topup gopay

Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Aturannya


Sobat Finansialku pasti sudah tidak asing dengan istilah internship? Namun, apa sebenarnya internship itu? Apakah internship juga mendapatkan gaji seperti karyawan pada umumnya?

Cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Summary:

  • Program internship dalam dunia kerja bisa jadi batu lompatan untuk karier seorang mahasiswa atau fresh graduate
  • Salah satu manfaat yang akan seseorang dapatkan dalam internship adalah menambah relasi, yang mana hal itu sangat penting dalam mendongkrak karier.

 

Apa Itu Internship?

Bagi mahasiswa, internship adalah salah satu pengalaman berharga yang harus mereka tempuh sebelum terjun langsung ke dunia kerja.

Pasalnya, pengalaman internship dapat melatih mental serta menambah pengetahuan dan kemampuan seseorang untuk menunjang karir di masa depan.

Lantas, apa pengertian internship? Internship atau magang adalah sebuah program pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga atau perusahaan kepada seseorang.

Melalui program internship, nantinya seseorang akan mendapatkan berbagai bimbingan terkait pekerjaan, serta memperoleh skillset atau networking di dunia pekerjaan.

Hal inilah yang akan mereka gunakan sebagai penunjang karir setelah memasuki dunia kerja.

Umumnya, program internship ini identik dengan mahasiswa, terutama bagi para mahasiswa yang sudah berada di tingkat akhir perkuliahan. 

Misalnya, untuk memenuhi mata kuliah, atau sekadar mencari pengalaman sebelum bekerja.

Kegiatan internship biasanya berlangsung dalam periode waktu tertentu. Mulai dari satu bulan, tiga bulan, bahkan dua belas bulan.

Selain itu, kegiatan magang ini juga bergantung pada kesepakatan antara kedua belah pihak, yaitu pihak perusahaan atau lembaga dengan intern atau peserta magang.

 

Tujuan dari Internship untuk Karir

Seperti yang telah Finansialku sebutkan di atas, program internship ini bertujuan supaya para intern nantinya memiliki persiapan sebelum terjun ke dunia kerja.

Bagi para mahasiswa, program internship ini juga menjadi salah satu tempat yang bisa digunakan untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang mereka dapatkan selama masa perkuliahan.

Pada dasarnya, tujuan utama program internship adalah untuk memberi bantuan kepada seseorang agar mereka dapat menguasai sebuah keahlian tertentu.

Para peserta magang juga dapat melihat seperti apa dunia kerja, sehingga mereka memiliki kepercayaan diri yang lebih besar dalam menghadapi pekerjaan.

Selain itu, calon pemberi kerja juga akan lebih tertarik dengan pencapaian-pencapaian yang sudah mereka dapatkan selama masa internship.

Tidak hanya itu, kemampuan intern dalam berkomunikasi, berorganisasi, kerja tim, serta keterampilan lainnya dapat terasah dan berguna untuk karier mereka kedepannya.

Seorang intern atau para peserta magang juga akan terbantu dengan koneksi yang mereka buat. 

Contohnya, intern akan bertemu dengan seorang mentor yang dapat memberikan informasi bermanfaat dari bimbingan selama magang.

Hal ini juga memungkinkan para intern untuk lebih mudah mendapat referensi pekerjaan karena mentor akan mengetahui bagaimana kinerja dan kompetensi mereka.

[Baca Juga: 7+ Soft Skill Paling Dicari 2022, Cari Kerja Bisa Lebih Mudah!]

 

Manfaat Internship

Setelah tahu pengertian dan tujuan program internship, Sobat Finansialku juga perlu mengetahui manfaat dari pelaksanaan internship.

Berikut adalah beberapa manfaat internship yang perlu kamu ketahui.

 

#1 Mendapat Pengalaman Bekerja

Manfaat utama yang bisa intern rasakan selama pelaksanaan magang adalah akan mendapatkan pengalaman bekerja.

Pengalaman ini merupakan persiapan mereka sebelum benar-benar memasuki dunia kerja secara nyata. Selama melaksanakan internship, akan ada banyak hal yang bisa seorang intern pelajari.

Misalnya, sistem kerja dalam perusahaan, etika bekerja, bagaimana job description suatu pekerjaan, serta mempraktekkan langsung ilmu yang sudah didapat di perkuliahan.

Namun, pastikan kamu telah melakukan survey terlebih dahulu sebelum memilih perusahaan yang akan menjadi tempat magang.

Cari tahu perusahaan tersebut bergerak dalam bidang apa, dan apakah posisi magang sama dengan program studi yang sedang kamu ambil.

[Baca Juga: Jobseeker, Inilah 30 Pekerjaan Paling Mudah di Dunia!]

