jerawat di bibir

Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir Serta Cara Mengatasinya


Pernahkah Anda mengalami masalah kulit seperti jerawat di bibir? Penyebab jerawat di bibir termasuk folikel rambut yang tersumbat serta produksi sebum yang berlebihan.

Kondisi kulit ini merupakan tempat yang ideal bagi bakteri untuk tumbuh. Jika hal ini terjadi, maka akan terjadi peradangan yang menyebabkan timbulnya jerawat. Tidak hanya jerawat, tetapi juga masalah kulit yang cenderung muncul di sekitar bibir, seperti infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Agar Sedulur terhindar dari jerawat di bibir bawah kanan, Sedulur perlu mengetahui penyebab serta cara mengatasinya. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Efektif

Penyebab jerawat di bibir

iStock

Ada banyak penyebab munculnya jerawat di sekitar bibir. Ini dapat berkisar dari masalah hormonal hingga paparan virus di dalam tubuh. Agar sedulur dapat mengatasi masalah jerawat di bibir dengan baik, perlu diketahui apa penyebabnya. Dan inilah penyebab jerawat di bibir yang perlu Anda ketahui.

1. Perubahan hormonal dalam tubuh

iStock

Penyebab pertama jerawat adalah perubahan hormonal dalam tubuh. Peningkatan kadar hormon androgenik dapat menyebabkan perubahan metabolisme sel. Biasanya, peningkatan hormon ini terjadi saat sedulur memasuki masa pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause.

2. Penggunaan produk perawatan bibir yang tidak tepat

jerawat di bibir
pilih bebas

Menggunakan produk perawatan bibir seperti lip balm terlalu sering atau tidak tepat juga dapat menyebabkan jerawat di bagian dalam bibir. Apalagi jika lip balm yang Anda gunakan cukup lembab dan tebal untuk menutup pori-pori di sekitar bibir Anda. Untuk jaring pengaman Sedulur, Anda bisa menggunakan lip balm setiap beberapa jam sekali, baik di pagi hari sebelum kelas atau di malam hari sebelum tidur.

3. Merokok

pilih bebas

Merokok tidak hanya merusak paru-paru Anda. Kebiasaan merokok juga dapat membahayakan kesehatan bibir. Hal ini karena nikotin yang menempel di bibir luar menjadi kering, menghitam dan menyebabkan jerawat. Kondisi ini juga bisa diperparah jika Sedulur jarang membersihkan area wajah dan juga tidak mengonsumsi makanan sehat.

Baca juga  Cara Belajar Efektif dan Efisien, Agar Lebih Menyenangkan

4. Penggunaan ponsel secara berlebihan

pilih bebas

Penggunaan ponsel yang berlebihan juga dapat menyebabkan jerawat. Saudara dan saudari harus tahu bahwa ponsel adalah tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman. Dengan aplikasi konstan ke daerah pipi, mulut dan dagu, dapat menyebabkan jerawat di daerah bibir.

5. Pelanggaran sistem pencernaan

pilih bebas

Salah satu penyebab munculnya jerawat di bibir adalah pelanggaran sistem pencernaan, misalnya usus, serta hati. Hal ini bisa terjadi karena sedulur sering atau terlalu banyak makan makanan pedas, makanan berminyak, atau makanan berlemak. Inilah yang menyebabkan munculnya jerawat di bibir.

6. Menggunakan krim cukur

Jawaban

Munculnya jerawat di sekitar bibir mungkin karena penggunaan krim atau minyak cukur yang salah. Pasalnya, krim atau minyak cukur bisa menyumbat pori-pori atau mengiritasi kulit di sekitar mulut. Kondisi ini bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di bibir.

7. Terlalu sering menyentuh bibir

iStock

Penyebab jerawat di bibir selanjutnya adalah terlalu sering menyentuh bibir tanpa disadari. Kebiasaan ini biasanya tidak dibarengi dengan kebersihan tangan yang baik sehingga menimbulkan jerawat di area bibir. Saat sedulur menyentuh mulut atau area wajah lainnya tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, ada risiko berpindahnya bakteri dan kuman yang menempel di tangan ke dalam mulut.

