Inilah 10 Karakteristik Wirausaha yang Wajib Dimiliki

Inilah 10 Karakteristik Wirausaha yang Wajib Dimiliki


Kualitas dan kemampuan apa yang harus dimiliki seorang wirausahawan? Mari kita bahas lebih dalam lagi ciri-ciri dan kemampuan seorang wirausahawan.

Karakteristik dan kemampuan seorang wirausahawan

Seperti halnya profesi lain, menjadi wirausaha atau wirausaha yang memiliki usaha juga membutuhkan karakteristik dan kemampuan tertentu. Hal ini karena wirausaha adalah jantung dari bisnis yang didirikannya.

Jika ia tidak memiliki kemampuan dan karakteristik tertentu, wirausahawan akan tertinggal jauh dari rekan-rekannya. Lalu karakteristik dan kemampuan apa yang harus dimiliki seorang wirausahawan?

Hal pertama yang akan kita bahas adalah ciri-ciri seorang wirausahawan. Karakteristik mengacu pada karakter dan mentalitas yang harus dimiliki seorang wirausahawan. Kewirausahaan dapat dipelajari, sehingga kita tidak perlu merasa tidak memiliki mental wirausaha.

Karena selama mau berusaha dan belajar, seseorang harus bisa menjadi wirausahawan yang berkarakter. Nah, itulah beberapa ciri yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan.

Ciri-ciri Seorang Wirausahawan

Menurut Viryasaputra, seorang wirausahawan harus memiliki 10 ciri, yaitu:

#satu visioner

Karakteristik ini dikaitkan dengan kemampuan wirausahawan untuk melihat jauh ke depan (visioner). Mereka selalu melakukan yang terbaik di masa sekarang, membayangkan masa depan yang lebih baik. Pengusaha Visioner cenderung kreatif dan inovatif.

Contoh: Steve Jobs, pendiri dan mantan CEO Apple.

[Baca Juga: Wirausahawan, Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Membuka Bisnis Baru]

#2 Positif

Selalu bersikap positif adalah salah satu ciri seorang wirausahawan. Memiliki sikap positif berarti selalu berpikir dengan baik dan mampu mengubah segala rintangan menjadi peluang.

Contoh: Kolonel Sanders, pencipta resep Kentucky Fried Chicken (KFC).

#3 Percaya diri

Percaya diri atau sikap percaya diri adalah karakteristik yang harus dimiliki seseorang pengusaha.

Sikap ini dapat membantu seseorang mengambil keputusan dan memandu setiap inovasi yang dilakukan untuk mengembangkan bisnisnya.

Contoh: Soichiro Honda, pendiri Honda, mampu bangkit dan membangun bisnisnya yang sempat hancur akibat Perang Dunia II.

#empat autentik

Seorang wirausahawan harus memiliki orisinalitas dalam ide, inovasi, dan produknya. Hal ini tidak berarti bahwa seseorang harus menciptakan suatu produk baru, tetapi ia harus mampu memberikan nilai lebih pada produk tersebut agar dapat bersaing dengan produk yang sudah beredar.

Contoh: Keripik Maicih Seorang pengusaha yang sukses menjual kerupuk konvensional dengan kemasan yang menarik dan rasa yang unik.

7 Gaya Kepemimpinan Sir Alex Ferguson yang Harus Dicontoh Bisnis Kecil

[Baca Juga: 7 Gaya Kepemimpinan Sir Alex Ferguson yang Harus Ditiru Pebisnis UKM]

#5 Sengaja

Wirausahawan yang berkarakter harus memiliki tujuan dan sasaran tertentu. Mereka juga akan terus berinovasi untuk mencapai tujuannya.

Jika dia gagal, bukannya menyerah, pengusaha tipe ini akan membuat sasaran yang baru untuk memperbaiki kegagalan masa lalu.

Contoh: Larry Page dan Sergey Brin, pendiri situs web Google, yang terus meningkatkan situs mereka untuk menjadi situs pencarian terbaik di dunia.

#6 Gigih

Teguh (tahan terhadap cobaan) harus bergerak maju, memiliki energi dan semangat yang tinggi, pantang menyerah, tidak mudah menyerah, dan jika ia terjatuh, maka segeralah bangkit.

