Pengertian, Sejarah, Perkembangan & Manfaat

Pengertian, Sejarah, Perkembangan & Manfaat


Seiring berkembangan teknologi yang semakin canggih, kita tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Menurut KBBI, Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dengan komputer lain di seluruh dunia.

Internet memiliki banyak manfaat seperti mempermudah seseorang dalam melakukan komunikasi dan pekerjaannya. Dimana masalah jarak bisa terselesaikan dengan sangat mudah dan cepat. Dan mungkin tanpa disadari, kita kerap kali menggunakan internet hampir setiap waktu.

Nah, apakah Sedulur sudah tahu apa itu internet dan bagaimana sejarah perkembangannya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA : Bacaan Niat Ganti Puasa Beserta Tata Cara dan Hukumnya

Pengertian internet

ITIGIC

Internet adalah sebuah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling berhubungan dan berkaitan satu sama lain. Bila ditelaah dari segi bahasa, Internet berasal dari bahasa Latin yaitu “inter” yang artinya “antara”. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa internet adala jaringan yang terdiri dari miliaran komputer yada ada di seluruh penjru dunia.

Namun, bila membicarakan internet dari segi teknis. Para ahli IT sepakat mengartikan Internet sebagai sebuah jaringan komunikasi global di mana jaringan ini menghubungkan miliaran jaringan komputer dengan menggunakan sistem standar globar transmision control/internet suit (TC/IP).

Sementara itu secara harfiah, internet singkatan dari Interconnected-Networking yang merupakan rangkaian komputer yang saling terhubung di dalam beberapa rangkaian.

Bila kita menyimpulkan tiga konsep makna internet di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan komputer yang dapat menghubungkan orang-orang dan komputer di deluruh dunia. Contoh internet adalah frekuensi radio, dan satelit yang membuat komputer saling terhubung dan dapat saling berkomunikasi.


BACA JUGA : Daftar Orang Terkaya di Dunia, Seberapa Besar Hartanya?

Pengertian internet menurut para ahli

pixabay

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang definisi internet, yaitu sebagai berikut:

O’Brien

O’Brien mendefinisikan internet sebagao suatu jaringan komputer yang berkembang sangat pesat. Penggunaan internet dapat bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi dunia bisnis, pemerintahan dan hingga pendidikan.

Sarwono

Sarwono berpendapat mengenai definisi internet yaitu internet adalah kumpulan jaringan skala global, dimana tidak ada seorang pun yang bertanggung jawab atas penggerakan internet itu sendiri.

Berners Lee

Menurut Berners Lee, internet adlah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan di dalamnya. Konsep tersebut dapat diartikan sebagai suatu jaringan komputer atau lokal yang terhubung dengan dengan jaringan lain.

Onno W. Purbo

Menurut Onnp W. Purbo, internet didefinisikan sebagai media yang digunakan untuk mengefensiensikan sebuah proses komunikasi yang dihubungkan dengan berbagai macam aplikasi, seprti E-mail, Volp dan yang lainnya.

Ned Snell

Ned Snell mendefinisikan internet adalah suatu koridor bagi banyak jenis sumber daya ada padanya dan setiap sumber daya itu dapat diakses melalui alat yang berbeda-beda.

Allan

Menurt Allan internet berarti jaringan komputer yang saling terhubung dan memiliki kemampuan membaca dan menguraikan Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP).

Baca juga  Komunikasi Interpersonal: Pengertian, Tujuan dan Prosesnya

BACA JUGA : Arti Nolep Beserta Ciri-Ciri, Penggunaan & Cara Mengatasinya

Sejarah internet

internet adalah
pixabay

Sejarah pertama kali internet ada di dunia dimulai sekitar tahun 1960-an. Departmen perthanan Amerika melalui ARPA (Advanced Research Project Agency) membuat sebuah sistem jaringan yang diberi nama ARPANET. ARPANET merupakan cikal bakal lahirnya terknologi jaringan. Teknologi jaringan masih digunakan hanya untuk kalangan terbatas di ruang lingkup kampus pada tahun 1980-an di Amerika Serikat. Jadi jaringan internet yang perama kali adalah ARPANET.

Setelah itu, protokol standar TCP/IP mulai dipublikasikan pada tahun 1982. Sekitar 1986, berdirilah NSFNET (National Science Foundation Network) yang pada akhirnya menggantikan peran dari ARPANET sebagai wadah kegiatan penlitian dan riset di Amerika.

