komunikasi interpersonal adalah

Komunikasi Interpersonal: Pengertian, Tujuan dan Prosesnya


Komunikasi interpersonal merupakan salah satu jenis komunikasi yang cenderung berkomunikasi dalam diri seseorang. Mungkin Sedulur beberapa kali mendengar istilah komunikasi personal dalam berbagai kesempatan, baik dalam seminar, diskusi ilmiah, dan sebagainya.

Namun, apakah Sedulur benar-benar memahami komunikasi interpersonal ini? Jika belum, simak ulasannya mengenai pengertian komunikasi interpersonal, tujuannya, dan proses selanjutnya!

BACA JUGA: BUMN: pengertian, fungsi, jenis, tujuan dan contohnya.

Memahami Komunikasi Antarpribadi

foto deposit

Istilah komunikasi antarpribadi terdiri dari dua kata yaitu komunikasi dan antarpribadi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunikasi adalah hubungan, kontak atau pengiriman dan penerimaan pesan dan berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Sedangkan kata interpersonal mengacu pada hubungan interpersonal.

Jadi, berdasarkan dua pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita dapat menyimpulkan bahwa komunikasi interpersonal adalah pertukaran ide, informasi, pendapat, serta perasaan yang berkaitan dengan peristiwa pribadi, sosial, organisasi, keluarga, nasional dan internasional antara dua orang. . dalam suatu hubungan, di tempat yang sama.

Komunikasi antarpribadi adalah salah satu jenis komunikasi yang paling murni dan paling mendasar di antara orang-orang. Hampir setiap hari kita menerima atau mengirim pesan dan informasi melalui mata, telinga, hidung dan indera lainnya. Nah, sebelum menanggapi segala macam informasi dan pesan, biasanya kita melakukan komunikasi intrapersonal terlebih dahulu dengan diri kita sendiri, berdasarkan persepsi atau pengalaman. Baru kemudian kita terlibat dalam komunikasi interpersonal untuk mengungkapkan pikiran kita kepada orang lain.

Selain itu, komunikasi interpersonal merupakan kebutuhan dasar manusia sebagai makhluk sosial. Ruang lingkup komunikasi tidak terbatas, dapat berlangsung di rumah, di kantor, dalam berbagai kegiatan seperti membaca, berbelanja atau menonton film.

Bentuk komunikasi intrapersonal dilakukan oleh dua pihak yang saling berhubungan dalam bentuk perasaan, pandangan, sikap terhadap masalah tertentu. Komunikasi interpersonal ini juga dapat berlangsung secara tidak langsung, seperti melalui percakapan telepon, jika dua orang terhubung secara emosional.

BACA JUGA: Pengertian kalimat: jenis, tujuan, fungsi, dan cara membuatnya

Pengertian komunikasi interpersonal menurut para ahli

komunikasi antarpribadi adalah
foto deposit

Sampai saat ini, Sedulur mengetahui definisi umum dari komunikasi interpersonal. Contoh komunikasi interpersonal adalah pertukaran pendapat, ide, perasaan, dan informasi mengenai peristiwa pribadi, sosial, organisasi, keluarga, nasional, dan internasional antara dua orang di tempat yang sama.

Baca juga  99 Asmaul Husna, Latin, Arti, dan Keutamaannya

Beberapa pakar komunikasi juga turut berkontribusi dalam wacana terkait komunikasi interpersonal ini. Di bawah ini adalah beberapa definisi komunikasi interpersonal menurut para ahli.

BACA JUGA: Hubungan Internasional: Pengertian, Tujuan dan Manfaat

1. Dekan K. Barnland

Dalam bukunya yang berjudul Komunikasi Interpersonal: Survei dan PenelitianDean K. Barnlund menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal adalah ketika beberapa orang bertemu muka, berinteraksi dan fokus pada pertukaran verbal dan non-verbal.

