16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer & Mudah Dirawat

16 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer & Mudah Dirawat


Tahukah Anda ada berapa jenis kucing di dunia? Kucing merupakan salah satu mamalia karnivora yang biasa dijadikan hewan peliharaan. Memiliki nama latin Felis silvestris catus atau kucing kucing. Bentuknya yang menawan dengan bulu yang halus dan meong yang lucu langsung membuat banyak orang jatuh hati.

Menurut International Cat Association, setidaknya ada 73 spesies kucing yang tersebar di seluruh dunia. Namun, ada 16 jenis kucing yang biasa dipelihara sebagai hewan peliharaan. Nah, jika Sedulur pecinta kucingSedulur perlu tahu tentang 16 jenis. Yuk, langsung ikuti pembahasan jenis-jenis kucing dan harganya di bawah ini!

BACA JUGA: Arti kata Vibes dalam bahasa gaul, banyak arti!

Kucing (kucing kucing)

Bersembunyi

Seperti yang telah disebutkan pada pembahasan sebelumnya, kucing adalah mamalia karnivora yang termasuk dalam keluarga kucing. Ketika seseorang menyebut kata “kucing”, biasanya mengacu pada jenis kucing peliharaan, seperti kucing domestik atau kucing peliharaan. Namun, itu juga bisa merujuk pada “kucing besar” seperti singa dan harimau, yang masih memiliki nenek moyang yang sama.

Hubungan antara kucing dan manusia

Bersembunyi

Kucing telah menjadi bagian dari kehidupan manusia setidaknya sejak 5000 SM. Saat itu, para arkeolog menemukan kerangka seekor kucing di pulau Siprus yang terkubur. Ada kuburan manusia yang dikubur dengan kucing. Ini menunjukkan bahwa hubungan antara manusia dan kucing sudah ada sebelum orang Mesir kuno.

Orang Mesir kuno sendiri telah berteman dengan kucing setidaknya sejak 3500 SM. Mereka menggunakan kucing untuk berburu tikus dan hewan pengerat lainnya yang biasanya merusak tanaman.

Selain itu, orang Mesir kuno juga menjadikan kucing sebagai hewan yang istimewa. Mereka menganggap kucing sebagai titisan dewi Bast, dewi perlindungan. Orang yang membunuh kucing akan dihukum mati, dan jika kucing itu mati, ia akan dimumikan seperti manusia. Hal ini selanjutnya didukung oleh temuan para arkeolog yang menemukan sebuah makam besar yang berisi 300.000 mumi kucing.

Di era modern ini, kucing termasuk hewan peliharaan yang paling populer di antara hewan lainnya, termasuk di Eropa dan Amerika Utara. Diperkirakan ada 500 juta kucing yang tersebar di seluruh dunia.

Seperti mamalia lain pada umumnya, kucing dibagi menjadi beberapa spesies. Menurut International Cat Association, setidaknya ada 73 spesies kucing yang tersebar di seluruh dunia. Namun, ada 16 jenis kucing yang biasa dipelihara sebagai hewan peliharaan. Apa saja 16 jenis tersebut? Yuk, simak ulasan jenis kucing dan ciri-cirinya di bawah ini!

Baca juga  Pesawat Terbesar di Dunia yang Dihancurkan Rusia

BACA JUGA: Inilah perbedaan antara parfum dan eau de parfum, jangan salah paham!

1. Kucing domestik

ras kucing
foto deposit

Kucing domestik adalah salah satu kucing paling populer dan paling umum di lingkungan kita. Di Indonesia, kucing domestik lebih dikenal dengan sebutan kucing kampung. Seperti namanya, kucing ini bisa berkeliaran dengan bebas di daerah padat penduduk.

Kucing domestik tergolong sangat mudah dipelihara. Karena kebanyakan kucing ini sudah akrab dengan manusia, mereka mudah dijinakkan dan dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Meski persiapan untuk memelihara kucing ini tergolong sederhana, namun tidak boleh dianggap remeh. Saudara-saudara tetap harus membawanya ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan untuk memastikan dia tidak membawa penyakit atau kutu selama dirawat di rumah.

2. kucing persia

ras kucing
foto deposit

Kucing persia merupakan salah satu jenis kucing domestik yang banyak dicari oleh masyarakat. Ia juga merupakan kucing ras asing pertama yang dibawa ke Thailand. Seperti namanya, kucing Persia dipercaya pertama kali muncul di Iran dan Turki.

Banyak yang terpesona dengan daya tarik kucing persia ini. Kucing memiliki kepala dan dahi bulat yang lebar, serta telinga kecil dengan ujung yang agak membulat. Ekornya relatif pendek dan kakinya kecil lucu. Sifat kucing ini sangat ramah terhadap manusia. Dia suka bermain, sering beristirahat dan menghabiskan waktu menjelajahi sudut-sudut rumah. Tidak heran kucing Persia adalah primadona di antara pecinta kucing.

BACA JUGA: Inspirasi outfit undangan dan tips memilih outfit yang tepat!

3. Kucing Angora

ras kucing
foto deposit

Tak sedikit orang yang bolak-balik saat membedakan antara kucing Persia dan kucing Angora. Dua di antaranya hampir identik. Namun, ada perbedaan yang signifikan antara kedua kucing tersebut, Sedulur!

Ciri khas kucing anggora adalah bentuk kepalanya yang berbentuk segitiga, ditumbuhi bulu seperti singa, dengan hidung mancung. Alhasil, karena keunikannya, banyak orang memelihara kucing jenis Indonesia ini. Kucing ini dibandrol dengan harga mulai dari 1 hingga 2 juta rupiah.

