kultum singkat

Contoh Kultum Singkat yang Menarik dengan Berbagai Tema


Bagi Sedulur muslim, tentu tidak asing dengan istilah kultum. Sederhananya, kultum merupakan ceramah tentang keagamaan yang cenderung singkat dan padat. Hal ini disebabkan durasi kultum singkat yang rata-rata hanya berkisar 5 menit hingga 15 menit.

Kultum sendiri biasanya disampaikan oleh seseorang yang memiliki ilmu agama tinggi atau oleh seorang ustaz setelah ibadah salat wajib di masjid-masjid atau menjelang berbuka puasa di bulan Ramadan. Namun bukan berarti kultum hanya ditemui di bulan Ramadan saja. Sebab, di luar bulan Ramadan, kultum juga kerap diberikan, seperti dalam momen acara pernikahan sebagai nasihat pernikahan untuk kedua mempelai.

Untuk lebih memahami tentang kultum, berikut sudah super rangkum beberapa contoh kultum singkat dengan berbagai tema yang bisa Sedulur simak.

Pengertian kultum

iStock

Kultum merupakan akronim dari kuliah tujuh menit. Istilah ini populer di kalangan umat Islam di Indonesia. Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian kultum adalah kuliah tujuh menit; ceramah agama, durasinya tujuh menit, biasanya diberikan setelah salat berjamaah atau menjelang berbuka puasa bulan Ramadan.

Perlu diketahui, ungkapan “tujuh menit” dalam istilah kultum ini bukanlah sebuah patokan bahwa kuliah atau ceramah yang disampaikan haruslah berdurasi tujuh menit, tidak boleh kurang ataupun lebih. Melainkan hanya sebagai penanda bahwa ceramah disampaikan secara singkat dan padat.

BACA JUGA: 12 Hadist Menuntut Ilmu dan Keutamaannya Beserta Hukumnya

Contoh kultum singkat dengan berbagai tema

kultum singkat
iStock

Setelah mengetahui pengertian dari kultum, ada baiknya Sedulur menyimak contoh-contohnya yang sekaligus bisa menjadi referensi. Berikut adalah beberapa contoh kultum singkat beserta dalilnya dengan berbagai tema yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kultum singkat tentang keutamaan bersyukur

Freepik

Berikut contoh kultum singkat bersyukur:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah Swt. atas segala rahmat dan nikmat-Nya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua. Semoga sahabat muslim semua selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Selawat dan salam juga saya ucapkan kepada Nabi Muhammad saw. yang selalu menjadi penerang bagi umat Islam.

Sahabat muslim yang saya cintai, Allah Swt. telah melimpahkan begitu banyak nikmat kepada kita semua setiap harinya. Maka, izinkan saya untuk menyampaikan sedikit saja kultum mengenai bagaimana menjadi manusia yang pandai dalam bersyukur.

Jika dibandingkan dengan penguasa alam semesta, yaitu Allah Swt. tentu apa yang kita miliki di dunia ini tidak ada apa-apanya. Seperti yang tercantum di dalam Surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya sebagai berikut:

“Dan hendaklah bertakbir atas anugerah yang telah Allah berikan. Semoga kalian menjadi hamba-Nya yang bersyukur.”

Bersyukur menjadi perbuatan hati yang mampu membuat banyak orang merasa damai, bahagia, tenang, dan tentram. Dengan bersyukur, kita akan mendapat kenikmatan serta pahala dari Allah Swt. Seperti yang Allah sampaikan pada Surat Ibrahim ayat 7, yang artinya sebagai berikut.

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini saya ingin mengajak sahabat muslim semua untuk belajar bersyukur, belajar mensyukuri segala yang Allah berikan, dan belajar bersyukur atas segala hal yang kita terima dari Allah Swt. 