Ia juga memperkenalkan model komunikasi yang umum digunakan dalam komunikasi interpersonal, yaitu model komunikasi transaksional Barnlund. Model tersebut menggambarkan suatu proses komunikasi yang terjadi secara terus menerus, pengirim dan penerima informasi akan saling bertukar pesan dan bertukar tempat secara seimbang.

2. Joseph A. DeVito

Joseph A. DeVito menjelaskan konsep komunikasi interpersonal sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan yang berlangsung antara dua orang, baik dalam kelompok kecil maupun besar, dimana selalu ada efek umpan balik.

Selain itu, Joseph A. DeVito menyatakan bahwa melalui komunikasi interpersonal, seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain, mengenal mereka, dan mengenali serta mengungkapkan diri kepada orang lain. Melalui komunikasi interpersonal, seseorang dapat membangun, memelihara, merusak, atau bahkan meningkatkan hubungan komunikatif.

3. John Stewart dan Gary D’Angelo

Dalam buku oleh John Stewart dan Gary D’Angelo, Bersama: komunikasi antarpribadimereka menjelaskan bahwa komunikasi interpersonal cenderung berfokus pada kualitas komunikasi yang dilakukan oleh setiap orang.

Dengan adanya hubungan-hubungan yang timbul dalam komunikasi, maka setiap orang akan memiliki perasaan, keunikan, kelebihan dan merefleksikan hal-hal tersebut untuk dirinya sendiri. John Stewart dan Gary D’Angelo membagi peran dalam proses komunikasi menjadi dua kategori, yaitu komunikator dan komunikator.

4. Gerald R. Miller

Gerald R. Miller mendefinisikan komunikasi interpersonal dalam bukunya yang berjudul Penelitian di bidang komunikasi interpersonal. Dalam buku tersebut, komunikasi interpersonal adalah jenis komunikasi yang berbeda dari komunikasi interpersonal.

Perbedaan keduanya terletak pada aspek keanggotaan kelompok dan budaya. Komunikasi interpersonal, menurut Gerald R. Miller, lebih didasarkan pada persepsi dan respons terhadap sifat psikologis yang unik dari setiap orang.

5. Joe Ayres

Dengan mengutip pernyataan Joe Ayres, masing-masing pakar dapat mendefinisikan komunikasi antarpribadi menurut sudut pandangnya masing-masing. Dengan kata lain, tidak ada pemahaman yang sama persis tentang komunikasi interpersonal. Namun, beberapa ahli secara tidak langsung sepakat bahwa komunikasi antarpribadi adalah suatu tingkatan proses komunikasi antarmanusia.

Baca juga  Contoh Kultum Singkat yang Menarik dengan Berbagai Tema

Dalam artikel jurnalnya yang berjudul Empat Pendekatan Komunikasi Interpersonal: Review, Observasi, Prediksi, Joe Ayres memberikan penjelasan lebih lanjut dengan menambahkan empat pendekatan komunikasi interpersonal. Keempat pendekatan tersebut adalah dialog, kohesi (kohesi), proses penyampaian dan penerimaan pesan, dan retorika (speech skills).

Tujuan komunikasi antarpribadi

komunikasi antarpribadi adalah
foto deposit

Setelah mendapat penjelasan lebih lanjut dari beberapa ahli mengenai komunikasi interpersonal, bagian Sedulur ini akan diajak untuk mendalami lima tujuan utama komunikasi interpersonal.

Lima tujuan komunikasi intrapersonal adalah menemukan diri sendiri, mengungkapkan dunia luar, membentuk dan memelihara hubungan, mengubah sikap dan perilaku, membantu seseorang. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

BACA JUGA: Pengertian mitigasi beserta tujuannya dan contohnya

1. Temukan diri Anda

Tujuan dari komunikasi interpersonal adalah untuk menemukan diri sendiri. Dalam proses komunikasi, secara tidak langsung kita banyak belajar tentang orang lain dan tentunya tentang diri kita sendiri. Hal ini juga berlaku untuk komunikasi interpersonal.

