inverter

Pengertian Inverter Beserta Manfaat, Jenis dan Fungsinya


Inverter adalah komponen kompleks yang menjalankan fungsi penting dalam sistem catu daya independen. Sistem ini merupakan sistem catu daya yang terpisah dari jaringan catu daya dan berfungsi untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC). Oleh karena itu, alat ini dapat digunakan di area dengan suplai daya AC terbatas.

Sumber arus searah yang dapat digunakan sebagai input inverter dapat berasal dari baterai, baterai, atau sel surya. Dengan inverter, baterai atau sel surya dapat digunakan untuk menyalakan peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, lemari es, televisi, kipas angin, dan komputer yang biasanya membutuhkan sumber listrik AC 220V atau 110V.

Baca artikel berikut untuk mempelajari lebih lanjut tentang inverter, jenis, manfaat, dan fiturnya. Ya Sedul!

BACA JUGA: Listrik dinamis: definisi, jenis dan contoh dari kehidupan

Definisi dan Definisi

iStock

Inverter atau inverter daya adalah rangkaian elektronika daya yang dapat mengubah atau mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik bolak-balik (AC) pada tegangan dan frekuensi yang diperlukan sesuai rangkaian. Inverter adalah komponen paling kompleks dalam sistem catu daya independen yang tidak bergantung pada jaringan utilitas. Inverter merupakan kebalikan dari converter atau lebih dikenal dengan adaptor.

Ada beberapa jenis inverter tergantung pada penggunaannya. Misalnya, inverter push-pull yang hanya dapat menghasilkan tegangan AC, dan inverter yang dapat menghasilkan tegangan gelombang sinus murni tanpa pencocokan.

Inverter juga dikenal sebagai transformator inverter. Trafo inverter adalah trafo yang memiliki lilitan sekunder dengan arus tinggi dan tegangan rendah. Penggunaan trafo ini merupakan kebalikan dari trafo step down yang memiliki kumparan primer lebih sedikit.

Prinsip operasi

iStock

Prinsip kerja inverter adalah mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik. Inverter membutuhkan rangkaian inverter untuk beroperasi. Rangkaian inverter adalah rangkaian yang terdiri dari generator, rangkaian saklar, dan trafo arus.

Misalnya, prinsip pengoperasian inverter adalah mensuplai catu daya (DC) dengan tegangan rendah (misalnya 12 V) ke keran tengah belitan sekunder transformator (CT). Sementara itu, dua ujung transformator lainnya (titik A dan titik B) akan dihubungkan melalui sakelar celup ke rangkaian pentanahan.

Ketika sakelar dihubungkan di titik A, arus listrik saluran 1 akan mengalir dari terminal positif baterai ke keran tengah primer transformator, yang kemudian mengalir ke titik A transformator ke ground melalui sakelar. Sedangkan pada saat saklar dipindahkan ke titik B, arus yang mengalir pada saluran 1 akan berhenti, dan arus listrik pada saluran 2 akan mulai mengalir dari terminal positif baterai ke center tap primer transformator ke bumi melalui saklar titik B. .

Saklar ON dan OFF atau titik A dan titik B pada saklar (saklar) dikendalikan oleh rangkaian osilator. Generator adalah suatu sistem yang bekerja sebagai pembangkit frekuensi 50 Hz atau pengalih arus listrik dari titik A ke titik B dan sebaliknya dengan kecepatan 50 kali per detik. Dengan demikian, arus searah yang mengalir melalui saluran 1 dan saluran 2 akan bergantian 50 kali per detik, yang setara dengan arus listrik bolak-balik dengan frekuensi 50 Hz.

BACA JUGA: Pemasangan listrik di rumah yang baik dan benar serta tipsnya

Fungsi inverter

inverter
iStock

Fungsi inverter adalah mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC). Fitur ini sangat penting karena hampir semua peralatan rumah tangga dan peralatan listrik sangat bergantung pada daya AC. Sedangkan fungsi lainnya adalah untuk mengatur dan menstabilkan tegangan keluaran listrik yang dihasilkan.

Jenis gelombang yang dihasilkan

iStock

Jenis gelombang yang dapat dihasilkan dapat berupa gelombang sinus (gelombang sinus), sinusoidal termodifikasi (gelombang sinus termodifikasi), gelombang persegi (gelombang persegi), dan gelombang modulasi lebar pulsa (gelombang termodulasi lebar pulsa). Jenis gelombang tergantung pada desain rangkaian inverter yang dipertimbangkan.

Meskipun memiliki beberapa bentuk gelombang, bentuk gelombang yang paling banyak digunakan saat ini adalah gelombang sinus dan gelombang sinus termodifikasi.

BACA JUGA: Rangkaian Listrik: Pengertian, Komponen, Jenis dan Rumusnya

Jenis inverter

inverter
iStock

satu. Gelombang sinus persegi

Pertama, ini Gelombang sinus persegi yang merupakan rangkaian sinyal gelombang persegi. Dengan gelombang persegi, jenis ini tidak cocok jika digunakan untuk jenis transformator atau beban kumparan tertentu seperti lemari es. Hal ini karena jenis ini dapat merusak peralatan elektronik.

2. Gelombang sinus murni

Lanjut Gelombang sinus murni yang merupakan tipe dengan output terbaik dari tipe lainnya. Hal ini karena sebagian besar peralatan listrik di pasaran telah dirancang untuk bekerja secara optimal dengan sumber listrik AC gelombang sinus murni.

Tipe ini memiliki karakteristik gelombang yang dapat bekerja secara optimal pada peralatan elektronik apapun karena gelombang yang dihasilkan sama murninya dengan yang dibangkitkan oleh PLN. Dengan demikian, kelebihan dari inverter jenis ini adalah memiliki efisiensi energi yang lebih tinggi karena mengkonsumsi lebih sedikit energi.

