lapisan atmosfer

Macam, Ciri-ciri, Fungsi & Karakteristiknya


Saudara-saudara pasti pernah mendengar tentang lapisan-lapisan atmosfer. Lapisan ini merupakan lapisan pelindung bagi makhluk duniawi dan membawa banyak manfaat. Atmosfer terbagi menjadi 5 lapisan. Pada lapisan ini sebagian meteor terbakar dan terurai, sehingga bumi terlindung dari meteor.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang lapisan atmosfer dan fungsinya? Simak di bawah ini tentang lapisan-lapisan atmosfer dan penjelasannya, ya!

BACA JUGA: 7. Dampak revolusi bumi terhadap kehidupan di bumi

Definisi lapisan atmosfer

foto deposit

Fenomena lapisan atmosfer adalah lapisan yang menutupi seluruh planet bumi tempat kita hidup. Atmosfer adalah lapisan gas, yang masing-masing terletak pada jarak ribuan kilometer satu sama lain. Di planet Bumi, ketebalan atmosfer diprediksi mencapai 1000 km dari permukaan planet.

Pemahaman serupa datang dari University Corporation for Atmospheric Research. Menurutnya, atmosfer merupakan campuran gas yang mengelilingi planet Bumi. Atmosfer sangat membantu untuk memungkinkan kehidupan di Bumi.

Selain memberi kita oksigen untuk bernapas, atmosfer melindungi makhluk hidup dari beberapa radiasi ultraviolet (UV) matahari yang berbahaya. Atmosfer menghangatkan suhu permukaan planet sekitar 33 derajat Celcius. Lapisan atmosfer juga sama dengan planet lain di tata surya tempat kita hidup, tetapi tidak ada lapisan yang serupa dalam hal rasio gas dan lapisan struktur ke bumi.

Selain itu, konsep lapisan atmosfer diungkapkan oleh National Geographic. Badan tersebut menjelaskan bahwa atmosfer merupakan salah satu komponen utama dalam sistem fisik planet Bumi. Atmosfer adalah lapisan gas yang mengelilingi planet bumi dan planet-planet lainnya. Di Bumi, lapisan ini terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% gas lainnya.

Atmosfer memainkan peran penting dalam kehidupan di Bumi dengan melindungi dari radiasi UV, menghangatkan planet, dan mencegah fluktuasi suhu antara siang dan malam. Matahari memancarkan sinarnya ke permukaan atmosfer, di mana ia menyebabkan pergerakan udara dan pola cuaca di seluruh dunia.

Kandungan lapisan atmosfer

lapisan atmosfer
foto deposit

Seperti disebutkan sebelumnya, lapisan atmosfer memiliki beberapa komposisi dan kelimpahan. Berikut penjelasan singkatnya.

  • Oksigen. Tingkat oksigen di atmosfer mencapai sekitar 20,95%. Oksigen di atmosfer memegang peranan penting dalam kehidupan makhluk hidup.
  • karbon dioksida. Kandungan karbon dioksida di bumi setidaknya mencapai 0,034%. Karbon dioksida dihasilkan oleh respirasi makhluk hidup, pembakaran lahan hutan dan asap perusahaan industri. Karbon dioksida dapat menyebabkan suhu bumi meningkat. Oleh karena itu, kita perlu menjaga tingkat karbon dioksida ini dalam kisaran normal, jika tidak kita akan merasakan konsekuensi yang buruk. pemanasan global.
  • Nitrogen. Jenis gas yang dibutuhkan Bumi untuk senyawa organik. 78% atmosfer lainnya adalah nitrogen.
  • gas mulia. Gas mulia adalah beberapa unsur gas yang terdiri dari neon, kripton, argon dan xenon.
  • Ozon. Zat ini berfungsi untuk menyerap radiasi ultraviolet dari matahari.
  • uap air. Zat ini terbentuk sebagai hasil penguapan dari badan air di bumi, seperti danau, sungai, dan lautan luas. Selain itu, uap air juga dihasilkan oleh tumbuhan. Uap air ini berperan penting dalam proses perubahan iklim dan cuaca.
Baca juga  Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Macamnya

Lasangat atmosfer dan fungsinya

foto deposit

Keuntungan dan fungsi lapisan atmosfer secara singkat disebutkan di bagian pengantar artikel. Atmosfer ini sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, hewan, tumbuhan dan planet Bumi itu sendiri. Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang manfaat lapisan atmosfer.