4. kucing siam

ras kucing
foto deposit

Salah satu ras kucing yang paling populer di Thailand adalah kucing siam. Ada tiga jenis kucing siam yang biasa dipelihara, yaitu kucing siam klasik, kucing siam tradisional, dan kucing siam modern. Ciri-ciri kucing ini adalah tubuh ramping, ekor panjang menggantung, mata biru, bulu gelap di moncong, telinga, ekor dan cakar.

Baca juga  Mudah! Inilah Cara Cek Tagihan PDAM, Bisa Dari HP

5. Kucing Ragdoll

ras kucing
foto deposit

Ragdoll adalah salah satu ras kucing paling aktif dari Amerika Serikat. Ciri-cirinya hampir mirip dengan kucing persia dan kucing siam. Namun, dia adalah salah satu kucing yang sangat senang dimanjakan oleh manusia. Jika Sedulur ingin memelihara kucing ini, Sedulur harus rajin menyisir bulunya yang panjang dan lembut.

6. Kucing Maine Coon

ras kucing
foto deposit

Kucing Maine Coon berkerabat dengan kucing domestik, tetapi tubuhnya lebih besar. Kucing ini dapat tumbuh hingga berat setidaknya 15 kg. Karena tubuh ini, jenis kucing besar yang dapat dipelihara ini mampu hidup dalam kondisi iklim yang ekstrim.

BACA JUGA: 20 Buah Tinggi Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

7. Kucing sphinx

ras kucing
foto deposit

Kucing Sphynx mungkin salah satu ras kucing yang paling unik dan mahal di antara yang lain. Karena kucing tidak memiliki bulu. Ia pun menjadi kucing yang memiliki kelenjar keringat. Karena itu, ia menjadi incaran para pecinta kucing.

8. Kucing biru Rusia

ras kucing
foto deposit

Seperti namanya, kucing Russian Blue berasal dari Rusia. Memiliki ciri bulu yang anggun dan mata hijau yang indah.

9. Kucing Singapura

foto deposit

Jenis kucing selanjutnya yang sering dipelihara adalah kucing singapore. Kucing ini memiliki ciri-ciri tubuh kecil, mata hijau atau kuning sipit, dan bulu yang menyerupai wol berwarna coklat muda.

Dia sangat ceria dan ingin tahu tentang segala sesuatu yang baru. Kucing Singapura sering dipelihara karena sangat senang berada di sekitar manusia.

10. Bobtail Jepang

foto deposit

Japanese Bobtail adalah salah satu spesies kucing yang unik karena ekornya yang pendek dan bulat. Itu berasal dari Jepang, di mana kucing adalah bagian dari kehidupan manusia ribuan abad yang lalu.

Japanese Bobtail memiliki tubuh yang kuat, aktif, dan suara lembut yang menyenangkan.

11. Kucing Bali

foto deposit

Meski disebut kucing Bali, kucing jenis ini sebenarnya bukan asli Bali. Padahal, ia adalah kerabat dekat kucing siam asal Thailand. Kucing Bali mendapatkan namanya karena bentuknya yang sangat anggun, mengingatkan pada penari tradisional Bali.

Baca juga  20 Fakta Karakter Zodiak Gemini yang Jarang Diketahui

Jenis kucing himalaya ini masih memiliki hubungan yang erat dengan kucing bali ini.

12. Scottish Fold Cusing

foto deposit

Kucing ini berasal dari Skotlandia. Scottish Folds terkenal dengan ciri khas tubuhnya yang unik, terutama bentuk telinganya yang terlipat. Kucing ini semakin marah karena matanya yang besar dengan wajah seperti burung hantu. Sebagian besar tubuhnya agak bulat dan montok, menjadikannya salah satu kucing favorit. pecinta kucing.

13. Rambut Pendek Amerika

foto deposit

American Shorthair adalah salah satu kucing paling populer karena bulu peraknya yang lucu. Sifat tubuhnya besar, bulat, dan kakinya pendek lurus.

BACA JUGA: 40 ucapan agar orang sakit cepat sembuh

14. Rambut Pendek Inggris

foto deposit

Kucing British Shorthair merupakan jenis kucing yang sangat cocok dijadikan hewan peliharaan. Bentuk tubuh yang kecil, ciri khas dan bulu yang halus, mata yang besar dan kepala yang bulat menambah daya tarik hewan kecil tersebut. Perawatannya juga sangat mudah.

15. Kucing Munchkin

foto deposit

Salah satu kucing dengan bentuk tubuh yang unik adalah kucing Munchkin. Kucing memiliki ciri khas tubuh kecil, meskipun sudah dewasa. Kakinya juga sangat pendek dan kecil. Kucing ini bisa dibeli dengan harga 900 ribu hingga 6 juta rupiah.

16. Kucing Bengal

foto deposit

Kucing Bengal sejati adalah campuran dari ras kucing yang berbeda seperti kucing Abyssinian, kucing American Shorthair, kucing Burma, Mau Mesir dan kucing Leopard Asia. Kucing Bengal masih satu keluarga dengan macan tutul. Namun, Sedulur tidak perlu khawatir karena kucing ini jinak dan sangat ramah untuk dirawat.

Untuk ras lokal, kucing ini dibanderol dengan harga Rp 10 juta.

Nah sob, sekian dulu pembahasan singkat tentang jenis-jenis kucing yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekaligus menambah pengetahuan dan pemahaman umum tentang Sedulur, ya!

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org