22 Desain Lampu Taman Minimalis untuk Percantik Hunian

22 Desain Lampu Taman Minimalis untuk Percantik Hunian


Perkembangan desain lampu taman dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan yang signifikan. Baik dari munculnya konsep vintage modern sampai futuristik yang membuat suasana halaman rumah jadi semakin cantik.

Bagi Sedulur yang bingung dan sedang mencari referensi desain lampu taman minimalis yang sedang menjadi trend kekinian. Maka perlu memperhatikan beberapa hal seperti bujet, konsep hunian, sampai area halaman yang ingin diberi lampu.

Nah, supaya Sedulur bisa menemukan lampu taman rumah terbaik dan cocok untuk tempat tinggalmu. Mari simak daftar hiasan lampu berikut ini ya!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Lampu Tidur Terbaik, Biar Tidur Makin Nyenyak

Lampu taman kayu minimalis

Pinterest

Pertama ada lampu taman kayu minimalis. Jenis lampu tamanini cukup simpel dan bisa diterapkan dalam berbagai model hunian. Bila Sedulur memiliki rumah dengan gaya modern, maka pastikan taruh model lampu halaman ini di tempat yang memiliki warna kontras.

Keberadaan lampu halaman berbentuk kayu ini juga bisa menambah kesan natural pada rumahmu. Jadi, akan ada kombinasi yang menarik karena keberadaan lampu ini.

Sedulur juga bisa membuat hiasan taman semacam ini sendiri hanya dengan mencari batang kayu bekas. Jadi secara harga, tentu lampu halaman ini cukup murah meriah.

Lampu halaman gaya klasik

Lampu taman
Lucide Lighting

Selanjutnya ada lampu taman bergaya klasik. Jenis lampu ini sendiri mengadopsi gaya lampu halaman yang berasal dari Eropa. Biasanya di wilayah tersebut, memiliki karakter lampu halaman yang terbuat dari besi hitam.

Selain itu, lampu halaman bergaya klasik ini selalu memiliki rumah lampu di bagian atasnya yang cukup ikonik. Bila Sedulur menempatkan lampu ini di taman, pastikan berada di sudut ruangan atau  di area jalan setapak agar fungsinya bisa lebih maksimal.

Lampu LED futuristik

Lampu taman
Bega US

Perkembangan lampu di era modern sekarang ini memang sudah begitu pesat. Salah satu terobosan lampu yang banyak digunakan karena memiliki pendar yang terang tapi tidak memakan banyak energi adalah lampu LED.

Penggunaan lampu LED ternyata juga sudah diterapkan pada lampu halaman lho. Malah dengan menggunakan jenis lampu yang biasanya berwarna putih ini, suasana taman menjadi lebih terang dan terasa begitu modern.

Bagi Sedulur yang menyukai konsep futuristik dan tidak biasa, maka desain lampu halaman semacam ini sangat patut untuk dicoba.

Gaya rustic dengan lentera

Lampu taman
Finland

Selanjutnya adalah gaya rustic. Gaya ini mengaplikasikan barang-barang yang memiliki nilai antik lalu disulap menjadi lampu penghias taman. Salah satu barang yang cocok untuk dijadikan penghias taman dengan gaya ini adalah lentera minyak yang disulap menjadi lampu.

Bentuk unik dan klasik dari lentera seperti di atas tentu saja akan menguatkan kesan rustic pada rumahmu. Gaya ini juga sangat cocok bila Sedulur memiliki halaman rumah yang didominasi warna hijau atau pastel.

BACA JUGA: 12 Desain Rak Bumbu Dapur untuk Percantik Interior Hunian

Lampu halaman jar

Lampu taman jar
Kilimall

Selain memanfaatkan lentera jadul, Sedulur juga bisa menggunakan jar kaca untuk dijadikan sebagai lampu halaman. Memanfaatkan gelas kaca seperti ini selain murah juga bisa menunjukkan Sedulur sosok yang sangat kreatif lho.

Untuk bisa menciptakan lampu halaman  jar yang bagus, Sedulur harus mempertimbangkan seberapa besar area taman yang dimiliki. Karena untuk bisa membuat lampu halaman jar mencolok dan mencuri perhatian para tamu rumah, lampu semacam ini harus ditaruh disudut yang mudah dilihat.

