jenis kabel lan

Jenis Kabel LAN Beserta Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya


Salah satu kabel yang digunakan untuk menghubungkan dan jaringan adalah kabel LAN. Tersedia beberapa jenis kabel LAN dengan berbagai fitur khusus.

Dalam hal ini, kita akan membahas sendiri jenis-jenis kabel LAN lebih detail. Selain itu, kami juga membahas fitur, kelebihan dan kekurangan, serta tips pemilihan saat membeli kabel jaringan itu sendiri.

BACA JUGA: Cara Memblokir Situs Web dengan Mudah dan Mudah di Chrome

Definisi kabel jaringan

Pembelian

Sederhananya, kabel LAN berarti jaringan area lokal. Dalam artian, kabel LAN merupakan salah satu jenis kabel yang biasa digunakan untuk merakit sebuah jaringan komputer. Namun, jaringan komputer hanya lokal.

Namun, jenis kabel juga mempengaruhi kualitas sinyal dan jaringan, serta daya tahan kabel itu sendiri. Oleh karena itu, ada beberapa jenis kabel untuk kebutuhan yang berbeda. Hal tersebut akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Fungsi kabel LAN

jenis kabel jaringan
Anda ITU

Mengetahui pengertian dari kabel LAN diatas, Sedulur juga perlu mengetahui apa saja fungsi dari kabel itu sendiri. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

  • Komunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya.
  • Dapat dengan mudah mengakses komputer dari jarak jauh menggunakan program desktop manager.
  • Hubungkan komputer dengan berbagai perangkat.
  • Hubungkan komputer Anda ke router.

Jenis Kabel LAN

penelitian web

Mengetahui pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan dari kabel jaringan di atas, Sedulur juga perlu mengetahui jenis kabel jaringan mana yang terbaik. Selain jenis ini, ada juga jenis kabel jaringan straight dan crossover yang lebih spesifik.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis dan merk kabel LAN terbaik sebagai rekomendasi. Mari kita menonton!

1. Kabel UTP/twisted pair

Jenis kabel yang pertama adalah kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), atau kabel jenis ini juga sering disebut dengan kabel twisted pair. Kabel ini memiliki karakteristik dan bentuk yang sama dengan beberapa kabel utama yang dipilin dan disimpan dengan rapi.

Kabel jenis ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan untuk support LAN dan merupakan jenis kabel jaringan dari router ke PC.

2. Kabel koaksial

Selain kabel UTP, jenis kabel LAN yang kedua adalah kabel coaxial. Ini adalah jenis kabel jaringan terbaik. . Tidak seperti UTP, kabel koaksial sebenarnya terbuat dari kawat tembaga. Di luar kawat tembaga terdapat sekat berupa isolator-konduktor yang terbuat dari bahan polivinil klorida. Secara fisik kabel coaxial hampir sama dengan antena pada umumnya.

3. Kabel serat optik

Jenis kabel yang ketiga adalah kabel serat optik. Kabel ini dibuat dan dibentuk dari beberapa bundel serat, membuat kabel jenis ini lebih ringan dan fleksibel. Selain itu, kabel ini juga dapat mentransmisikan dan mengirimkan lebih banyak data.

4. kabel STP

Jenis kabel selanjutnya adalah kabel STP (Shielded Twisted Pair), yang dengannya data yang dikirimkan akan terlindungi dari gangguan. Kabel ini memiliki lapisan pelindung dari aluminium foil. Layar dapat melindungi data yang dikirimkan dari gangguan.

5. Kabel FTP

Kabel FTP (Foiled Twisted Pair) adalah kabel yang menggunakan aluminium foil untuk mencegah interferensi elektromagnetik, kabel ini terdiri dari empat pasang kabel yang dipilin menjadi satu.Selain itu kabel ini juga menggunakan aluminium foil yang dipasang langsung di bawah karet luar .

Aluminium foil bertindak sebagai isolator yang dapat menahan interferensi elektromagnetik dari luar kabel.

Kelebihan dan kekurangan kabel LAN

jenis kabel jaringan
Pemasangan

Ada juga beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis kabel LAN. Anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan kabel LAN agar dapat mempertimbangkan pilihan Anda saat membeli kabel jenis ini. Berikut kelebihan dan kekurangannya:

1. Kabel UTP/twisted pair

Keuntungan:

  • Harga kabel twisted pair umumnya lebih murah dibandingkan kabel jaringan lainnya.
  • Kabel UTP lebih mudah untuk membangun instalasinya.