Sekian kultum tentang bersyukur ini, atas kekurangannya saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Wabilahitaufik walidayah wa ridho wal inayah

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Kultum singkat tentang waktu

kultum singkat
Freepik

Berikut adalah contoh kultum singkat tentang waktu:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah Swt. atas segala rahmat dan nikmat-Nya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua. Semoga sahabat muslim semua selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Selawat dan salam tak lupa kita haturkan kepada Nabi Muhammad saw. yang selalu menjadi penerang bagi umat Islam.

Baca juga  90 Contoh Bio IG Keren Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris

Hadirin sekalian, waktu yang kita miliki sangatlah penting. Tiap menit, detik, jam berharga untuk dilalui. Oleh karena itu, baiknya kita bisa memanfaatkan waktu ke hal-hal positif.

Dalam sebuah hadits riwayat Bukhari menyatakan,

“Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang.”

Dalam hadist tersebut, dapat diambil pembelajaran bahwa terlalu berleha-leha dengan waktu luang tentu akan membuat kehidupan menjadi sia-sia.

Ketika membicarakan tentang waktu, ayat-ayat dalam Surat Al Ashr patut dijadikan pegangan.

“Demi masa, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian. Melainkan, yang beriman dan yang beramal sholeh, serta saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasehati untuk kesabaran.” (QS Al Asr 1-3)

Allah memberikan pengetahuan, peringatan, dan perintah mengenai waktu dalam banyak ayat di dalam Alquran, di antaranya adalah Demi Masa, demi waktu dhuha, demi waktu fajar, waktu siang dan malam hari. Seorang Hasan Al Bana juga berpesan dalam sebuah kaliamat bijak tentang waktu,

“Ia adalah kehidupan. Kehidupan manusia tiada lain adalah waktu yang dihabiskannya sejak lahir hingga datangnya kiamat.”

Semoga pembahasan tentang pentingnya waktu ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wabilahitaufik walidayah wa ridho wal inayah

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

BACA JUGA: Pengertian Tabligh Beserta Tujuan, Tata Cara & Hadistnya

3. Kultum singkat tentang sedekah

Freepik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah Swt. atas segala rahmat dan nikmat-Nya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua. Semoga sahabat muslim semua selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Selawat dan salam juga saya ucapkan kepada Nabi Muhammad saw. yang selalu menjadi penerang bagi umat Islam. Semoga beliau, para saudara, keluarga, kerabat, sahabat dan pengikutnya ditempatkan di sisi terbaik oleh Allah Swt., aamiin ya rabbal alamin.

Tema yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini yakni mengenai sedekah. Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang pahala yang akan diperoleh seseorang jika ia bersedekah, atau apa saja manfaat dari sedekah itu.

Sebagaimana sudah sama-sama kita tahu, bahwa sedekah merupakan suatu amal ibadah dan perbuatan yang akan Allah lipat gandakan berkali-lipat jika dilakukan dengan tulus.

Dalam surat Al Baqarah juga disebutkan sedekah tersebut akan dilipatgandakan berkali lipat hingga 700 kali atau paling sedikit 10 kali lipat. Namun memang masih banyak orang yang menganggap bahwa ungkapan tersebut hanya sebatas teori.

Sangat disayangkan, sebab sebetulnya harus sama-sama kita tanamkan dalam diri, bahwa sesungguhnya sedekah itu akan kembali pada kita sendiri. Makanya kita perlu melakukannya dengan tulus dan sepenuh hati.

Cukup sampai di sini dulu kultum yang bisa saya berikan. Semoga manfaat dari sedekah dan apa yang sudah saya sampaikan berguna untuk hadirin sekalian.

Mohon dimaafkan jika ada kekeliruan baik salah ucap maupun perbuatan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Kultum tentang akhlak

kultum singkat
Bola

Berikut contoh kultum singkat tentang akhlak.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan kita rahmat dan rezeki serta kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang mulia ini. Tak lupa selawat serta salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad saw. juga kepada keluarga dan pengikutnya sampai akhir zaman.

