda yang sangat menarik dan enam bentuk roda. Selain itu, mainan ini juga memiliki delapan pintu serta jendela yang bisa disusun sesuai imajinasi anak. Jika Sedulur ingin memberikan mainan yang awet dan tidak mudah rusak, Lego ini dapat menjadi pilihan yang benar.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Terbaik yang Aman & Nyaman

3. Sweet Shop Luxury Candy Cart

mainan
BigGo

Selanjutnya adalah mainan edukasi anak 3-4 tahun guna merangsang kemampuan berekspresi, berkreasi, berimajinasi, dan berkomunikasi dengan orang lain serta berpikir secara logis. Mainan edukasi ini juga dapat menumbuhkan jiwa wirausaha kepada anak sejak dini.

Sweet Shop Luxury Candy Cart merupakan mainan edukasi yang cocok untuk mengajarkan anak berwirausaha dengan cara yang unik dan tentunya asyik. Dengan bermain menggunakan Sweet Shop Luxury Candy Cart, Sedulur dapat bermain jual beli dengan si kecil yang menjadi penjualnya.

Produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp 109.000 dan terdiri atas 39 bagian yang dapat dirakit menjadi sebuah gerobak jualan. Gerobak ini dapat didorong kemanapun dengan isian aneka es krim dan permen yang bisa menyala dan mengeluarkan melodi. 

4. Canto Electronic Keyboard

canto
Snapdeal

Selanjutnya adalah mainan edukasi anak 7 tahun, yakni Canto Electronic Keyboard. Mainan edukasi ini dijual dengan harga mulai dari Rp 89.900. Mainan ini dapat melatih anak untuk berkreasi dan berekspresi melalui nada dan irama. Meskipun disebut sebagai mainan, keyboard ini tetap dapat mengeluarkan nada dan dapat dimainkan seperti keyboard sungguhan.

Baca juga  100+ Ucapan Bahasa Korea yang Sering Dipakai dan Artinya

Canto Electronic Keyboard tidak hanya mengeluarga bunyi ketika tuts nya ditekan, namun juga dilengkapi dengan suara musik maupun 8 rhythm yang berbeda. Tak hanya itu, mainan edukasi ini juga dilengkapi dengan  mic, yang memungkinkan si kecil untuk bernyanyi sambil bermain musik. Mainan ini sangat cocok digunakan sebagai sarana pengenalan awal jika anak menunjukkan ketertarikan pada dunia musik terutama piano. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kursi Makan Bayi yang Nyaman & Aman

5. Marble Run 46 Pcs

marble
Special Wins

Mainan edukasi anak 4 tahun salah satunya adalah Marble Run 46 Pcs. Permainan ini dapat digunakan untuk mengajarkan anak konsep-konsep tentang sains yang terjadi di lingkungan sekitar. Melalui mainan edukasi ini, Sedulur dapat melatih anak mengenai kemampuan berpikir logis, kemampuan mengenal warna, meningkatkan kreativitas, dan melatih anak berimajinasi.

Marble Run 46 Pcs merupakan mainan edukasi yang digunakan untuk mengenalkan anak mengenai konsep gravitasi dengan cara yang menyenangkan. Produk ini berisi lintasan dan 15 kelereng yang berwarna-warni.

Melalui mainan balapan kelereng ini, anak akan dapat belajar mengenai sifat gravitasi ketika kelereng melintasi lintasan dari atas hingga ke bawah. Komunikasi Sedulur bersama si kecil juga dapat meningkat karena sebelum memulai balapan, lintasan harus dirakit terlebih dahulu.

6. Little Helper Cleaning Play Set

mainan
BigGo

Selanjutnya adalah mainan edukasi anak 3 tahun yang mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan. Mainan edukasi ini dijual dengan harga mulai dari Rp 46.000 dan berisikan beberapa alat kebersihan dengan beragam fungsi yang memiliki desain menarik.

Dengan mainan edukasi ini, Sedulur dapat mengajarkan konsep kebersihan kepada si kecil sejak dini dengan cara yang menyenangkan. Produk kebersihan ini juga sangat cocok digunakan sebagai sarana ketika bermain peran bersama anak.

Sebagai contoh, anak akan berperan menjadi seorang ibu rumah tangga yang sedang membersihkan rumah. Dengan demikian, anak akan lebih mudah mengerti konsep dalam menjaga kebersihan juga memahami bagaimana cara menggunakan alat-alat kebersihan dengan baik dan benar.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Masker Anak Terbaik yang Aman & Nyaman

7. Balok Kayu Geo 4 Bentuk

balok kayu
MainanKayu

Mainan edukasi selanjutnya adalah Balok Kayu Geo 4 Bentuk yang cocok dijadikan mainan edukasi anak 1-2 tahun. Mainan edukasi ini dapat melatih motorik halus anak dengan balok kayu berwarna-warni yang memiliki beragam bentuk.

