Mengenal Iklan Baris dan Manfaatnya Untuk Bisnis Rumahan

Mengenal Iklan Baris dan Manfaatnya Untuk Bisnis Rumahan


Pernahkah Anda menemukan atau membaca sebuah iklan? Ya, mengacu pada salah satu jenis iklan tradisional yang sudah ada sejak lama dan dapat dengan mudah ditemukan di media massa seperti surat kabar atau majalah.

Seperti namanya, iklan hanya akan berbentuk string. Kata atau kalimat iklan akan dibuat sesingkat mungkin agar tidak bertele-tele dan diletakkan di bagian iklan yang sempit. Jenis iklan ini biasa digunakan untuk pencarian produk, penjualan produk, tawaran pekerjaan, dan sebagainya.

Ketika media masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk mendapatkan informasi, seperti beberapa waktu lalu, iklan baris di surat kabar merupakan salah satu jenis iklan yang cukup marketable dan efektif. Namun, dengan munculnya Internet dan perkembangan teknologi, banyak orang secara bertahap menjauh dari iklan tersebut.

Namun, tidak ada salahnya kita mempelajari semua seluk-beluk iklan jenis ini. Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini, Sedulur!

BACA JUGA: Mendesak! Berikut manfaat centella asiatica untuk perawatan kulit!

Pengertian iklan baris

Depositphotos

Dalam arti luas, iklan baris adalah iklan pendek yang biasanya muncul di kolom media massa seperti koran cetak atau majalah. Biasanya iklan jenis ini digunakan untuk menawarkan penjualan barang dan properti, serta informasi tentang lowongan.

Biasanya, jika Anda ingin memasang iklan ini untuk menjual atau mempromosikan sesuatu, Anda perlu mengunjungi percetakan surat kabar/majalah untuk memberikan informasi tambahan tentang iklan yang dipasang. Ini karena iklan baris biasanya ditemukan di koran atau majalah. Selain itu, Sedulur juga harus membayar biaya yang diperlukan untuk pemasangan iklan.

BACA JUGA: Mendesak! apa nutrisi dan manfaat kesehatan dari kastanye

Definisi iklan baris dalam kamus

Depositphotos

Tahukah Anda bahwa definisi jenis iklan ini tidak terbatas pada penjelasan di atas? Menggali lebih dalam, Sedulur bisa menemukan beberapa kamus yang memberikan penjelasan tambahan untuk jenis iklan ini. Beberapa kamus tersebut antara lain Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Merriam-Webster dan Oxford Learner’s Dictionary.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Penjelasan pertama tentang arti kamus tersebut berasal dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut kamus, iklan baris mengacu pada pemberitahuan publik tentang barang atau jasa yang dijual, ditempatkan di media (seperti surat kabar dan majalah), dalam bentuk kecil dan ringkas, hanya terdiri dari beberapa baris per kolom. .

2. Merriam-Webster

Penjelasan arti menurut kamus kedua berasal dari Merriam-Webster. Menurut kamus, iklan baris atau iklan baris berarti “Iklan yang dikelompokkan berdasarkan topik, biasanya muncul di bawah judul kategori di bagian publikasi yang ditujukan untuk iklan semacam itu, dan terutama terdiri dari daftar jenis teks deskriptif.“.

Baca juga  Flash Sale Super Seratus 27-28 Agustus. Belanja Murah Hanya Rp100

Dalam bahasa Indonesia berarti “sekelompok iklan yang dikelompokkan berdasarkan topik, biasanya muncul di bawah judul kategori di bagian penerbitan iklan, yang terdiri dari daftar teks deskriptif.”

3. Kamus Oxford untuk Siswa

Penjelasan kosa kata ketiga diambil dari Oxford Dictionaries for Learners. Menurut kamus, iklan berarti sebagai berikut:Iklan kecil di surat kabar atau situs web, ditempatkan di bagian tematik yang relevan, yang dipasang oleh seseorang atau perusahaan kecil yang ingin membeli atau menjual sesuatu, mencari atau menawarkan pekerjaan, dll.“.

