macam macam kecerdasan

Mengenal 9 Macam Kecerdasan Manusia, Kamu yang Mana?  


Setiap orang tentu memiliki kecerdasannya masing-masing dan berbeda satu sama lain. Teori kecerdasan pertama kali dikemukakan oleh Howard Gardner, seorang profesor dan psikolog di Universitas Harvard, dalam bukunya yang berjudul Struktur Pikiran: Sebuah Teori Multiple Intelligences. MKecerdasan intelektual terbagi menjadi 9 jenis kecerdasan.

Kecerdasan tersebut meliputi kecerdasan musikal, verbal, kinestetik, dan lain-lain. Daripada penasaran, yukSimak 9 jenis kecerdasan manusia di bawah ini! Kakak tipe apa?

BACA JUGA: Intervensi: definisi, jenis dan contoh

1. Kecerdasan naturalistik

pilih bebas

Seseorang dengan kecerdasan ini umumnya dapat lebih mencolok dalam mengenali, melihat perbedaan atau mengklasifikasikan apa yang ditemukan di lapangan dan di lingkungan.

Misalnya, Anda mungkin merasa hari ini akan hujan dan belum ada tanda-tanda akan turun hujan, atau Anda dapat dengan mudah membedakan jahe dari kunyit.

2. Kecerdasan musik

jenis kecerdasan
pilih bebas

Kecerdasan musik berkaitan erat dengan suara, pola, atau nada biasa. Misalnya, seseorang dengan kecerdasan seperti itu dapat dengan mudah mengenali, memodifikasi, atau membuat karya musik dalam bentuk instrumen untuk lagu.

Kecerdasan musik juga dikaitkan dengan bakat untuk ilmu matematika. Ini karena musik dan matematika saling terkait dalam proses berpikir. Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya suka menyanyi atau bersenandung tanpa disadari.

3. Kecerdasan logika dan matematika

intelijen
pilih bebas

Orang dengan kecerdasan logis cenderung memecahkan masalah dengan lebih mudah dan lebih bahagia menggunakan analisis dan hubungan konsekuensi. Mereka percaya bahwa dengan mengorbankan pendapatan ilmiah, akan lebih baik jika dapat menawarkan solusi.

Keunggulan kecerdasan logika ini menjadikan mereka ahli dalam mengenali pola/silogisme numerik, membuat argumentasi yang sejalan dengan penalaran, dan menjadi manusia yang mampu membedakan yang benar dan yang salah.

Baca juga  20 Game Nintendo Switch Terbaik yang Bikin Ketagihan

BACA JUGA: Hackathon: definisi, kegiatan dan contoh di Indonesia

4. Kecerdasan eksistensial

pilih bebas

Kecerdasan berikutnya adalah kecerdasan eksistensial, yang selalu berpikir filosofis dan juga ahli dalam berpikir kritis.

Mereka juga selalu tertarik untuk selalu mengajukan pertanyaan mendasar, bahkan pertanyaan yang tidak memiliki jawaban pasti atau nyata. Kecerdasan ini terutama ditemukan pada orang-orang yang bekerja sebagai ilmuwan, teolog dan ahli teori.

5. Kecerdasan interpersonal

jenis kecerdasan
pilih bebas

Banyak orang memiliki kecerdasan ini. Seseorang yang memiliki kecerdasan ini senang bersosialisasi atau berinteraksi dengan orang lain, meskipun tidak terkenal.

Mereka juga pandai mengamati perubahan suasana hati orang lain. Mereka yang memiliki kecerdasan ini dapat ditemukan dalam pribadi seorang pekerja sosial, guru atau teman yang menjadi tempat di mana banyak orang dapat dipercaya.

6. Kecerdasan kinestetik tubuh

pilih bebas

Orang dengan kecerdasan ini suka melakukan gerakan fisik. Mereka memiliki senjata utama dalam keterampilan motorik yang sangat baik serta kemampuan fisik yang mumpuni. Oleh karena itu, orang dengan kecerdasan kinestetik lebih cenderung unggul dalam aktivitas yang melibatkan gerakan, seperti olahraga dan menari.

