kota terbesar di indonesia

10 Kota Terbesar di Indonesia, Kotamu Nomor Berapa?


Indonesia memiliki beberapa kota terbesar yang bergantung pada luas wilayah, jumlah penduduk dan pembangunan infrastruktur. Beberapa kota tersebut menjadi penopang perekonomian negara Indonesia karena memiliki sentra perkebunan, pertanian, dan industri kreatif.

Kota manakah yang termasuk kota terbesar di Indonesia? Daripada penasaran, yuk langsung simak detail lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Kisah Ken Dedes: Ratu Singasari dan Sosoknya

1. Jakarta

Kompas

Jakarta adalah ibu kota Indonesia, kota metropolitan dengan mobilitas penduduk yang tinggi. Infrastruktur yang sudah sangat berkembang dan juga terdapat banyak pusat bisnis di kota ini, membuat banyak orang mencoba peruntungan di Jakarta. Kota ini dapat menawarkan banyak tempat wisata seperti Kota Tua, Ancol, Dufan dan lain-lain.

Sedangkan makanan khas Jakarta antara lain Soto Betawi, Kerak Tolor, Roti Buaya dan masih banyak lagi. Sebelum menggunakan nama Jakarta, kota ini beberapa kali berganti nama, seperti Sunda Kelapa, Batavia, Jayakarta dan kemudian Jakarta yang masih digunakan sampai sekarang.

2. Surabaya

kota terbesar di indonesia
ikbis.ac.id

Surabaya masuk dalam daftar 3 kota terbesar di Indonesia dan menempati urutan kedua. Di kota yang disebut Kota Pahlawan ini terdapat ikon unik yaitu patung Sura dan Buaya. Selain itu, ada beberapa monumen yang menjadi simbol sejarah kota ini, seperti Monumen Bambu Runcing, Monumen Gubernur Suryo, dan masih banyak lainnya.

Jika Sedulur berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan destinasi wisatanya. Karena banyak sekali tempat wisata populer di Surabaya, seperti Tugu Pahlawan, Museum 10 November, Patung Buddha 4 Bentuk dan lain-lain. Selain berwisata, Sedulur juga bisa belajar di Kota Pahlawan ini. Soal masakan Sedulur, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak makanan khas Surabaya yang bisa Anda coba di Sedulur, seperti Rujak Cingur, Rawon Setan, dan Pecel Semanggi Suroboyo.

3. Bandung

Lapisan6

Bandung, juga dikenal sebagai Kota Kembang, merupakan salah satu dari 20 kota terbesar di Indonesia. Hal ini karena Bandung memiliki banyak tanaman indah yang tumbuh di taman-taman Kota Bandung. Kota Bandung juga dikenal sebagai rumah bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca juga  Sinopsis You Are My Glory, Kisah Cinta Seorang Selebriti

Karena Bandung adalah rumah bagi universitas favorit Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dan banyak universitas bergengsi lainnya.

Bandung bukan hanya kota terbesar di Indonesia, tetapi juga kota terpadat ketiga di Indonesia. Ini karena Bandung benar-benar kota industri kreatif dan pariwisata. Tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota ini antara lain Trans Studio Bandung, Kawah Putih Ciwidey dan masih banyak lagi. Produk terkenal dari kota kembang ini adalah peuiyeum, batagor, nasi kalong dan lain-lain.

BACA JUGA: 15 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

4. Medan

AntaraƱos

Kota Medan termasuk dalam daftar 10 kota terbesar di Indonesia. Kota yang terletak di pesisir pulau Sumatera ini berpenduduk lebih dari 2 juta orang. Tidak hanya itu, Medan juga merupakan pusat ekonomi utama Indonesia. Karena wilayahnya yang dekat dengan Singapura, kota Medan juga memiliki keunggulan ekonomi yang menjadikan Medan sebagai kota yang maju.

Destinasi wisata di kota yang wajib dikunjungi Sedulur ini adalah Istana Maimun, Gedung Sumatra London, Kuil Shri Mariamman dan lain-lain. Dari segi makanan, Sedulur menawarkan makanan khas Medan seperti Soto Medan, Bika Ambon, Longthong Medan dan masih banyak lagi.

5. Semarang

berita

5 kota terbesar di Indonesia berikutnya adalah Semarang. Ibukota Jawa Tengah ini merupakan kota terpadat kelima di Indonesia. Semarang juga dikenal sebagai kota jamu karena di kota ini didirikan perusahaan jamu ternama di Indonesia. Misalnya, Jamu Jago, Jamu Cap Nyonya Menir, dan Jamu Borobudur.

Salah satu peristiwa sejarah terkenal yang terjadi di kota ini adalah Pertempuran Lima Hari Semarang. Tidak hanya itu, Semarang juga memiliki banyak bangunan bersejarah seperti Lawang Sewu dan Kota Lama Semarang. Makanan khas semarang yang wajib dicoba antara lain lumpia, mangga kepala manyung, garang asem, tahu gimbal, dan masih banyak lagi.

