isolator adalah

Isolator & Konduktor: Pengertian Beserta Contohnya


Konduktor dan isolator adalah istilah yang sering kita dengar di dunia kelistrikan. Kedua istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan arus listrik dan arus listrik. Ini adalah dua bahan yang berbeda, pertama mereka dapat menghantarkan listrik, kedua mereka tidak dapat menghantarkan listrik.

Berbicara tentang listrik tidak dapat dipisahkan dari menghantarkan arus listrik. Konduktor dan isolator merupakan hal yang perlu dipahami dan dipelajari dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam pekerjaan kelistrikan. Agar Sedulur tidak bingung membedakannya. Yuk, pelajari materi pada pembahasan di bawah ini.

BACA JUGA: 12 kompor listrik terbaik, berkualitas dan termurah yang direkomendasikan

Apa itu isolator?

gulungan

Dalam arti, sedulur dapat berarti bahwa isolator adalah penghantar listrik yang tidak dapat menghantarkan listrik atau memutus arus listrik. Isolator adalah bahan yang tidak dapat menghantarkan panas atau listrik. Namun, peran isolator tetap penting. peran atau fFungsi isolator adalah untuk menutupi konduktor. Konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan listrik. Antara isolator dan konduktor tidak dapat dipisahkan. Keduanya berfungsi untuk saling melengkapi dalam jaringan listrik yang sedemikian kompleks.

Bahan isolasi adalah karet atau plastik. Contoh benda penyekat adalah kabel. Tentunya Sedulur sangat familiar dengan kabel, selain sebagai contoh benda penyekat di rumah, segala sesuatu yang berhubungan dengan listrik pasti menggunakan kabel. Kabel adalah contoh benda yang mengandung isolator dan konduktor. Karet atau plastik pada bagian luar kabel merupakan isolator, sedangkan bagian dalam tembaga merupakan konduktor yang menghantarkan listrik. Munculnya isolator panas disebabkan oleh kenyataan bahwa arus listrik begitu kuat dari konduktor.

Cara kerja isolator

teknisi mobil

Walaupun isolator merupakan suatu benda atau bahan yang tidak dapat menghantarkan listrik, namun bukan berarti isolator tidak diperlukan dalam suatu jaringan listrik. Suatu zat yang menghantarkan listrik ditentukan oleh seberapa mudah elektron melewatinya. Isolator adalah bahan yang mencegah aliran bebas elektron dari atom ke atom dan dari molekul ke molekul.

Pada bahan dengan resistivitas tinggi, sangat sulit bagi elektron untuk melepaskan diri dari ikatan pada inti yang terdapat dalam atom. Hal ini membuat isolator sangat sulit untuk mengalirkan arus listrik. Isolator adalah benda yang membentuk penghalang antara bagian berenergi dari rangkaian listrik dan membatasi aliran arus melalui kabel atau jalur konduktif lain yang diinginkan.

Baca juga  Pengertian, Contoh dan Cara Menentukan

Isolator kuat sering digunakan untuk menutupi atau membuat penghalang antara konduktor untuk mengontrol aliran listrik. Sebagian besar barang listrik dibuat menggunakan isolator agar tetap aman. Colokan, misalnya, memiliki rumah plastik. Kabel listrik juga dibungkus dengan karet atau plastik untuk mencegah aliran listrik ke badan atau benda lain. Fungsi isolator adalah untuk mencegah kebocoran listrik dari suatu rangkaian.

Berdasarkan cara kerja yang dijelaskan di atas, tentu saja benda yang diisolasi memiliki sifat-sifat sebagai berikut.

  1. Tahan terhadap listrik dan arus panas yang tinggi. Bahan isolasi harus mencegah aliran arus listrik/termal dari konduktor. Dengan demikian, bahan isolasi harus memiliki hambatan listrik/termal yang tinggi.
  2. Ini memiliki kekuatan dielektrik yang baik. Isolator harus memiliki kekuatan dielektrik yang baik. Kekuatan dielektrik didefinisikan sebagai tegangan maksimum yang dapat ditahan oleh suatu bahan tanpa mengurangi sifat isolasinya.
  3. Kapasitas listrik yang besar. Bahan isolasi harus memiliki kapasitansi listrik yang tinggi. Nilai ini tergantung pada jarak antara dua konduktor yang diisolasi dengan bahan isolasi, luas permukaan konduktor dan konstanta dielektrik bahan isolasi yang digunakan.

BACA JUGA: Listrik dinamis: definisi, jenis dan contoh dari kehidupan

Contoh Isolasi Objek

isolator
Apa maksudmu

Karena isolator adalah benda yang terbuat dari bahan seperti karet atau plastik, maka tentunya Sedulur mengetahui beberapa benda isolator yang mungkin sering ditemui Sedulur. Secara sederhana, benda penyekat adalah benda yang tidak dapat menghantarkan listrik.

