22 Contoh Kekuatan dan Kelemahan Diri untuk Interview

22 Contoh Kekuatan dan Kelemahan Diri untuk Interview


Salah satu pertanyaan yang biasa dilontarkan oleh pihak HRD (human resources department) kepada pelamar saat interview kerja adalah “Apa kekuatan dan kelemahan diri Anda?”. Pertanyaan tersebut sah-sah saja disinggung oleh pewawancara. Pasalnya, sebagai HRD pastilah ia ingin mengetahui sejauh mana calon karyawan baru ini paham akan dirinya sendiri.

HRD tidak akan dengan begitu saja menunjuk apa yang kurang dan apa yang lebih dari pribadi Sedulur. Dengan meminta calon karyawan baru untuk memaparkan kekuatan dan kelemahan diri, HRD sekaligus berusaha untuk menganalisis bagaimana karyawan baru ini ‘menjual’ kelebihan yang ia miliki dan bagaimana dirinya mengatasi kekurangan yang menghambat kinerja tersebut.

Diketahui, pertanyaan kekuatan dan kelemahan diri ini hampir sudah pasti akan keluar pada saat wawancara kerja. Nah, maka dari itu, ada baiknya bagi Sedulur yang sedang mencari pekerjaan atau hendak menghadapi sesi interview untuk menguasai setiap jawaban dari pertanyaan tersebut.

Jangan panik! Apabila Sedulur masih belum tahu bagaimana cara menjawab pertanyaan tentang kekuatan dan kelemahan diri, simak beberapa contohnya di bawah ini agar interview kerja berjalan sukses!

BACA JUGA: Ini Provider Internet Terbaik yang Bisa Kamu Pasang di Rumah!  

Contoh kekuatan diri untuk interview

Depositphotos

Seperti yang telah disinggung pada pembukaan di atas, HRD sudah hampir pasti meminta Sedulur untuk memaparkan kekuatan dan kelemahan diri. Biasanya, Sedulur akan diminta untuk menyebutkan masing-masing tiga, atau lima kelebihan dan kekurangan tersebut. 

Apabila Sedulur masih bingung, coba simak beberapa poin di bawah ini untuk dijadikan referensi jawaban pada saat interview kerja nanti.

1. Memiliki hasrat yang tinggi untuk belajar hal-hal baru

Jawaban “Memiliki hasrat yang tinggi untuk belajar hal-hal baru,” dapat menjadi salah satu alternatif ketika Sedulur diminta untuk menjabarkan kelebihan yang dimiliki diri sendiri. Dengan jawaban tersebut, Sedulur akan memberikan kesan bahwa Sedulur adalah pribadi yang senang ketika menemukan hal-hal baru serta memiliki niat untuk mempelajarinya.

Selain itu, jawaban tersebut juga secara tidak langsung akan meyakinkan HRD bahwa Sedulur akan tahan banting terhadap setiap tantangan baru yang ada di dalam lingkup pekerjaan tersebut.

2. Mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar

Masih menyambung dari poin di atas, ketika Sedulur memiliki hasrat yang tinggi untuk mempelajari hal-hal baru, maka tandanya Sedulur adalah pribadi yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Mengapa?

Sudah jelas bahwa jika nantinya Sedulur diterima kerja, Sedulur akan menjumpai pengalaman yang baru. Apabila Sedulur tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja maupun beradaptasi dengan tempo kerja kolega-kolega Sedulur, hal tersebut akan menghambat progres dalam perusahaan. Maka dari itu, yakinkan HRD bahwa Sedulur adalah individu yang gampang untuk beradaptasi.

3. Pribadi yang rapi dan terorganisir

Siapa sih, yang tidak ingin mempekerjakan orang yang rapi dan terorganisir? Kedua sikap tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi perusahaan, terlebih lagi untuk mereka yang memiliki operasional harian cepat. Sikap rapi dan terorganisir akan mengurangi risiko berantakannya alur pekerjaan.

4. Terbiasa menjadi pemimpin

Salah satu kemampuan yang penting dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk memimpin. Jiwa kepemimpinan ini akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk mencapai tujuan bersama. 

Untuk mengelaborasinya, Sedulur dapat menceritakan pengalaman terdahulu, seperti pengalaman memimpin organisasi, suatu proyek, kelompok tugas kuliah, dan lain sebagainya. Jangan lupa, berikan juga contoh-contoh sukses dari sifat kepemimpinan yang Sedulur miliki, ya! 

5. Mampu berbicara dengan baik di depan umum

Depositphotos

Contoh kekuatan dan kelemahan diri yang satu ini juga masih memiliki kaitan dengan kepemimpinan. Seorang pemimpin harus bisa berbicara dengan baik di depan umum, entah itu pada saat memberikan suatu penjelasan, pengarahan, dan lain sebagainya.