Dalam bahasa Indonesia berarti “iklan kecil yang terdapat di koran atau website, dibagi menjadi beberapa bagian tergantung topik, dipasang oleh mereka yang ingin membeli sesuatu, menjual sesuatu, mencari atau menawarkan pekerjaan, dll.”

BACA JUGA: 60 kutipan tentang rumah yang Anda rindukan dan rindukan!

Fitur iklan

Depositphotos

Apakah saat ini Anda sudah memahami pengertian iklan baris dan iklan kolom? Ternyata iklan jenis ini tidak hanya berciri garis dan hanya terdapat di media.

Ada empat ciri atau ciri yang bisa Anda amati dalam bentuk iklan ini. Fitur pertama adalah jumlah baris yang terbatas. Fitur kedua, dia memiliki kalimat pendek. Fitur ketiga adalah murahnya. Karakteristik terakhir dapat berisi fakta dan opini.

Berikut adalah penjelasan lengkap dari masing-masing karakteristik iklan tersebut.

1. Jumlah baris terbatas

Jumlah baris yang terbatas merupakan salah satu ciri atau karakteristik dari sebuah iklan. Batas baris tampaknya tercermin dalam judul itu sendiri. Deklarasi ini mungkin hanya berisi beberapa baris, mungkin dua atau tiga baris. Jika Sedulur menginginkan lebih banyak cara beriklan, maka biaya yang harus dikeluarkan akan lebih tinggi.

2. Penawaran promosi singkat

Kalimat promosi yang singkat merupakan salah satu ciri atau ciri dari iklan baris. Bagi anda yang jarang memperhatikan atau membaca iklan jenis ini pasti akan kebingungan dalam mengartikan apa maksud dan maksud dari iklan tersebut.

Akronim ini disengaja. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi jumlah baris dalam iklan. Dengan demikian, biaya iklan akan lebih murah. Contoh kata yang sering disingkat dalam iklan tersebut adalah jalan = jln, alamat = almt, juta = jt, dan seterusnya.

3. Biaya iklan rendah

Biaya iklan yang rendah merupakan salah satu ciri atau karakteristik periklanan. Tahukah Anda berapa banyak uang yang perlu Anda keluarkan untuk beriklan di TV atau papan reklame pinggir jalan? Diketahui bahwa biayanya cukup tinggi dalam proses yang kompleks.

Baca juga  Sinopsis Story of Kale, Spin-Off dari film NKCTHI

Jika Sedulur ingin memasang iklan dalam bentuk bulletin board akan jauh lebih murah dan prosesnya lebih mudah. Namun, sebagaimana disebutkan dalam pembahasan di atas, iklan jenis ini sedang dihapus. Dengan demikian, keefektifan teknik pemasaran ini mulai dipertanyakan.

4. Dapat berisi fakta dan opini

Dapat memuat fakta dan opini yang merupakan salah satu fitur atau karakteristik dari iklan ini. Seperti halnya iklan di media lain, iklan biasanya didasarkan pada fakta dan opini. Dalam hal ini, fakta biasanya terletak pada informasi tentang produk yang diiklankan. Sedangkan opini biasanya dirancang untuk membuat pembaca tertarik dengan iklan, baik itu testimonial, promosi, dll.

BACA JUGA: Tari Manuk Dadali: sejarah, makna, fungsi dan pola lantai

Jenis iklan baris

Depositphotos

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah melihat ciri-ciri dari jenis periklanan ini. Fitur-fitur tersebut adalah jumlah baris yang terbatas, penawaran promosi yang sangat singkat, biaya pemasangan yang rendah, dan iklan yang mungkin berisi fakta dan opini.

Keempat ciri di atas dapat Anda lihat pada berbagai jenis iklan baris. Lalu apa saja jenis-jenis iklan?

1. Cari iklan

Jenis iklan pertama adalah iklan pencarian. Iklan ini lebih fokus pada aspek sosial. Biasanya, pengiklan memposting informasi untuk menemukan barang yang hilang atau seseorang. Ini akan terdiri dari dua atau tiga baris yang bersifat deskriptif.