  • Manfaat pertama dari atmosfer adalah untuk melindungi bumi dari panasnya matahari. Pendeknya, tanpa lapisan atmosfer, panas matahari akan terserap sepenuhnya oleh bumi. Ini akan sangat berbahaya bagi kita dan makhluk lain di planet ini. Sedangkan saat terlindung dari atmosfer, pengaruh panas matahari hanya mencapai 46%, selebihnya dipantulkan kembali ke angkasa dan diserap oleh atmosfer itu sendiri.
  • Keuntungan kedua dari atmosfer adalah untuk melindungi Bumi dari ancaman benda asing di luar angkasa. Benda asing di luar angkasa tertarik oleh gravitasi dan jatuh ke bumi, akhirnya berubah atau pecah terlebih dahulu saat melewati atmosfer.
  • Keuntungan ketiga dari atmosfer adalah dapat menghasilkan berbagai jenis unsur gas seperti nitrogen, oksigen, karbon dioksida, yang bermanfaat bagi makhluk hidup, termasuk manusia.
  • Keuntungan keempat dari atmosfer adalah mengatur cuaca di planet Bumi. Hujan, salju, panas, dan angin bergantung pada lapisan atmosfer.

BACA JUGA: 8. Dampak rotasi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

Lapisan atmosfer

foto deposit

Lima lapisan dibedakan di atmosfer planet kita: troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer (ionosfer) dan eksosfer. Berikut ini adalah penjelasan dan ciri-ciri lapisan atmosfer.

1. Troposfer

Di lapisan troposfer ini, manusia masih bisa bernafas. Oleh karena itu, tidak heran bila kita melihat para pendaki masih bisa bertahan hidup di lapisan ini. Tapi, tentu saja, udara di troposfer bisa menyebabkan kelelahan dan keringat dingin.

Fenomena alam seperti cuaca dan perubahan iklim terjadi di troposfer. Lapisan ini mengandung dua senyawa kimia utama, yaitu karbon dioksida dan uap air. Kedua senyawa ini paling banyak ditemukan di troposfer dibandingkan dengan lapisan lainnya.

Baca juga  Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Rumusnya

Lapisan atas troposfer terletak pada ketinggian 0 km sampai 12 km di atas permukaan bumi. Troposfer merupakan lapisan paling dasar dan juga lapisan yang paling dekat dengan permukaan bumi. Jadi, secara umum, troposfer berfungsi untuk menjaga stabilitas udara di Bumi.

2. Stratosfer

Stratosfer adalah lapisan dengan suhu rendah dan hanya dihuni oleh ozon. Lapisan ini terutama bertindak sebagai pelindung terhadap gelombang radiasi ultraviolet yang sangat berbahaya jika terkena kulit manusia dan makhluk hidup lainnya.

Kemudian lapisan ozon akan menipis dan hilang jika banyak aktivitas di Bumi yang bersifat merusak, seperti penebangan pohon secara besar-besaran dan penggunaan sumber energi tradisional (batubara, minyak) yang terlalu banyak. Stratosfer memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Tentang lapisan tempat3 atau lapisan ozon

Lapisan ozon merupakan bagian dari stratosfer. Lapisan ozon terletak pada jarak 35 km di atas permukaan bumi. Perbedaan akan mulai terasa pada lapisan ini, misalnya perbedaan tekanan, udara dan tentunya temperatur. Lapisan ini memiliki pengaruh yang sangat penting bagi kehidupan planet. Pada lapisan ini, sinar matahari tidak akan langsung mengenai permukaan bumi, tetapi akan diserap dalam prosesnya.