Komunikasi interpersonal memungkinkan komunikator dan komunikator untuk berbicara dan berbicara secara terbuka tentang apa yang mereka sukai serta tentang diri mereka sendiri. Akibatnya, terjadi timbal balik perasaan, pikiran dan perilaku.

2. Membuka dunia luar

Dengan terlibat dalam proses komunikasi interpersonal, kita akan menjadi lebih sadar akan dunia luar. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena adanya pertukaran informasi dan pesan yang berlangsung.

3. Membentuk dan memelihara hubungan

Pembentukan dan pemeliharaan hubungan dapat dilakukan melalui komunikasi interpersonal. Ketika dua orang terlibat dalam komunikasi, mereka akan memahami setiap sisi yang terungkap selama proses tersebut.

Dengan cara ini, rasa saling pengertian secara bertahap akan muncul, yang akan membantu baik membentuk dan memelihara hubungan.

4. Mengubah sikap dan perilaku

Tahukah Anda bahwa komunikasi antarpribadi ternyata dapat mengubah sikap dan perilaku seseorang? Ya, fakta ini benar karena adanya pertukaran persepsi yang terjadi dalam proses komunikasi. Persepsi ini secara tidak langsung akan mengubah sikap dan perilaku orang tersebut.

Baca juga  5 Tips dan Desain Kalung Pria Gaul Kekinian Sesuai Tren

5. Bantu seseorang

Tentunya kita sudah mengetahui bahwa secara umum tujuan komunikasi adalah untuk membantu seseorang. Apalagi jika berbicara tentang komunikasi interpersonal, komunikasi interpersonal merupakan teknik yang tepat bagi psikolog klinis atau psikiater untuk menemukan solusi dari berbagai masalah pasien.

Selain itu, komunikasi interpersonal dalam penggunaan sehari-hari juga dapat membantu seseorang. Misalnya, ketika seorang teman bercerita tentang suatu masalah, pertukaran informasi akan mengarah pada solusi.

Komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal

komunikasi antarpribadi adalah
foto deposit

Tidak jarang orang menjadi bingung ketika menjelaskan tujuan komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal. Kesamaan kata di baliknya terkadang membingungkan sebagian dari kita.

Intrapersonal dan interpersonal merupakan bentuk utama komunikasi yang terjadi pada manusia. Perbedaan paling mendasar di antara keduanya adalah bahwa komunikasi intrapersonal terjadi ketika seseorang berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Sedangkan komunikasi interpersonal adalah pertukaran informasi, ide, pendapat dan perasaan antara dua orang.

BACA JUGA: Pengertian analisis menurut para ahli, fungsi dan tugasnya

Elemen komunikasi interpersonal

komunikasi antarpribadi adalah
Setiap piksel

Ada beberapa elemen yang mempengaruhi efektifitas proses komunikasi interpersonal. Apa saja elemen-elemen ini?

  1. keterbukaan – Keterbukaan disini mengacu pada kesediaan komunikator untuk jujur ​​dengan pesan dan informasi yang disampaikan.
  2. Simpati – Suatu keadaan di mana seseorang merasa dalam keadaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.
  3. saling mendukung – Komunikasi yang baik, terbuka dan empati adalah komunikasi yang mencakup sikap mendukung.
  4. sikap positif – Sikap positif dapat mendorong orang untuk berinteraksi dalam proses komunikasi.
  5. Persamaan – Komunikasi antara orang-orang harus memberikan kesetaraan, baik dalam hal kekuasaan atau kemampuan untuk mengekspresikan informasi dan pesan.

Demikian sedikit penjelasan tentang pengertian komunikasi interpersonal, serta tujuan dan prosesnya. Semoga artikel ini menambah pemahaman dan pengetahuan umum tentang Sedulur, ya!

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org