kerangka berpikir

Pengertian, Contoh, & Cara Membuatnya


Dalam menyusun sebuah karya ilmiah, diperlukan suatu struktur pemikiran sebagai landasannya. Struktur berpikir itu sendiri merupakan dasar pemikiran yang didasarkan pada teori, fakta, observasi, dan tinjauan pustaka. Struktur ini dibuat ketika menggambarkan konsep penelitian.

Untuk memudahkan penulis dalam menyusun karya ilmiah, kerangka berpikir biasanya disajikan dalam bentuk visual berupa diagram yang menunjukkan jalannya pemikiran. Di sisi lain, itu juga dapat disajikan sebagai pos pemeriksaan atau daftar sirkuit yang digunakan dalam penelitian.

Jadi, apakah Sedulur ingin tahu lebih banyak tentang mood pikiran? Berikut informasi lengkap yang Super rangkum dari berbagai sumber, mulai dari pengertian, fitur, manfaat, jenis, hingga contoh dan cara membuatnya. Mari kita menonton!

BACA JUGA: Harus tahu! Inilah perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Apa itu suasana hati?

pilih bebas

Sebelum mendalami mood, sedulur lebih baik memahami maknanya terlebih dahulu.

Seperti yang telah disebutkan di bagian pendahuluan, struktur pemikiran adalah pemikiran yang mencakup teori, fakta, observasi, dan tinjauan pustaka. Struktur disusun dengan memaparkan konsep-konsep dari penelitian sebagai dasar penulisan artikel ilmiah.

Selain memberikan dasar dalam penulisan karya ilmiah, struktur pemikiran atau sering disebut dengan mood juga digunakan dalam penulisan karya tulis non ilmiah. Diasumsikan bahwa penulis dapat menulis teks yang baik sehingga pembaca juga dapat memahami tujuan dari surat tersebut.

Kerangka pikir dapat dibuat dalam bentuk diagram lengkap dengan anak panah yang menunjukkan jalan pikiran. Diagram juga merupakan visualisasi dari alur kerja sehingga penulis memiliki tautan ke bagian-bagian penting yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Di sisi lain, struktur juga dapat dibuat dalam bentuk checkpoint atau daftar skema sesuai dengan variabel yang digunakan dalam penelitian.

Pengertian Menurut Para Ahli

kerangka berpikir
pilih bebas

Agar lebih memahami arti dari mood, berikut Super juga telah merangkum pengertian yang diberikan oleh beberapa ahli yang bisa Anda simak.

  1. Dominic Dolet Unarajan

Dominicus Dolet Unarajan, dalam bukunya Metode Penelitian Kuantitatif (2019), menjelaskan bahwa struktur pemikiran adalah suatu pemikiran yang mengandung kombinasi teori dengan fakta, pengamatan, dan tinjauan pustaka. Kerangka kerja ini disusun untuk digunakan sebagai dasar dalam melakukan penelitian.

  1. Gema

Menurut Icho, mood merupakan pemahaman dasar yang akan mempengaruhi dasar pemahaman orang lain sehingga dapat dijadikan landasan berpikir yang akan dituangkan ke dalam bentuk penelitian atau bentuk tulisan.

  1. Sapto Haryoko
Baca juga  Sejarah Mainkan Pac-Man Beserta Cara Memainkannya

Menurut Haryoko, mood adalah studi yang mengkaji dua variabel atau lebih.

  1. Sugiyono

Sugyono menjelaskan bahwa konsep struktur pemikiran merupakan model konseptual yang kemudian dijadikan sebagai teori yang dikaitkan dengan beberapa faktor dalam penelitian atau yang telah diidentifikasi sebagai isu penting.

  1. Suryasomantry

Menurut Sciencemantry, struktur pemikiran adalah penjelasan yang berfungsi untuk menggambarkan dan mengurutkan semua gejala yang ada dalam suatu penelitian yang harus diselesaikan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

BACA JUGA: Contoh rumusan masalah penelitian dan cara penulisannya

Sifat karakter

kerangka berpikir
pilih bebas

Berikut adalah beberapa karakteristik suasana hati yang harus diwaspadai.

  • Disusun untuk memperjelas data variabel yang diteliti.
  • Diorganisasikan untuk menjelaskan instruksi aliran logika.
  • Dihasilkan sesuai dengan rumusan hipotesis penelitian dan mengarah pada rumusan masalah.
  • Diformulasikan dalam bentuk kalimat pernyataan.

Keuntungan

pilih bebas

Sedangkan keuntungan menyusun kerangka berpikir adalah sebagai berikut.

  • Membantu penulis dalam penyusunan karya ilmiah.
  • Membantu peneliti dalam menjelaskan setiap masalah yang diteliti dalam penelitian.
  • Hal ini memudahkan pembaca untuk memahami karya tulis.
  • Membantu peneliti menanggapi pernyataan masalah yang telah diidentifikasi.

BACA JUGA: Variabel Penelitian: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Jenis

pilih bebas

Secara umum, ada tiga jenis struktur, yaitu konseptual, teoritis dan operasional. Di bawah ini adalah penjelasan untuk masing-masing jenis framework.

1. Dasar konseptual

Kerangka konseptual adalah jenis kerangka kerja yang memiliki asumsi teoritis yang digunakan untuk merujuk pada objek yang sedang dipelajari. Jenis struktur ini dimaksudkan untuk menjelaskan alur pemikiran yang menghubungkan antara satu konsep dengan konsep lainnya. Selain itu, ada baiknya juga untuk memberikan gambaran atau gambaran tentang asumsi-asumsi yang terkait dengan variabel-variabel yang akan ditelaah nanti.

