jenis-jenis hamster

10 Jenis Hamster yang Cocok Dipelihara & Cara Merawatnya  


Hamster merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling digemari oleh sebagian orang. Selain lucu dan menggemaskan, hamster juga cukup mudah dipelihara dan juga bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Spesies hamster sendiri terbagi menjadi berbagai jenis, antara lain hibrida, Syria, Eropa dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika Sedulur tertarik memelihara hewan yang hampir mirip tikus ini, yuk simak dulu informasi spesiesnya, mulai dari hamster termahal dan juga cara merawatnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 bahasa tertua di bumi, beberapa di antaranya digunakan hari ini

Jenis-jenis hamster

Berikut jenis-jenis hamster dan gambarnya yang bisa dijadikan hewan peliharaan oleh Sedulur.

1. Hamster hibrida

Lapisan6

Hamster pertama adalah hibrida. Hamster ini merupakan hasil persilangan antara hamster Campbell dan hamster Winter White. Karena hamster ini bukan jenis aslinya, tentu saja jumlahnya semakin berkurang bahkan terancam punah. Salah satu alasan mengapa jenis ini sulit didapat adalah klaim bahwa jenis ini akan menurunkan keaslian perkawinan dua hamster.

Harga untuk hamster hibrida berkisar dari Rs 40.000 hingga Rs 65.000 per ekor. Warna hamster ini didominasi krem ​​pucat dengan campuran abu-abu.

2. Hamster Rumania

jenis hamster
Hamsters.fandom.com

Hamster Rumania memiliki nama latin yaitu Mesocricete Newtoni yang merupakan hamster langka lainnya. Alasan terus menurunnya jumlah spesies hamster Rumania adalah karena berkurangnya habitat tempat tinggal hewan menggemaskan ini. Saudara dan saudari harus tahu bahwa hamster Rumania ini juga tidak untuk dijual.

3. Hamster Campbell

jenis hamster
gelandangan

Hamster campbell merupakan salah satu hamster kerdil yang berukuran kecil. Hamster ini memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dari jenis hamster Syria dan tidak sama dengan tikus. Meski bentuknya lucu dan menggemaskan, Sedulur harus tahu bahwa hamster ini cukup agresif, kejam dan tidak akan ragu untuk menggigit jika Sedulur tidak tahu cara mengendalikan hamster ini. Oleh karena itu, hamster Campbell tidak direkomendasikan sebagai hewan peliharaan, terutama untuk anak-anak dan pemula.

Baca juga  8 Potret Kondisi Rumah Petualangan Sherina yang Tak Terawat

4. Hamster Brandt

mamanage.com

Hamster berikutnya adalah hamster Brandt. Spesies ini saat ini semakin menurun seiring dengan semakin berkurangnya habitat alaminya, yaitu stepa dan pegunungan di Eropa Tenggara dan Timur Tengah. Bahkan Union for Conservation of Nature and Natural Resources memasukkan hamster jenis ini dalam daftar hamster langka di dunia. Karena alasan inilah hamster Brandt tidak diperbolehkan untuk dijual.

BACA JUGA: 10 kota teratas di Indonesia, berapa nomor kota Anda?

5. Hamster Suriah

jenis hamster
harga.web.id

Hamster Syria juga dikenal sebagai hamster Syria. Hamster ini memiliki nama dunia Golden Hamster. Sekarang spesies hamster Syria ini sudah langka, karena spesiesnya hampir punah. Hal ini langsung dilaporkan oleh International Union for Conservation of Nature and Natural Resources.