Baca juga  Pengertian, Unsur, Kaidah & Contohnya

Lampu halaman tenaga surya

lampu energi matahari
Howstuffworks

Penggunaan tenaga surya menjadi salah satu opsi yang banyak dicari orang-orang ketika ingin menggunakan lampu halaman. Hal ini tak lepas dari penggunaan lampu taman dengan energi matahari bisa membuat pengualaran listrik menjadi lebih ringan.

Selain kelebihannya dalam konsep lampu ramah lingkungan, gaya lampu halaman ini juga sangat unik dan futuristik lho. Jadi dijamin suasana halaman rumah akan semakin cantik dan modern banget.

Lampu halaman tiang klasik

Lampu taman
Archiexpo

Lampu taman tiang klasik mungkin jadi salah satu gaya hiasan yang banyak dicari. Hal ini tidak lepas dari kesan mewah dan estetik yang memang jadi ciri khas lampu jenis ini.

Desain lampu semacam ini juga sangat efektif karena selain bisa membuat taman lebih hidup, suasana taman juga benar-benar menjadi terang karena cahaya yang dipancarkan mencover banyak wilayah. Jadi bila Sedulur memiliki bujet lebih dalam menghias taman, maka lampu halaman tiang klasik seperti ini wajib dimiliki.

Lampu sorot

Lampu taman
Rumah123

Lampu sorot jadi salah satu opsi yang cukup menarik untuk menghias halaman rumahmu. Gaya ini cukup minimalis tapi tidak meninggalkan tujuan dari keberadaan lampu taman yang membuat suasana terang tapi tetap estetik.

Gaya lampu sorot berjajar dengan menempakkan arah acara ke dinding seperti di atas juga bisa memberikan aksen pada rumahmu.

Lampu tali seri

Hiasan taman
Decoist

Jika ingin memunculkan kesan santai pada taman, apalagi kalau Sedulur ingin menjadikan tempat tersebut sebagai lokasi berkumpul bersama teman dan keluarga. Maka lampu tali seri adalah pilihan yang tepat.

Lampu tali seri bisa memberikan kesan santai sembari menerangi seluruh sudut taman rumahmu. Selain itu, desain lampu taman ini juga minimalis dan murah lho.

Lampu bulat kertas

InLei

Ingin suasana taman memiliki kesan Asia ala Jepang, maka gaya lentera kertas bisa Sedulur coba. Gaya ini sangat cocok apabila tamanmu memiliki banyak pohon rambat disekitarnya. Hal ini karena lampu lentera seperti ini biasanya menembakkan cahaya berwarna kuning.

Sayangnya kelemahan dari lentera keras untuk dijadikan sebagai lampu halaman adalah daya tahannya. Sedulur harus sering melakukan pengecekan khususnya pada bagian kertas. Hal ini karena sangat memungkinkan kertas penghias tersebut akan rusak terkena hujan atau angin malam.

BACA JUGA: 25 Inspirasi Desain Teras Rumah Minimalis yang Menawan

Lampu bulat lantai

The Spruce

Tertarik mencoba konsep yang tidak biasa, maka Sedulur bisa menggunakan lampu taman bulat lantai seperti ini. Konsep ini sendiri mengkombinasikan gaya lampu halaman bulat zaman dahulu tapi dengan peletakan langsung berada di lantai atau tanah.

Gaya lampu halaman rumah semacam ini memang sedang menjadi tren dan banyak diminati orang-orang lho.

Lampu halaman barang bekas

Milled

Sedulur memiliki barang bekas dari besi di rumah? Maka barang tersebut juga bisa disulap menjadi lampu taman estetik yang mempercantik rumah lho.

Supaya lebih cantik, Sedulur bisa mengganti bagian kaca pada lentera bekas sehingga menjadi lebih jernih. Setelah itu tinggal masukkan lampu atau lilin besar yang bisa digunakan untuk menerangi tamanmu di malam hari.

Lampu gantung simpel

Joom

Nah, kalau lampu halaman satu ini memiliki gaya yang tidak neko-neko dan tergolong simpel. Sedulur tinggal mengkombinasikan lampu tali dengan jar yang lalu dikaitkan di sekitar taman atau halaman rumah.