2. Iklan pekerjaan

Jenis periklanan yang kedua adalah iklan pekerjaan. Jenis iklan yang pernah ada ledakan di awal tahun 2000-an. Pencarian lowongan melalui iklan di surat kabar diakui efektif. Pasalnya, dalam satu atau dua baris iklan kita akan menemukan informasi yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah nama perusahaan, kualifikasi, pendidikan, batas usia, jenis kelamin dan sebagainya.

3. Penjualan iklan

Jenis periklanan yang ketiga adalah periklanan-penjualan. Pada saat yang sama, iklan penjualan biasanya terbatas pada kategori barang tertentu. Contohnya adalah penjualan mobil, rumah, apartemen, dll. Hal ini disebabkan sifat iklan baris yang sangat mudah dan lugas. ke titik untuk tujuan pengiklan mempromosikan produk.

4. Tawaran iklan

Jenis iklan keempat adalah iklan penawaran. Iklan ini berfokus pada penawaran atau promosi yang berkaitan dengan sesuatu, baik itu layanan, produk, dan sebagainya. Iklan untuk jenis penawaran ini akan berisi beberapa penawaran dengan informasi tentang produk atau layanan, detail kontak, harga, dan lainnya.

Baca juga  Paling Update! Besaran Gaji Polisi Indonesia dan Tunjangannya

BACA JUGA: Kisah Rasuna Said yang menjadi Google Doodle September

Contoh iklan

Seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya, iklan baris adalah jenis iklan pendek yang biasanya muncul di kolom media seperti koran atau majalah cetak. Biasanya, iklan semacam itu digunakan untuk menawarkan penjualan barang dan properti, serta informasi tentang lowongan.

Untuk membantu Anda lebih memahami jenis iklan ini, berikut beberapa contoh yang dapat Anda amati.

1. Contoh pengumuman tentang pencarian orang hilang

pengumuman
sumber sejarah

Di atas adalah contoh iklan pencarian orang hilang.

2. Contoh lowongan pekerjaan

pengumuman
sumber sejarah

Di atas adalah contoh lowongan kerja.

3. Contoh pengumuman penjualan

pengumuman
Kudu Pinter

Di atas adalah contoh iklan.

4. Contoh pengumuman penawaran

pengumuman
Kudu Pinter

Di atas adalah contoh iklan.

Manfaat iklan baru bagi UMKM

Iklan baris tidak hanya sering dijadikan sebagai media iklan bagi banyak perusahaan besar di media cetak. Harganya yang murah ternyata juga bisa menjadi sarana untuk menghadirkan produk usaha UMKM agar lebih dikenal masyarakat. Jika melihat beberapa contoh di atas, tentunya Anda sudah dapat menemukan beberapa jenis atau contoh iklan baris yang cocok untuk menyajikan sebuah bisnis.

Namun, ada keuntungan lain yang bisa didapat dari iklan baris di bisnis UMKM. Apakah mereka? Berikut ini beberapa sorotan.

  • Sasaran yang lebih tepat. Iklan biasanya dibaca oleh orang-orang dengan tingkat ekonomi rata-rata dan rendah. Pangsa pasar dan iklan baris ini tentunya cocok untuk Anda yang memiliki usaha bisnis UMKM di level start-up atau masih baru merintis.
  • Kreativitas bisa lebih dieksplorasi. Ada pepatah yang mengatakan bahwa sebuah kata adalah pisau yang tajam. Sedulur ini bisa diterapkan saat membuat iklan baris. Dengan tingkat kreativitas yang tinggi, iklan baris dapat membantu Anda menciptakan branding untuk bisnis UMKM Anda yang sedang berkembang.

Dari dua kelebihan tersebut tentunya ada beberapa jenis UMKM yang cocok untuk menggunakan iklan baris, seperti usaha makanan pokok untuk usaha barang pokok. Hal ini dikarenakan barang-barang tersebut merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

Nah, Sedulur, di atas adalah ringkasan dari iklan baris. Pembahasan di atas dimulai dari pengertian umumnya, menurut beberapa kamus, ciri-ciri atau ciri-cirinya, jenis-jenisnya, serta beberapa contoh yang bisa Anda temukan di beberapa media. Semoga artikel ini membantu teman-teman dan menambah pengetahuan dan ide umum tentang periklanan, bagus!




https://wvmuseums.org