17 Rekomendasi Kecap Manis Terbaik yang Paling Enak 2022

17 Rekomendasi Kecap Manis Terbaik yang Paling Enak 2022


Bingung memilih kecap manis untuk digunakan saat memasak? Yuk, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Kecap manis merupakan salah satu komponen paling penting dalam membuat masakan. Terutama bagi pecinta makanan manis, kecap jenis ini menjadi barang yang wajib ada di dapur dan wajib ada di setiap masakan.  

Kecap manis sendiri terbuat dari kedelai hitam, gula kelapa, garam dan air. Tekstur yang kental dan rasanya yang manis selalu dapat melengkapi setiap makanan. Banyaknya merek yang menjual kecap jenis ini membuat beberapa masyarakat menjadi kebingungan dalam menentukan pilihan.

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi kecap manis yang paling enak dan digemari masyarakat pada tahun 2022. Simak informasi selengkapnya dengan baik, ya!

BACA JUGA: Bumbu Nasionalis yang Menggugah Selera Lidah

Manfaat menggunakan kecap manis

iStock

Sebelum membahas produk, alangkah lebih baik jika mengetahui manfaat menggunakan kecap manis. Berikut adalah penjelasannya.

Manfaat dalam hal kesehatan

Selain melezatkan masakan, kecap manis juga memiliki manfaat lainnya. Kecap merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein nabati yang tinggi karena terbuat dari kedelai. Protein nabati ini kaya akan asam amino yang terbukti baik untuk perkembangan sel dan jaringan otot. Kandungan zat besi, forsor, dan zink juga dapat mencegah anemia dan menstabilkan tekanan darah.

Tak hanya itu, kecap manis juga mengandung antioksidan sehingga baik untuk kulit dan dapat mencegah kanker. Kandungan isoflavon juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan kandungan vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Kecap manis juga kaya serat sehingga bisa melancarkan pencernaan. Kandu

Penambah rasa dan pewarna alami makanan

Kecap banyak digunakan dalam proses memasak karena dapat menambah rasa dan memberi warna pada makanan. Sebagai bumbu masakan, tentunya kecap manis digunakan sebagai penambah rasa. Meskipun memiliki rasa yang dominan manis, namun kecap manis juga memiliki rasa umami sehingga tidak membuat eneg.

Kecap manis juga berguna sebagai penetral rasa pedas. Bagi sebagian orang yang tidak kuat dengan rasa pedas, kecap manis dapat digunakan untuk mengontrol atau menetralkan rasa pedas dari suatu masakan.

Manfaat terakhir adalah digunakan sebagai pewarna masakan. Kecap manis memiliki warna coklat yang dapat membuat makanan terlihat semakin lezat dan menggugah selera. Contoh makanan yang dimasak dengan kecap adalah aneka bacem, sate, mie ayam, semur, dan nasi goreng.

BACA JUGA: 21 Menu Khas Makanan Surabaya Super Lezat!

Cara memilih kecap manis

kecap
iStock

Sebelum memutuskan untuk membeli,  alangkah baiknya Sedulur mengetahui cara memilih kecap manis yang sesuai. Berikut adalah penjelasannya.

Sesuaikan dengan tipe masakan

Jika Sedulur ingin membuat makanan menu bakar, seperti ayam bakar, ikan bakar, dan sate, maka pilih kecap yang kental dan pekat. Hal ini akan membuat makanan tampil dengan warna yang menggugah selera. Sedulur dapat menggunakan kecap Bango atau kecap Cap Orang Jual Sate yang sudah terbukti enak. 

Selanjutnya, jika Sedulur ingin membuat hidangan kuah, maka pilihlah kecap yang memiliki cita rasa rempah. Hidangan kuah seperti semur dan rawon akan sangat lezat jika dimasak dengan tambahan kecap rempah. Sedulur dapat menggunakan Kecap Tjap Lele dari Pati yang memiliki rasa manis berbalut asin dan gurih untuk menambah rasa dan aroma masakan.

Terakhir, jika Sedulur ingin membuat kecap sebagai pelengkap sambal cocol, maka pilihlah kecap yang memiliki kekentalan rendah atau kecap yang encer. Dengan kecap yang encer, Sedulur tidak perlu kerepotan lagi untuk mengencerkannya. 