Pada tahun 1993, ARPANET mulai diturunkan dengan layanan yang sama World Wide Wibe (www) mulai diperkenalkan oleh CERN. Dan pada 1993, mulai dikembangkan InterNIC untuk bida mendaftarkan domain dari publik. Sedangkan internet di Indpnesia muali masuk pada tahun 1994 yang dibawa dan diperkenalkan oleh orang ahli teknologi informasi kala itu.

BACA JUGA : 10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

Perkembangan internet

pixabay

Setelah mengetahui pengertian dan sejarah internet secara singkat, berikut ulasan mengenai perkembangan internet secara global. Dari tahun ke tahun, internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari segi cakupan, transmmisi, kecepatan hingga jumlah penggunanya.

Dilihat dari segi cakupan, skala wilayah tersedianya akses internet kini semakin luas. Banyak negara yang mencoba memperluas jaringan internetnya menggunakan satelit. Adanya satelit yang dipasang maka akan membuat jangkauan internet lebih luas dan dapat dinikmati oleh banyak masyarakat.

Dari segi transmisi paket data yang digunakan, mengalami cukup perbedaan dari tahun ke tahun. Hal ini didukung oleh banyaknya teknologi terbaru yang lebih modern dan sesuai dengan konsep serta pengertian internet.

Untuk kecepatan, Berbagai industri mulai mengembangkan beberapa generasi jaringan. Mulai dari 2G, 3G, 4G dan kini 5G. Perkembangn internet dari segu penggunannya mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal tersebut membuat perubahan yang terjadi, baik itu informasi dan perangkat yang digunakan. Awalnya internet hanya kebutuhan riset militer, namun kini memiliki jangkauan dan cakupan yang lebih luas lagi. Seperti penggunaan di bidang pendidikan, bisnis, komunikasi dan yang lainnya.

BACA JUGA : Alat Musik Melodis: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Fungsi internet

internet adalah
Unsplash

Fungsi internet adalah sebagai sarana konektivitas yang mempermudah komunikasi seseorang. Fungsi internet secara umum antara lain adalah sebagai berikut :

Fungsi internet yang pertama adalah sebagai sumber informasi. Telah diketahui bahwa banyak informasi dari seluruh dunia yang didapatkan melalui internet.  Selain sebagai sumber informasi, internet juga berfungsi sebagai menyalurkan informasi, atau dengan kata lain internet menjadi alat untuk bertukar informasi satu sama lain. Dengan begitu seseorang akan bertambah wawasannya melalui informasi yang didapatkan melalui internet.

Selain dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan, internet juga berfungsi sebagai alat komunikasi yang praktis dan mudah dilakukan antar individu maupun berkelompok. Contoh sederahnanya seperti kelas online yang dilakukan saat pandemi Covid-19 melalui media pembelajaran dan aplikasi online. Hal ini tentu mempermudah komunikasi antar guru dan siswa tanpa harus bertemu tatap muka.

  • Memperluas relasi pertemanan
Baca juga  10 Bulan Menikah, Nur Aini Baru Tahu Suaminya Perempuan

Apakah sedulur pernah mendapatkan teman dari media sosial? Nah, itu merupakan salah satu fungsi dari internet  yaitu dapat menambah relasi pertemanan. Adanya internet, membuat seseorang dengan mudah mendapatkan relasi pertemanan melalui berbagai media sosial dan platform chatting online lainnya.

Adanya internet, kini semakin membuka peluang untuk meningkatkan bisnis. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya marketplace yang memanfaatkan internet sebaga sarana media perantara antara pihan penjual dan pembeli. Semakin banyak dan berkembangnya bisnis online, maka juga akan membuat orang sangat diuntungkan dengan hadirnya internet.

Internet memiliki fungsi yang sangat disukai oleh masyarakat, yaitu sebagai media hiburan. Internet menyediakan banyak hiburan di dalamnya dengan kategori usia dari anak-anak hingga dewasa. Perlu diperhatian, karena internet memiliki akses yang bebas untuk siapa saja, maka awasi penggunaan internet oleh anak-anak ya Sedulur.

  • Meningkatkan kualitas pendidikan

Internet memilkiki dampak yang besar bagi dunai pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyak sekolah yang membuat blog untuk akses informasi para siswa supaya lebih mudah. Selain itu, internet juga banyak digunakan di lingkungan sekolah untuk mempermudah urusan administrasi yang berkaitan dengan sistem akademik.

Fungsi internet yang sering lupa kita sadari adalah sebagai sarana keamanan. Banyak masyarakat yang memanfaatkan adanya internet sebagai sarana keamanan. Contohnya adalah melakukan pemantauan melalui CCTV dari mana dan kapan saja, asal memliki akses internet.