Baca juga  Pengertian, Jenis Produk dan Contohnya

3. Gelombang sinus yang dimodifikasi

Hal terakhir Gelombang sinus yang dimodifikasi yang merupakan gelombang modifikasi dari gelombang persegi (gelombang sinus persegi panjang). Berbeda dengan tipe unmodified, tipe ini dapat menciptakan gelombang dengan karakteristik yang dapat digunakan untuk kumparan.

Meski bisa digunakan, jenis ini memiliki kekurangan yaitu hasilnya kurang maksimal. Tidak hanya itu, gelombang modifikasi jenis ini juga cenderung menyebabkan rugi daya pada skala yang lebih tinggi. Oleh karena itu, rangkaian modifikasi bentuk gelombang jenis ini tidak disarankan untuk digunakan pada peralatan elektronik yang cenderung sensitif, seperti peralatan audio.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis-jenis inverter yang ada di pasaran. Saudara dapat memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

satu. Sumber daya tanpa hambatan (UPS)

terbaikku

Ini adalah kombinasi dari inverter dengan penyearah dan stabilizer. Dalam hal ini, inverter mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik, dan penyearah bekerja sebaliknya. Dengan demikian, peran penyearah adalah mengisi baterai dengan tegangan.

Di sisi lain, inverter akan berperan dalam mengembalikan arus PLN, dan regulator akan menstabilkan tegangan pada penyearah dan kemudian memastikan baterai dapat diisi pada tegangan optimal.

BACA JUGA: Listrik Statis: Pengertian, Gejala, Manfaat, Contoh dan Bahayanya

2. Inverter portabel/mobil

inverter
Depot Rumah

Jika Sedulur memiliki atau sering mengisi baterai ponsel di dalam mobil, maka Sedulur menggunakan tegangan AC di dalamnya. Meskipun jenis ini tersebar luas dan digunakan, namun jenis ini memiliki kelemahan yaitu daya yang sangat kecil, yaitu tidak melebihi 200 watt.

Tenaga yang sangat kecil ini disebabkan karena sumber tenaganya diambil dari aki mobil. Menggunakan jenis ini juga dapat menyebabkan baterai cepat mati karena arus listrik digunakan bersamaan dengan daya yang digunakan untuk menjalankan mobil.

3. inverter surya

iStock

inverter surya adalah jenis yang digunakan untuk mengubah tegangan DC dari baterai surya dan baterai dalam tegangan AC. Tipe ini juga dilengkapi dengan charger, sehingga bisa digunakan untuk mengisi baterai sekaligus.

empat. Penggerak kecepatan variabel

inverter
iStock

Penggerak kecepatan variabel (VSD) adalah kombinasi dari inverter dan rectifier, seperti pada UPS. Bedanya inverter tidak dilengkapi dengan baterai seperti UPS, dan konversi yang dilakukan pada tipe ini digunakan untuk kebutuhan. digitalisasi.

VSD dapat mengatur frekuensi tegangan DC dan kemudian mengubahnya kembali menjadi tegangan AC. Karena fungsinya yang unik, konverter frekuensi biasanya digunakan pada perangkat listrik tipe induksi seperti motor listrik.

Baca juga  Kurs Dollar Hari Ini di BCA dan Bank Mandiri

BACA JUGA: 15 jenis kabel listrik untuk rumah dan sistem peletakannya

Manfaat menggunakannya

iStock

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan inverter.

1. Terhubung dengan perangkat elektronik

Keuntungan pertama adalah kemampuan untuk terhubung ke perangkat elektronik. Sedulur dapat menghubungkan inverter daya ke perangkat elektronik seperti TV, tablet, dan pemutar CD jika beroperasi di bawah daya terukurnya sebagai sumber daya cadangan.

Alat ini biasanya juga dicolokkan ke pemantik rokok mobil dan secara otomatis mematikan daya saat arus melebihi DC 12V. Namun, untuk menghindari kendaraan tidak dapat hidup karena tegangan rendah, alat ini harus digunakan saat mesin kendaraan hidup.

2. Hubungkan ke aki mobil

Keuntungan kedua adalah terhubung ke aki mobil. Dengan demikian, Sedulur dapat menerima tegangan 220V 50Hz untuk kebutuhan domestik. Kakak bisa pilih tipenya gelombang sinus termodifikasi yang tidak mahal atau gelombang sinus murni yang lebih mahal untuk penggunaan sehari-hari.

Dengan menghubungkan ke baterai, Sedulur dapat mengisi daya perangkat di dalam kendaraan seperti alat cukur elektronik, kamera, tablet, senter, dan kulkas mini. Namun, jika Sedulur ingin menggunakan peralatan berdaya tinggi, pastikan peringkat daya alat berada dalam kisaran daya yang diizinkan.

3. Hubungkan ke kendaraan listrik

Keuntungan selanjutnya adalah koneksi ke kendaraan listrik. Anda dapat membeli inverter DC 12V karena konverter DC/DC pada kendaraan listrik membutuhkan tegangan input 48V dan memberikan tegangan output 12V.

Meskipun Sedulur dapat dibeli dengan input 48V, jenis ini mudah kelebihan beban karena arus maksimumnya adalah 10A. Oleh karena itu, paling baik digunakan bersama dengan konverter tegangan yang menyediakan daya.

Nah, itulah informasi mengenai pengertian inverter, serta jenis, kelebihan, dan fungsinya. Saya harap informasi ini akan membantu Sedulur memahami alat apa yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat belajar!

Ingin menghabiskan sebulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org