Baca juga  7+ Rekomendasi Olahraga untuk Wanita, Biar Tetap Sehat!

Sesuaikan dengan komposisi

Tips memilih selanjutnya adalah menyesuaikan dengan komposisinya. Jika Sedulur mencari kecap yang menggunakan gula aren atau gula kelapa dan mudah ditemukan di pasaran, maka pilihlah kecap manis biasa. 

Namun jika Sedulur sedang menghindari kandungan gula yang berlebihan, maka Sedulur dapat mencari kecap dengan komposisi rendah gula. Kecap rendah gula ini dapat digunakan sebagai bumbu alternatif ketika Sedulur sedang melakukan diet.  Kecap ini biasanya menggunakan pemanis dari stevia atau sorbitol yang memiliki kalori kecil untuk menjaga kadar gula darah. Gula stevia merupakan gula yang memiliki rasa manis meskipun mengandung 0 kalori, sementara sorbitol merupakan gula yang memiliki kalori 35% lebih rendah dibandingkan gula pasir.

1. Kecap Bango

Kecap Bango

Produk kecap pertama yang menjadi rekomendasi adalah Kecap Bango. Merek kecap botol ini merupakan kecap yang paling banyak digunakan dan rasanya juga paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Telah berdiri sejak tahun 1928, Kecap Bango memberikan rasa dan kelezatan bagi masyarakat Indonesia.

Tekstur kecap yang kental berpadu dengan rasa manis dan gurih membuat Kecap Bango menjadi salah satu kecap yang selalu dipilih oleh masyarakat Indonesia. Kelebihan dari Kecap Bango adalah bisa digunakan sebagai bumbu masakan ataupun sebagai campuran makanan. Tidak hanya kecap, Bango juga memiliki varian kecap asin yang digunakan untuk melengkapi kebutuhan memasak masyarakat Indonesia.

2. Kecap Cap Orang Jual Sate

Kecap Cap Orang Jual Sate

Rekomendasi selanjutnya adalah Kecap Cap Orang Jual Sate. Selain memiliki rasa yang nikmat dan tekstur yang kental, kecap ini banyak dipilih masyarakat karena memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan kecap-kecap bermerek lainnya.

Kecap Cap Orang Jual Sate sudah berdiri sejak tahun 1888. Tak heran, kecap merek ini sudah dikenal oleh sebagian besar masyarakat karena sudah berumur sangat tua. Bahkan, sebagain besar para penjual sate juga selalu menjadikan kecap ini sebagai sebagai bahan utamanya. Tekstur dan rasa dari kecap ini sangat cocok dengan tekstur daging sehingga membuat sate memiliki rasa yang nikmat.

3. Kecap ABC

Kecap ABC

Rekomendasi kecap manis selanjutnya adalah kecap merek ABC. Meskipun tidak hanya menjual kecap saja, namun kecap dari ABC ini tetap memiliki rasa yang lezat dan tidak kalah dengan produsen yang hanya berfokus pada stu produk. Hal tersebut menunjukan bahwa kecap ABC memiliki komitmen yang kuat untuk membantu kehidupan sehari-hari masyarakat.

Kecap ABC sudah sangat terkenal sehingga memiliki slogan kecap sejuta umat. Slpgan ini muncul karena banyaknya masyarakat yang menggunakan kecap ABC sebagai bumbu masakan. Bahkan, para penjual bubur ayam, soto dan lontong juga banyak menggunakan kecap ABC sebagai bahan utama kecap manis masakannya.

4. Kecap Benteng SH

Kecap Benteng SH

Produk kecap manis selanjutnya adalah Kecap Benteng SH yang telah hadir dan melayani masyarakat sejat tahun 1920. Kecap ini dikenal karena aromanya yang wangi dan dapat mengguhan selera makan. Produk kecap ini juga merupakan produk kecap khas Indonesia.

Rasa manis dari kecap ini sangatlah kuat, namun juga tidak akan menutupi rasa lain ketika digunakan sebagai bumbu masak. Salah satu makanan yang paling cocok untuk menggunakan kecap ini adalah berbagai jenis sambal. Apalagi ketika membuat sambal manis atau sambal kecap, Kecap Banteng SH akan memberikan rasa sambal yang manis, namun tidak menutupi rasa pedas dan gurih dari sambal itu sendiri.