Saudaraku, tujuan besar dari risalah kenabian Rasulullah Saw. adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Rasulullah Saw. bersabda,

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.” (HR. Bukhori, Ahmad, Hakim)

Baca juga  Pengertian, Fungsi, Asas, Ciri & Tujuannya

Boleh jadi pada masa jahiliyyah sebelum Islam datang, di sana sudah ada beberapa perbuatan baik yang berlaku di tengah masyarakat. Kemudian, Islam datang menyempurnakan supaya perbuatan-perbuatan baik itu menjadi akhlak mulia dan bernilai ibadah di hadapan Allah Swt.

Apa yang membuat suatu perbuatan baik menjadi akhlak mulia dan bernilai ibadah? Tiada lain adalah niatnya. Banyak orang yang berbuat baik, tapi karena ingin dipandang sebagai orang baik, atau berbuat baik supaya disukai atasan dan bisa naik jabatan, atau berbuat baik supaya dikagumi oleh orang yang diharapkan menjadi mertua, atau berbuat baik supaya orang lain hutang budi kepadanya. Dan, masih banyak perbuatan baik disebabkan motivasi duniawi lainnya.

Islam mengajarkan bahwa berbuat baik adalah sebagai ibadah, karena berbuat baik adalah amal yang Allah sukai. Kita tidak perlu mengharapkan penilaian, pujian, penghargaan dari makhluk atas perbuatan baik kita. Yang kita perlukan hanyalah penilaian Allah Swt. Berbuat baik bukan supaya orang lain suka kepada kita, tapi supaya Allah suka pada kita. Jika Allah suka pada kita, maka Allah Maha Kuasa untuk membuat makhluk-Nya menyukai kita.

Berbuat baik adalah contoh dari Rasulullah Saw. dan perbuatan yang disukai Allah Swt. Semoga kita termasuk hamba-hamba Allah, yang berbuat baik hanya karena mengharap ridho-Nya semata.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

BACA JUGA: 5 Rukun Khutbah Jumat yang Sah Sesuai Syariat & Sunnah Nabi

5. Kultum tentang sabar

Freepik

Berikut contoh kultum singkat tentang sabar:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah Swt. atas segala rahmat dan nikmat-Nya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua. Semoga sahabat muslim semua selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Selawat dan salam juga saya ucapkan kepada Nabi Muhammad saw. yang selalu menjadi penerang bagi umat Islam.

Di dunia ini selalu ada sesuatu yang akan singgah di kehidupan kita, yaitu ujian.

Entah bagaimanapun kita menolak atau mengeluh, tetap saja ujian akan singgah di kehidupan kita. Agar ujian ini bisa berbuah jadi pahala dan mengangkat derajat kita, maka jalan satu-satunya adalah dengan bersabar.

Dengan bersabar maka ujian justru akan berubah menjadi anugerah dan itulah yang menjadi penyebab kebahagiaan kita hidup di dunia dan di akhirat. Seperti yang disebutkan dalam surah Al Baqarah ayat 155 yang berbunyi:

“Dan kami akan menguji kalian dengan sebagian rasa ketakutan, kekurangan harta, jiwa, buah-buahan, dan kelaparan. Serta sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang telah bersabar.”

Demikianlah ceramah singkat yang bisa saya sampaikan, semoga apa yang telah tersampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

6. Kultum tentang ikhlas

Freepik

Berikut contoh kultum singkat tentang ikhlas:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah Swt. atas segala rahmat dan nikmat-Nya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua. Semoga sahabat muslim semua selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Selawat dan salam juga saya ucapkan kepada Nabi Muhammad saw. yang selalu menjadi penerang bagi umat Islam.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Ikhlas adalah suatu sikap berlepas diri atas segala amalan yang telah dilakukan. Setiap amalan yang dilakukan tanpa rasa ikhlas ibarat musafir yang membawa perbekalan berupa pasir. Maknanya, perbekalan tersebut tidak ada gunanya dan hanya memberatkan musafir.