Sejatinya, seorang HRD dapat menganalisis kemampuan berbicara Sedulur ini hanya dengan mencermati setiap jawaban dari sesi wawancara. Apabila Sedulur terlihat terbata-bata saat menjawab pertanyaan, ada kemungkinan bahwa Sedulur belum dapat secara maksimal berbicara dengan baik di depan umum. Maka dari itu, tunjukkan bahwa Sedulur memiliki kemampuan ini dengan jawaban-jawaban yang mengesankan pada saat sesi wawancara berlangsung.

Baca juga  Rincian Modal Toko Sembako dan Proyeksi Keuntungan

BACA JUGA: 30 Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk WA Group

6. Percaya diri

Ketika Sedulur diminta untuk menjelaskan kekuatan dan kelemahan diri, Sedulur dapat memberikan jawaban “Percaya diri,”. Dengan jawaban ini, HRD akan yakin bahwa Sedulur dapat memberikan keputusan dengan penuh tanggung jawab ketika nantinya dihadapkan dengan dilema dalam pekerjaan.

7. Dapat bekerja sama dalam tim

Dalam dunia kerja, Sedulur pastinya akan dihadapkan dalam situasi bekerja sendiri atau harus bekerja sama dengan orang lain atau dalam suatu tim. Oleh karenanya, kemampuan kerja sama dalam tim adalah salah satu kelebihan yang dapat Sedulur utarakan saat diberikan pertanyaan tentang kekuatan dan kelemahan diri. 

Jawaban ini pun secara tidak langsung menunjukkan kepada pihak perusahaan bahwa Sedulur merupakan pribadi yang fleksibel, mudah beradaptasi, dan memiliki interpersonal skill yang cakap.

8. Memiliki inisiatif yang tinggi

Setiap perusahaan pastinya menginginkan karyawan yang memiliki inisiatif tinggi. Lika-liku dunia kerja mengharuskan Sedulur untuk berada satu langkah di depan problematika yang ada. Maka dari itu, sikap inisiatif sangat diutamakan ketika bekerja.

9. Dapat berkomunikasi dengan baik

Ketika Sedulur diminta untuk menjelaskan tentang kekuatan dan kelemahan diri, salah satu jawaban yang tepat adalah “Dapat berkomunikasi dengan baik,”. Seperti yang telah kita ketahui bersama, komunikasi merupakan kunci utama ketika bekerja dengan orang lain. 

Sedulur dapat menyampaikan kepada HRD bahwa Sedulur adalah seorang individu yang mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, dapat menyampaikan informasi dengan benar, menerima perintah sesuai arahan, mendengarkan dengan baik, dan juga menyampaikan pesan dalam bentuk tulisan yang tepat.

10. Terbiasa berpikir kreatif

Depositphotos

Apabila Sedulur melamar pekerjaan di industri kreatif, jawaban “Terbiasa berpikir kreatif,” akan sangat tepat diberikan untuk pertanyaan kekuatan dan kelemahan diri. Tunjukkan sisi kreatif Sedulur dengan portofolio atau hasil kerja Sedulur di tempat kerja terdahulu.

11. Fasih dalam bahasa asing tertentu

Salah satu nilai tambahan yang dapat Sedulur utarakan pada saat sesi interview pekerjaan adalah kemampuan berbahasa asing. Sudah banyak perusahaan yang bekerja dengan pihak luar, maka kemampuan bahasa asing tersebut akan memberikan nilai tambah terhadap kemampuan yang Sedulur tawarkan.

BACA JUGA: Cara Mempromosikan Diri di Jobstreet Hanya dengan 300 Kata!

Contoh kelemahan diri untuk interview

kekuatan dan kelemahan diri
Depositphotos

Seperti yang telah disinggung pada diskusi di atas, HRD sudah hampir pasti meminta Sedulur untuk memaparkan kekuatan dan kelemahan diri. Biasanya, Sedulur akan diminta untuk menyebutkan masing-masing tiga, atau lima kelebihan dan kekurangan tersebut. 

Apabila Sedulur masih bingung, coba simak beberapa poin di bawah ini untuk dijadikan referensi jawaban pada saat interview kerja nanti.

1. Belum terlalu menguasai skill tertentu

Belum terlalu menguasai skill tertentu,” dapat menjadi salah satu contoh jawaban ketika Sedulur ditanyai tentang kekuatan dan kelemahan diri. Jawaban tersebut sangat wajar untuk diberikan, terlebih lagi ketika industri pekerjaan yang Sedulur tuju ini masih sangat baru bagi Sedulur.