5. Kecap Indofood

Kecap Indofood

Indofood merupakan perusahaan yang terkenal dengan produk mie legendaris yaitu Indomie. Tidak puas dengan Indomie, Indofood juga mengembangkan produk kecap manis yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai bumbu masak.

Baca juga  18 Modem Internet 4G & 5G Terbaik Hingga Tercepat di Tahun 2022

Kecap Indofood terbuat dari campuran kedelai hitam dan kedelai kuning, yang ditambah dengan gula aren. Campuran bahan tersebut memberikan kecap Indofood rasa yang manis dan gurih yang pas untuk lidah masyarakat Indonesia. Kecap ini juga sangat cocok digunakan sebagai bumbu masakan yang dimasak dengan cara diungkep. Sebagai contoh untuk membuat tahu dan tempe bacem, atau juga membuat sambal kecap.

6. Kecap Cap Korma

Kecap Cap Korma

Selain Kecap Cap Orang Jual Sate, kecap yang cocok digunakan untuk membuat sate adalah Kecap Cap Korma. Banyak penjual sate yang sering menggunakan spanduk Kecap Cap Korma sebagai penutup toko atau warung mereka.

Kecap Cap Korma menjadi kecap andalan para penjual sate karena memiliki rasa manis dan gurih yang pas. Selain itu, tekstur dari Kecap Cap Korma juga sangat cepat meresap pada daging yang dibakar untuk membuat sate.

7. Kecap Tropicana Slim

Kecap Tropicana Slim

Tropicana Slim tidak hanya fokus dalam membuat gula manis rendah glukosa dan kalori yang aman bagi penderita diabetes, namun juga mengeluarkan  produk kecap manis yang memiliki rasa manis dan tekstur yang kental.

Sama dengan produk gulanya, kecap Tropicana Slim juga memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sedulur yang yang ingin memakan makanan manis dengan rasa kecap namun takut dengan diabetes juga dapat menggunakan kecap ini.

8. Kecap Kokita

Kecap Kokita

Kecap manis manis selanjutnya adalah Kecap Kokita. Kokita merupakan produsen bumbu-bumbu masak berkualitas yang sejak zaman dulu sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kecap ini dipercaya dapat membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat.

Kecap Kokita sudah melengkapi masakan manis setiap masyarakat Indonesia. Biasanya Kecap Kokita akan sangat cocok untuk bumbu masak dalam membuat semur, rendang ayam dan banyak masakan lainnya.

9. Kecap Sedaap

Kecap Sedaap

Rekomendasi selanjutnya adalah Kecap Sedaap. Kecap manis keluaran dari Wingsfood satu ini diakui memiliki rasa yang lebih manis dari semua merek kecap yang ada. Selain itu, Kecap Sedaap juga memiliki tekstur kental yang pas dengan rasa gurih yang melengkapi rasa manisnya.

Kecap Sedaap biasa digunakan oleh para penjual bubur sebagai bagian dari kecapnya. Karena Kecap Sedaap memiliki tekstur dan rasa yang pas jika dicampurkan dalam bubur ayam dan membuat bubur menjadi semakin kental dan gurih.

10. Kecap Mirama

Kecap Mirama

Selanjutnya adalah kecap manis dari Semarang yang telah menemani dapur masyarakat selama kurang lebih 80 tahun. Kecap Mirama memiliki banyak penggemar karena selama 80 tahun hadir, kecap ini tidak mengalami perubahan rasa sama sekali.

Kelebihan Kecap Mirama adalah tidak menggunakan bahan pengawet dan pemanis tambahan. Kecap ini biasanya digunakan sebagai campuran utama dalam membuat mie rebus atau mie goreng oleh penjual kaki lima.

11. Kecap Javara

Kecap Javara

Bagi Sedulur yang memiliki alergi terhadap kedelai, maka kecap manis yang diproduksi oleh Javara ini bisa menjadi alternatif pilihan. Kecap Javara menggunakan bahan dasar pigeon peas sebagai bahan utamanya sehingga aman dikonsumsi.