BACA JUGA: 20 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Aman dan Efektif

Apa perbedaan antara jerawat di bibir dan herpes simpleks?

jerawat di bibir
iStock

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua benjolan di bibir adalah jerawat, lho. Banyak orang masih kesulitan membedakan herpes dari jerawat sederhana dengan jerawat. Keduanya memiliki beberapa perbedaan, antara lain:

  1. Formulir

Herpes simpleks mengandung sejumlah kecil cairan, yang biasanya muncul dalam bentuk gumpalan. Lokasi herpes simpleks biasanya di bibir bawah. Sebelum lepuh muncul, seseorang yang menderita herpes jenis ini akan mengalami rasa gatal atau terbakar di area ini.

Baca juga  15 Cara Gabung PDF Menjadi Satu dengan Mudah & Cepat

  1. Lokasi muncul

Jerawat bisa muncul di beberapa area tubuh, seperti pipi, dagu, dan bibir. Sedangkan herpes simpleks biasanya hanya muncul satu arah, seperti pada bibir dan alat kelamin.

  1. Sebab

Biasanya, herpes simpleks disebabkan oleh infeksi virus yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV), sedangkan jerawat biasanya karena pori-pori yang tersumbat dan bisa juga karena infeksi bakteri.

  1. Gejala nyeri

Herpes biasanya cenderung gatal dan perih saat muncul, sedangkan jerawat biasanya hanya terasa sakit saat disentuh atau diremas. Selain itu, herpes simpleks dapat disertai dengan gejala seperti demam, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

  1. Metode transmisi

Karena disebabkan oleh virus, herpes simpleks dapat menular ke orang lain, dan jerawat, termasuk jerawat di bibir, tidak menular.

BACA JUGA: 12 penyebab kulit gatal dan cara mengatasinya

Cara menghilangkan jerawat di bibir

jerawat di bibir
pilih bebas

1. Cuci muka secara teratur

Cara pertama untuk mengatasi jerawat di bibir atas adalah dengan mencuci muka secara rutin. Mencuci wajah secara teratur 2 kali sehari, serta mencuci kepala dengan sampo, dapat mencegah jerawat.

2. Selektif dalam memilih produk perawatan kulit.

Cara selanjutnya adalah Sedulur harus selektif dalam penggunaan produk perawatan kulit khususnya perawatan wajah. Misalnya, menggunakan sabun untuk mencuci muka dan masker wajah.

3. Hindari memencet jerawat

Salah satu kebiasaan orang ketika muncul jerawat adalah dengan meremas atau memencetnya. Padahal, memencet jerawat bisa menyebabkan infeksi kulit dan menyebabkan jerawat di bibir membengkak. Jadi kalau ada jerawat di suatu tempat, jangan di pencet ya Sedulur!

4. Kompres air panas

Jika muncul jerawat di bibir kiri bawah, sedulur bisa mengatasinya dengan cara menekannya dengan air panas atau dingin. Anda dapat melakukan kompres dingin dengan es batu, yang akan membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Sedangkan kompres dengan air hangat akan membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

Baca juga  50 Tebak Tebakan Gombal yang Romantis tapi Bikin Ketawa

5. Buat scrub bibir

Untuk memulihkan kesehatan bibir, Sedulur bisa mencoba menggunakan scrub bibir yang kini banyak dijual di toko kosmetik dan apotek. Menggunakan scrub ini tidak hanya mencerahkan bibir, tetapi juga mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari bagian dalam bibir.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Tabir Surya Terbaik untuk Kulit Rawan Jerawat

Bahan Alami untuk Mengobati Jerawat di Bibir

pilih bebas
  • Jus lemon mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat efektif untuk menyembuhkan luka, termasuk jerawat di area bibir.
  • Madu mengandung senyawa antimikroba yang dapat menyembuhkan kondisi kulit, termasuk jerawat.
  • pasta kunyit Mengandung antioksidan dan agen antibakteri yang merawat kondisi kulit termasuk jerawat.
  • Masker tomat Mengandung asam salisilat, yang efektif dalam mengobati jerawat.

Rekomendasi salep jerawat di apotik

atau aku
  1. Salep dengan benzoil peroksida.
  2. Salep retinoid.
  3. Salep salisilat.
  4. asam azelaic.

Demikian informasi mengenai penyebab, serta cara mengatasi jerawat di area bibir. Untuk mengatasinya, Sedulur bisa menggunakan bahan alami seperti kunyit dan madu. Atau gunakan juga salep yang dijual bebas yang mengandung komponen asam salisilat.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga dapat menikmati kemudahan berbelanja dengan handphone. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org