Namun, berikan juga solusi apa yang hendak Sedulur lakukan ketika nantinya diterima bekerja untuk mengatasi kekurangan ini. Contohnya adalah hasrat tinggi yang Sedulur miliki untuk mempelajari hal-hal baru selama bekerja. 

2. Minim pengalaman kerja

Apabila Sedulur termasuk ke dalam kategori fresh graduate, tidak ada salahnya menjawab “Minim pengalaman kerja,”. Sedulur mengakui bahwa Sedulur masih awam dengan dunia kerja. Namun, hal tersebut bukanlah menjadi halangan bagi Sedulur untuk menjajal tantangan baru. Dengan begitu, pihak HRD tidak akan ragu-ragu untuk menerima Sedulur bekerja di perusahaannya.

Baca juga  10 Resep Ayam Bumbu Merah Enak, Nikmat, Lezat & Praktis

3. Pribadi yang kurang terorganisir

Tidak ada salahnya juga untuk memberikan jawaban bahwa Sedulur merupakan pribadi yang kurang terorganisir. Sikap tersebut akan berisiko membuat flow kerja yang berantakan, performa pun menjadi tidak maksimal.

Jelaskan upaya apa yang Sedulur lakukan untuk mengatasi hal ini, contohnya dengan mencatat segala sesuatunya dalam jurnal, berusaha menepati deadline, dan lain sebagainya. 

4. Kurang sabar

Kurang sabar adalah salah satu kelemahan yang biasa dimiliki oleh kebanyakan orang. Kurang sabar dalam kasus ini berarti bahwa Sedulur ingin segera menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Nah, risiko dari sikap tersebut adalah hasil keluaran pekerjaan yang terkadang tidak sempurna.

Buktikan kepada HRD bahwa Sedulur adalah pribadi yang mengutamakan hasil kerja bagus, ketimbang waktu kerja yang singkat. 

5. Kurang percaya diri

kekuatan dan kelemahan diri
Depositphotos

Kurang percaya diri merupakan kondisi dimana Sedulur merasa memiliki banyak kekurangan ketimbang rekan-rekan kerja yang lain. Bagi Sedulur yang memiliki sifat pemalu atau tertutup, Sedulur dapat mengutarakan kepada HRD bahwa saat ini masih belum terbiasa berbicara di depan banyak orang.

Walaupun begitu, Sedulur sudah memiliki beberapa solusi dari kekurangan ini, seperti berlatih berbicara, mengikuti kursus, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: SOP adalah: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Cara Membuatnya

6. Tidak mudah untuk percaya kepada orang lain

Ada juga orang yang tidak mudah untuk percaya kepada orang lain. Biasanya dalam dunia kerja, tipikal orang tersebut tidak akan dengan begitu saja memberikan tanggung jawab atau kepercayaan perihal pekerjaan kepada orang lain. 

Ia lebih suka mengerjakannya sendiri, dimana hal itu juga secara tidak langsung menunjukkan dirinya adalah tipikal orang yang tidak mampu bekerja dalam tim. Yakinkan pihak HRD bahwa Sedulur pelan-pelan mengubah kebiasaan ini.

7. Belum terlalu mahir berbahasa asing

Ketidak mahiran akan bahasa asing tertentu dapat menghambat progres kerja Sedulur. Jika Sedulur merasa memiliki kendala ini, tidak apa-apa untuk menyampaikannya kepada pihak HRD. Sertakan juga solusi dari kelemahan ini, contohnya seperti mengikut kursus atau pelatihan bahasa secara intensif.

8. Tidak terbiasa berbicara di depan umum

Kelemahan yang satu ini masih ada kaitannya dengan percaya diri yang kurang. Sedulur dapat mengutarakan kepada HRD bahwa saat ini masih belum terbiasa berbicara di depan banyak orang. Walaupun begitu, Sedulur sudah memiliki beberapa solusi dari kekurangan ini, seperti berlatih berbicara, mengikuti kursus, dan lain sebagainya.

9. Belum terlalu menguasai penggunaan software tertentu

Sudah banyak industri yang mengharuskan penggunaan software atau aplikasi tertentu. Sampaikan bahwa Sedulur belum terlalu pandai mengoperasikan software tertentu yang digunakan oleh perusahaan impian Sedulur. 

Walaupun begitu, Sedulur harus bisa meyakinkan bahwa Sedulur adalah pribadi yang ingin dan cepat belajar banyak hal, sehingga kamu Sedulur mampu menyamai performa kawan-kawan yang lainnya.

10. Sering mengkritisi diri

kekuatan dan kelemahan diri
Depositphotos

Contoh kekuatan dan kelemahan diri yang selanjutnya adalah sering mengkritisi diri. Sejatinya, menyadari kesalahan yang dilakukan pada saat sedang bekerja merupakan sikap yang baik. Akan tetapi, jika terlalu mengkritisi diri, sikap tersebut akan berubah menjadi perfeksionis. Sedulur mengharuskan semuanya untuk sempurna, apapun situasinya.