Defisit:

  • Tegangan cenderung meningkat jika kabel memiliki frekuensi tinggi.
  • Pada frekuensi tinggi, kabel UTP cenderung kurang seimbang, sehingga tidak dapat mengimbangi gangguan noise.
  • Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, kabel UTP cenderung lebih mahal.
Baca juga  Rasional adalah Pemikiran yang Logis, Berikut Ciri dan Jenisnya

2. Kabel koaksial

Keuntungan:

  • Kabel coaxial jenis ini lebih aman digunakan karena terbuat dari bahan isolasi yang benar dan tebal.
  • Jenis isolator dalam coax karena lapisannya lebih tebal cukup untuk frekuensi tinggi.

Defisit:

  • Kabel koaksial memiliki fungsi transmisi data yang terbatas.
  • Karena bahan isolasinya yang tebal, kabel ini tidak fleksibel saat digunakan di berbagai jaringan instalasi.

3. Kabel serat optik

Keuntungan:

  • Lebih tahan terhadap interferensi elektromagnetik.
  • Memiliki kapasitas yang cukup besar.
  • Kabel serat optik digunakan untuk mengirimkan data jarak jauh.
  • Memiliki kecepatan tinggi.
  • Bentuk fisiknya cenderung lebih fleksibel.
  • Tahan terhadap gelombang radio

Kelemahan:

  • Harga kabel fiber optic jauh lebih mahal

4. kabel STP

Keuntungan:

  • Kabel STP memiliki kualitas yang terjamin.
  • Kabel STP cocok digunakan di daerah dengan wilayah geografis yang luas dan luas, dan kabel STP cocok digunakan di medan yang kasar.
  • Kabel STP dapat digunakan untuk jarak lebih dari 100 meter.
  • Kabel STP dapat dan memang mencegah gangguan eksternal seperti gangguan cuaca atau gangguan arus listrik.

Defisit:

  • Kabel STP harus menggunakan merek ternama atau konektor nama merek karena hal ini dapat mengakibatkan efek jaringan atau koneksi yang buruk.
  • Kabel STP memiliki harga yang sangat mahal karena memiliki kualitas yang terjamin.

5. Kabel FTP

Keuntungan:

  • FTP berperan sebagai tempat penyimpanan dimana data yang belum terkirim akan hilang atau terhapus oleh komputer dan perangkat elektronik lainnya.
  • Meskipun leverage diperlukan untuk menggunakan FTP, ada perangkat lunak yang dapat membantu, serta petunjuk tentang cara menggunakannya. Informasi Tambahan: Menggunakan FTP hanya dua langkah.
  • FTP dapat memfasilitasi pertukaran informasi dan file antar komputer. Selama proses tersebut, dilengkapi dengan sistem keamanan yang melindungi data yang Anda kirim atau terima.
  • FTP dapat membuat cadangan data dan file, termasuk mengembalikan ke situs web.
  • Mentransfer data dan informasi melalui FTP sangat sederhana dan efisien.
  • FTP dapat digunakan sebagai komputer tidak langsung atau komputer jarak jauh implisit.
Baca juga  Pengertian, Fungsi, Simbol & Contohnya

Kekurangan FTP:

  • Strukturnya tidak begitu andal sehingga administrator tidak dapat memperoleh informasi minimal tentang faktor risiko.
  • Distorsi informasi yang terjadi sehingga administrator kesulitan dalam memahami informasi yang diterima.

BACA JUGA: 8 Website Gelap Menarik yang Bisa Kamu Coba, Berani?

Tips memilih jenis kabel jaringan

Diskusi terkait saran jenis kabel akan memudahkan Sedulur untuk membeli kabel. Mengetahui kelebihan dan kekurangannya saja tidak cukup jika Sedulur ingin membeli kabel jenis ini.

Berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui saat membeli kabel jaringan, yaitu:

1. Ketahui kebutuhan jaringan Anda

Tips pertama adalah Sedulur perlu mengetahui kebutuhan jaringan itu sendiri. Mengetahui kebutuhan mereka, Sedulur dapat memilih jenis kabel yang tepat. Khusus untuk kabel internet yang berhubungan dengan koneksi.

2. Pertimbangkan kondisi keuangan

Tidak hanya mempertimbangkan kebutuhan jaringan yang Anda butuhkan, tetapi Anda juga perlu memperhatikan kondisi keuangan Anda. Setiap jenis kabel memiliki harga tersendiri. Selain itu, semakin tinggi kualitas kabel, semakin banyak uang yang dibutuhkan.

3. Pertimbangkan jenis router

Cara memilih jenis kabel selanjutnya adalah dengan memperhatikan jenis router Sedulur. Karena beberapa jenis router dengan harga murah hanya akan mendukung pengiriman data dalam jumlah tertentu. Jadi, jika router Sedulur tidak mendukungnya, membeli kabel jaringan yang berkualitas akan sia-sia.

Demikian penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis kabel LAN beserta fitur dan tips memilihnya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, khususnya yang membangun jaringan kabel LAN untuk kebutuhan koneksi internet atau telepon mereka.

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org