2. Latar belakang teoritis

Jenis kerangka kerja yang kedua adalah kerangka teori. Kerangka kerja ini digunakan untuk memvalidasi suatu teori untuk dijadikan kerangka teori dan memberikan penjelasan atas fenomena yang sedang dipelajari.

3. Struktur operasi

Yang terakhir adalah struktur operasional, yaitu jenis struktur yang berfungsi untuk menjelaskan suatu variabel yang telah didefinisikan sesuai dengan topik penelitian. Di sisi lain, jenis struktur ini juga dapat menjelaskan hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya.

Baca juga  Kata Orang Tentang Keistimewaan Beras Karya Alam Hijau

Cara membuat suasana hati

pilih bebas

Mengetahui arti, karakteristik, manfaat, dan jenis kerangka, Sedulur ingin tahu bagaimana membangunnya. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menciptakan suasana hati atau struktur.

  • Pertama mendefinisikan variabel dan mendefinisikan variabel. Dalam hal ini, variabel yang dimaksud adalah variabel yang digunakan dalam penelitian.
  • Kemudian menggambarkan hubungan atau hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Dengan cara ini, hubungan antara variabel yang digunakan dalam penelitian dapat dilihat.
  • Mencari referensi atau sumber kepustakaan untuk mendapatkan wawasan dan wawasan, membuka sudut pandang terhadap masalah yang diangkat.
  • Memfasilitasi pembahasan teoritis, memberikan argumentasi teoritis mengenai hubungan antar variabel yang telah dipelajari sebelumnya. Pembahasan teori ini tentunya harus logis dan jelas sehingga dapat mendukung topik penelitian dengan landasan teori.
  • Kembangkan struktur berpikir dalam bentuk diagram skema atau diagram sehingga Anda dapat menunjukkan jalannya atau proses penelitian yang perlu dilakukan. Struktur yang dibuat juga harus dapat menjelaskan kepada pembaca tentang penelitian dan karya tulis yang sedang disusun.

BACA JUGA: Contoh hipotesis penelitian beserta definisi dan jenisnya

Contoh suasana hati

pilih bebas

Di bawah ini kami telah mengumpulkan beberapa contoh kerangka kerja yang dapat dilihat dan dipelajari oleh Sedulur untuk lebih memahami materi ini.

Contoh 1: struktur skema

Sedulur dapat membuat gambar rangka terlihat seperti diagram. Biasanya, sebuah penelitian menggunakan lebih dari satu skema, sehingga strukturnya dapat disusun seperti pada contoh berikut.

Selama pandemi COVID-19, terjadi krisis ekonomi di mana-mana, seperti PHK atau pemotongan gaji di beberapa perusahaan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini ingin mengetahui variabel-variabel yang dapat digunakan untuk menghasilkan pendapatan tambahan selama masa pandemi.

Skema 1

Masalah yang terkait dengan krisis ekonomi selama pandemi COVID-19 adalah penurunan pendapatan perusahaan, yang mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan.

Skema 2

Pencarian penghasilan tambahan melalui kerja paruh waktu dan penjualan terus ditingkatkan, sehingga keadaan ekonomi keluarga tetap bisa bekerja.

Skema 3

Sebelum itu, perhatikan bahwa pekerjaan paruh waktu dan penjualan dapat meningkatkan penghasilan harian Anda. Selain itu, perlu juga diperhatikan bahwa variabel-variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pendapatan.

4. diagram

Pekerjaan paruh waktu variabel dan penjualan dapat mempengaruhi pendapatan tambahan, dan juga dapat dilakukan terus menerus.

Baca juga  Cara Mencari Jarak Sebenarnya dan Skala Pada Peta

(Sumber: Gramedia)

Contoh 2: Diagram skematik

Selain skema, Sedulur juga dapat mengembangkan struktur pemikiran dalam bentuk bagan atau diagram yang sistematis. Dalam hal ini, Sedulur dapat membuat diagram lengkap dengan panah yang menunjukkan alur pemikiran atau alur kerja yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Misalnya seperti contoh berikut.

gulungan

(Sumber: koil)

Contoh 3: dasar untuk tesis

Pembelajaran sejarah dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, tugas-tugas baik secara individu maupun kelompok. Pembelajaran sejarah membosankan, tidak menarik, dan membuat siswa mengantuk atau tidak tertarik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Siswa malas bertanya, malas menyelesaikan tugas dan malas mendengarkan penjelasan guru. Ada juga banyak tugas yang harus diselesaikan di rumah yang tidak dilakukan sendiri. Dalam proses pembelajaran, siswa lebih pasif. Kondisi ini menunjukkan bahwa siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran sejarah.

Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan proses pengajaran agar lebih meningkatkan minat siswa dan mengurangi keengganan siswa untuk belajar sejarah. Pembelajaran sejarah dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share. Proses ini lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran, saling mengajari pasangan kelompok untuk mengidentifikasi nilai-nilai kelompok. Lebih banyak siswa

aktif dalam proses pembelajaran, siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran, mendiskusikan materi dengan pasangan, berlatih mengerjakan soal, dan menulis laporan. Pada akhirnya, hal ini dapat meningkatkan minat belajar sejarah. Berdasarkan uraian di atas, kerangka berpikir dalam penelitian ini tentang kegiatan kelas dapat digambarkan sebagai berikut:

UNY

(Sumber: eBook UNY)

Ini adalah penjelasan tentang struktur pemikiran. Dapat disimpulkan bahwa kerangka berpikir merupakan elemen penting yang harus dipersiapkan ketika melakukan penelitian atau penulisan makalah. Karena struktur ini dapat menjadi pedoman terkait alur atau proses penelitian yang perlu dilakukan.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org