Untuk mengurangi sikap ini, sampaikan kepada HRD bahwa Sedulur tengah belajar untuk menghargai setiap progres pekerjaan dan progres diri sendiri.

11. Terlalu perfeksionis

Masih menyambung poin di atas, sikap yang terlalu perfeksionis dapat berisiko menghambat atau memperlambat jalannya suatu pekerjaan. Bisa jadi, deadline pekerjaan akan terlewat karena Sedulur yang terlalu asyik ‘memoles’ hasil pekerjaan agar terlihat sempurna.

Sedulur dapat menyertakan solusi dari kekurangan ini kepada HRD, seperti mengubah pola kerja yang cepat namun tetap memberikan hasil yang maksimal.

Baca juga  Tertarik Franchise Indomaret? Ini Estimasi Biaya dan Syaratnya

Bocoran pertanyaan yang sering keluar pada saat interview kerja

Selain pertanyaan yang berfokus pada uraian kelebihan dan kekurangan diri Sedulur, biasanya terdapat beberapa hal yang akan HRD tanyakan pada saat wawancara kerja. Walaupun 

  • Perkenalkan diri Anda!
  • Apa yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan ini?
  • Apa alasan Anda memilih posisi pekerjaan ini?
  • Apa saja yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?
  • Dari mana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan ini?
  • Kenapa perusahaan harus menerima Anda untuk bekerja pada posisi ini?
  • Apabila Anda ditugaskan perjalanan bisnis ke luar kota dalam jangka waktu yang lama, apakah Anda siap?
  • Kontribusi apa yang dapat Anda berikan untuk membantu perusahaan mencapai visi dan misinya?
  • Apakah Anda memiliki rencana terkait pekerjaan atau keluarga dalam rentang waktu lima tahun ke depan?
  • Apa yang menyebabkan Anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya?
  • Jika perusahaan meminta Anda untuk bergabung dan bekerja secepatnya minggu depan, apakah Anda siap?
  • Kira-kira, berapa nominal yang pantas untuk gaji Anda jika telah diterima di sini?
  • Lingkungan kerja seperti apa yang akan menunjang performa Anda?
  • Bagaimana caranya Anda menyelesaikan suatu permasalahan dalam pekerjaan?
  • Jika ada orang lain yang mengkritik pekerjaan Anda, bagaimana Anda menyikapinya?
  • Apakah Anda siap jika suatu saat perusahaan meminta Anda bekerja lembur?
  • Coba deskripsikan gaya kerja Anda!” 

Tips sukses interview kerja

Nah, setelah Sedulur mengetahui bagaimana cara menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri serta bocoran-bocoran pertanyaan interview kerja yang lainnya, sekarang Sedulur sudah siap untuk menghadiri sesi wawancara tersebut.

Tetapi tunggu dulu, ada beberapa tips yang dapat Sedulur lakukan untuk mempersiapkan diri terkait pertemuan Sedulur dengan pihak HRD perusahaan yang dituju ini. Kira-kira apa saja persiapan tersebut, ya?

BACA JUGA: 8 Contoh CV Mahasiswa Magang & Kuliah untuk Referensi

  • Pakai pakaian yang sopan, sesuai dengan arahan atau budaya perusahaan.
  • Ingat! Selalu bersikap santai dan tenang selama sesi wawancara berlangsung.
  • Jauh hari sebelum interview, pelajari terlebih dahulu tentang seluk-beluk perusahaan yang dituju.
  • Berlatih simulasi interview kerja dengan orang lain atau diri sendiri.
  • Datang tepat waktu sesuai jadwal wawancara kerja.
  • Berikan penjelasan yang mudah dipahami ketika memaparkan tentang sesuatu.
  • Aktif selama sesi wawancara berlangsung, jangan sungkan untuk mencairkan suasana namun tetap dalam batasan yang sopan.
  • Berbicara dengan bahasa tubuh yang benar.
  • Persiapkan diri apabila HRD memberikan pertanyaan personal (contoh: keluarga, finansial, dan lain sebagainya).
  • Berikan kesan yang baik terhadap pewawancara pada 5 menit pertama dimulainya interview kerja.

Nah Sedulur, demikian informasi singkat mengenai contoh kekuatan dan kelemahan diri untuk interview kerja. Terdapat 22 contoh yang dapat menjadi referensi Sedulur ketika diminta untuk menjelaskan dua aspek tersebut. 

Selain itu, pembahasan di atas juga mencakup bocoran pertanyaan interview kerja yang biasanya keluar dan bagaimana caranya menghadapi sesi wawancara tersebut dengan sukses. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org