Baca juga  90 Contoh Bio IG Keren Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris

BACA JUGA: 12 10 juta laptop pada tahun 2022 untuk konten dan game

6. Batam, Kepulauan Riau

Lapisan6

Kota Batam juga termasuk kota terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 715,00 kilometer persegi. Kota ini memiliki kekayaan alam yang menakjubkan, mulai dari lembah, perbukitan dan diakhiri dengan kekayaan laut. Apalagi kota ini juga berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura yang tentunya menguntungkan warga Batam dari segi ekonomi.

Beberapa kuliner khas yang wajib dicoba Sedulur selama menginap di Kota Batam adalah Binka Bakar, Willa Banana Cake, Bad Trunk Cake, Curry Chips, Rocklate Chocolate, Durian Cake, Dragon Fruit Cake, Bilis Melon dan beberapa makanan khas Kota Batam lainnya.

7. Klik

kota terbesar di indonesia
Lapisan6

Kota terbesar berikutnya adalah Sorong, Papua. Kota ini memiliki luas 1.105.000 kilometer persegi menjadikannya salah satu kota terbesar di Indonesia 2022. Kota Sorong sangat cocok untuk Sedulur yang akan berinvestasi real estate, karena kota ini memiliki potensi alam dan harga tanah yang relatif terjangkau.

Jika Anda berkunjung ke kota ini, Sedulur dapat menikmati destinasi wisata seperti Taman Wisata Alam Kota Sorong, Pagoga Sapta Ratna, Pulau Roca dan beberapa wisata lainnya. Dari segi makanan, Seduluru tidak perlu khawatir, Sorong memiliki berbagai jenis masakan yang wajib dicoba di Seduluru seperti Abon Gulung, Papeda, Keripik Keladi dan masih banyak lagi.

8. Pikirkan Riau

Tribunnews

Kota Dumai merupakan salah satu dari 30 kota terbesar di Indonesia. Kota Dumai terletak di provinsi Riau di pantai timur Sumatera. Infrastruktur kota Think sangat memadai, bahkan ada jalan tol menuju Pekanbaru.

Beberapa destinasi wisata yang ditawarkan kota Dumai yang perlu Anda kunjungi antara lain pantai pasir putih Koneng, hutan wisata Dumai serta pantai Purnama. Untuk kuliner, ada beberapa masakan yang wajib dimiliki di Dumai, seperti gulai udang, gulai asam kuning, bubur lambuka, dan lain-lain.

BACA JUGA: Rekomendasi 15 HP 2 juta teratas di tahun 2022 dan harganya

9. Palangkaraya

Kompas

Kota terbesar berikutnya di Indonesia adalah Palangkaraya. Kota yang merupakan ibu kota Kalimantan Tengah ini menawarkan pesona yang tidak perlu diragukan lagi. Kota Palangkaraya juga terkenal dengan industri perkayuan, lebah madu dan tanaman gaharu. Barang hasil perkebunan di kota ini sebagian besar adalah karet dan kelapa sawit. Sedangkan untuk hasil pertanian yaitu padi-padian dan hasil bumi pegunungan.

Baca juga  Tulisan Innalillahiwainnailaihirojiun dalam Arab & Indonesia

Destinasi yang ditawarkan kota yang disebut Kota Indah ini antara lain Museum Balanga, Bukit Doa Karmel, Monumen Palangkaray dan lain-lain. Palangkaraya juga menawarkan kuliner yang patut dicoba, seperti Kalumpe, Lontong Banjar, Guang Wei dan lain sebagainya.

10. Jayapura

Pikiran Rakyat

Jayapura adalah salah satu dari 10 kota terbesar di Indonesia dari segi luas. Kota ini memiliki luas 940,00 kilometer persegi. Meskipun Jayapura terletak di bagian timur, namun sudah memiliki infrastruktur yang sangat berkembang dan memadai. Kota ini diprediksi menjadi kota yang maju karena memiliki potensi besar untuk investasi real estate.

Jayapura juga memiliki banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Diantaranya adalah Teluk Yutefa, air terjun Cyclops, pantai Tablanusu, Punchak Jayapura dan lain-lain. Untuk makanannya sendiri, kota Jayapura memiliki makanan yang wajib dicoba oleh Sedulur seperti Sate Ulat Sagu, Ikan Bungkus, Kue Bagea dan masih banyak lagi.

Demikian informasi tentang kota terbesar di Indonesia. Kota terbesar di dunia adalah Tokyo, Jepang. Mungkin Sedulur baru tahu kalau Jayapura dan Sorong adalah kota besar di Indonesia. Sedangkan di bagian timur, Sorong dan Jayapura sebenarnya memiliki beberapa potensi alam yang sangat menjanjikan lho.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org