Manfaat menggunakan mainan edukasi ini antara lain adalah melatih anak belajar warna dan melatih berkoordinasi. Dengan harga mulai dari Rp 52.000, Sedulur sudah dapat melatih motorik tangan anak dalam mencocokkan bentuk balok yang sama.

Mainan edukasi ini sangat cocok untuk meperkenalkan anak kepada beragam bentuk bangun datar, seperti bentuk segitiga, lingkaran, persegi dan persegi panjang. Cara mainnya juga sangat mendukung dalam melatih motorik halus anak, yakni dengan memasukkan balok bangun datar ke dalam papan yang sudah dilengkapi tiang yang sesuai dengan jumlah lubang di balok. 

8. Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table

mainan
Jokomisiada

Mainan edukasi selanjutnya adalah Playing Water Paradise Fishing Funny Game Table. Mainan edukasi ini dapat digunakan untuk melatih kesabaran pada si kecil. Dengan harga mulai dari Rp 135.000, Sedulur sudah dapat meningkatkan koordinasi mata anak dan meningkatkan ketangkasan tangan anak.

Baca juga  Perbedaan Psikolog dan Psikiater yang Sering Dianggap Sama!

Mainan edukasi ini akan melatih anak untuk memancing ikan, menyerok hewan laut, maupun menuangkan air ke dalam ember. Selain bersenang-senang, anak juga akan berlatih sabar ketika menangkap dan mengumpulkan ikan yang ada. Jika dimainkan berdua dengan teman, mainan ini juga dapat digunakan untuk melatih anak berkoordinasi dan mengalah jika si teman mendapatkan hasil yang lebih banyak.

BACA JUGA: Anak Sulung: Pengertian, Sifat, Fakta & Karakteristiknya

9. Kids Outdoor Explorer Kit

kids
WALMART

Selanjutnya adalah Kids Outdoor Explorer Kit yang cocok sebagai mainan edukasi anak 7 tahun. Mainan edukasi ini akan melatih anak untuk bermain dengan dunia luar dan melatih anak dalam mengenal arah pada kompas. Kids Outdoor Explorer Kit sangat cocok ditujukan kepada anak yang memiliki jiwa berpetualang.

Mainan edukasi ini juga dapat melatih rasa percaya diri anak serta berani dalam menghadapi berbagai masalah yang akan ditemui di lingkungan sekitar. Selain itu, anak juga berlatih untuk tidak mudah putus asa jika mengalami kendala selama berpetualang.

10. Crayola Fun Creativity pack

mainan
Carousell

Selanjutnya adalah mainan edukasi untuk anak 5 tahun. Dengan menggunakan Crayola Fun Creativity pack, anak dapat melatih kreativitasnya dengan cara menulis, menggambar, hingga mewarnai. Anak juga akan belajar mengenai bentuk, mengenal warna, dan melatih konsentrasi pada pekerjaan yang sedang mereka lakukan.

Crayola Fun Creativity Pack juga sangat cocok untuk mengasah kemampuan imajinasi anak. Dengan menggambar dan mewarnai, anak juga dapat berkreasi sesuai dengan keinginan dan kreativitasnya. Namun, Sedulur juga harus mendampingi anak ketika bermain karena terdapat gunting yang cukup tajam.

BACA JUGA: 10 Hak Anak di Rumah yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

11. Konsep Studio Flashcard Pengetahuan Islam

edukasi islami
HaZa Store

Mainan edukasi selanjutnya adalah mainan edukasi anak islami dari Konsep Studio yakni Flashcard Pengetahuan Islam. Melalu mainan edukasi islami ini, anak akan diajak berlatih untuk menghafal nama-nama Allah atau yang dikenal sebagai Asmaul Husna.

Asmaul Husna berjumlah 99, merupakan nama-nama baik Allah yang wajib diketahui dan dihafalkan. Flashcard ini dapat digunakan untuk anak berusia 3 hingga 5 tahun untuk melatih komunikasi dan daya pikir anak.

Dibandrol dengan harga mulai dari Rp 79.800, kartu-kartu yang memiliki warna cerah ini sudah dilengkapi dengan dua bahasa, yakni bahasa Arab dan Indonesia. Cara memainkannya dapat dilakukan dengan metode bermain tebak-tebakan. Sedulur dapat memberikan anak sebuah kartu dan meminta anak untuk menebak nama Allah mana yang sesuai dengan kartu yang sedang dipegang. 

