testimoni

Peran KPI dan Cara Menerapkannya untuk Pengembangan Bisnis


di perusahaan, indikator kinerja utama salah satu aspek penting karena mencakup tujuan dan rencana perusahaan ke depan.

Sekarang,untuk lengkapnya silahkan simak artikel berikut ini sampai selesai!

Ringkasan:

  • Fitur Utama Indikator (KPI) merupakan aspek penting bagi perusahaan dalam menetapkan tujuan masa depan dan mengevaluasi kinerja karyawan.
  • Selain itu, alat ini juga dapat digunakan sebagai bahan penilaian, karena berisi data yang jelas untuk pengembangan strategi perusahaan.

Pengembangan bisnis melalui parameter yang tepat

Banyak orang telah membuktikan bahwa menjalankan bisnis adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai kesuksesan finansial. Cara ini memungkinkan seseorang untuk memiliki penghasilan yang tidak terbatas.

Karena ini adalah salah satu jenis kegiatan ekonomi, maka bisnis dibangun untuk mencari keuntungan. Pebisnis juga memiliki tujuan jangka panjang. Misalnya, presentasi produk mereka di luar negeri.

Dalam perkembangan perusahaan, banyak aspek yang perlu kita perhatikan, salah satunya Indikator Kinerja Utama.

indikator kinerja utama salah satu bagian penting yang menentukan keberhasilan perusahaan di masa yang akan datang.

Dalam sebuah perusahaan, KPI bersama dengan aspek lainnya bekerja sama agar perusahaan dapat mencapai tujuannya. Akibatnya, bisnis dapat berkembang dan mengembang.

Jadi, bagaimana KPI berperan dalam perusahaan? Sahabat keuangan bisa menyimak ulasan berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Definisi Indikator Kinerja Utama

KPI adalah salah satu alat terpenting bagi perusahaan. Perannya terkait dengan masa depan perusahaan.

KPI membantu orang-orang di perusahaan berkontribusi di bidangnya dengan cara yang paling tepat.

Indikator Kinerja Utama atau KPI adalah alat atau sistem yang digunakan untuk menetapkan tujuan perusahaan dan melacak pertumbuhan untuk mencapai tujuan tersebut.

KPI akan bertanggung jawab untuk meninjau kinerja karyawan dari waktu ke waktu.

Dalam banyak hal, peran KPI adalah sebagai tolok ukur kemajuan. Ini memungkinkan orang di dalamnya untuk membandingkan pekerjaan hari ini dan kemarin.

Dengan demikian, pejabat perusahaan dapat membuat rencana strategis untuk kebutuhan perusahaan.

Beberapa karakteristik KPI diukur dalam skala non-finansial, sering digunakan, diketahui manajemen, dipahami oleh anggota organisasi, akuntabel kepada tim dan individu, berdampak tinggi, dan positif.

Jika setiap karakteristik terpenuhi, maka tujuan perusahaan akan tercapai.

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan Perusahaan: Tujuan, Manfaat, Hingga Cara Membuatnya]

Fungsi KPI bagi Perusahaan

Sebagai salah satu aspek sentral, KPI merupakan alat yang menjalankan banyak fungsi. Departemen manajemen membutuhkan informasi dari KPI untuk membuat rencana baru.

Berikut adalah beberapa fitur KPI:

#1 Menjadi Penambah Semangat

Fungsi pertama motivasi untuk bekerja karena manajemen telah menentukan Desktop bagian masing-masing pekerja.

Mereka juga menyusun aturan secara transparan agar tidak ada pihak yang dirugikan. KPI dalam perusahaan akan membuat karyawan bekerja dengan semangat melalui porsi kerja yang jelas.

Selain itu, perusahaan juga dapat mengantisipasi kemungkinan tersebut untuk mengundurkan diri atau hak karyawan yang belum direalisasi.

#2 Ukur kinerja

Opsi ini juga merupakan salah satu alat untuk mengevaluasi pekerjaan karyawanmisalnya efisiensi jam kerja dengan produktivitas tenaga kerja dan sebagainya.

Sekaligus, alat ini juga dapat melihat tingkat perkembangan suatu bisnis atau organisasi.

