lele ibu hamil

Manfaat Ikan Lele yang Tinggi Protein untuk Ibu Hamil  


Tahukah Anda bahwa ikan lele telah terbukti bermanfaat bagi ibu hamil?? Kandungan berbagai nutrisi pada ikan lele dapat meningkatkan perkembangan janin dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil.

Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi pada ikan lele seperti vitamin D, vitamin B12 dan masih banyak lainnya. Penasaran, apa saja manfaat ikan lele untuk ibu hamil? Yuk simak rangkumannya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Nilai gizi dan ikan lele

iStock

Ini dilaporkan garis kesehatan, lele mengandung banyak nutrisi yang tidak boleh disepelekan. Ada beberapa kandungan gizi dalam satu porsi ikan lele atau sekitar 100 gram, di antaranya sebagai berikut.

  • Kalori: 105.
  • Lemak: 2,9 gram.
  • Protein: 18 gram.
  • Natrium: 50mg.
  • Vitamin B12: 121% dari kebutuhan harian.
  • Selenium: 26% dari kebutuhan harian.
  • Fosfor: 24% dari kebutuhan harian.
  • Tiamin: 15% persen dari kebutuhan harian.
  • Kalium: 19% dari kebutuhan harian.
  • Kolesterol: 24% dari kebutuhan harian.
  • Asam lemak omega-3: 237 mg.
  • Asam lemak omega-6: 337 miligram

BACA JUGA: 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengetahui nilai gizi ikan lele, berikut manfaat untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui.

1. Mengurangi risiko malformasi janin

pilih bebas

Manfaat pertama mengkonsumsi ikan lele oleh ibu hamil adalah dapat mencegah dan mengurangi risiko cacat lahir. Ini karena ikan lele mengandung sumber vitamin B12, yang hanya ditemukan pada produk hewani.

Vitamin B12 juga dipercaya dapat mencegah risiko cacat pada janin. Tak hanya itu, nutrisi juga dibutuhkan untuk membantu tubuh memproduksi DNA, menjaga saraf, dan menjaga sel darah tetap berfungsi dengan baik.

2. Optimalisasi otak janin

lele hamil
pilih bebas

Ikan lele juga bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak janin. Ikan lele merupakan sumber lemak omega yang baik. Secara khusus, asam lemak omega-3 seperti asam eicosapentaenoic (EPA) serta asam docosahexaenoic (DHA) sangat bermanfaat bagi otak, jantung, sistem kekebalan tubuh, dan mata bayi dalam kandungan.

Baca juga  25 Fakta Karakter Zodiak Leo yang Jarang Diketahui

3. Mencegah penyakit tulang

pilih bebas

Manfaat ikan lele untuk ibu hamil yang pada akhirnya membantu mencegah penyakit tulang. Ikan lele juga merupakan sumber vitamin D yang sangat baik, yang tidak ditemukan pada beberapa jenis ikan lainnya.

Vitamin D pada soma tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penyakit tulang pada ibu hamil, tetapi juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain itu, kandungan vitamin D juga membantu mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dan mengatur pertumbuhan sel di seluruh tubuh.

4. Meningkatkan imunitas pada ibu hamil

pilih bebas

Selama kehamilan, nutrisi sangat penting untuk kesehatan janin dan ibu. Untuk itu, sedulur harus mendapatkan nutrisi tersebut, salah satunya makan ikan lele. Ikan lele sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang akan memudahkan kesehatan ibu hamil.

BACA JUGA: Manfaat tanaman untuk lingkungan rumah, yang perlu Anda ketahui

5. Membantu Pertumbuhan Janin

pilih bebas

Selain baik untuk ibu hamil, ikan lele juga baik untuk perkembangan janin. Untuk membantu perkembangan janin, ibu hamil dapat mengkonsumsi omega-3 sebagai suplemen nutrisi selama kehamilan. Kandungan omega-3 yang tinggi pada ikan lele tentunya dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan omega-3.

