innalillahiwainnailaihirojiun

Tulisan Innalillahiwainnailaihirojiun dalam Arab & Indonesia


Innalillahiwainnailaihirojiun adalah kalimat yang sangat penting artinya. Kalimat ini memiliki makna yang sangat dalam dan memiliki berbagai keutamaan bila diucapkan oleh seorang muslim.

Sebagai seorang muslim yang taat, seseorang dianjurkan untuk membaca kalimat istirj ketika sedang mengalami musibah atau mendengar kabar duka tentang musibah yang menimpa umat muslim lainnya. Dengan demikian mereka akan selalu mengingat Allah SWT.

Berikut ini adalah penjelasan dari kalimat innalillahiwainnailaihirojiun yang perlu Saudara ketahui. Simak baik-baik, ya!

BACA JUGA: Bacaan puisi latin dan arab beserta artinya dan keutamaannya

Penawaran Istia

iStock

Sebelum melanjutkan pembahasan, perhatikan bahwa kalimat istiriya adalah doa yang dibacakan saat mendengar atau melihat musibah. Kalimat ini pada dasarnya merupakan amalan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan belasungkawa.

Kata istirja berasal dari bahasa Arab “raja’a” yang artinya berusaha untuk kembali. Intinya adalah kembali dan berserah diri kepada Allah SWT atas segala harapan dalam segala hal agar dimudahkan dan menjadi kenyataan.

Kalimat ini juga digunakan sebagai pengingat bagi umat Islam yang terkena bencana alam agar lebih sabar dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Innalillahiwainnailaihirojiun, ada pesan penting dalam pidato istrian ini, yaitu kesabaran, keikhlasan dan kekuatan.

kalimat istirj dalam alquran

Innallyllahivainnailaihirojiun
iStock

Kalimat lengkap innalillahiwainnailaihirojiun tertulis dalam Al-Qur’an pada ayat 155-156 Surat Al-Baqarah.

pusaka

Itu berarti: “Dan sesungguhnya Kami akan memberikan ujian kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah. Dan bergembiralah orang-orang yang sabar.

(yaitu) orang-orang yang ketika bencana datang, mengucapkan: “Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun“.

BACA JUGA: Bacaan Doa Ruku Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Innalillahiwainnailaihirojiun kitab suci Arab dan Latin

Innallyllahivainnailaihirojiun
iStock

Meskipun sering diucapkan secara lisan, beberapa orang masih cenderung melakukan kesalahan dalam penulisan kalimat yang benar innalillahiwainnailaihirojiun. Sesuai dengan ayat 156 QS Al-Baqara pada pembahasan sebelumnya, disini tertulis innalillahiwainnailaihirojiun dalam tulisan Arab dan Latin.

Baca juga  Pengertian Struktur Teks Biografi Beserta Ciri & Contohnya

Lafadz dalam bahasa Arab dan ejaan latinnya adalah sebagai berikut:

لِلّٰهِ ا الَيْهِ

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un”

Setelah mengetahui informasi ini, semua saudara dan saudari Muslim tidak boleh lagi menggunakan ejaan “Innalillahiwainnailaihirojiun”. Saudara-saudara mungkin mulai belajar untuk menggantinya dengan ejaan yang lebih tepat, yaitu “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’n.”

Innalillahiwainnailaihirojiun artinya

Innallyllahivainnailaihirojiun
iStock

Tidak lengkap rasanya jika hanya mengetahui huruf arab dan latin tanpa mengetahui artinya. Arti kalimat Inna lillahi wa inna ilaihi raji’n: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya kami kembali”.

Arti dari Innalillahiwainnailaihirojiun

Innallyllahivainnailaihirojiun
iStock

Kalimat istirja tidak hanya memiliki makna yang baik, tetapi juga makna yang sangat dalam. Kalimat ini bermakna bahwa setiap muslim harus menyerahkan segala urusannya kepada Allah SWT, karena setiap hamba hanya tunduk kepada-Nya.

Dalam arti yang lebih dalam, kata “innallylahi” dapat merujuk pada harta benda, barang, atau makhluk. Dengan kata lain, segala sesuatu di dunia adalah janji Allah SWT, yang dapat diambil sewaktu-waktu.

Sedangkan kalimat “wa inna ilaihi rojun” artinya setiap musibah yang menimpa harus selalu diserahkan kepada kebijaksanaan Allah SWT. Dengan demikian, tawaran istij juga memberikan jaminan bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini, dan sebagai hamba, kita harus selalu ikhlas untuk mengembalikan segala sesuatu yang dipercayakan kepada Allah SWT.