#3 Meningkatkan Kompetensi

Fungsi berikutnya meningkatkan kompetensi perusahaan atau karyawan Didalam itu.

Dengan tujuan yang terukur, setiap bagian perusahaan akan berusaha untuk meningkatkan kinerjanya. Memiliki tenaga kerja yang kompeten merupakan salah satu investasi perusahaan.

# 4 Pengaturan tujuan

KPI berperan mengukur tujuan atau sasaran. Misalnya, alat ini mungkin menentukan bahwa volume penjualan suatu produk hanya 25% dari target 30%.

Dari situ bagian manajemen akan melakukan perbaikan strategi agar tujuan dapat tercapai sesuai dengan yang diinginkan. Manajer juga mengembangkan rencana untuk mencegah insiden serupa terjadi di masa depan.

# 5 Menciptakan lingkungan belajar

KPI akan menjaga karyawan mengobrol satu sama lain untuk sesuatu yang penting. Kebiasaan ini baik untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif di perusahaan.

Perusahaan kemudian akan mengukur kinerja KPI.

[Baca Juga: Menelusuri Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Performa Karyawan]

Manfaat KPI bagi perusahaan

Selain menjalankan banyak fungsi penting, alat ini juga memiliki manfaat bagi perusahaan. Beberapa manfaat KPI adalah sebagai berikut:

  1. Salah satu kerangka kerja yang membantu pejabat perusahaan mengevaluasi kinerja individu dan departemen.
  1. Salah satu dasar untuk mendorong dan memotivasi karyawan.
  1. Salah satu proses manajemen bisnis yang berguna untuk meningkatkan efisiensi karyawan sesuai dengan tanggung jawabnya.
  1. Salah satu cara untuk menilai kinerja karyawan secara transparan.

Jenis KPI

KPI merupakan parameter atau indikator penting dalam sebuah perusahaan. Peran sentral ini membuatnya berguna untuk berbagai tujuan.

Saat ini terdapat beberapa jenis parameter yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan. Beberapa jenisnya adalah:

  1. operasional. Tipe ini mengukur kinerja dalam jangka pendek dan berfokus pada kinerja organisasi. Contohnya adalah biaya transportasi bulanan rata-rata dan biaya akuisisi.
  1. terkemuka dan tertinggal. Kedua KPI ini berinteraksi untuk mengidentifikasi informasi. KPI terkemuka bertanggung jawab untuk memprediksi hasil yang akan dicapai di masa depan. Sementara itu, KPI tertinggal untuk mencari tahu apa yang terjadi.
  1. Strategis. Jenis KPI ini bertujuan untuk memantau tujuan organisasi. Biasanya, eksekutif perusahaan menggunakan lebih dari sekedar KPI untuk mengukur kinerja mereka pada waktu tertentu. Misalnya, pendapatan investasi, pangsa pasar, dan pendapatan.
  1. Blok fungsi. Jenis KPI selanjutnya adalah pekerjaan di departemen tertentu, seperti keuangan. KPI jenis ini memiliki tugas khusus.

[Baca Juga: FMCG Adalah: Pengertian, Produk, Hingga Contoh Perusahaannya]

Indikator KPI untuk perusahaan

Beberapa KPI untuk perusahaan terlihat seperti ini:

#1 dukungan karyawan

Dukungan karyawan merupakan indikator pertama Indikator Kinerja Utama.

Aspek ini diperlukan untuk melihat sikap karyawan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Dukungan mereka akan terlihat dari kinerja mereka.

#2 Keterlibatan Karyawan

Indikator lebih lanjut Indikator Kinerja Utama adalah partisipasi karyawan. Jika karyawan aktif dalam kegiatan perusahaan, maka dapat diperkirakan keberhasilan perusahaan akan tercapai.

Nilai tambah #3 untuk SDM

Indikator berikutnya adalah nilai tambah SDM karena efektifitasnya.

Jika karyawan memperhatikan peningkatan kinerja, perusahaan dapat memberi penghargaan kepada mereka. Jika menolak, perusahaan dapat mengeluarkan surat pelatihan atau peringatan (jika berlebihan).

#4 Ketidakhadiran karyawan

Jumlah karyawan yang tidak hadir menjadi indikator dalam perusahaan. Karyawan yang sering melewati batas tidak sepenuhnya setia kepada perusahaan.