Contoh: Bill Gates bermimpi memiliki komputer pribadi di setiap rumah. Untuk memenuhi mimpinya, dia keluar dari studinya, Microsoft memutuskan untuk melanjutkannya. Dia melakukannya. Sekarang dia adalah salah satu orang terkaya di dunia.

#7 Siap untuk Fas a rgugatan

Setiap pengusaha harus siap dengan segala resiko. Hidup harus berputar seperti roda, terkadang kita berada di atas, terkadang kita berada di bawah.

Hal yang sama berlaku untuk kewirausahaan. Namun, bukan berarti kita harus menyerah. Sambil mempersiapkan segala resikonya, persiapkan juga rencana langkah selanjutnya agar kejadian yang dialami tidak terulang di kemudian hari.

Contoh: Michael Dell, pendiri perusahaan komputer Dell, yang berhasil mengatasi risiko menjual produk dengan bantuan trik teknis. pemasaran langsung dan berhasil menjadi pengusaha sukses di usia 34 tahun.

Pelajaran Kepemimpinan BossMan untuk UMKM - Perencana Keuangan Independen Keuangan Saya

[Baca Juga: Pelajaran Kepemimpinan dari BossMan untuk Pebisnis UMKM]

#delapan kreatif

Pengusaha kreatif akan mampu melihat setiap peluang yang ada dan mengubahnya menjadi peluang untuk berinovasi dan menciptakan peluang baru.

Contoh: George Eastment, pendiri Kodak, yang membuat merek dengan nama yang unik dan mudah diingat.

#9 Pesaing yang Sehat

Menjadi pengusaha berarti kesediaan untuk bersaing dan menjadi pesaing. Persaingan dalam dunia bisnis tidak boleh dilihat sebagai sesuatu yang negatif. Anggap saja sebagai motivasi untuk terobosan yang lebih besar lagi.

Contoh: Air minum Aqua, yang bisa bersaing dengan merek air kemasan lainnya selama bertahun-tahun.

#sepuluh Pemimpin Demokrat

Menjadi seorang wirausaha berarti kita harus mampu menjadi pemimpin yang demokratis bagi karyawan.

Kita juga harus bisa menjadi panutan dan motivator mereka. Sehingga ketika membangun bisnis, baik karyawan maupun pengusaha dapat bekerja sama untuk memajukan bisnis tersebut.

Contoh: Ir. Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia.

Wirausahawan, Ada 8 Mitos Saat Memulai Bisnis 01 - My Finansial

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Ada 8 Mitos saat Memulai Bisnis]

Kemampuan Wirausaha

Setelah membahas ciri-cirinya, kita akan membahas beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang wirausahawan. Antara lain:

# 1 Kemampuan teknis

Kemampuan pertama yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalah kemampuan teknis. Kemampuan ini meliputi keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, presentasi lisan, organisasi dan pembinaan.

#2 Kemampuan manajerial

Kemampuan ini meliputi kemampuan untuk memulai, mengembangkan dan mengelola seorang wirausaha.

#3 Kemampuan Wirausaha

Kemampuan ini mencakup kemampuan untuk menciptakan bisnis, berinovasi, berpikiran maju dan selalu mencari peluang baru di setiap kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda sendiri.

Setiap wirausahawan harus memiliki karakter dan kemampuan

Bagaimana pengusaha kita harus memiliki ciri-ciri dan kemampuan yang dijelaskan di atas.

Meskipun bisnis kita mungkin sedang atau bahkan kecil, jika kita bisa memiliki karakteristik dan kemampuan tersebut, tidak menutup kemungkinan bisnis kita akan berkembang dan sukses. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Berikan komentar dan pendapat Anda tentang artikel di atas. Anda bisa menjawab pada kolom di bawah ini, terima kasih.

Sumber referensi

  • Okta Dendy Sayyar. 08 Februari 2013 karakter wirausaha – https://goo.gl/0A5FQJ
  • Dodi Tabrani. Peluang bagi seorang wirausaha. Ukm.com – https://goo.gl/vgae5Y

Sumber Gambar:

  • Bos — https://goo.gl/bW7e5v
  • Jas – https://goo.gl/XfbQrQ




https://wvmuseums.org

Baca juga  Daftar Lengkap Limit Transfer BCA Terbaru Wajib Diketahui!