kewajiban manusia terhadap sungai

12 Kewajiban Manusia Terhadap Sungai yang Harus Diketahui!


Manusia sebagai makhluk sosial berkewajiban menjaga hubungan baik tidak hanya dengan orang lain, tetapi juga dengan alam, misalnya dengan sungai. Dalam menjaga hubungan baik ini, setidaknya ada 3 kewajiban manusia terhadap sungai yang harus dipenuhi.

Sungai adalah aliran air yang membawa banyak manfaat bagi seseorang. Oleh karena itu, pelestarian sungai adalah tugas semua orang. Jangan sampai, karena kelalaian belaka, orang harus merasakan konsekuensi buruk.

Lantas, apa saja kewajiban manusia terhadap sungai yang perlu Anda ketahui? Apakah ada 5 kewajiban manusia terhadap sungai atau 10 kewajiban manusia terhadap sungai? Simak di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: 7 Fakta Menarik Tentang Sungai Amazon yang Menyelamatkan Predator Liar

Sebelum membahas kewajiban manusia terhadap sungai, perlu diketahui beberapa hak asasi manusia yang berkaitan dengan sungai. Hak tersebut misalnya, seseorang berhak mengambil air dari sungai untuk berbagai keperluan, termasuk mengairi sawah. Masyarakat juga berhak memanfaatkan tumbuhan di sekitar sungai untuk menghasilkan oksigen.

Selain itu, penting untuk mengetahui manfaat sungai bagi kehidupan manusia. Contoh manfaat sungai bagi manusia adalah sungai sebagai sumber kehidupan dan sungai sebagai tempat penampung air hujan. Selain itu, sungai dapat digunakan sebagai kendaraan dan sumber pembangkit listrik.

Selain itu, menentukan hutang seseorang terhadap sungai merupakan tindakan yang harus dilakukan untuk menyelamatkan sungai. Mengetahui hak-hak kita atas sungai dan manfaat sungai bagi kita, inilah saatnya untuk mengetahui kewajiban apa yang harus kita penuhi terhadap sungai. Bagaimana menurutmu? Berikut penjelasannya.

1. Jangan membuang sampah ke sungai

iStock

Kewajiban pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga kebersihan sungai tanpa membuang sampah ke dalamnya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat sungai merupakan aliran air yang banyak didiami oleh makhluk hidup.

Baca juga  6 Cara Privasi Postingan IG atau Instagram dari Orang Lain!

Sampah-sampah yang mencemari sungai akan menghambat aliran air, dan jika dilakukan terus-menerus, tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir. Sungai-sungai kotor tidak lagi dapat digunakan dan ikan-ikan yang hidup di dalamnya perlahan-lahan mati.

BACA JUGA: 10 sungai terpanjang di dunia Terkenal dan indah di mana saja?

2. Tanam pohon

Penanaman pohon merupakan kewajiban yang harus dipenuhi untuk memperkuat tepian sungai dan mencegah abrasi. Kehadiran pepohonan dapat mencegah terjadinya longsor atau rumah roboh dan tersapu ke sungai.

3. Perawatan pohon di lingkungan

Kita tidak hanya menanam, kita juga berkewajiban menjaga dan merawat pohon-pohon tersebut. Pepohonan yang terpelihara dengan baik akan memperkuat tepian sungai dan menyegarkan lingkungan.

4. Jaga kebersihan sungai

Tugas Manusia ke Sungai Tugas Manusia ke Sungai
iStock

Menjaga kebersihan sungai dilakukan tidak hanya melalui pencegahan, misalnya larangan pembuangan sampah. Tapi ini juga bisa dilakukan jika sungainya kotor dan arusnya mulai tersumbat karena dikotori oleh sampah.

Susun agenda bersih-bersih sungai bersama warga setiap hari Minggu hingga sungai lancar. Kemudian pasang tanda yang menunjukkan bahwa sungai itu bukan tempat pembuangan sampah. Tumpukan sampah jika dibiarkan dapat menimbulkan bau tak sedap yang bisa masuk ke ruang hidup.

5. Tidak mencemari sungai

Selain timbunan sampah, faktor lain yang dapat memperburuk kondisi sungai adalah adanya pencemaran limbah. Limbah domestik, yang terus-menerus dibuang ke sungai, serta limbah industri dalam jumlah besar, merusak sungai setiap hari.

Adanya limbah menyebabkan pencemaran air yang berdampak negatif terhadap lingkungan. Ekosistem sungai terganggu dan air menjadi tidak dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, masyarakat diwajibkan untuk tidak mencemari sungai.

BACA JUGA: 12 sungai terpanjang di Indonesia dan lokasinya

Baca juga  Pengertian Usaha Kelompok Beserta Jenis & Ciri-Cirinya

6. Menjaga kelestarian hutan

Kewajiban lain yang harus dipenuhi masyarakat terkait sungai adalah menjaga kelestarian hutan. Terutama hutan di hulu sungai, karena ini merupakan tempat resapan air hujan. Dengan menjaga hutan, kita sama saja menjaga ketersediaan air yang selanjutnya akan mengalir ke sungai.

7. Pelaksanaan program Kali Bersih

Kewajiban Manusia ke Sungai
iStock

Salah satu kegiatan yang dapat dijadikan sebagai program wajib bagi masyarakat yang tinggal di wilayah sungai adalah Program Sungai Bersih. Program peningkatan kualitas air sungai juga dinilai dapat meningkatkan peran sungai dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Pelaksanaan program ini dapat meningkatkan kesadaran dan meningkatkan rasa tanggung jawab masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dan mengendalikan pencemaran air.

8. Jangan memancing dengan racun

Hal lain yang perlu kita lakukan adalah tidak memancing dengan racun. Penggunaan racun akan mengganggu ekosistem sungai karena ikan yang ditangkap akan mati karena racun.

Selain tidak aman untuk dikonsumsi, kelestarian ikan di suatu kawasan juga dapat terganggu. Apalagi jika kualitas air menjadi buruk karena racun yang menyebar di sepanjang sungai.

9. Jangan memperdalam sungai terlalu dalam

Kewajiban lainnya adalah tidak mengambil kelebihan bahan bangunan, seperti batu kali dan pasir dari endapan sungai. Pendalaman sungai yang terlalu dalam akan mengikis tanah sungai di sekitar sungai dan dapat runtuh.

BACA JUGA: Pola aliran: definisi, jenis, bentuk, dan proses

10. Buat sabuk hijau

Kewajiban Manusia ke Sungai
iStock

Komitmen lainnya adalah membuat sabuk hijau di sekitar bantaran sungai. Sabuk hijau akan memperkuat tepi sungai. Sehingga, saat musim hujan tiba dan air meluap, bebatuan tidak akan mudah meluncur.

11. Jangan membangun rumah di tepi sungai

Kewajiban yang harus dipahami semua orang adalah tidak membangun rumah di bantaran sungai. Selain berdampak negatif terhadap kualitas sungai akibat limbah rumah tangga, pembangunan rumah juga dapat menyebabkan penyempitan alur sungai yang dapat mempersulit aliran air.

Baca juga  Kota Teraman di Indonesia dan Dunia yang Perlu Kamu Ketahui

12. Melakukan sosialisasi terkait kebersihan sungai.

Kewajiban terakhir yang dapat dipenuhi adalah mensosialisasikan pentingnya sungai bagi manusia. Dengan cara ini, semakin banyak orang akan tahu dan bekerja sama untuk memenuhi kewajiban mereka terhadap sungai.

Nah, inilah 12 kewajiban manusia terhadap sungai yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sedulur dan membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian sungai-sungai di sekitar kita.

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org