#lima Masukan 360 derajat

Indikator terakhir adalah Masukan 360 derajat. Dengan umpan balik yang diberikan setiap orang, perusahaan dapat meningkatkan kinerja dengan strategi baru.

[Baca Juga: Daftar 10 Aplikasi Keuangan untuk Perusahaan dan Personal, Cek!]

Tetapkan KPI perusahaan

Persiapan Indikator Kinerja Utama itu proses yang panjang. Namun, jika berhasil, perusahaan akan beroperasi sesuai dengan tujuannya. Berikut cara menetapkan KPI perusahaan:

#1 Tentukan kinerja bisnis

Langkah pertama adalah menetapkan KPI. adalah menentukan kinerja. Pejabat perusahaan dapat memantau produktivitas karyawan, keuangan, dan penjualan.

#2 Mengatur landmark

Selanjutnya, perusahaan harus menetapkan tolok ukur Murni. Perusahaan dapat meminta pertanggungjawaban divisi tertentu.

Contoh KPI dengan landmark target bulanantujuan pendapatan, dll.

#3 Bedah Indikator Kinerja Utama ke peran sekunder

Selanjutnya cara setting KPI, memecahnya menjadi peran sekunder. Perusahaan dapat memecah tugas menjadi departemen dan kemudian menjadi individu.

Dengan begitu semua orang akan merasakan beban yang sama. Tahapan ini juga menentukan orang-orang yang layak untuk dipertanggung jawabkan Indikator Kinerja Utama lagi.

#4 Melakukan Penilaian Kinerja atau Mengubah Sasaran

Melakukan penilaian di set Indikator Kinerja Utama adalah wajib. Ini dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas.

Kalaupun tidak berhasil, perusahaan masih bisa menentukan penyebabnya.

#5 Tetapkan KPI dari awal

Setelah memahami cara menginstal Indikator kinerja utama, Kamu bisa melakukannya dari awal untuk perusahaan.

Pastikan Anda mengingat banyak hal agar tidak ada yang kehilangan teman.

Bagaimana menerapkan Indikator Kinerja Utama efektif

Perusahaan perlu mengambil beberapa langkah untuk Indikator Kinerja Utama bekerja secara efisien. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diterapkan oleh perusahaan:

  1. Menyusun strategi perusahaan yang jelas dan realistis.
  1. Memiliki sistem pendukung.
  1. Terhubung melalui KPI.
  1. KPI adalah alat yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu.

Penting untuk mengembangkan strategi bagi perusahaan

KPI merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah perusahaan. Kita dapat menggunakan alat ini untuk mengukur kinerja karyawan, mengevaluasi materi, dan mengembangkan strategi masa depan.

Selain bisnis, Anda juga bisa membuat KPI untuk keuangan pribadi, salah satunya melalui anggaran keuangan. Meski sederhana, mencatat terbukti efektif mencegah perilaku impulsif.

Untuk mengetahui cara membuat terstruktur, Ayolah, untuk membaca eBuku Gratis dari keuangan saya Bagaimana membuat anggaran.

Selain itu, Anda bisa langsung mengatur budget dengan cara yang lebih praktis di aplikasi keuangan saya melalui Fungsi anggaran. Semoga beruntung…

Berikut ulasannya Indikator Kinerja Utama. Mari bagikan artikel ini kepada teman-teman. Pasti dibutuhkan. Terima kasih!

Editor: Ari A. Santosa

Sumber referensi:

  • admin. 14 November 2021 KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator, berikut penjelasannya. Kumparan.com – https://bit.ly/3W5CEJe
  • Mabruri Pudyas Salim. 14 September 2022 KPI adalah indikator kinerja utama, ketahui fungsinya dan bagaimana melakukannya. Liputan6.com – https://bit.ly/3CHegqw
  • Rifda Arum. Definisi indikator kinerja utama dan fungsinya. Gramedia.com – https://bit.ly/3XrW9g7
  • Shirley Chandravardhani. 12 Juli 2022 KPI: definisi, fungsi, indikator dan cara implementasinya. Kitalulus.com – https://bit.ly/3GYadsB




https://wvmuseums.org

Baca juga  Tukar Valas? Cek Dulu Kurs Dollar Hari Ini