BACA JUGA: Ejaan bismillah yang benar dengan arti arab, latin dan semantik

Keutamaan mengucapkan kalimat istirja

Innallyllahivainnailaihirojiun
iStock

Selain memiliki makna dan makna yang baik, kalimat ini juga memiliki keutamaan tuturan. Beberapa prioritas tersebut antara lain:

  1. Anda akan menerima hadiah besar ketika Anda menghadapi bencana.
  2. Mendapat berkah, rahmat dan hidayah dari Allah SWT.
  3. Membuat beban, ketika masalah datang, menjadi lebih ringan.
  4. Paksa hati untuk tetap sabar dan lebih ikhlas ketika kesulitan datang.
  5. Ketika hal ini diamalkan, Allah akan memberikan rumah di surga, terutama bagi orang tua yang anaknya telah meninggal.
Baca juga  Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir Serta Cara Mengatasinya

Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW dalam hadits Ummu Salamara, yaitu:

Ketika seorang muslim ditimpa musibah dan mengucapkan hukuman sebagaimana yang diperintahkan Allah, Inna lillahi wa inna ileihi raajiuun, Ya Allah, berilah aku pahala atas musibahku dan gantilah dengan yang lebih baik darinya. Maka Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.” (HR.Muslim)

Kehormatan ini tentu saja menunjukkan bahwa kalimat istirja memegang peranan yang sangat penting dalam perang melawan bencana. Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara pengucapan dan penulisan yang benar dan benar.

Saatnya mengucapkan kalimat istirja

Innallyllahivainnailaihirojiun
iStock

Kalimat istiriya sering dipahami sebagai doa belasungkawa atau ungkapan belasungkawa, yang biasanya diucapkan “belasungkawa Innalillahiwainnailaihirojiun”. Padahal lebih dari itu, kalimat ini juga bisa diucapkan ketika nikmat seorang hamba berkurang oleh Allah SWT.

Ketika seorang hamba sedang diuji oleh Allah SWT, sangat dianjurkan untuk mengucapkan kalimat istirj. Karena dengan kesabaran segala masalah dapat teratasi dengan izin Allah SWT. Waktu mengucapkan kalimat ini juga dapat dilakukan dengan cara berikut.

  1. Saat terjadi bencana alam.
  2. Mendengar berita kematian seseorang.
  3. Mengingat tragedi yang terjadi beberapa waktu lalu.
  4. Mendengar dan melihat kecelakaan saat mengemudi.
  5. Ada masalah, baik besar maupun kecil.
  6. Ketika Anda melihat, mendengar atau mengalami bencana global atau agama.

Doa untuk Orang Mati

Innallyllahivainnailaihirojiun
iStock

Karena kalimat ini paling sering dipahami sebagai berdoa ketika seseorang meninggal, berikut adalah penjelasan tambahan tentang berdoa untuk orang yang sudah meninggal, baik wanita maupun pria.

Jika mayatnya laki-laki

Sedulur dapat membaca doa-doa berikut untuk tubuh laki-laki.

اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ ا النَّارِ

Baca juga  Kata Orang Tentang Keistimewaan Beras Karya Alam Hijau

Innalillahiwainnailailaihirojiun allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu wa akrim nuzulahu wa wasi’ madkholahu wagsilhu bilma’i watsalju wal bardi wa naqqihi minadzunubi walkhotoyaya kama yunaqqi atszaubulalabyon da.

Jika mayat seorang wanita

Sedulur dapat membaca doa-doa berikut untuk tubuh wanita.

اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مُدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ ا النَّا.

Innalillahiwainnailailaihirojiun allahummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa wa akrim nuzulahaa wawassi’ mudkholahaa waghsilhaa bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhaa daaron khairon min daarikhaa wa ahlan khairon min experthaa wa zaujan khairon min zaujihaa wa adhilkhal jannata wa a’ijaa min ‘adzabil kobri au min ‘adzaabin naar.”

Demikian informasi tentang ejaan innalillahiwainnailaihirojiun dalam bahasa arab dan indonesia serta arti dan artinya. Kalimat innalillahiwainnailaihirojiun rumaysho dibaca tidak hanya pada saat musibah besar, tetapi juga pada saat nikmat yang berkurang dan musibah kecil lainnya.

Ingin menghabiskan satu bulan tanpa menggunakan kompleks? aplikasi super larutan! Mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan rumah tangga ada. Selain harga yang murah, Sedulur juga bisa merasakan kenyamanan berbelanja dengan ponsel. Anda tidak perlu keluar rumah, produk Anda akan langsung dikirim.

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong atau kios, Anda juga dapat berbelanja dalam jumlah besar atau grosir melalui aplikasi super. Harga dijamin lebih murah dan keuntungan akan lebih tinggi.




https://wvmuseums.org