Tidak ribet tapi bisa membuat rumah makin cantik bukan? Namun, untuk bisa menggunakan atau menerapkan gaya lampu halaman seperti ini Sedulur harus hati-hati kalau ada anak kecil di rumah ya.

Baca juga  Sinopsis A Year End Medley, Kisah Cinta Tamu & Pekerja Hotel

Lentera meja

Fatboy

Biasanya di halaman rumah terdapat meja da kursi untuk bersantai. Nah, dua komponen tersebut bisa dijadikan lokasi untuk menempatkan lampu taman agar suasana halaman jadi semakin estetik lho.

Contohnya bisa dengan konsep lampu taman di atas ini, menggunakan lampu LED bulat berwarna orange, suasana taman menjadi lebih manis dan cantik.

Lampu dari bambu

Sun Education

Bila Sedulur mencari model atau desain lampu halaman yang memiliki kesan natural, maka bisa mencoba jenis satu ini. Berbahan dasar dari kayu bambu, bentuk lampu taman ini tentunya sangat apik dan bisa membuat suasana taman menjadi lebih mantap.

Lampu dinding

Lucide

Siapa bilang area halaman rumah tidak bisa tampil mewah dan berkelas? Buktinya, ruang terbuka sekecil apapun bisa terlihat cantik nan elegan berkat lampu hias dinding bergaya klasik seperti di atas.

Apalagi kalau Sedulur bisa memilih warna dan aksen yang tepat, maka bisa membuat lampu dinding seperti ini semakin berkelas. Model lampu klasik ini sangat khas dengan bohlam bulat dan warnanya yang berpendar kemerahan. Selain itu, bentuk rumah lampu yang juga apik.

Untuk ruang terbuka yang tidak besar, sebaiknya Sedulur pun memilih lampu hias dinding yang ukurannya tidak terlalu besar agar halaman terlihat tetap elegan tanpa kekurangan cahaya. Untuk jumlahnya, bisa memberikan sesuai ukuran halaman dan ditempatkan pada sisi kanan dan kiri dinding. Walau kecil, tapi lampu hias dinding ini sangat efektif menegaskan kesan klasik modern. Setuju bukan?

Miniatur bulan

My Area Design

Pilihan jenis lampu taman lain yang bisa Sedulur gunakan adalah lampu tanam.  Lampu ini biasanya diletakan bersama dengan tanaman atau rerumputan.  Cobalah gunakan jenis lampu yang berbentuk bulat untuk membuatnya tetap terlihat sederhana.

Gunakanlah yang berukuran kecil dengan jumlah sekitar empat hingga lima buah. Sedulur bisa menyesuaikannya dengan luas lahan taman di rumah. Salah satu yang cukup populer sekarang ini adalah gaya lampu bulat dengan bentuk minatur bulan.

Lampu taman gorden

Bussines Goods

Jika Sedulur ingin menghadirkan kesan romantis pada taman, cobalah gunakan lampu tali peri.  Biar lampu ini mengelilingi area di taman minimalismu.

Tak hanya membuat taman menjadi cantik, lampu ini juga bisa Sedulur gunakan sebagai dekorasi saat mengadakan acara.  Dengan begitu, suasana di taman minimalismu menjadi lebih hangat dan menyenangkan.

Jika tak muat untuk menambahkan meja dan kursi di area taman, cobalah siasati dengan meletakkan hammock.  Hal itu membuat Sedulur bisa bersantai namun tetap merasa sejuk di area taman.

BACA JUGA: 25 Desain Kamar Mandi Minimalis Nyaman dan Fungsional

Lampu taman rambat

Gardeningetc

Lampu rambat bisa jadi opsi Sedulur untuk menerangi area taman minimalismu.  Terutama Sedulur yang mempunyai taman dengan tanaman-tanaman yang dijajarkan di area tembok rumah.  Cobalah tambahkan tiga atau empat lampu sesuai dengan luas dan kebutuhan di area taman.  Selain memberikan penerangan yang cukup, lampu sorot juga membuat taman semakin terlihat manis.