Cara terbaik bagi orang-orang dengan kecerdasan ini untuk belajar adalah dengan mempraktikkannya secara langsung dan selalu mencari informasi eksperimental langsung.

BACA JUGA: Mengetahui pengertian sugesti beserta bentuk, jenis dan contohnya

7. Kecerdasan linguistik

jenis kecerdasan
pilih bebas

Seseorang yang memiliki kecerdasan linguistik berbicara cukup baik dan juga berbicara. Sebagai aturan, mereka juga sangat mahir dalam menemukan perbedaan sekecil apa pun dalam makna suatu ekspresi. Kecerdasan ini sebenarnya dimiliki oleh banyak orang.

Dengan pengetahuan dan keterampilan bahasa yang baik, orang dengan kecerdasan linguistik sering ditemukan oleh jurnalis, pembawa acara radio, dan guru.

Baca juga  6 Fakta Film Anunnaki yang Sempat Dicekal, Dianggap Negatif

8. Kecerdasan intrapersonal

jenis kecerdasan
pilih bebas

Kecerdasan yang terakhir adalah kecerdasan intrapersonal. Siapa pun yang memiliki kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk lebih memahami karakter dan perasaannya sendiri. Mereka juga dikenal sebagai orang yang cukup tangguh, memiliki kepribadian yang kuat dan memotivasi diri dengan baik. Tak hanya itu, mereka akan selalu konsisten meski tidak tergoda oleh orang lain.

Kecerdasan ini juga membuat mereka memahami apa tujuan yang diinginkan, merencanakannya dengan baik dan berusaha keras menuju tujuan itu. Orang dengan kecerdasan intrapersonal cenderung mandiri, sering menjadi tempat mencurahkan isi hati kepada teman-temannya, dan menjadi panutan bagi orang-orang di sekitarnya.

9. Kecerdasan Visual/Spasial

pilih bebas

Jenis kecerdasan ganda berikutnya adalah kecerdasan visual. Orang yang berusaha untuk unggul dalam bidang penglihatan akan menemukan bahwa ia tertarik pada hal-hal baik dalam bentuk maupun dari sudut pandang fisik.

Biasanya kecerdasan ini dimanifestasikan pada mereka yang pandai membaca kartu, membuat teka-teki, serta gambar dengan bentuk dan perspektif yang berbeda.

BACA JUGA: Musik Ensemble: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya

Jenis Kecerdasan IQ, EQ, SQ dan TQ

pilih bebas

Berikut ini penjelasan tentang kecerdasan manusia IQ, SQ, WQ dan TQ yang perlu anda pahami:

  1. IQ merupakan kecerdasan intelektual, erat kaitannya dengan kemampuan mengingat, memahami, dan memecahkan masalah.
  2. EQ adalah kecerdasan emosional, berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk mengendalikan emosi dan perasaan.
  3. SQ adalah kecerdasan mental yang berhubungan dengan kemampuan menghargai, memberi kasih sayang, berempati, dll.
  4. TQ merupakan kecerdasan transendental, erat kaitannya dengan kemampuan memahami kehidupan dan memaknainya.

Cara mengembangkan kecerdasan pada anak

pilih bebas

Salah satu jenis kecerdasan yang ada pada anak adalah kecerdasan ekstensional. Kecerdasan eksistensial adalah jenis kecerdasan yang ditambahkan oleh Gardner. Inilah yang bisa dilakukan Sedulur untuk mengembangkan kecerdasan anak.

  1. Perhatikan apa yang disukai anak-anak
  2. Fokus pada kekuatan anak Anda
  3. Kelola Harapan Anak Hari Ini
  4. Perkenalkan anak pada berbagai cara belajar.
Baca juga  Mengenal Profil Sandiah Ibu Kasur Pencipta Lagu Anak Anak

Demikian rangkuman informasi tentang berbagai kecerdasan anak dan cara mengembangkannya. Sedulur perlu memahami bahwa anak yang cerdas tidak hanya mereka yang ber-IQ tinggi. Karena fakta bahwa ada banyak jenis kecerdasan yang dimiliki orang.

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org