 

#2 Mengenali Dunia Kerja yang Nyata

Perlu Sobat Finansialku sadari bahwa dunia kerja dan dunia perkuliahan adalah dua hal yang berbeda.

Saat memasuki dunia kerja, semua kemampuan yang kamu miliki harus kamu keluarkan dan bisa bermanfaat untuk perusahaan.

Melalui internship, kamu akan mengetahui banyak hal yang mungkin sebelumnya tidak kamu dapatkan di perkuliahan.

Hal ini juga dapat membuka pikiran kamu tentang seperti apa dan sejauh mana kemampuan yang kamu miliki.

Dengan begitu, kamu akan punya kepercayaan diri untuk terjun ke dunia pekerjaan yang sesuai dengan passion dan kemampuan kamu.

 

#3 Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Saat menjalani internship, para peserta magang tentunya akan berhadapan dengan banyak orang baru.

Mulai dari teman sebaya, senior, rekan kerja, klien sampai atasan. Cara berkomunikasi dengan beberapa orang tersebut juga tentu berbeda dengan cara berkomunikasi sehari-hari.

Tanpa kamu sadari, hal ini akan membuat seorang intern jadi lebih terlatih dalam hal berkomunikasi yang akan menguntungkan karier kamu kedepannya.

 

#4 Menambah Relasi

Bertemu dengan banyak orang baru juga akan membawa keuntungan tersendiri bagi para peserta magang. Pasalnya, secara tidak langsung kamu akan mendapatkan banyak relasi dalam dunia profesional.

Relasi kerja ini sangat penting dalam mendongkrak karir seseorang. Umumnya, seorang intern akan mendapatkan relasi kerja dari mentor atau supervisor yang menjadi rekan pertama ketika magang.

Jadi, usahakan untuk menjalin hubungan baik dengan rekan kerja yang ada di tempat kamu magang dan pertahankan hubungan baik tersebut.

 

#5 Mengembangkan Networking

Tidak hanya membangun relasi, internship juga akan membentuk networking yang berharga.  Seperti networking dengan orang-orang yang memiliki kemampuan profesional dalam berbagai bidang.

Dengan membentuk networking dengan orang-orang hebat tersebut, kamu bisa menjadikan itu sebagai batu loncatan dalam mencapai target impian.

[Baca Juga: 8 Manfaat Networking Dalam Dunia Kerja dan Bisnis]

 

#6 Dapat Mempraktikkan Ilmu yang Didapatkan

Seorang mahasiswa tentunya telah mendapatkan ilmu di dunia perkuliahan. Baik dalam bentuk formal maupun informal.

Program internship dapat menjadi kesempatan baik untuk mengaplikasikan serta mengimplementasikan ilmu yang telah mereka dapatkan.

Terlebih, jika bidang pekerjaan yang kamu jalani sama dengan jurusan atau keahlian di perkuliahan. Hal ini akan membuat potensi kamu dalam mengimplementasikan ilmu perkuliahan semakin terbuka.

Bila perusahaan atau lembaga magang tidak sesuai dengan bidang yang kamu pelajari, maka kamu bisa mempelajari ilmu dan pengalaman baru dari perusahaan tersebut.

 

#7 Memiliki Kesempatan untuk Menjadi Pegawai Tetap

Manfaat berikutnya dari pelaksanaan internship adalah kamu dapat memiliki peluang untuk menjadi pegawai tetap di perusahaan atau lembaga tempat kamu magang.

Ketika menjalani magang selama kurun waktu tertentu, perusahaan umumnya akan melakukan penilaian terhadap peserta internship.

Dari sana, perusahaan akan menilai apakah para peserta magang memiliki kinerja yang baik dan berpotensi tinggi untuk direkrut oleh perusahaan tersebut.

 

#8 Menambah Pengalaman Kerja di CV

Terakhir, manfaat internship yang paling umum adalah dapat menambah pengalaman kerja yang tertulis dalam resume atau CV.

Karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengikuti program magang, hal ini tentunya akan menguntungkan untuk menarik perhatian HRD.

Terlebih jika kamu memiliki prestasi atau pencapaian tertentu di perusahaan tempat kamu menjalani internship sebelumnya.

 

Aturan Mempekerjakan Internship

Di Indonesia, peraturan mengenai internship atau magang telah tercantum dalam dua hukum.

Pertama, Undang-Undang No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Kedua, Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 36 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Dalam Pasal 22 ayat (2), mengenai UU Ketenagakerjaan, menyebutkan hak-hak yang peserta magang dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan bimbingan dari pembimbing pemagangan atau instruktur.
  • Memperoleh pemenuhan hak sesuai dengan perjanjian pemagangan.
  • Mendapatkan fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja selama mengikuti pemagangan.
  • Diikutsertakan dalam program jaminan sosial.
  • Memperoleh sertifikat pemagangan atau surat keterangan telah mengikuti pemagangan.