Gaya lampu seperti ini juga sangat apik untuk digunakan sebagai background foto. Sehingga ketika ada tamu atau keluarga datang, area atau spot ini bisa dijadikan tempat mengabadikan momen bersama-sama.

Lampu tiang ala British

Signature Hardware

Bergaya klasik namun tidak berlebihan, lampu taman minimalis yang satu ini siap menyempurnakan tampilan taman minimalis depan rumah jadi lebih menawan. Meskipun mengusung model klasik ala British, namun lampu yang satu ini sangat cocok diaplikasikan di berbagai konsep hunian karena desainnya yang fit dengan berbagai model bangunan lho Sedulur.

Baca juga  12 Resep Setup Roti Tawar Lembut untuk Camilan di Rumah

Lampu abad pertengahan

Jardineria On

Jika ingin menciptakan suasana a la pedesaan di rumah, Sedulur bisa memasang lampu taman minimalis model jadul ala abad pertengahan seperti yang satu ini. Mengusung gaya vintage, model lampu yang satu ini akan menambah kesan hangat sekaligus dramatis di pekarangan rumah karena cahaya lampu yang berada di bawah.

Lampu gantung

Outdoor Lighting

Model lampu halaman minimalis yang satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai toko spesialis lampu. Dengan output cahaya yang berwarna orange, suasana taman akan terkesan begitu natural dan bisa menambah kesan hangat saat Sedulur mengajak semua keluarga untuk berkumpul dan melakukan aktivitas di taman.

Tips pasang lampu halaman

Tips pasang lampu
Gardeningetc

Usai melihat banyak desain di atas, tentu Sedulur jadi semakin tertarik untuk memasang lampu taman bukan. Nah, ada beberapa tips jitu agar Sedulur tidak salah dan bisa mendapatkan hasil pemasangan lampu halaman yang maksimal di rumah.

  1. Memikirkan tata letak lampu taman

Penataan lampu halaman adalah nomor pertama yang wajib Sedulur perhatikan. Pilihlah area yang Sedulur inginkan disekitar taman agar lampu berfungsi secara maksimal. Lebih baik Sedulur menyimpan lampu halaman utama pada area tengah taman dan lampu kecil di pinggir-pinggir taman. Jadi lebih indah dan cantik ya?

  1. Gunakan listrik dengan voltase rendah

Lampu halaman harus menggunakan voltase listrik yang rendah. Ini disebabkan karena kepentingan dan keamanan rumahmu. Apalagi taman minimalis milikmu dekat dengan kolam. Ini akan sangat berbahaya apabila voltasi pada lampu halaman Sedulur sangat tinggi.

  1. Jenis lampu halaman

Pilihlah lampu halaman yang kedap air, agar saat hujan turun lampu halaman tidak rusak. Lampu halaman sudah banyak tersedia di toko-toko perabotan. Selain itu, dengan memilih lampu halaman yang tahan air Sedulur bisa hemat dengan tidak mudah gonta ganti bohlam.

  1. Peletakkan dan penempatan kabel

Hal ini juga sangat penting yang harus Sedulur perhatikan saat memasang lampu halaman. Sedulur bisa menanam kabel di dalam tanah untuk meletakkannya. Hal ini juga penting diperhatikan apalagi kalau Sedulur memiliki anak kecil di rumah. Keberadaan kabel lampu halaman bisa sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan yang tidak diinginkan.

  1. Sesuaikan dengan Konsep Taman

Ada beberapa model lampu halaman yang bisa diselaraskan dengan rancangan konsep tamanmu. Namun, hindarilah memilih lampu dengan cahaya putih seperti neon. Karena, warna asli dari objek akan terlihat tidak jelas bahkan bisa tampak lebih pucat. Sedulur bisa memilih jenis lampu halogen atau spotlight.

Demikian tadi 22 inspirasi lampu taman terbaik yang bisa Sedulur coba aplikasikan di rumah. Deretan desain lampu taman di atas tentu tak hanya membuat tamanmu menjadi lebih cantik tapi juga membuat hunian menjadi lebih terang.

Jadi mana nih yang bakalan Sedulur coba? Gaya futuristik atau klasik? Sesuaikan dengan seleramu ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!




https://wvmuseums.org