Ada banyak bentuk ikhlas dalam kehidupan kita, yakni ikhlas dalam bekerja, ikhlas beribadah, ikhlas dalam beribadah, dan lain-lain.

Allah Swt. berfirman dalam surat Al Bayyinah ayat 5 yang artinya, “Tidaklah mereka diperintahkan kecuali untuk mengikhlaskan agama untuk-Nya.”

Baca juga  Cara Menghitung Average Margin Beserta Rumus & Contohnya

Ayat tersebut menerangkan bahwa seorang Muslim harus berlaku ikhlas dalam beragama. Menjalankan ibadah bukan karena butuh, melainkan karena kewajiban.

Jika kita beribadah karena rasa butuh, maka tandanya kita benar-benar mengerjakannya dengan sepenuh hati. Sementara itu, beribadah karena kewajiban belum tentu bisa dilakukan sepenuh hati. Oleh karena itu, mari merefleksikan diri tentang bagaimana ibadah kita selama ini.

Sikap ikhlas sangat penting dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari,  apalagi saat mendapatkan musibah. Dengan memiliki sifat ikhlas, maka kita tidak akan mudah mengeluh dan protes kepada Allah SWT. Semoga kita termasuk orang-orang yang memiliki hati yang ikhlas.

Sekian kultum singkat hari ini, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

BACA JUGA: 5 Contoh Kultum Ramadhan Terbaik, Meneduhkan Hati & Pikiran!

7. Kultum tentang pernikahan

kultum singkat
Freepik

Berikut contoh kultum singkat tentang pernikahan:

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah Swt. atas segala rahmat dan nikmat-Nya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua. Semoga sahabat muslim semua selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Selawat dan salam juga saya ucapkan kepada Nabi Muhammad saw. yang selalu menjadi penerang bagi umat Islam.

Saudaraku yang dimuliakan Allah,

Sesungguhnya pernikahan dapat menjadi penolong bagi agamamu dan bisa pula menjadi penghancur musuh-musuh allah. Pernikahan merupakan jalan yang sempurna untuk memperbanyak keturunan dan menjadi kebanggaan Rasulullah di hadapan seluruh nabi dan umat lainnya.

Allah berfirman dalam surat An Nur ayat 32 yang artinya:

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-nya. Dan allah maha luas lagi maha mengetahui.”

Rasulullah juga bersabda: “Wahai kawula muda, barang siapa di antara kalian telah sanggup menikah, hendaknya ia menikah. Dan barang siapa belum sanggup, sebaiknya ia berpuasa, sebab puasa dapat menjadi benteng pelindung syahwat baginya.”

Allah dan Rasulullah memerintahkan para umatnya yang telah siap dan mampu untuk menunaikan ibadah pernikahan. Menurut Al Hafizh Ibnu Hajar ra, seruan untuk menikah tersebut memang ditujukan untuk kawula muda yang umumnya memiliki hasrat kuat untuk menikah.

Menikah juga termasuk sunnah para nabi dan rasul. Allah berfirman dalam surat Ar Ra’d ayat 38 yang artinya,

“Dan sesungguhnya kami telah mengutus beberapa rasul sebelum kamu dan kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan.”

Dari ayat tersebut, kita perlu introspeksi diri bahwa sudah selayaknya umat muslim yang masih lajang untuk segera menikah. Hal ini sesuai dengan sunnah para nabi dan rasul yang perlu kita teladani segala kebaikannya.

Oleh karena itu, saudara-saudaraku sekalian, bergegaslah kamu menikah untuk menyucikan dirimu dan menjaga saudari muslimahmu yang suci. Dengan begitu, maka kamu akan terhindar dari fitnah yang dapat menyakitkanmu. Wallahu’alam bissawab.

Sekian kultum tentang pernikahan ini saya sampaikan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian tadi pembahasan tentang kultum singkat beserta contoh-contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Sedulur dalam memahami apa itu kultum hingga bagaimana contohnya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org