BACA JUGA : Kegiatan Ekonomi: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Contohnya

Kecepatan akses internet

internet adalah
Unsplash

Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data ketika melakukan akses melalui jaringan internet. Ada dua jenis kecepatan akses internet, yaitu upstream dan downstream.

Dwonstream adalah kecepatan pada saat mengambil data-data yang ada di dalam server internet ke komputer kita. Contohnya seperti pada saat masuk ke searh engine dan yang lainnya. Sedangkan upstream adalah kecepatan transfer data saat kita mengirimkan data dari komputer ke server. Satuan kecepatan akses internet adalah bps bit persekon. Artinya banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam setiap detiknya. Kecepatan akses internet dapat dihitung dari jumlah data yang dikirim dalam satuan waktu.

Contonhya, jika mengirim 1kb file/detik, berarti kita sudah mengirim 1.000 byte, dengan 1 byte = 8 bit maka data yang akan dikirim sama dengan 8.000 bit = 8kbps kilo per sekon. Sedangkan untuk satuan yang lebih besar biasanya menggunakan Mbps, mega bit per sekon berarti 1.000 kbps.

Dampak internet

internet adalah
pixabay

Segala sesuatu tentu memiliki dampak positif dan negatif, tak terkecuali internet. Internet adalah teknologi yang dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja sehingga banyak masyarakat yang sepertinya tidak dapat ,lepas dari kecanggihan teknologi ini.

Baca juga  Sinopsis Shooting Star, Kehidupan di Balik Layar Dunia Hiburan

Dampak positif

Dampak positif yang dapat kita peroleh karena adanya internet adalah:

  • Memudahkan akes komunikasi

Internet dapat menghubungkan dari satu daerah ke daerah lainnya, bahkan antar negara. Beberapa fasilitas internet seperti email, chatting dan yang lainnya memudahkan seseorang terhubung dengan orang lain yang jaraknya cukup jauh dengan kita.

  • Memudahkan transaksi bisnis

Di zama yang serba canggih dan digital, banyak sekali pekerjaan yang dimudahkan karena adanya internet seperti transaksi bisnis. Banyak bisnis yang sudah mengggunakan metode pembayaran menggunakan internet. Hal ini tentu menguntungkan bagi para pengusaha maupun pmebeli.

  • Memudahkan bekerja dari jarak jauh

Trend bekerja dari rumah semakin dikenal semenjak adanya pendemi. Berkat kecanggihan terknologi dan internet, jadi memudahkan banyak orang untuk dapat bekerja dari rumah tanpa harus ke kantor.

Dengan adanya internet, kita dapat mengenal dan melihat perkembangan budaya baru dari seluruh penjuru dunia.

  • Tempat menghasilkan sebuah karya

Adanya internet, membuat banyak orang berani memulai untuk berkarya. Internet menjadi wadah unyuk menghasilkan karya seperti foto, vido, tulisan dan lain sebagainya.

Dampak negatif

Selain dampak positif seperti yang sudah disebutkan di atas, internet juga memiliki dampak negatif bagi para penggunanya, yang meliputi :

  • Membahayakan informasi pribadi

Jika Sedulur mengunduh aplikasi, tak jarang harus memberikan data-data pribadi seperti nama dan tempat tanggal lahir. Hal tersebut dapat disalahgunakan dan membayakan informasi pribadi Sedulur. Jadi dalah satu dampak negatif internet adalah adanya risiko bocornya data informasi pribadi.

  • Cyber bullying atau pelecehan seksual

Adanya internet juga memiliki dampak buruk seperti cyber bullying yang semakin hari jumlahnya semakin meningkat. Pelaku pelecehan seksual melalui internet biasanya berkedok ingin berkenalan kepada korban. Jadi tetap hati-hati dan waspada ya Sedulur.

Banyak penipuan yang dilakukan melalui internet seperti ketika sedang melakukan transaksi jual beli online. Misalnya saat membeli sesuatu secara online, barang yang datang justru tidak sesuai dengan pesanan. Dan kasus penipuan seperti ini sering kali terjadi.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa internet adalah sebuah jaringan yang dapat mengubungkan komputer satu ke komputer lainnya. Manfaat dan fungsi internet banyak sekali, diantaranya seperti memudahkan orang berkomunikasi, menambah wawasan dan informasi dan sebagainya. Akan tetapi internet juga memiliki dampak negarif sepeti banyaknya kasus penipuan online yang terjadi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!




https://wvmuseums.org