Terkait kurun waktu atau lamanya program internship, hal ini telah dijelaskan dalam Pasal 5 ayat (5) Permenaker 6/2020.

Peraturan tersebut menjelaskan bahwa jangka waktu pelaksanaan magang adalah maksimal satu tahun.

 

Perbedaan Internship & Externship

Selain internship, ada juga program yang memberikan kesempatan untuk mempelajari suatu pekerjaan tanpa perlu menginvestasikan banyak waktu.

Program tersebut adalah program externship. Program ini memungkinkan para mahasiswa atau fresh graduate mendapatkan gambaran umum tentang suatu bidang karier selama satu atau dua hari.

Externship sendiri adalah cara bagi peserta untuk menghubungkan minat karir mereka dengan tempat kerja, mendapatkan pengalaman langsung, serta mempelajari cara perusahaan beroperasi.

Umumnya, externship bersifat jangka pendek, tetapi ada beberapa program pascasarjana, seperti sekolah hukum, yang menawarkan magang penuh waktu dalam jangka panjang.

Program ini juga memungkinkan pesertanya dapat mengamati tempat kerja, duduk dalam rapat, dan melakukan wawancara informasional dengan karyawan.

Bedanya dengan internship yaitu, internship biasanya dilakukan secara penuh atau paruh waktu selama 3 sampai 12 bulan.  Sedangkan durasi externship hanya berkisar satu hari hingga beberapa minggu.

Selain itu, externship memberi pesertanya eksposur ke berbagai tempat kerja untuk membantu mereka mengeksplorasi minat dan bidang karier.

Sementara peserta internship bekerja secara langsung dan memberikan dampak kepada perusahaan.

 

Apakah Internship Memperoleh Gaji?

Dalam peraturan mengenai internship yang telah Finansialku sebutkan di atas, sudah jelas bahwa para intern berhak mendapatkan uang saku atau upah dari perusahaannya.

Untuk besaran uang saku atau upah peserta magang ditentukan dari perusahaan atau lembaga tempat magang. Sehingga, perusahaan wajib memberikan sebuah perjanjian tertulis untuk para peserta magang.

Perjanjian tersebut setidaknya memuat beberapa hal penting seperti yang telah disebutkan dalam Pasal 10 ayat (2), Permenaker 6/2020 berikut ini:

  • Hak dan kewajiban peserta intern.
  • Hak dan kewajiban penyelenggara pemagangan.
  • Besaran gaji atau uang saku.

[Baca Juga: Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan dari Gaji UMR, Pasti Bisa!]

 

Tambah Ilmu Baru Terkait Financial Planning

Itulah penjelasan dari Finansialku seputar internship hingga perbedaannya dengan externship. Untuk membangun sebuah karier tentu membutuhkan pengalaman serta prestasi yang mendukung. 

Oleh karena itu, program internship menjadi salah satu kesempatan untuk menambah pengalaman sebelum bekerja secara nyata.

Nah, dari sinilah kita juga bisa mulai kebiasaan baik dalam mengatur keuangan. Meski uang saku yang mungkin kita terima belum sebesar upah minimum pada umumnya.

Sobat Finansialku bisa mulai menyusun anggaran, mencatat keuangan, bahkan mulai merencanakan tujuan-tujuan keuangan. Baik jangka pendek, menengah, atau jangka panjang. 

Semua itu bisa kamu lakukan secara praktis hanya dalam genggaman, lewat Aplikasi Finansialku yang bisa kamu unduh di Google Play Store atau App Store.

Sehingga, jika nantinya ada peningkatan karier dan memiliki penghasilan tetap, maka akan lebih mudah dalam mengelola keuangannya. Yuk, wujudkan kebiasaan baik mengatur keuangan mulai dari sekarang!

 

Jangan lupa unduh aplikasi Finansialku dan temukan informasi menarik lainnya.

Bagikan juga artikel ini ke orang terdekat ataupun keluarga yang ingin melaksanakan internship untuk menambah pengalaman kerja. Semoga bermanfaat! Terima kasih.

 

Editor: Ari A. Santosa

Sumber Referensi:

  • Wida Kurniasih.  Pengertian Internship: Tujuan, Manfaat dan Aturannya. Gramedia.com – https://bit.ly/3jE0sqm
  • Admin. 19 Oktober 2022. Pilih Internship atau Externship? Ketahui Perbedaannya! Gajigesa.com – https://bit.ly/3Cbf2Ml 

 




https://wvmuseums.org

Baca juga  Terkenal Besar, Ini Kisaran Gaji Dokter dan Tunjangannya