6. Diet yang Baik Membantu

lele hamil
pilih bebas

Nutrisi yang sehat sangat penting bagi ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Tak jarang, dokter menyarankan ibu hamil untuk melakukan diet karena berat janin yang dikandungnya di atas rata-rata. Oleh karena itu Saudara dapat konsumsi ikan lele selama diet.

Manfaat ikan lele untuk ibu hamil membantu diet dengan aman. Ikan lele kaya akan protein. Makan banyak protein membuat ibu hamil merasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Baca juga  Mitos dan Fakta Kreasi Masakan Udang Yang Perlu Diketahui!

7. Memberi energi

lele hamil
pilih bebas

Manfaat ikan lele untuk ibu hamil selanjutnya adalah memberikan energi. Saat hamil, Anda kehilangan banyak energi karena merasa mual dan muntah. TETAPIAgar tidak menguras tenaga dan selanjutnya berdampak pada kesehatan janin, tidak ada salahnya mengonsumsi ikan lele.

Ikan lele mengandung lebih banyak fosfor daripada kaviar. Telur hanya mengandung 100 mg fosfor, sedangkan lele mencapai 168 mg/100 gram. Fosfor ini berfungsi untuk memberikan kekuatan dan energi bagi tubuh.

8. Bongkar sendi

lele hamil
pilih bebas

Manfaat ikan lele untuk ibu hamil yang tidak boleh disepelekan adalah membantu meredakan nyeri sendi. Saat hamil, ibu hamil biasanya merasakan pegal-pegal bahkan nyeri di beberapa bagian tubuh. Ini adalah salah satu gejala yang sering dikeluhkan. Kondisi ini disebabkan oleh fakta bahwa berat badan meningkat selama kehamilan dan menyebabkan kaki menopang berat badan.

Tidak jarang ibu hamil mengeluh nyeri pada tulang atau persendian. Nyeri sendi adalah suatu kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan, peradangan, dan nyeri pada sendi. Sebuah penelitian telah menemukan hubungan antara lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan dan membantu mencegah dan meringankan gejala rheumatoid arthritis, suatu kondisi di mana persendian menjadi bengkak dan nyeri.

9. Baik untuk pencernaan

pilih bebas

Ibu hamil biasanya sering mengalami gangguan pencernaan. Hal ini normal karena perubahan hormonal. Nah, untuk mengurangi gangguan pencernaan, ibu hamil bisa mengonsumsi ikan lele. Ikan lele berguna dalam melindungi tubuh dari penyakit radang usus (IBD), termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

BACA JUGA: 10 Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Tips Membersihkan dan Penanganan Ikan Lele

Kompas.com

Agar ikan lele tetap bersih dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil, yuk simak tips memilih, membersihkan dan menangani ikan lele di bawah ini.

Baca juga  Fiksi adalah Cerita Buatan, Ketahui Karakteristik, Ciri & Jenisnya

1. Pilih lele hidup

Ikan lele hidup tentu saja segar. Pastikan juga ikannya sehat. Sedulur dapat melihat ukuran, mobilitas, dan tekstur daging yang tidak lunak.

2. Bersihkan ikan lele

Tips selanjutnya adalah merendam lele (yang sudah mati) dalam air cuka. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan semua lendir sehingga mudah untuk dibersihkan.

3. Lepaskan bagian dalamnya

Langkah selanjutnya adalah membersihkan dan membuang isi perut ikan lele. Agar benar-benar bersih, sedulur juga bisa membelah dari kepala hingga ujung sepanjang garis tulang untuk menghilangkan semua kotoran dari perutnya.

4. Rendam jeruk nipis

Sebelum dimasak, rendam terlebih dahulu dengan jeruk nipis atau lemon untuk menghilangkan bau amis. Diamkan selama 10-15 menit dan lele siap diolah. Masak hingga matang sepenuhnya.

Demikian penjelasan tentang manfaat ikan lele untuk ibu hamil dan tips cara membersihkannya agar tidak mau. Meski memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, sedulur tetap perlu memperhatikan porsi saat mengonsumsi ikan lele, kan!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org