Karena bahan dasar yang berbeda dari biasanya, pembuatan Kecap Javara membutuhkan waktu yang lama, yaitu sekitar 6 bulan. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan rasa kecap yang sama persis dengan kecap dari bahan dasar kedelai. Walaupun terbuat dari bahan dasar berbeda, namun Kecap Javara juga bisa digunakan menjadi bumbu atau bahan campuran.

Baca juga  Daftar Orang Terkaya di Dunia, Seberapa Besar Hartanya?

12. Ketjap Tjap Ikan Lele

kecap
PatiNews

Rekomendasi kecap manis selanjutnya adalah merek Tjap Ikan Lele telah berdiri sejak tahun 1954. Merek kecap manis ini berasal daerah Pati, Jawa Tengah. Terkenal dengan sebutan “Kecap Lele”, kecap ini menjadi kecap manis terenak karena memiliki rasa yang sedap dan sangat pas untuk melengkapi berbagai hidangan. 

Sedulur dapat menggunakannya ketika membuat sate, tumisan, hingga hidangan berkuah. Kecap ini menggunakan pemanis gula kelapa untuk menaikkan rasanya. Selain itu, kecap ini juga ditambah dengan rempah dan bumbu rahasia sehingga memiliki rasa yang khas dan lezat. 

13. Kecap Nasional

Kecap Nasional

Merek kecap manis selanjutnya adalah Kecap Nasional. Merk kecap satu ini merupakan andalan para penjual nasi goreng. Makanan sejuta umat yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Banyak penjual nasi goreng yang menggunakan Kecap Nasional sebagai bumbu utama. Hal tersebut dikarenakan Kecap Nasional memiliki rasa dan tekstur yang kental yang sangat cocok dijadikan campuran membuat nasi goreng.

14. Kecap Sorghum

Merek kecap selanjutnya yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan sebagai bumbu masak adalah Kecap Sorghum. Kelebihan kecap ini karena mengandung mineral, protein, dan 9 asam amino esensial. Tidak hanya itu, kecap ini juga tidak mengandung MSG sama sekali.

Kecap Sorghum terbuat dari gula aren sebagai bahan utama untuk menambah rasa manisnya. Dengan begitu, kecap ini memiliki rasa yang berbeda dari jenis kecap lainnya. Kecap Sorgum sangat cocok digunakan oleh masyarakat yang terbiasa memasak makanan sehat.

BACA JUGA: 12 Resep Bumbu Sate Ayam Sederhana Enak, Praktis & Mudah

15. Kecap Cap Zebra

kecap
BogorKlik

Tak terlewatkan, salah satu kecap manis terbaik Indonesia adalah kecap Cap Zebra yang berasal dari Bogor dan sudah ada sejak tahun 1945. Kecap ini dibuat dengan bahan kedelai hitam pilihan yang telah difermentasi selama 1 bulan dengan campuran gula kelapa, garam, bumbu dan air. 

Proses pembuatan kecap manis enak ini masih dilakukan dengan cara tradisional, mulai dari fermentasi, pengolahan, hingga pengemasan. Sedulur dapat membeli kecap ini dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 2.500 – Rp 10 ribu per kemasan.

16. Djoeragan Rempah

Djoeragan Rempah

Kecap merek Djoeragan Rempah memang terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Namun kecap merek ini memiliki penggemarnya sendiri. Karena kecap jenis ini sangat aman, tidak mengandung sama sekali MSG dan GMO yang memberikan efek buruk bagi tubuh. Kecap ini juga menggunakan tambahan rempah dan juga kepala dalam bahan pembuatannya.

17. Kecap Usaha Jaya Cap Bulan

Kecap Usaha Jaya Cap Bulan

Kecap terakhir yang bisa menjadi rekomendasi adalah Kecap Usaha Jaya Cap Bulan. Kecap ini menggunakan cara pengolahan tradisional yang membuat kecap memiliki rasa lebih nikmat dan dapat menambah olahan makanan menjadi lebih sempurna.

Demikian informasi mengenai rekomendasi kecap manis terbaik yang paling enak tahun 2022. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang berkreasi dengan berbagai macam makanan. Selamat memasak!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.




https://wvmuseums.org