Hamster ini memiliki warna tubuh coklat muda dengan sedikit warna emas. Untuk ukuran tubuhnya sendiri, hamster Syria memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis hamster lainnya. Untuk harga, hamster seperti itu dibanderol sekitar 20 ribu rupiah untuk satu ekornya. Hamster Syria bisa dikatakan sebagai hamster termahal dengan harga mencapai Rp 300.000 per ekor per hari.kulit kura-kura amster suriah dan putih (tiga warna) 95.000 rupee – 300.000 rupee

6. Hamster perut hitam

Lapisan6

Hamster perut hitam berasal dari Perancis dan merupakan hamster yang langka dan terancam punah. Hamster jenis ini adalah hamster perut hitam dari Eropa. Karena hamster ini bukan spesies asli, maka hamster perut hitam asal Perancis saat ini hanya memiliki sekitar 800 ekor. Harga global hamster Black Belly ditetapkan pada $5, atau setara dengan Rs 71.000.

7. Hamster putih musim dingin

bawang.so

Winter White Hamster adalah salah satu ras hamster yang paling jinak dan penyayang. Walaupun memiliki bentuk yang hampir sama dengan jenis Campbell, namun demikian hamster ini tidak memiliki bulu yang terlalu berbulu seperti jenis Campbell. Fitur lain yang menarik dari Winter White adalah bulunya dapat berubah warna setiap musim.

Baca juga  6 Fakta Film Anunnaki yang Sempat Dicekal, Dianggap Negatif

Perubahan warna bulu ini dipengaruhi oleh perubahan pigmen rambut, yang juga dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan genetik. Di musim panas, bulu hamster ini berubah warna dari abu-abu menjadi coklat tua dan terkadang coklat pucat. Bulu di wajah mereka juga akan berubah menjadi abu-abu dan coklat, dan area mulut dan telinga akan menjadi lebih terang.

Salah satu faktor mengapa hamster ini dapat dipelihara adalah sifatnya yang lebih tenang dan ramah dibandingkan dengan hamster lainnya.

BACA JUGA: 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Hamster Roborovsky

jenis hamster
Hewata.com

Hamster berikutnya adalah Roborowski. Hamster ini merupakan hamster terkecil dan terpintar dibandingkan dengan jenis hamster lainnya. Selain itu, hamster Roborovsky juga memiliki sifat pemalu, sulit berteman dengan mereka, mereka berlari sangat cepat dan jika ditahan, mereka mudah melarikan diri. Meskipun hamster ini sulit berteman, mereka tidak menggigit. Biaya hamster Roborovsky bervariasi dari 30.000 hingga 50.000 rupee untuk satu ekor.

9. Pemburu Cina

jenis hamster
anak kecil

Hamster cina merupakan salah satu jenis hamster yang cocok sebagai hewan peliharaan. Salah satu ciri dari jenis ini adalah dapat hidup selama dua hingga tiga tahun, hamster Cina ini berwarna abu-abu atau coklat-hitam. Postur tubuh hamster cina ini memiliki bentuk yang kecil, lucu dan menggemaskan. Tak heran jika banyak orang yang ingin mendapatkan hewan ini, karena hamster ini tergolong jinak.

10 Hamster Eropa

Nonsabamedia

Seperti namanya, hamster Eropa tinggal di Eropa. Ciri khas hamster ini adalah warnanya yang unik, tubuhnya berwarna cokelat, dan cakarnya berwarna hitam. Hamster ini bisa hidup sampai umur 2-3 tahun.

Cara merawat hamster

pilih bebas

Berikut cara merawat hamster yang perlu Anda perhatikan.

  1. Pilih drum yang nyaman
  2. Menempatkan drum di tempatnya
  3. Tutup drum dengan kain kasa pada hari pertama
  4. Tunggu beberapa hati sebelum hamster dilepaskan dari kandang.
  5. Setelah hamster Anda menyesuaikan diri, pilih waktu makan standar.
  6. Ingatlah untuk membersihkan drum secara teratur
  7. Berikan Hamster Anda Lebih Banyak Waktu Di Luar Kandang
  8. Jaga hamster dengan baik
Baca juga  Daftar Orang Terkaya di Dunia, Seberapa Besar Hartanya?

Demikian informasi mengenai jenis-jenis hamster dan harganya. Sebelum memutuskan untuk mengadopsi hamster, Sedulur harus mengetahui hamster mana yang jinak dan boleh dipelihara dan hamster mana yang tidak boleh dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org