  • Lapisan batas stratopause

Seperti halnya troposfer, stratosfer juga memiliki lapisan batas. Lapisan atmosfer relatif lebih stabil suhunya pada batas stratopause dengan kisaran 5 derajat Celcius. Kemudian batas-batas stratopause dapat dibagi menjadi llapisan isotermal, llapisan panas, dan llapisan atas campuran.

3. Mesosfer

Mesosfer terletak pada ketinggian 50 km sampai 75 km di atas permukaan bumi. Lapisan ini, yang merupakan urutan ketiga dalam komposisi atmosfer, mengalami penurunan suhu yang signifikan pada setiap kenaikan ketinggian dibandingkan dengan lapisan atmosfer lainnya.

Suhu di mesosfer bisa mencapai setidaknya 0,4 derajat Celcius untuk setiap ketinggian 100 meter. Lapisan ini berperan dalam menghancurkan benda asing dari luar angkasa. Hal ini karena di lapisan ini suhu terendah bisa serendah 10 derajat Celcius dan suhu tertinggi bisa -120 derajat Celcius.

Lapisan mesosfer memiliki ciri-ciri yaitu ketinggian lapisan berkisar antara 50 sampai 75 kilometer. Selanjutnya suhu tidak stabil, setiap 100 meter suhu akan turun sebesar 0,4 derajat Celcius.

Baca juga  Siklus Daur Nitrogen: Pengertian, Fungsi & Contohnya

BACA JUGA : SStruktur lapisan Bumi dan signifikansinya

4. Termosfer (Ionosfer)

Termosfer adalah lapisan dimana terjadi ionisasi partikel, ionisasi akan mempengaruhi propagasi atau refleksi gelombang radio. Gelombang radio ini bisa berfrekuensi rendah atau tinggi. Termosfer terletak pada ketinggian 80 sampai 100 kilometer di atas permukaan bumi. Berikut adalah beberapa bagian dari lapisan termosfer.

  • Pelapisan Kennelly Heavyside
  • lapisan appleton
  • lapisan atom

5. Eksosfer

Eksosfer adalah lapisan terakhir yang menutupi bumi sebagai bagian dari atmosfer. Jarak antara eksosfer dan permukaan adalah 800 hingga 3260 kilometer. Pada lapisan ini terjadi berbagai interaksi antar gas yang terdapat di luar angkasa.

Gravitasi atau gaya tarik bumi pada lapisan ini sangat kecil, mengingat jarak dari permukaan bumi cukup besar. Di eksosfer, ada banyak interaksi yang sangat keras antara komposisi gas di luar angkasa.

Faktanya, ada sangat sedikit gas di lapisan ini. Kadang-kadang lapisan ini juga menunjukkan cahaya redup yang disebabkan oleh kekurangan unsur hidrogen. Cahaya redup ini dikenal sebagai cahaya zodiak dan gegenschein.

Cahaya redup yang muncul di lapisan eksosfer ini sebagian besar merupakan hasil refleksi dari sinar matahari, di mana cahaya tersebut kemudian dipantulkan oleh partikel debu meteorit yang tak terhitung jumlahnya. Lapisan ini paling panas di antara lapisan atmosfer lainnya karena berada di atas dan bersentuhan langsung dengan sinar matahari. Lapisan ini sering disebut sebagai lapisan kosmik dan geostasioner antarplanet. Lapisan eksosfer sangat berbahaya bagi manusia, karena merupakan penghancuran meteor dari luar angkasa.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai lapisan atmosfer, manfaatnya dan beberapa dari 7 lapisan atmosfer tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sedulur, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!




https://wvmuseums.org