12. Sugar Baby 10IN1 Premium Activity Walker & Table 

edukasi
Orami

Selanjutnya adalah Sugar Baby 10IN1 Premium Activity Walker & Table yang dapat dimiliki dengan harga mulai dari Rp 410.000. Mainan edukasi ini memiliki sepuluh permainan dalam satu alat yang dapat meningkatkan motorik halus dan kasar anak serta sebagai media belajar warna. Produk ini juga terdiri dari push walker dan activity table sehingga dapat membantu anak dalam belajar berjalan dan bermain sesuai dengan model yang diinginkan. 

Produk ini memiliki sepuluh mainan yang berbeda pada bagian depan yang sangat cocok untuk Sedulur yang sedang mencari produk multifungsi dengan harga yang lebih hemat. Produk ini terbuat dari bahan plastik yang cukup tebal, sudah berstandar Eropa EN 71, SNI, dan juga bebas BPA. Selain itu produk Sugar Baby ini juga memiliki roda yang dapat dikunci sehingga tidak mudah tergelincir ketika digunakan.

Baca juga  Sinopsis Insidious, Kisah Keluarga yang Diganggu Roh Jahat

BACA JUGA: 20 Lagu Anak Anak Terpopuler dari Dulu Hingga Sekarang

13. Buku Mewarnai 40 Nasihat Islami untuk Anak

mainan
Raybookstore

Mainan edukasi anak selanjutnya adalah Buku Mewarnai 40 Nasihat Islami untuk Anak. Buku ini diterbitkan oleh penerbit Roro Raya Sejahtera dan dijual dengan harga mulai dari Rp 30.000. Melalui buku ini, Sedulur dapat menyampaikan nasihat-nasihat islami dengan cara yang menarik.

Buku mewarnai ini terdiri dari 40 ilustrasi yang mengajarkan nilai islami dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, yakni pentingnya mencintai masjid dan juga ajakan untuk bersemangat menuntut ilmu. Tidak hanya itu, buku mewarnai ini juga dilengkapi dengan stiker yang lucu.

Mainan edukasi islami ini dapat digunakan untuk anak usia toddler (1-5 tahun) dan juga kids (5-10 tahun) untuk melatih motorik kasar anak, meningkatkan daya pikir dan daya kreativitasnya. Sedulur juga dapat menjadikan buku mewarnai ini sebagai sarana untuk menyampaikan nasihat kehidupan kepada si kecil dengan cara yang unik.

BACA JUGA: 15 Fakta Anak Ketiga yang Unik & Menarik dari Saudaranya

15. Kartu Edukasi Puzzlo What Color

mainan edukasi anak
Family Online

Mainan edukasi selanjutnya yaitu Kartu Edukasi Puzzlo What Color. Mainan ini dapat digunakan untuk belajar mengenal warna dan kosakata dengan puzzle yang berwarna-warni. Mainan edukasi ini dijual dengan harga mulai dari Rp 28.000.

Puzzlo merupakan puzzle edukasi yang memiliki bentuk lingkaran dengan warna beragam. Mainan ini berisi lima belas keping puzzle dengan warna berbeda. Puzzlo dibuat dengan bahan karton yang ekstra tebal sehingga lebih awet dan tahan lama.

Mainan ini dilengkapi dengan berbagai kosakata dalam bahasa Inggris serta bahasa Indonesia untuk meningkatkan daya ingat dan menambah kosakata baru pada si kecil. Selain itu, Puzzlo juga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah, melatih syaraf motorik halus, dan kemampuan berkomunikasi.

16. Puzzle Kayu Alphabet Huruf Timbul

mainan edukasi anak
Carousell

Selain puzzle karton, mainan edukasi anak juga dapat berupa puzzle kayu. Puzzle Kayu Alphabet  merupakan mainan edukasi yang cocok digunakan pada anak usia 4-5 tahun. Puzzle ini dapat digunakan sebagai sarana belajar mengenal bentuk dasar huruf alfabet sejak dini.

Kelebihan puzzle ini adalah dapat disentuh atau dipegang secara langsung, sehingga akan meningkatkan kemampuan anak untuk mengingat bentuk dan rupa huruf. Selain itu, puzzle ini juga dapat merangsang sensor motorik halus anak melalui indra peraba dan indra penglihatan dalam mengenal warna. Tidak hanya itu, si kecil juga akan belajar melatih fokus dan konsentrasi ketika mencocokkannya kembali pada papan. Mainan edukatif puzzle alfabet ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp 69.000.

Sekian informasi mengenai rekomendasi mainan edukasi anak terbaik untuk si kecil. Selain bermain, anak tentunya juga harus distimulasi untuk belajar sehingga mampu lebih peka terhadap perkembangan dunia luar.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!




https://wvmuseums.org