definisi

Pengertian, Contoh dan Cara Menentukan


Konfigurasi elektron merupakan salah satu materi dalam kimia yang mempelajari susunan elektron berdasarkan kulit atau orbital suatu atom. Materi ini menjelaskan bagaimana elektron didistribusikan dalam orbital atomnya.

Elektron adalah partikel subatomik yang stabil dengan muatan listrik negatif yang ditemukan di semua atom dan bertindak sebagai pembawa listrik utama dalam padatan. Istilah ini ditemukan oleh J. Johnston Stoney pada tahun 1891. Baca informasi berikut untuk mempelajari lebih lanjut tentang elektron dan cara menentukan konfigurasinya.

BACA JUGA: Hibernasi: Definisi, Proses, dan Contoh Hewan

1. Pengertian

iStock

Elektron adalah partikel subatom yang memiliki muatan dasar -1. Muatan elektron sama dengan muatan proton, tetapi memiliki tanda yang berlawanan. Konfigurasi elektronik (EC), juga dikenal sebagai struktur elektronik, adalah susunan elektron dalam tingkat energi di sekitar inti atom.

Notasi standar mengikuti atom, di mana semua subkulit atom yang mengandung elektron ditempatkan secara berurutan. Simbol yang digunakan untuk menulis konfigurasi ini dimulai dengan nomor kulit (n), diikuti dengan jenis orbital dan superscript yang menunjukkan jumlah elektron dalam orbital.

2. Fungsi

fungsi
iStock

Konfigurasi elektronik melakukan fungsi-fungsi berikut:

  • Tentukan valensi suatu unsur
  • Memprediksi sifat-sifat sekelompok unsur sedemikian rupa sehingga unsur-unsur dengan konfigurasi elektron yang sama cenderung menunjukkan sifat-sifat yang serupa.
  • Interpretasi spektrum atom

BACA JUGA: Hukum Hooke: Definisi, Bunyi, Aplikasi, Rumus, dan Contoh

3. Tabel konfigurasi dan urutannya

tabel konfigurasi elektronik
Himlab

Ada dua metode yang digunakan untuk menentukan konfigurasi elektron, yaitu metode kulit (shell method).klmn konfigurasi elektron) dan metode subkulit (konfigurasi elektron spdf). Metode kulit hanya digunakan untuk atom unsur golongan utama (golongan A). Sedangkan metode subkulit digunakan untuk atom unsur golongan transisi (golongan B).

Baca juga  12 Resep Bumbu Sate Ayam Sederhana Enak, Praktis & Mudah

Seperti yang terlihat pada t.tabel konfigurasi elektronik di atas, jjumlah elektron yang dapat ditempati oleh setiap kulit yaitu kulit pertama (kulit K) adalah 2 elektron, konfigurasi elektronik l (kulit L) 8 elektron, kulit ketiga (kulit M) 18 elektron, dan kulit keempat (kulit N) 32 elektron.

Sedangkan orde konfigurasi elektron juga dapat ditentukan pada subkulit dengan orde spd f. Urutan ini akan dijelaskan lebih lanjut di bagian selanjutnya.

4. Bagaimana menentukan konfigurasi elektron

konfigurasi
iStock

Untuk menentukan konfigurasi elektron yang benar harus mengikuti aturan yang ada. Berikut adalah beberapa aturan untuk konfigurasi elektron unsur.

1. Prinsip Aufbau

Prinsip ini dinamai menurut kata Jerman “Aufbeen”, yang berarti “membangun”. Prinsip Aufbau menyatakan bahwa elektron akan menempati orbit energi yang lebih rendah sebelum mereka menempati orbit energi yang lebih tinggi.

Energi orbital akan dihitung sebagai jumlah bilangan kuantum utama dan bilangan kuantum azimut. Menurut prinsip ini, elektron akan diisi dalam urutan berikut:

1s, 2s, 2p, 3s, 3p, 4s, 3d, 4p, 5s, 4d, 5p, 6s, 4p, 5d, 6p, 7s, 5p, 6d, 7p dan seterusnya.

Namun, ada pengecualian untuk prinsip Aufbau, seperti untuk kromium dan tembaga. Pengecualian ini terkadang dapat dijelaskan oleh stabilitas yang diberikan oleh subkulit yang terisi setengah atau penuh.

2. Prinsip pengecualian Pauli

Asas pengecualian Pauli menyatakan bahwa paling banyak dua elektron memiliki spin yang berlawanan dan dapat menempati orbital yang sama. Prinsip ini juga dapat dinyatakan sebagai “tidak ada dua elektron dalam atom yang sama yang memiliki nilai yang sama untuk keempat bilangan kuantum.”

Oleh karena itu, jika basa, azimuth, dan bilangan magnetnya sama untuk dua elektron. Keduanya harus memiliki punggung yang berlawanan.

Baca juga  Pengertian, Sifat, Himpunan dan Jenis-Jenisnya

3. Aturan seratus

Aturan ini menjelaskan urutan elektron mengisi semua orbital pada subkulit. Aturan ini menyatakan bahwa setiap orbital dalam subkulit tertentu ditempati oleh satu elektron sebelum elektron kedua mengisi orbital tersebut.

Untuk memaksimalkan spin total, semua elektron dalam orbit yang hanya berisi satu elektron akan memiliki spin yang sama, atau nilai bilangan kuantum spin yang sama.

BACA JUGA: Pengertian koneksi, jenis dan contohnya

5. Contoh

contoh konfigurasi elektronik
iStock

Mengikuti Contoh konfigurasi elektron dari beberapa atom.

1. Hidrogen. Nomor atom hidrogen adalah 1, sehingga mengandung 1 elektron. Elektron ini nantinya akan ditempatkan pada subkulit s dari kulit pertama atau orbit K. Dengan demikian, FE hidrogen dapat ditulis sebagai 1ssatu.

2. Oksigen. Nomor atom oksigen adalah 8, sehingga mengandung 8 elektron. Elektron diisi dengan urutan sebagai berikut:

  • Kulit K – 2 elektron
  • Kulit L – 6 elektron

Jadi, CE oksigen dapat ditulis sebagai 1 s.2 2 detik2 2pempat.

3. Klorin memiliki nomor atom 17. Oleh karena itu, 17 elektronnya didistribusikan sebagai berikut:

  • Kulit K – 2 elektron
  • Kulit L – 8 elektron
  • Kulit M – 7 elektron

Ke17Cl .konfigurasi elektronik dapat ditulis sebagai 1s22 detik22p63 detik23p5 atau [Ne]3 detik23r5.

Contoh lain adalah konfigurasi elektron Br, yang [Ar] 4s² 3d¹⁰ 4p⁵.

Sekian informasi tentang konfigurasi elektronik beserta contohnya dan cara menentukannya. Semoga informasi berikut dapat membantu Sedulur dalam mempelajari pelajaran kimia dengan baik. Selamat belajar!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim. Ayo, unduh aplikasinya di sini saat ini!

Baca juga  Cek Kurs Dollar Hari Ini di Bank Mandiri dan BCA

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi. Segera restock toko anda di sini secara sederhana!




https://wvmuseums.org