Biasanya pada peralatan dapur benda penyekat ini digunakan sebagai pegangan panci yaitu konduktor. Ini dilakukan untuk melindungi tangan selama memasak dari pemanasan logam di wajan. Contoh isolator adalah gagang panci, panci, dan gagang besi. Ketiga benda ini biasanya terbuat dari kayu dan plastik. Kayu dan plastik menghantarkan panas secara perlahan.

Baca juga  Penasaran dengan Harga Helm MotoGP? Harganya Fantastis!

Selain itu, contoh item isolasi selanjutnya masih terkait dengan pelindung tangan saat memasak yaitu sarung tangan memasak. Sarung tangan terbuat dari kain, dan kain bersifat penyekat karena ia menghantarkan panas secara perlahan. Sarung tangan atau sarung tangan tebal dapat membantu Anda mengangkat panci atau panci agar tidak panas di tangan Anda.

Apa itu konduktor?

Foto setoran

Telah disebutkan di atas bahwa konduktor adalah bahan yang mampu menghantarkan arus listrik. Konduktor adalah suatu zat atau bahan yang dapat menghantarkan arus listrik, baik benda padat, cair, maupun gas. Karena sifat konduktif suatu zat atau benda, itu disebut konduktor.

Sedangkan isolator adalah benda yang melindungi penghantar dari gangguan pada transmisi listrik, penghantar merupakan bagian penting dari jaringan listrik. Konduktor adalah konduktor listrik yang baik karena memiliki banyak elektron bebas. Ini karena struktur molekul konduktor, yang dengan mudah melepaskan elektron eksternal. Sebagian besar logam memiliki sifat ini.

Contoh penjelajah

Foto setoran

Setelah Sedulur mengetahui bahwa contoh bahan isolator adalah plastik atau karet dan contoh konduktor adalah emas (Au), perak (Ag), tembaga (Cu), aluminium (Al), seng (Zn), besi (Fe) secara seri adalah konduktor listrik terbaik. Syarat suatu benda disebut konduktor adalah memiliki konduktivitas yang tinggi dengan hambatan yang rendah.

Beberapa benda atau barang rumah tangga yang sering kita jumpai bisa menjadi konduktor. Misalnya panci, wajan dan ceret yang merupakan benda atau peralatan dapur. Ketiga benda ini biasanya terbuat dari logam. Hal ini dikarenakan logam tersebut dapat menghantarkan panas, sehingga sedulur akan lebih mudah dimasak. Hal inilah yang membuat ketiga peralatan tersebut dapat digolongkan sebagai konduktor. Alat-alat ini dapat mentransfer panas dari api ke minyak sayur, makanan, atau air.

BACA JUGA: 15 jenis kabel listrik untuk rumah dan sistem peletakannya

Properti Penjelajah

isolator
Foto setoran

Sebagai sebuah objek, beberapa objek konduktif memiliki sifat-sifatnya sendiri. Ini adalah properti berikut.

  • Memiliki konduktivitas listrik. Konduktivitas listrik ditentukan oleh jumlah elektron bebas yang terkandung dalam bahan konduktor.
  • resistivitas kecil. Semakin rendah resistansi atau resistivitas material, semakin baik nilai konduktivitasnya.
  • Konduktivitas termal yang tinggi. Sebagian besar bahan logam memiliki konduktivitas termal yang tinggi sehingga dapat berfungsi sebagai konduktor.
  • Tegangan tarik yang kuat. Tegangan tarik dipengaruhi oleh arus dan suhu. Semakin kuat material mengatasi pengaruh suhu dan arus listrik, semakin baik material tersebut berfungsi sebagai konduktor.
Baca juga  Sejarah Muhammadiyah Beserta Tujuan dan Perkembangannya

Selain sifat-sifat objek kawat di atas. Ada beberapa syarat benda kawat yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut.

  • Konduktivitas yang baik. Semakin tinggi nilai konduktivitas suatu konduktor, semakin baik kemampuannya untuk menghantarkan listrik.
  • Kekuatan mekanik yang tinggi. Kapasitas mekanis (mechanical) adalah kemampuan suatu bahan untuk menerima beban/gaya/energi tanpa menyebabkan kerusakan pada bahan tersebut. Konduktor umumnya memiliki kekuatan mekanik yang tinggi untuk memungkinkan panas atau arus listrik mengalir dengan baik.
  • Koefisien ekspansi kecil. Bahan konduktif adalah bahan dengan koefisien muai yang rendah, sehingga bahkan pada suhu tinggi, konduktor menghantarkan listrik dengan baik.
  • modulus elastisitas yang besar. Modulus elastisitas adalah perbandingan antara tegangan dan regangan. Nilai tersebut menunjukkan ketahanan konduktor terhadap deformasi elastis dan kerusakan saat terkena tegangan tinggi atau panas.

Konduktor dan isolator adalah dua benda yang tidak dapat dipisahkan dalam arus listrik. Seperti yang bisa Anda baca pada penjelasan di atas. Kami berharap artikel ini akan membantu Sedulur untuk lebih memahami barang sehari-hari yang biasa Anda gunakan.

Ingin punya bulan tanpa repot? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah banyak atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org